Bisnis

Presiden AS Beri Waktu 45 Hari Untuk TikTok Dan WeChat Serahkan Bisnis Ke Amerika

Tahukau, – Presiden AS beri waktu selama 45 hari untuk TikTok dan WebChat serahkan bisnis ke tangan paman Sam tersebut.

Adanya perseteruan antara pemerintah Amerika Serikat (AS) dan perusahaan asal China saat ini semakin memamas. Kabar terbarunya, Presiden AS Donald Trump sudah menandatangani surat perintah secara resmi terkait larangan penggunaan aplikasi TikTok juga aplikasi pesan WeChat di negaranya.

Keduanya aplikasi itu memang dimiliki oleh perusahaan asal China, yaitu ByteDance dan Tencent. Trump juga menjelaskan jika pemerintah AS memberikan tenggang waktu sampai 45 hari atau pada tanggal 15 September kepada perusahaan ByteDance dan Tencent untuk menjual atau memindahalihkan bisnisnya ke perusahaan Amerika.

“Aplikasi buatan perusahaan China yang beredar di Amerika Serikat berpotensi akan memberikan ancaman keamanan nasional, kebijakan pemerintah, juga perekonomian di Amerika Serikat,” jelas Trump dalam keterangan tertulis melalui situs resmi Gedung Putih.

Baca juga: Turah Parthayana Mengenai Kasus Pelecehan Seksual

“Kami mengambil langkah cepat untuk mengatasi adanya ancaman yang ditimbulkan oleh salah satu aplikasi, khususnya untuk TikTok,” jelas Trump.

Tidak hanya itu, Trump juga akan melakukan boikot untuk segala transaksi apa pun, termasuk fitur transfer uang, dari aplikasi buatan ByteDance dan Tencent itu, jika melewati batas waktu 45 hari, atau tanggal 15 September 2020.

Aturan tersebut yang tertuang dalam Undang-Undang Kekuatan Ekonomi Darurat Internasional dan Undang-Undang Darurat Nasional AS, sebagaimana dihimpun pada Jumat (7/8/2020).

Dan diketahui, Tencent adalah salah satu investor terbesar yang menaungi beberapa perusahaan AS, seperti Riot Games dan Epic Games, dan untuk mengembangkan game League of Legends dan Fortnite. Dimana, Microsoft juga telah mengkonfirmasi jika pihaknya memang berencana untuk melakukan akuisisi atas operasional TikTok di Amerika.

“Microsoft akan segera bergerak cepat dan terus berdiskusi dengan perusahaan induk TikTok, ByteDance, dalam hitungan minggu, dan ditargetkan selesai paling lambatnya pada tanggal 15 September 2020,” ungkap Microsoft.

Walau demikian, belum bisa dipastikan secara rinci berapa nilai akuisisi TikTok oleh Microsoft kelak. Jelas hubungan antara AS dan China yang semakin memanas memang turut berdampak pada dunia industri teknologi.

Baca juga: Gaji PNS Ke 13 Akan Segera Cair Bulan Agustus Ini!

Pada Mei 2019 lalu, Departemen Perdagangan Amerika Serikat telah memasukkan nama Huawei dalam daftar hitam “Entity List”. Huawei juga tidak diperbolehkan untuk membeli segala macam komponen dari perusahaan Amerika Serikat, dan tidak bisa menggunakan aplikasi dan layanan Google di ponselnya.

Karena masalah inilah, Pemerintah AS sering kali membuat langkah yang diupayakan untuk menahan langkah perusahaan China di Amerika Serikat untuk berkembang. 

Akhir pekan kemarin, Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyatakan sedang mempertimbangkan beberapa “opsi” untuk TikTok yang dicurigai meneruskan informasi pengguna ke China.

Selain pemblokiran, pilihan lain untuk TikTok yaitu melakukan divestasi operasionalnya di AS agar bisa terlepas dari manajemen perusahaan induknya, yaitu Bytedance. Dan Microsoft diisukan sebagai salah satu calon pembelinya. 

Saat ini Microsoft sudah memastikan jika pihaknya berencana untuk melakukan akuisisi atas TikTok. Konfirmasi yang dipublikasikan dalam sebuah postingan di blog resmi perusahaan yang diunggah pada hari Minggu lalu.

Kelak kesepakatan yang dibuat antara kedua pihak akan didasari oleh beragam hasil tinjauan dari Komite Investasi Asing Amerika Serikat (CFIUS). CFIUS sendiri menjadi sebuah lembaga AS yang bertanggung jawab untuk meninjau juga menyelidiki ragam kesepakatan mengenai investasi asing di AS yang bisa memengaruhi keamanan nasional negara paman sam itu. 

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close