Umum

Perusahaan BUMN : Pengertian, Jabatan, & Golongan

Jabatan, pangkat, dan golongan dalam struktur organisasi di dalam suatu perusahaan menggambarkan perkembangan karier dari paling bawah sampai pangkat paling atas. Apabila selama bekerja, Anda termasuk orang yang tekun dan hasil kerjanya baik, maka Anda akan direkomendasikan untuk kenaikan status karyawan atau kenaikan pangkat.  Semakin tinggi pangkat Anda, semakin kuatlah Anda dalam berkuasa dan pangkat tertinggi tersebut menggambarkan tingkat karier Anda selama berada di perusahaan.

Di Indonesia, banyak perusahaan-perusahaan yang menerapkan berbagai macam metode untuk mengembangkan karier di dunia pekerjaan, bahkan untuk menentukan status karyawan di suatu perusahaan  seperti pangkat, jabatan, dan golongan juga menggunakan berbagai macam metode. Akan tetapi, perlu diingat bahwa penentuan status karyawan di dalam perusahaan juga dilihat dari kinerja serta pengalaman-pengalaman karyawan tersebut dalam pekerjaan. Salah satunya terjadi pada perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara).

Baca juga : Motto Hidup

Setiap pegawai yang bekerja di sebuah perusahan pasti menginginkan jenjang karier yang bagus. Tidak menutup kemungkinan hal tersebut terjadi pada pegawai BUMN. Perusahaan BUMN memiliki prospek untuk jenjang karier yang bagus apalagi jika kita memiliki pangkat yang tinggi di salah satu perusahaan BUMN karena akan memberikan keuntungan yang besar bagi kita. istilah yang biasanya berhubungan dengan jenjang karier seseorang yaitu jabatan, pangkat, dan golongan. Nah untuk itu, berikut ini akan dipaparkan terkait urutan jenjang karir di perusahaan BUMN termasuk urutan jabatan, pangkat, dan golongan di perusahaan BUMN, mulai dari yang menduduki posisi atas sampai posisi bawah. Sebelum itu, ada baiknya untuk mengulas sedikit mengenai perusahaan BUMN (Badan Usaha Miliki Negara) yang menjadi incaran orang-orang untuk mengembangkan karier. Simak baik-baik ya!

Perusahaan BUMN : Pengertian, Jabatan, & Golongan

Pengertian Singkat BUMN

Peruahaan BUMN : Pengertian, Jabatan, & Golongan
Peruahaan BUMN : Pengertian, Jabatan, & Golongan

Badan Usaha Milik Negara atau BUMN merupakan salah satu badan usaha yang keseluruan atau sebagaian modalnya dimiliki oleh pemerintah. Untuk status pegawai BUMN hanya sebagai karyawan, bukan PNS atau Pegawai Negeri Sipil. Perlu diketahui, perusahaan BUMN dibagi menjadi tiga, yaitu perusahaan perseroan, perseroan terbuka, dan perusahaan umum yang masing-masing memiliki kategori yang berbeda-beda.

Perseroan merupakan suatu perusahaan yang modalnya berupa saham yang dimiliki oleh negara yang berjumlah paling sedikit 51% dengan tujuan untuk mencari keuntungan yang sebesar-besarnya. Perseroan terbuka merupakan perusahaan persero yang modal serta jumlah pemegang saham harus memenuhi syarat-syarat tertentu. Sedangkan untuk perusahaan umum merupakan jenis perusahaan Bumn yang modalnya dimiliki oleh negara dan tidak dibagi atas saham yang ada dan bertujuan untuk kepentingan umum berdasarkan prinsi pengelolaan perusahaan.

Berkarier di perusahaan BUMN merupakan impian banyak orang. Namun, untuk diterima di salah satu perusahaan BUMN harus terlebih dahulu mempertimbangkan kriteria-kriterian yang berpengaruh pada jenjang kariermu nanti, sebagai berikut:

1. Aktualisasi diri

Aktualisasi diri merupakan pengenalan diri sendiri sebelum menempatkan dirinya sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Sebelum Anda bekerja dimanapun itu perusahaannya, Anda diharuskan untuk mengenail diri sendiri serta kemampuan yang dimiliki karena apabila kita bekerja dengan terpaksa atau tidak sesuai dengan kemampuana kita, maka akan menyusahkan diri sendiri. Bekerja itu dari hati, bukan paksaan.

Baca juga : Metode Penelitian

2. Cost and Benefit

Cost and Benefit adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipidahkan. Cost merupakan segala sesuatu yang dapat kamu berikan ke perusahaan, sedangkan benefit merupakan hasil keuntungan yang akan Anda dapatkan dari bekerja. Keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika bekerja di sebuah perusahaan sangat beragam, mulai dari jaminan kesehatan, tunjangan , rumah, beasiswa, liburan, dan sebagainya. Akan tetapi, jangan pernah mengharapkan untuk mendapatkan benefit tinggi apabila hasil pekerjaannmu tidak memuaskan.

3. Prospek jenjang karir

Yang dimaksud prospek jenjang karier disini adalah kenaikan jabatan atau pangkat. Setelah anda bekerja dengan mengorbankan tenaga maupun waktu yang Anda miliki, Anda pasti menginginkan untuk kenaikan pangkat atau jabatan karena semakin tinggi jabatan atau pangkat yang kita pegang, semakin banyak pula kita memperoleh keuntungan dan tanggung jawab kita juga semakin besar.

Urutan Jabatan, Pangkat, dan Golongan Di Perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara)

Setiap perusahaan di manapun pasti memiliki metode tersendiri dalam menentukan jenjang karier karyawannya. Salah satunya perusahaan BUMN yang tentunya memiliki cara tersendiri dalam menentukan jenjang karir para pegawainya. Istilah yang biasanya digunakan adalah jabatan, pangkat, dan golongan.  Jabatan merupakan salah satu fungsi kerja yang melekat pada setiap individu, pangkat merupakan struktu yang dimiliki organisasi dari peroranga. Sedangkan golongan merupakan perangkat yang berkaitan dengan batas waktu kerja seseorang. Berikut akan dipaparkan urutan jabatan, pangkat, dan golongan di perusahaan termasuk juga perusahaan BUMN:

Baca juga : Artikel Ilmiah

a. Jabatan

Peruahaan BUMN : Pengertian, Jabatan, & Golongan
Peruahaan BUMN : Pengertian, Jabatan, & Golongan

Posisi jabatan dalam hirarki struktur perusahaan dapat dibagi ke dalam kriteria yang paling umum, seperti Staff, Supervisor, Manager, General Manager, Direktur, dan Komisaris.

1. Staff

Staff menempati posisi terbawah dalam struktur organisasi suatu perusahaan. Staff merupakan pelaksana yang memiliki fungsi kerja terbatas dan wewenang serta tanggung jawab tertentu. Staff dibedakan menjadi beberapa pangkat seperti Junior Staff, Staff, dan Senior Staff. Bagian-bagian yang termasuk ke dalam staff yaitu customer service, marketing officer, kasir, data entry, admin, dan sebagainya. Seorang yang bekerja menjadi staff dan jika hasil pekerjaannya baik dan termasuk ke dalam pegawai berprestasi, maka tidak menutup kemungkinan pegawai tersebut akan dipromosikan untuk naik jabatan di atasnya yaitu Supervisor.

2. Supervisor

Supervisor merupakan seorang yang memiliki wewenang untuk mengeluarkan perintah kepada beberapa rekan kerja dibawahnya seperti staff-staff dalam perusahaan. Tanggung jawab yang dipegang supervisor sangat berat seperti bertangung jawab memperhatikan kondisi lingkungan kerja serta bertanggungjawab terhadap hasil kerja staff pelaksana. Supervisor memiliki target yang harus dicapai. Para supervisor wajib untuk memberikan arahan pada masing-masing staffnya. Di samping itu, kadang mereka harus mengontrol dan memonitoring secara langsung hasil kinerja para staffnya. Hasil kinerja supervisor dapat dilihat dari keberhasilan yang dilakukan oleh staff yang masuk ke dalam timnya.

Baca juga : Pengertian Abstrak

3. Manager

Posisi manager berada di atas supervisor. Manager merupakan seseorang yang bertanggung jawab atas beberapa pekerjaan yang membawahi beberapa supervisor dan memiliki beberapa fungsi kerja tertentu.

4. General Manager

General manager merupakan jabatan senior management dalam urutan struktur organisasi yang membawahi beberapa manager dan juga fungsi kerja yang luas dibandingkan tugas manager. Untuk menjadi seorang general manager, salah satu hal yang mempengaruhinya adalah usia yang matang. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan di usia yang terbilang muda dapat langsung di angkat menjadi GM di sebuah perusahaan karena kinerja dan kematangannya dalam menunaikan tugas sangat baik.

Apabila Anda diberi kesempatan untuk mengembangkan karier dengan kenaikan jabatan, maka setelah menjabat sebagai GM, Anda akan menduduki posisi manager puncak (top management) yaitu posisi Direktur, baik direktur umum, direktur keuangan, atau mungkin saja bisa langsung menduduki direktur utama atau yang dikenal sebagai CEO (Chief Executif Officer).

b. Pangkat

Peruahaan BUMN : Pengertian, Jabatan, & Golongan
Peruahaan BUMN : Pengertian, Jabatan, & Golongan

Biasanya kita hanya mengetahui mengenai pangkat jika berurusan dengan organisasi kemiliteran. Namun, dalam organisasi bisnis seperti perusahaan juga ada istilah kepangkatan yang tentunya berbeda-beda di setiap jabatan yang dimiliki.

1. Pangkat di dalam jabatan Staff

  • Junior Staff
  • Staff
  • Senior Staff

2. Pangkat di dalam jabatan Supervisor

  • Junior Supervisor
  • Supervisor
  • Senior Supervisor

3. Pangkat di dalam jabatan Manager

  • Junior Manager
  • Manager
  • Senior Manager

4. Pangkat di dalam jabatan General Manager

  • Deputy General Manager
  • General Manager
  • Senior General Manager

5. Pangkat di dalam jabatan Direktur

  • Deputy Direktur
  • Direktur
  • Vice President (Deputy Direktur Utama)
  • CEO (Chief Executif Officer) atau Direktur Utama

c. Golongan

Peruahaan BUMN : Pengertian, Jabatan, & Golongan
Peruahaan BUMN : Pengertian, Jabatan, & Golongan

Golongan merupakan penandaan seseorang dalam bentuk deskripsi penomoran yang dilampirkan sesuai jabatan dan pangkat. Setiap golongan dalam jabatan dan pangkat akan disebar semakin banyak yang mana dilihat dari struktur organisasi perusahaan tersebut. Misalnya supervisor diberi golongan 2A, maka senior supervisor diberikan golongan 2B. Penggolongan tersebut tergantung pada tingkat kompleksitas suatu perusahaan. Pemberian golongan dalam bentuk angka penomoran bisanya mulai angka 1-25 atau juga dalam bentuk huruf maupun kombinasi huruf dan angka seperti 1A-6D.

Demikian paparan singkat mengenai urutan jabatan, pangkat, dan golongan di perusahaan BUMN beserta penjelasan singkat mengenai perusahaan BUMN. Semoga bermanfaat!

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close