Penutupan Seluruh Objek Wisata Di Siak Kembali Diperpanjang

  • Whatsapp
ISTANA SIAK copy
ISTANA SIAK copy

Tahukau.com – Penutupan Seluruh Objek Wisata Di Siak Kembali Diperpanjang – Melihat akan penyebaran kasus Covid-19 di Kabupaten Siak saat ini, dikatakan bahwa sampai saat ini belum menunjukkan angka penurunan.

Bapak Bupati Siak H Alfedri menegaskan kembali, untuk memperpanjang waktu perihal penutupan objek wisata di Kabupaten Siak. 

Penutupan objek wisata itu akan dibuka sampai waktu yang belum bisa ditentukan, langkah itu semata – mata untuk memutus mata rantai akan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Siak. 

Meskipun Pemkab Siak terbilang kehilangan PAD dari sektor wisata, namun keselamatan jiwa jauh lebih penting dari segalanya. Tidak hanya dengan itu saja, Alfedri juga memperpanjang masa work from home (WFH) bagi 50 persen ASN di Siak. 

Asisten I Setdakab Siak L Budhi Yuwono mengungkapkan, bahwa Bupati Siak Alfedri sudah menyampaikan kebijakan tersebut kepada para jajaran di internal Pemkab Siak.

Alfedri juga meminta dinas terkait masalah menyebarluaskan informasi penutupan Istana Siak, dan objek wisata di Siak.

Baca juga : Remaja 16 Tahun Diperkosa 17 Pemuda Secara Bergiliran

Terlihat beberapa orang yang berkerumun sedang mengantri di depan gerbang Istana Siak di Kabupaten Siak

“Bapak Bupati juga mengimbau hal ini supaya disebarluaskan agar wisatawan menunda kedatangan terlebih dahulu ke Siak, beliau juga tidak mau jika wisatawan kecewa setiba di Siak. Ada baiknya para wisatawan mencari tahu dulu informasi sebelum datang,” kata Budhi, pada Senin (24/5/2021). 

Selain itu, kebijakan itu sesuai kriteria berdasarkan instruksi Mendagri nomor 11 tahun 2021 mengenai perpanjangan akan pelaksanaan PPKM.

Kabupaten Siak masih berada pada zona orange, zona orange ini mengharuskan kegiatan wisata untuk ditiadakan dulu. Kegiatan ibadah di rumah dan kegiatan ASN WFH minimal 50 persen.

Ia menjelaskan, bahwa seharusnya perpanjangan penutupan objek wisata itu berakhir sampai pada Senin 24 Juni 2021. Tetapi semuanya tergantung pada situasi melihat kondisi akan penyebaran Covid- 19 di kabupaten Siak yang masih banyak, sehingga kegiatan wisata ditiadakan sampai waktu yang belum dapat ditentukan. 

“Apabila data Covid 19 di kabupaten Siak menurun dan sekurang – kurangnya jika Siak sudah zona hijau, maka istana Siak dan objek wisata lainnya dapat kita buka kembali.

Baca juga : Berita Dan Informasi Bupati Nganjuk, KPK Sita Uang Tunai

Kami bersama Bapak Bupati, akan terus memantau perkembangan dan menyampaikan kebijakan berikutnya” kata dia. 

Sementara itu Bapak Bupati Siak Alfedri mengatakan, sudah 2 tahun PAD sektor wisata tidak dapat diandalkan. Padahal PAD sektor wisata termasuk dalam primadona yang selalu terus berkembang dari tahun ke tahun sampai saat ini. 

“Kita tidak boleh hanya mengejar target PAD saja, karena keselamatan jiwa jauh lebih penting dari segalanya. Maka dari itu kita harus ikuti instruksi yang telah diberikan, mendagri dan mengambil langkah untuk berani mengambil alih memperpanjang penutupan istana Siak dan objek wisata di Siak tersebut” kata dia.

Menurut pendapat Alfedri, bahwa ia mengetahui animo wisatawan luar daerah sangat tinggi untuk dapat datang ke Siak. Sedangkan penyekatan secara ketat saat ini masih ada – ada saja yang datang dari luar daerah ke Siak.

Tingginya animo wisatawan ke Siak ialah kebanggaan Pemkab Siak, namun pihaknya harus harus lebih bijaksana dalam hal tersebut.

“Tetapi Jika keadaan sudah memungkinkan, maka kami akan membuka kembali istana Siak tersebut. Kami akan memanggil kembali para wisatawan supaya datang kembali ke Siak.

Karena pada saat ini masih dalam musim pandemi Covid- 19, marilah kita satu persepsi mengenai hal itu. Supaya kita semua untuk bersama – sama berniat untuk memutus mata rantai penyebaran Covid- 19 ini,” kata Alfedri. 

Pihaknya juga tetap mengupayakan akan penambahan vaksin Covid- 19 kepada seuruh masyarakat, kemudian mencadangkan hotel untuk para pasien Covid 19. Beserta mencadangkan mes PT IKPP.

“Jika sewaktu – waktu pasien membludak, paling tidak kita sudah punya ruang cadangan untuk mereka” kata dia. (Gs)

Baca juga : Viral! Wanita Asal AS Melahirkan Bayi Di Usia 57 Tahun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *