Pendidikan

Pengertian Wawasan Nusantara : Fungsi, Tujuan, Konsep [Lengkap]

Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia terhadap bentuk diri dan geografisnya untuk menghargai dan mengutamakan kebhinekaan dalam mencapai tujuan nasional berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Untuk memahami wawasan nusantara yang lebih lengkap, simak baik-baik artikel berikut ini.

Secara etimologis, wawasan nusantara berasal dari bahasa Jawa, wawas, nusa, dan antara. Wawas adalah pandangan, tinjauan, penglihatan inderawi. Nusa adalah kesatuan kepulauan, sedangkan antara diartikan sebagai dua benua dan dua samudera. Sehingga wawasan nusantara berarti cara pandang bangsa Indonesia terhadap kepulauan yang berada di antara benua Asia dan Australia serta samudera Hindia dan samudera pasifik. Dasar hukum wawasan nusantara yang menjadi konsepsi politik kewarganegaraan tercantum dalam:
TAP MPR. No. IV/MPR/1973 tanggal 22 Maret 1973
TAP MPR. No. IV/MPR/1978 tanggal 22 Maret 1978 tentang GBHN
TAP MPR. No. II/MPR/1983 tanggal 12 Maret 1983

Baca juga : Pengertian Ideologi

Fungsi Wawasan Nusantara

Pengertian Wawasan Nusantara : Fungsi, Tujuan, Konsep [Lengkap]
Fungsi Wawasan Nusantara

Wawasan Nusantara memiliki beberapa fungsi antara lain:

Sebagai Wawasan Pembangunan yang bisa digerakkan di semua aspek kehidupan negara baik politik, pertahanan, sosial, ekonomi, dan budaya.
Sebagai Konsep Ketahanan Sosial yang memegang peranan penting dalam mewujudkan perencanaan pembangunan, kewilayahan, dan ketahanan keamanan nasional.
Sebagai Wawasan Pertahanan dan Keamanan yang mengacu pada geopolitik nasional Indonesia serta pada keamanan seluruh wilayah tanah air dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Sebagai Wawasan Kewilayahan daerah-daerah yang ada di Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk mencegah sengketa dengan negara lain.

Tujuan Wawasan Nusantara

Tujuan Wawasan Nusantara
Tujuan Wawasan Nusantara

Tujuan Wawasan Nusantara dibagi menjadi dua macam yaitu tujuan nasional dan tujuan Wawasan Nusantara ke dalam:

  • Tujuan nasional Wawasan Nusantara tercantum dalam pembukaan UUD 1945 yang menjelaskan tujuan dari kemerdekaan bangsa Indonesia “melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial”.
  • Tujuan Wawasan Nusantara ke dalam mengacu pada kepentingan dalam negeri yang terdiri dari ribuan pulau yang tersebar di seluruh wilayah NKRI. Tujuan NKRI tidak lain adalah untuk kepentingan nasional dan kepentingan kawasan guna mewujudkan kesejahteraan serta kedamaian seluruh rakyat Indonesia.

Asas Wawasan Nusantara

Asas Wawasan Nusantara
Asas Wawasan Nusantara

Asas Wawasan Nusantara meliputi:

Kepentingan yang sama yakni satu visi dan satu orientasi. Di masa penjajahan, kepentingan rakyat Indonesia adalah memerdekakan Indonesia. Hari ini, juga harus disepakati bahwa kepentingannya adalah mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
Keadilan yakni distribusi dan redistribusi kekayaan negara yang harus dibagikan seadil-adilnya demi kemakmuran rakyat.
Kejujuran yakni kesesuaian antara kata-kata dengan tindakan artinya rakyat kecil tidak membohongi rakyat kecil lainnya serta pemerintah tidak menipu rakyatnya.
Solidaritas yakni sikap simpati dan empati untuk menjaga persatuan dan kesatuan nasional. Wujud solidaritas tertinggi biasanya diwujudkan dengan cara rela berkorban demi bela negara.
Kerjasama yakni bekerja secara strategis demi mencapai tujuan nasional dengan melibatkan semua golongan baik minoritas maupun mayoritas.
Kesetiaan yakni loyalitas pada kesepakatan-kesepakatan nasional sejak Indonesia berdiri maupun terhadap nilai-nilai ideologi Pancasila sebagai dasar negara.

Baca juga : Pengertian Organisasi

Latar Belakang Wawasan Nusantara

Latar Belakang Wawasan Nusantara
Latar Belakang Wawasan Nusantara

Wawasan Nusantara dilatar belakangi oleh beberapa aspek penting, diantaranya adalah:

Aspek Falsafah Pancasila

Pancasila sebagai dasar negara Indonesia mengandung nilai-nilai yang menjadi acuan Wawasan Nusantara diantaranya hak asasi manusia yang membebaskan masyarakat untuk memeluk dan menjalankan ibadah sesuai kepercayaannya, meletakkan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi serta melakukan musyawarah untuk mufakat.

Aspek Kewilayahan Nusantara

Letak geografis Indonesia yang erat dengan kekayaan sumber daya alam, suku bangsa, dan keragaman budaya yang ada di seluruh Indonesia.

Aspek Sejarah Indonesia

Negara Kesatuan Republik Indonesia terbentuk dari proses panjang. Rakyat Indonesia tentunya tidak ingin bila pengalaman pahit tersebut terulang kembali dan menciptakan perpecahan. Oleh karena itu, kemerdekaan saat ini bisa dipertahankan dengan menjaga wilayah.

Aspek Sosial Budaya

Indonesia memiliki banyak suku bangsa dengan ragam budaya, bahasa, adat istiadat, dan agama yang beragam. Kebhinekaan ini juga berpotensi menyebabkan konflik dalam masyarakat. Pemahaman Wawasan Nusantara bisa dijadikan sebagai pedoman dalam melakukan hubungan interaksi dalam masyarakat.

Implementasi Wawasan Nusantara

Implementasi Wawasan Nusantara
Implementasi Wawasan Nusantara

Implementasi Wawasan Nusantara terdiri dari beberapa bidang diantaranya adalah:

Bidang Politik yang diaplikasikan dalam:
– Pelaksanaan kehidupan berpolitik telah diatur dalam Undang-Undang misalnya UU Pemilu untuk melaksanakan pemilu yang adil dan demokrasi
– Hukum sebagai pedoman dalam melaksanakan kehidupan bermasyarakat dan bernegara
– Menjaga dan mengembangkan sikap pluralisme serta HAM untuk mempersatukan keberagaman Indonesia
– Berkomitmen pada lembaga pemerintahan dan partai politik untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa
– Keikutsertaan Indonesia dalam politik luar negeri dan menjaga seluruh wilayah Indonesia
Bidang Ekonomi yang diaplikasikan dalam:
– Orientasi bidang ekonomi ada pada sektor pemerintahan, industri, dan pertanian
– Pembangunan ekonomi harus seimbang dan adil sehingga tidak terjadi kemiskinan
– Partisipasi yang mendukung pemberian fasilitas kredit mikro untuk mengembangkan usaha kecil sangat berarti bagi pembangunan ekonomi
Bidang Sosial yang diaplikasikan dalam:
– Pelestarian dan pengembangan budaya Indonesia dijadikan sebagai tujuan wisata yang bisa memberikan sumber penghasilan daerah bahkan nasional
– Menjaga keberagaman Indonesia mulai dari budaya, bahasa, dan status sosial untuk mewujudkan keserasian dalam bermasyarakat
Bidang Pertahanan dan Keamanan yang diaplikasikan dalam:
– Kedisiplinan diri ditingkatkan, menjaga lingkungan sekitar, dan melaporkan setiap kejadian yang mengganggu ketertiban
– Meningkatkan rasa persatuan dan solidaritas antar masyarakat, baik dalam maupun luar daerah
– Membangun sarana dan prasarana untuk membangun pengamanan wilayah Indonesia

Konsep Wawasan Nusantara

Konsep Wawasan Nusantara
Konsep Wawasan Nusantara

Konsep Wawasan Nusantara terdiri dari Trigatra dan Pancagatra. Trigatra Wawasan Nusantara terbagi menjadi tiga aspek yaitu:
Geografis adalah pemahaman wilayah Indonesia yang terletak diantara dua benua dan dua samudera. Pengetahuan ini juga meliputi wilayah Indonesia sebagai wilayah kepulauan.
Demografis adalah pemahaman jumlah, komposisi, dan distribusi penduduk Indonesia yang tersebar di seluruh Nusantara bahkan dunia.
Strategis adalah pemahaman tentang kekayaan sumber daya alam yang terbentang secara vertikal dan horizontal serta dari Sabang sampai Merauke. Sedangkan Pancagatra Wawasan Nusantara terdiri dari 5 aspek, antara lain:
Ideologi adalah pengetahuan yang menyeluruh tentang Pancasila baik itu butir-butir, nilai-nilai, makna, dan implementasinya.
Politik adalah pengetahuan tentang hubungan kekuasaan dan kebijakan politik yang dibuat oleh para pejabat.
Ekonomi adalah pengetahuan untuk mengelola sumber daya yang dijadikan komoditas agar bisa dinikmati bagi seluruh rakyat.
Sosial Budaya adalah pengetahuan tentang keragaman budaya dan nilai-nilainya untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.
Pertahanan dan Keamanan adalah pengetahuan tentang pentingnya menjaga keutuhan bangsa Indonesia dari ancaman yang berasal dari dalam maupun luar negeri atau dari bangsa asing maupun bangsa sendiri.

Baca juga : Pengertian Hukum

Demikian pengertian Wawasan Nusantara lengkap baik dari fungsi, tujuan, asas, latar belakang, serta konsep Wawasan Nusantara. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close