Teknologi

Pengertian VPS Hosting : Cara Kerja dan Kelebihan [Lengkap]

Banyak hal yang dapat dipelajari mengenai hal-hal yang berkaitan dengan internet. Salah satunya adalah terkait Virtual Private Server yang disingkat dengan VPS. Tentunya banyak yang bertanya-tanya apa itu VPS? VPS termasuk salah satu layanan hosting dan saat ini telah digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Nah untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini akan diulas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan VPS terutama VPS Hosting, mulai dari pengertian, cara kerja, waktu penggunaan hingga kelebihan dan kekurangan VPS Hosting. Namun, sebelum itu, akan diulas terlebih dahulu pengertian dari VPS. Berikut ulasannya di bawah ini!

Pengertian VPS Hosting

Pengertian VPS Hosting : Cara Kerja dan Kelebihan [Lengkap]
Pengertian VPS Hosting

VPS singkatan dari Virtual Private Server. VPS termasuk sebuah server pribadi yang keseluruhan resource-nya hanya dapat digunakan oleh satu pengguna saja dan tidak adanya pengaruh dari pengguna lain. pengguna dapat mengelola secara penuh semua konfigurasi dan resource yang ada pada VPS dan melakukan apapun yang diinginkan. VPS dapat dikatakan opsi lain dalam hal memperoleh kapasitas penyimpanan yang besar dan lebih privat. VPS memiliki kekuatan serta fleksibilitas apabila memiliki server sendiri dan tentunya cenderung lebih hemat dalam mengurus hardware.

VPS bukan satu-satunya layanan hosting. VPS hosting merupakan salah satu layanan hosting yang paling banyak digunakan untuk mengoperasikan website secara online. Teknologi yang digunakan VPS Hosting adalah virtualisasi hardware server fisik yang mana nantinya akan dibagi menjadi beberapa resource berbeda. Mengapa demikian? Karena pembagian ini dilakukan dengan menggunakan software sehingga dalam satu server fisik biasanya terdapat beberapa VPS yang dijalankan. Sebuah VPS Hosting mampu menjalankan sistem operasinya sendiri sehingga membuat customer yang memakai jasa layanan ini harus memiliki akses dengan level superuser untuk menggunakannya.

VPS hosting dikenal sebagai pilihan yang jauh lebih stabil dan aman dari pada shared hosting. Biasanya pemilik situs website menyewa jasa VPS hosting jika memiliki website dengan jumlah trafik yang tinggi bahkan melebihi batas penggunaan yang disarankan oleh paket shared hosting. Secara umum, biasanya VPS menawarkan lebih dari satu paket hosting yang dapat digunakan untuk kebutuhan yang diinginkan termasuk kebutuhan website bisnis yang dimiliki. VPS hosting juga memberikan akses guaranteed resource serta memiliki kendali penuh tanpa harus mengelola server sendiri.

Baca juga : Aplikasi VPN Android

Cara Kerja VPS Hosting

Cara Kerja VPS Hosting
Cara Kerja VPS Hosting

Tempat web hosting dalam menyimpan file dan database  yang dibutuhkan untuk konten website adalah server. Kapanpun pengguna mengakses website yang dimiliki, browser yang mengirimkan request atau permintaan ke server, kemudian server mengtransfer dile yang diperlukan melalui internet. kemudian tugas dari VPS Hosting adalah untuk menyediakan server virtual yang menirukan server fisik meskipun pada kenyataannya server tersebut terbagi ke dalam beberapa user.

Sudah dijelaskan bahwa VPS Hosting menggunakan teknologi virtualisasi dimana teknologi yang mana memiliki hosting provider akan menginstall layer virtual di atas sistem operasi dari server. Layer ini membagi server ke dalam partisi dan memungkinkan setiap user untuk menginstall sistem operasi dan software. Oleh karena itu, VPS bersifat virtual dan private sebab pengguna memiliki kendali penuh . Server yang ada di VPS akan terpisah dengan server dari user lain bahkan teknologi yang dipakai VPS mirip dengan proses pembuatan partisi pada komputer ketika akan menjalankan lebih dari satu sistem operasi seperti Windows dan linux tanpa adanya reboot.

Dengan memilih memakai VPS berarti akan membuat website lebih aman dengan jaminan adanya resource (memori, disk space, CPU core, dan lainnya) yang tidak mengharuskan pengguna untuk berbagi dengan user lainnya. Dengan menggunakan VPS Hosting, pengguna akan memiliki akses root-level yang sama sebagaimana menyewa dedicated server tapi dengan harga lebih murah.

Kelebihan dan Kekurangan VPS Hosting

Kelebihan dan Kekurangan VPS Hosting
Kelebihan dan Kekurangan VPS Hosting

Jika sangat dibutuhkan untuk website, VPS hosting adalah solusi yang tepat. VPS Hosting memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan, diantaranya:

Kelebihan

  • Lebih cepat, aman, dan andal daripada server shared hosting karena pengguna VPS hosting tidak akan membagi space dengan pengguna lain sehingga terhidar dari kegagalan script
  • Lebih fleksibel dibandingkan dedicated server karena pengguna dapat mengatur sendiri hardware dan software yang akan digunakan yang mana sekaligus dapat menjalankan langsung aplikasi yang diinginkan
  • Adanya jaminan resource server seperti memori sehingga fluktuasi pada resource yang tersedia berkurang bahkan bisa saja tidak ada
  • Jika terdapat masalah terkait website dan trafik yang terjadi di user lain, tidak akan mempengaruhi situs yang dimiliki
  • Pengguna akan memperoleh akses superuser (root) ke server yang berguna untuk mengatur dan menginstall sistem operasi sendiri.
  • Keamanan file dan database akan terjamin dan tersembunyi dari user server lain
  • Layanan dari VPS Hosting mudah untuk di scale karena seiring dengan berkembangnya website, pengguna dengan mengupgrade resource server.

Kekurangan

  • Harga yang dimiliki VPS Hosting lebih mahal daripada shared hosting
  • Mengharuskan penggunan memiliki pengetahuan dan pemahaman terkait teknis agar dapat mengelola server dengan baik
  • Jika salah dalam mengatur server akan berakibat fatal terhadap sistem keamanan yang dimiliki
  • Biaya pengembangan resource sangat besar sehingga membutuhkan budget yang cukup besar untuk melakukan pengembangan resource.

Waktu Penggunaan VPS Hosting Yang Tepat

Waktu Penggunaan VPS Hosting Yang Tepat
Waktu Penggunaan VPS Hosting Yang Tepat

Ketika website mengalami perkembangan, banyak orang memilih untuk menggunakan layanan VPS hosting. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua orang memilih VPS ketika pertama kali membuat website. Ada beberapa kasus yang mewajibkan pemilik website untuk memanfaatkan VPS Hosting di awal ketika membuat sebagai contoh ketika situs website yang dijalankan adalah situs web e-commerce tentunya pemilik web ingin mengatur metode pembayaran yang lebih aman, cepat, dan nyaman. Hal itu bisa diberika dengan menggunakan layanan VPS karena VPS sanggup mengurangi risiko kebocoran keamanan data penting perusahaan.

Ketika pemilik website yang awalnya menggunakan shared hosting untuk mengelola websitenya, pastinya mereka akan terus mengupdate hingga ke paket shared hosting yang mahal. jika tidak ingin mengeluarkan biaya yang banyak, maka pemilik website perlu untuk mempertimbangkan beralih ke layanan VPS Hosting. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika memutuskan untuk beralih menggunakan layanan VPS Hosting, diantaranya:

Baca juga : Platform Trading Forex

  • Ketika bisnis yang dijalani mulai berkembang dan memperoleh trafik yang besar, maka yang harus dilakukan adalah mencari media penyimpanan yang lebih besar dan tidak ada batasan. Media penyimpanan yang dipilih juga harus dapat dikembangkan sesuai dengan bisnis yang dimiliki
  • Memiliki keinginan untuk menjalankan aplikasi yang tidak disediakan oleh shared hosting
  • Memiliki keinginan untuk meningkatkan sistem keamanan pada website yang dimiliki karena dengan banyaknya situs yang menempati satu hosting akan membuat situs yang dimiliki lebih rentang terhadap serangan jika salah satu website mengalami kegagalan. Dengan menggunakan VPS, maka keamanan website yang dimiliki terjamin dan pemilik website memiliki kontrol penuh atas website yang dimiliki.
  • Membutuhkan porsi lebih tinggi atas hosting dan uptime. Jika berurusan dengan maximum bandwidth, pengguna VPS tidak perlu untuk berbagi tempat penyimpanan dengan pengguna lain karena pengguna layanan server merupakan satu-satunya pengguna yang memiliki kuasa untuk menggunakan tempat penyimpanan yang besar.

Nah itulah ulasan lengkap terkait VPS hosting mulai dari pengertian, cara kerja, kelebihan dan kekurangan hingga waktu dalam penggunaan VPS Hosting secara tepat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda!

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close