Teknologi

Pengertian VPN : Jenis, Cara Kerja, & Fungsi [Lengkap]

Pernahkah kalian mendengar istilah VPN? Jika kalian bekerja yang berhubungan jaringan internet, pastinya kalian akan mengetahui apa itu VPN. Perlu diketahui bahwa VPN dapat dikatakan sebagai solusi terbaik untuk  melakukan transaksi keuangan dalam jumlah besar, baik dari situs saham dan e-banking dimana VPN membuat segala transaksi data semakin private dan terhindar dari para hacker. VPN membuat jaringan internet lebih aman dan sangat menguntungkan bagi para penggunanya. Untuk lebih jauhnya lagi, berikut ini akan diulas hal-hal yang berkaitan dengan VPN mulai dari mulai dari jenis-jenis, cara kerja, fungsi, manfaat, hingga kelebihan dan kekurangan dari VPN. Namun sebelum itu, alangkah baiknya untuk memahami terlebih dahulu pengertian dari VPN. Simak baik-baik ya!

 Pengertian VPN

Pengertian VPN : Jenis, Cara Kerja, & Fungsi [Lengkap]
Pengertian VPN

VPN atau Virtual Private Network merupakan sebuah teknologi komunikasi yang memungkinkan mendapatkan koneksi antara satu jaringan dengan lain secara pribadi melalui jaringan publik (internet) dan menggunakannya dengan tujuan untuk bergabung dengan jaringan lokal. Dengan cara tersebut, otomatis pengguna akan mendapatkan hak dan pengaturan yang sama seperti halnya berada di dalam LAN itu sendiri.

Ditinjau dari jaringannya, Salah satu masalah yang kerap kali terjadi yang berkaitan dengan jaringan internet (IP publik) yaitu tidak adanya dukungan dari sistem keamanan. IP termasuk salah satu kebutuhan dasar perusahaan untuk menukar data antara kantor cabang dengan rekanan perusahaan. Dan VPN menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Dengan menggunakan VPN, jaringan perusahaan yang memanfaatkan infrasutruktur IP dapat tersambung secara private dengan kantor cabang dengan melakukan pengamanan terhadap transmisi paket data.

Baca juga : VPS Hosting

Jenis-Jenis VPN

Jenis-Jenis VPN
Jenis-Jenis VPN

Setelah memahami pengertian VPN, selanjutnya perlu untuk memahami jenis-jenis VPN yang harus diketahui. Dengan adanya VPN, maka transmisi data diantara komputer dan juga smartphone akan bisa terenkripsi dengan baik dan aman. Ada beberapa jenis dari VPN yang akan disebutkan di bawah ini, yaitu:

Access VPN

Jenis ini disebut dengan VPDN (Virtual Private Dial-up Network) yaitu suatu koneksi user ke LAN yang digunakan oleh perusahaan kepada karyawannya yang membutuhkan jaringan untuk mengakses internet. Remote dari Access VPN dapat bekerja untuk mengakses semua data penting perusahaan yang sangat dibutuhkan.

Intranet VPN

Jenis VPN ini disebut dengan site to site VPN. Jenis ini digunakan untuk menyambungkan antara kantor cabang dengan kantor pusat dengan cara menghubungkannya melalui shared network dan menggunakan koneksi dedicated atau koneksi yang permanen.

Extranet VPN

Jenis VPN ini digunakan untuk menghubungkan kantor dengan pihak luar kantor. Jenis VPN ini menggunakan koneksi jaringan dedicated dan setiap perusahaan yang menggunakan jaringan jenis VPN ini dapat berkomunikasi dan bertukar informasi dengan cemat, mudah, dan aman.

Baca juga : Dedicated Server Hosting

Cara Kerja VPN

Cara Kerja VPN
Cara Kerja VPN

Cara kerja VPN yaitu dengan cara membuat jaringan di dalam sebuah jaringan yang dimiliki yang biasanya disebut dengan tunneling yang memiliki tujuan untuk membuat jalur koneksi secara privat yang memanfaatkan infrastruktur dari jaringan lain.

Umumnya, ketika mengakses sebuah website di internet, secara otomatis pengguna akan terhubung dengan ISP (Internet Service Provider). Semua trafik data permintaan untuk website yang diakses akan melalui server ISP dan hanya bisa dilihat oleh pihak ISP sendiri.

Hal itu berbeda dengan suatu komputer yang menggunakan VPN untuk mengakses internet. VPN yang digunakan komputer akan mengenkripsi data hanya dapat diketahui dan dibuka oleh pengguna server VPN.

Dari pernyataan di atas, dapat disimpulkan bahwa cara kerja dari VPN yaitu:

  • ISP tidak akan mengetahui suatu aktivitas yang dilakukan pengguna VPN di internet
  • Alamat IP yang terlihat hanya IP server pengguna VPN
  • Penggunaan hostpot WiFi  menjadi lebih aman karena data yang dimiliki telah dienkripsi
  • Provider VPN dapat melihat aktivitas dari pengguna VPN di internet.

Fungsi VPN

Fungsi VPN

Penggunaan VPN merupakan solusi terbaik dan aman untuk mengakses LAN atau Local Area Network yang mana berada pada jangkauan tertentu. Dengan menggunakan VPN dapat menghindari adanya penyusup atau hacker saat melakukan transmisi data yang dilakukan sewaktu-waktu. VPN memiliki beberapa fungsi yang menguntungkan bagi para penggunanya, sebagai berikut:

Baca juga : Penyedia Web Hosting Gratis

1. Confidentially (Kerahasiaan Data)

Dengan menggunakan VPN, pengguna dapat menjada kerahasiaan data dan informasi pribadi agar tidak sembarangan digunakan oleh orang lain karena saat ini menggunaka jaringan bersifat publik cukup berbahaya, apalagi untuk bisnis-bisnis besar yang rentan informasi dan data penting milik perusahaan sehingga dengan VPN dapat emngamankan keluar masuknya data dengan menggunakan metode enkripsi.

2. Data Integrity (Keutuhan Data)

VPN juga berfungsi sebagai penyelamat data dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dimana program dari VPN akan memastikan proses transmisi data selesai dan diterima oleh penerima sesuai dengan permintaan dari user tanpa merubah apapun atau memanipulasi data yang dikirim.

3. Origin Authentication (Otentikasi Sumber)

VPN memiliki suatu program yang mampu untuk mengautentikasi sumber dari pengurum data yang akan diterima dimana VPN akan memastikan dan mengecek data yang masuk melalui sumber pengirimnya. Jika proses mengautentikasi berhasil, maka informasi atau data dapat disetujui. Dalam hal ini dapat dikatakan bahwa VPN berguna untuk menganalisis sumber-sumber data yang tidak diketahui sumbernya untuk mencegah kiriman file virus.

Manfaat VPN

Manfaat VPN
Manfaat VPN

Setelah memahami pengertian, jenis, dan fungsi dari VPN, berikut ini akan dipaparkan beberapa manfaat yang dihasilkan dari VPN secara umum, diantaranya:

Privasi

Pengguna VPN dapat menyembunyikan alamat IP saat melakukan browsing internet sehingga privasi pengguna akan terjamin dengan aman

Remote Access

Pengguna VPN dapat mengakes jaringan komputer di kantor atau dimanapun dengan mudah melalui jaringan internet karena memiliki fitur remote access

Keamanan

VPN membantu untuk menjaga keamanan jaringan internet dari para hacker yang usil, terutama ketika mengakses menggunakan WiFi umum

Hemat Biaya

Dengan menggunakan VPN akan membantu dalam penghematan biaya pengaturan jaringan. Penggunaan VPN pada jaringan lokal yang luas dapat diakses dengan biaya murah karena menggunakan jaringan internet yang sudah ada tanpa membuat jaringan sendiri.

Kelebihan dan Kekurangan VPN

Kelebihan dan Kekurangan VPN
Kelebihan dan Kekurangan VPN

Penggunaan server VPN pada jaringan komputer terutama di perusahaan akan mampu menjaga data dan informasi dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kebocoran informasi penting perusahaan maupun pencurian data penting. Dengan menggunakan VPN, akan mencegah masuknya penyusup dalam jaringan pribadi maupun umum. VPN ternyata memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang wajib diketahui, diantaranya:

Kelebihan

Berikut ini akan dipaparkan beberapa kelebihan dari VPN, diantaranya:

  • VPN adalah solusi yang terbaik dengan harga murah tetapi dapat memberikan jaringan internet khusus yang aman
  • Dengan adanya VPN membuat mobilitas perusahaan akan lebih baik dimana para pekerja perusahaan dapat etrhubung dengan jaringan kantor meskipun melalui perangkat pribadi di rumah.
  • Fitur keamanan yang dimiliki VPN dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang diinginkan

Kekurangan VPN

Berikut akan dipaparkan beberapa kekurangan dari VPN, diantaranya:

  • Ketika menyediakan akses ke karyawan secara global, maka faktor keamanan menjadi risiko karena informasi perusahaan yang bersifat penting dan sensitif dapat diakses dengan mudah oleh orang lain
  • Memerlukan perhatian ekstra dalam penetapan sistem keamanan VPN

Baca juga : Aplikasi VPN Android

Demikian ulasan terkait pengertian VPN (Virtual Private Network) terlengkap, mulai dari pengertian, jenis-jenis, cara kerja, fungsi, manfaat, hingga kelebihan dan kekurangan dari VPN. Semoga ulasan dalam artikel ini bermanfaat bagi Anda!

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close