Pendidikan

Pengertian Teks Negosiasi : Ciri, Struktur, dan Contohnya

Kehidupan manusia tidak lepas dari yang namanya negoisasi. Hampir setiap harinya orang-orang menerapkan aktifitas negosiasinya dalam berkomunikasi dengan orang lain mulai dari negosiasi sederhana seperti meminta uang saku sampai dengan negosiasi serius seperti negosiasi bisnis, jual beli, negosiasi dengan pihak luar dan sebagainya.

Nah untuk itu, di dalam artikel ini akan diberikan 5 contoh teks negosiasi singkat berbagai tema. Namun sebelum itu, alangkah baiknya akan diulas terlebih dahulu secara singkat mengenai pengertian, ciri-ciri, dan juga struktur teks negosiasi. Maka dari itu, simak baik-baik ya di bawah ini!

Pengertian Teks Negosiasi

Pengertian Teks Negosiasi

Negosiasi merupakan sebuah bentuk interaksi sosial antara pihak-pihak yang terlibat dengan berusaha untuk menyelesaikan suatu hal sesuai dengan kesepakatan bersaman. Kedua belah pihak yang terlibat dalam melakukan negosiasi memiliki hak terhadap hasil yang akan disepakati keduanya. Untuk hasil akhir dari negosiasi tersebut harus memiliki persetujuan dari semua pihak sehingga semua pihak menerima dengan baik hasil negosiasi sesuai dengan kesepakatan bersama.

Jadi, dapat dikatakan bahwa teks negosiasi merupakan teks yang berisi interaksi sosial antara pihak-pihak yang terlibat untuk mencapai kesepakatan bersama dengan hasil akhir yang telah disetujui oleh pihak-pihak yang terlibat.

Baca juga : Teks Eksplanasi

Ciri-ciri Teks Negosiasi

Ciri-ciri Teks Negosiasi
  • Terjadi melalui lisan maupun tulisan bahkan bisa dari kombinasi keduanya
  • Berisi dialog antara dua belah pihak
  • Bertujuan untuk menemukan kesepakatan bersama
  • Bentuk komunikasi aktif
  • Lebih mengutamakan kepentingan bersama daripada kepentingan pribadi
  • Mengarah kepada tujuan yang lebih praktis dan efisien
  • Mengarah pada keuntungan yang diperoleh kedua belah pihak

Baca juga : Teks Deskripsi

Struktur Teks Negosiasi

Struktur Teks Negosiasi
  1. Orientasi : bagian yang berisi kalimat pembuka. Biasanya diawali dengan mengucapkan salam. Fungsi bagian ini adalah memulai suatu negosiasi antar pihak yang terlibat.
  2. Permintaan : bagian yang berisi permintaan maupun keinginan dari si pembeli, baik berupa jasa maupun barang yang diinginkan
  3. Pemenuhan : bagian yang berisi kesanggupan penjual baik berupa barang atau jasa yang diminta oleh pembeli atau konsumen kepada penjual
  4. Penawaran : bagian yang merupakan puncak dari negosiasi dengan melakukan tawar menawar antara kedua belah pihak
  5. Persetujuan : bagian yang berisi kesepakatan antara kedua belah pihak terkait negosiasi yang dilakukan
  6. Pembelian : bagian berisikan keputusan pihak yang menjadi pembeli untuk menyetujui negosiasi yang telah dilakukan
  7. Penutup : bagian yang berisi kalimat penutup yang biasanya berisi ungkapan terimakasih antara kedua belah pihak yang terlibat.

Baca juga : Teks Eksemplum

5 Contoh Teks Negosiasi Singkat Berbagai Tema

5 Contoh Teks Negosiasi Singkat Berbagai Tema

Berikut ini akan dipaparkan beberapa contoh teks negosiasi singkat dengan berbagai tema:

1. Contoh teks negosiasi jual beli baju di pasar

Berikut ini contoh teks negosiasi antara pembeli dan penjual yang terjadi di toko ketika membeli baju.

Pembeli: Permisi pak, saya mencari baju untuk anak-anak apa ada?

Penjual : Oh ada neng. Sebentar saya ambilkan!

Pembeli : Itu berapa harganya pak?

Penjual : Yang gambar frozen 70 ribu, yang gambar Lol 100 ribu.

Pembeli : harganya bisa kurang tidak pak?

Penjual : Waduh, sebenarnya tidak boleh neng. Ini sudah harga pas.

Pembeli : Boleh ya pak. Saya mau beli dua ini.

Penjual : Hmmm yaudah 150 ribu deh neng kalau beli dua.

Pembeli : Tidak bisa diturunin lagi harganya pak? Dua ini 100 ribu deh.

Penjual : Aduh tidak bisa neng. Rugi saya.

Pembeli : Saya naikkin 15 ribu deh pak. Jadi 115 ribu dua baju. Gimana?

Penjual : Naikkin lagi deh neng. 120 ribu ambil dua deh.

Pembeli : Oke deh pak. Saya setuju. Saya ambil dua ya. Ini uangnya.

Penjual : Terimakasih neng.

Pembeli : Sama-sama pak. Mari!

2. Contoh teks negosiasi antara penumpang dengan tukang ojek

Berikut ini contoh teks negosiasi antara penumpang dan tukang ojek  yang terjadi di pangkalan ojek.

Penumpang : Pak, ke daerah Jabon berapa ya?

Tukang ojek : 20 ribu mbak.

Penumpang : Wih mahal amat pak. Kemarin kata tetangga saya cuma 10 ribu kesana.

Tukang ojek : murah banget mbak. Pangkalan ojek mana itu kok murah banget. Lagian Jabon lumayan jauh loh mbak dari sini.

Penumpang : Yaudah, saya naikkin jadi 13 ribu deh pak.

Tukang ojek : 15 ribu deh mbak. Saya antar langsung sampai depan rumah.

Penumpang : Ih, bapak bisa aja. Oke deh pak. Saya setuju tapi benar loh antarkan sampai depan rumah hehe.

Tukang ojek : Siap mbak. Jangan khawatir!

3. Contoh teks negosiasi antara anak dan ibu

Berikut ini contoh teks negosiasi antara anak dan ibu yang terjadi di lingkungan keluarga

Anak : Bu, habis lulus ini saya mau kuliah jurusan Pendidikan bahasa dan Sastra Indonesia.

Ibu    : Loh, katanya mau jadi editor buku kok kuliah di pendidikan.

Anak : Kan masih bisa bu. Ada sastranya juga.

Ibu     : Kalau kamu ingin jadi editor, mendingan kamu ambil sastra Indonesia murni saja. Kalau pendidikan fokusmu ada tiga. Di pendidikan, bahasa, dan sastra. Kemungkinan yang paling dominan di pendidikannya.

Anak : Oh gitu ya bu. Yaudah deh saya setuju. Saya ambil sastra Indonesia saja.

Ibu : Baguslah kalau kamu setuju dengan saran ibu. Nanti kita diskusikan dengan ayahmu juga untuk memilih universitas dengan jurusan sastra Indonesia yang bagus.

Anak : Oke bu, terimakasih sarannya.

4. Contoh teks negosiasi antara ketua kelas dengan sekretaris di kelas

Berikut ini contoh teks negosiasi antara antara ketua kelas dengan perwakilan siswa yang terjadi di kelas.

Ketua kelas : Dira, ini udah aku fotocopy materi yang dari bu Anis tadi.

Sekretaris : Oh oke boy. Nanti ku bagikan. Per anak berapa nih?

Ketua kelas : Minta seribu aja dir.

Sekretaris : Hey, memangnya tidak kemurahan. Lumayan banyak loh ini

Ketua kelas : Udah tidak apa-apa

Sekretaris : Jangan deh boy. Tidak enak nih kita. Nanti dikira nakal masalah bayar membayar. 5000 deh, gimana?

Ketua kelas : Memangnya itu gak kemahalan? Gak takut diprotes anak-anak?

Sekretaris : Tidak. Percaya deh. Kalau kamu tidak mau nanti sisanya masukkin kas deh.

Ketua kelas : Yaudah deh. Terserah kamu deh.

Sekretaris : Oke. Setuju ya! Kalau gitu aku ke Linda dulu. Biar dia yang nyatat siapa aja yang udah bayar dan ambil.

Ketua kelas : Iya. Sana ke Linda.

5. Contoh teks negosiasi antara pembeli dan penjual sayur

Berikut ini contoh teks negosiasi antara pembeli dan penjual sayur di pasar.

Pembeli : Permisi bu. Kembang kolnya ada?

Penjual sayur : Ada mbak. Mau berapa kg?

Pembeli : Kalau 10 kg, berapa harganya bu?

Penjual : 200 ribu mbak.

Pembeli : Mahal banget buk. Bisa kurang dikit gak? 90 ribu deh

Penjual : Aduh gak bisa mbak. Sekarang sayur serba mahal mbak. Cabai aja harganya udah naik.

Pembeli : Ayolah buk. Saya beli banyak loh. Masa tidak boleh kurang? 90 ribu ya.

Penjual : 100 ribu deh mbak. Saya kasih langsung.

Pembeli : Oke deh bu. Saya setuju.

Penjual : Oke mbak. Bentar saya bungkusin dulu. Ini saya kasih bonus empon-empon sama bahan untuk sayur sop ya mbak.

Pembeli : Wah, terimakasih bu.

Baca juga : Teks Berita

Nah itulah 5 contoh teks negosiasi singkat berbagai tema. Di samping itu, di dalam artikel ini kalian juga dapat menemukan ulasan singkat etrkait pengertian, ciri-ciri, dan struktur teks negosiasi. Semoga apa yang ada di dalam artikel ini bermanfaat bagi kalian!

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close