Pendidikan

Pengertian Resume : Cara Membuat dan Contoh [Lengkap]

Resume adalah cara efektif yang digunakan untuk menjelaskan inti pokok sebuah informasi untuk disampaikan kepada orang lain. Misalnya resume buku atau resume karangan yang bertujuan untuk menjelaskan isi pikiran pengarang kepada pembaca dengan lebih ringkas. Lalu apa sebenarnya resume tersebut? Simak baik-baik artikel berikut ini ya!

Resume merupakan ringkasan atau rangkuman yang dipangkas dari karangan panjang dengan mengambil bagian pokoknya saja. Tujuan penulisan resume adalah sebagai media penyampaian secara singkat, padat, dan jelas sehingga pembaca tidak sulit dalam memahaminya. Sedangkan, kata resume juga sering dipakai dalam dunia kerja yang berarti daftar riwayat hidup (curriculum vitae). Daftar riwayat hidup merupakan dokumen yang berisi tentang rangkuman pengalaman, keahlian, dan pendidikan seseorang bertujuan sebagai informasi tentang kualifikasi seseorang secara ringkas, padat, dan jelas.

Baca juga : Pengertian Artikel Ilmiah

Perbedaan Ringkasan (Resume), Rangkuman, dan Ikhtisar

Pengertian Resume : Cara Membuat dan Contoh [Lengkap]
Perbedaan Ringkasan (Resume), Rangkuman, dan Ikhtisar
  • Ringkasan (resume) merupakan karangan sumber panjang yang diambil bagian pokoknya dengan membuang perincian serta ilustrasi. Disebut juga sebagai keterampilan memproduksi karya yang sudah ada tetapi tetap mempertahankan pikiran pengarang serta pendekatannya yang asli.
  • Rangkuman adalah kegiatan penyusunan gagasan pokok suatu karangan menjadi lebih pendek tanpa mengubah ide pokok dari gagasan pokok teks aslinya.
  • Pada dasarnya ikhtisar hampir sama dengan ringkasan (resume). Dalam ikhtisar, urutan gagasan tidak dipertahankan artinya penulis bebas mengambil kata-kata asal tetap menunjukkan inti dari bacaan tersebut.

Baca juga : Contoh Kerangka Makalah

Cara Membuat Resume yang Baik

Cara Membuat Resume yang Baik
Cara Membuat Resume yang Baik

Karena berpatokan pada karangan aslinya, maka sebenarnya membuat resume tidaklah sulit. Berikut adalah cara-cara yang dapat digunakan untuk membuat resume, antara lain:

  • Membaca Naskah Asli hingga selesai dan secara berulang ulang akan sangat membantu Anda untuk mengerti maksud yang ingin disampaikan oleh penulis. Hal ini juga akan mempermudah Anda dalam memahami kata atau istilah dalam suatu karangan. Libatkan pula sumber daya lain untuk membuat resume agar tulisan lebih mudah dipahami.
  • Menentukan Gagasan Utama digunakan agar tulisan yang dibuat sesuai dengan isi tulisan. Oleh karena itu, gagasan utama yang telah ditemukan dari membaca karangan berulang-ulang harus dicatat. Karena tidak semua paragraf mengandung gagasan pokok, maka penting sekali untuk menemukan gagasan utama secara teratur agar resume tidak melebar kemna-mana.
  • Tidak Menambahkan Pendapat Pribadi yang dimaksud jika pendapat tersebut bertentangan dengan naskah aslinya. Setelah menemukan gagasan pokok, Anda bisa memulai membuat resume yang disesuaikan dengan teks asli. Resume yang ditulis harus menggunakan bahasa Indonesia yang mudah dicerna dan dipahami oleh siapa saja. Bahkan, bahasa atau istilah kata sulit bisa diganti dengan kata lain yang lebih mudah dimengerti. Kalimat dalam resume tidak perlu bertele-tele, dibuat dalam ringkasan padat, namun tetap mewakili isi naskah asli.
  • Membaca Ulang Resume yang Dibuat perlu dilakukan agar tidak terjadi kesalahan penulis dalam membuat resume. Beberapa hal yang harus diperiksa adalah penggunaan bahasa Indonesia yang baik, ejaan yang benar, tanda baca, serta kesesuaian antara resume dengan naskah asli.

Perbedaan Resume dan CV

  • Curriculum Vitae (CV) atau daftar riwayat hidup adalah dokumen yang menerangkan seseorang mulai dari biodata, pengalaman kerja, deskripsi pekerjaan, pengalaman profesi dan prestasi akademik. CV biasanya ditulis dalam bentuk kronologis. Selaim bisa menambahkan riwayat pekerjaan, tulisan dalam surat lamaran juga bisa dimodifikasi.
  • Resume berisi tentang keahlian, pendidikan, pengalaman kerja, atau pengalaman organisasi yang relevan dengan posisi pekerjaan yang akan dilamar.

Baca juga : Contoh Teks Deskripsi

Cara Membuat Resume Lamaran Kerja yang Benar

Cara Membuat Resume Lamaran Kerja yang Benar
Cara Membuat Resume Lamaran Kerja yang Benar

Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat membuat resume lamaran kerja yang benar, antara lain:

  • Berisi info lengkap artinya meskipun resume ditulis dalam bentuk ringkasan untuk lebih mudah dipahami, namun resume lamaran kerja tetap harus berisi informasi selengkap mungkin. Jika informasinya tidak lengkap, pihak perusahaan juga tidak akan banyak memiliki pertimbangan untuk merekrut Anda.
  • Padat dan Jelas artinya resume bukanlah karangan panjang yang berisi kehidupan seseorang secara berlebihan. Sebab pihak perusahaan akan langsung mencari poin yang dibutuhkan. Resume lamaran kerja biasanya maksimal hanya satu halaman saja dengan isi lengkap, ringkas, dan tidak bertele-tele.
  • Menjelaskan Tanggung Jawab Kerja artinya Anda bukan hanya menuliskan jabatan yang pernah Anda miliki, namun juga menceritakan tanggung jawab pada pekerjaan yang dulu. Resume memang sebuah ringkasan singkat, namun tidak boleh menghilangkan gagasan pokoknya. Tanggung jawab kerja yang dituliskan akan menambah info di dalam resume lamaran kerja Anda.
  • Tuliskan Kemampuan Sesuai Pekerjaan akan memperlebar kesempatan Anda untuk diterima mengisi posisi pekerjaan tersebut. Keahlian yang tidak relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar justru malah mengurangi nilai. Perusahaan akan memilih pelamar dengan sedikit pengalaman namun relevan daripada terlalu banyak pengalaman namun sama sekali tidak relevan. Sering-sering lah melihat contoh resume lamaran kerja. Cukup buat satu halaman resume dengan ringkas, padat, dan berikan desain yang semenarik mungkin.

Contoh Resume Makalah dan Resume Lamaran Kerja

Contoh Resume Makalah dan Resume Lamaran Kerja
Contoh Resume Makalah dan Resume Lamaran Kerja

Resume Makalah

Judul
Melatih Keterampilan Membaca
Pendahuluan
Membaca bukan hanya sekadar membaca, namun membutuhkan sebuah keterampilan. Keterampilan membaca dapat dilatih dengan beberapa metode, antara lain: Membaca dengan penghayatan dan konsentrasi tinggi, membaca santai (tidak tergesa-gesa), membaca dengan lafal dan intonasi tepat serta membaca dengan penuh ekspresif.
Pembahasan
Teknik dasar membaca terdiri dari dua jenis, yaitu membaca dengan suara (menikmati bacaan dengan cara menangkap informasi), membaca dalam hati (membaca intensif dan ekstensif). Membaca dengan suara dilakukan dengan membaca keras oleh pembaca. Sedangkan membaca dalam hati adalah teknik membaca agar lebih memahami sebuah bacaan. Aspek yang paling penting dari membaca adalah proses memahami. Ketika membaca untuk menangkap pesan penulis, seperti membaca buku, portal, jurnal, sosial media, koran atau majalah juga butuh pemahaman. Secara umum, kegiatan membaca juga disebut sebagai kegiatan menganalisa, meresepsi, dan menginterpretasikan pesan. Sehingga butuh konsentrasi tinggi untuk memahami sebuah bacaan.
Kesimpulan
Tujuan membaca untuk menangkap pesan penulis sangat membutuhkan konsentrasi tinggi dan pemahaman yang baik. Tanpa pemahaman yang dalam, pembaca bisa salah menangkap pesan penulis. Untuk menikmati bacaan, teknik membaca dengan suara terlihat lebih efektif. Sedangkan membaca dalam hati dilakukan dengan cara membaca intensif dan ekstensif.

Resume Lamaran Kerja

RESUME
[Nama Lengkap] [Alamat Lengkap] [Nomor Telepon] [Email] Data Pribadi
Tempat/Tanggal Lahir:
Status:
Harapan Gaji:
Pendidikan
Kampus/Jurusan:
Lulus:
Kursus
Komputer (Microsoft Excel, Word, Corel Draw, Power Point, dan Internet)
Bahasa Inggris (Conversation) 2013
Pengalaman Kerja
PT. Harapan Sentosa – Manager Marketing tahun 2014-2016
Royal Laundry – Staf CEO tahun 2016-2018
Penghargaan
Karyawan Terbaik pada PT. Harapan Sentosa – Manager Marketing 2015

Baca juga : Metode Penelitian

Demikian ulasan lengkap tentang pengertian resume, perbedaan resume dengan rangkuman dan ikhtisar, perbedaan resume dengan curriculum vitae, cara membuat resume yang baik dan benar, serta contoh resume makalah dan resume lamaran kerja. Semoga bermanfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close