Pendidikan

Pengertian Paper – Langkah Membuat, Susunan, & Contoh Paper

Saat Anda berada di bangku sekolah atau kuliah, tentu sudah sering mengerjakan tugas paper. Hasil paper didapatkan dari kegiatan penelitian atau aktivitas sejenis yang telah dilakukan. Tugas ini tidak boleh dianggap remeh sebab tata cara pembuatan dan penyusunannya harus tepat. Meskipun terdiri dari 6 sampai 10 halaman saja, namun paper haruslah berkualitas. Guru atau dosen yang memberikan tugas pengerjaan paper bertujuan melatih keterampilan siswa dan mahasiswanya agar bisa berpikir lebih kritis. Lalu bagaimana cara pembuatan paper? Seperti apa contoh paper tersebut? Simak baik-baik ya.

Baca juga : Pengertian Abstrak

Pengertian Paper – Langkah Membuat, Susunan, & Contoh Paper

Pengertian Paper

Pengertian Paper - Langkah Membuat, Susunan, & Contoh Paper
Pengertian Paper – Langkah Membuat, Susunan, & Contoh Paper

Paper adalah ringkasan penelitian yang sudah kita lakukan. Paper disebut juga dengan tugas akhir, namun paper berisi ringkasan dan tidak serinci tugas akhir. Jika tugas akhir harus ditulis berhalaman-halaman, paper hanya sekitar 6-10 halaman saja, tetapi tujuan dan maksud harus tetap tersampaikan. Biasanya paper ditulis dalam bentuk kolom menggunakan font Times New Roman berukuran 12 atau tergantung pada persyaratan dari call for paper. Call for paper adalah pengumuman seminar paper yang dilakukan oleh lembaga tertentu seperti universitas atau lembaga yang diakui.

Baca juga : Pengertian Artikel Ilmiah

Susunan Paper Yang Baik

Pengertian Paper – Langkah Membuat, Susunan, & Contoh Paper

Berikut ini adalah susunan pembuatan paper yang baik, diantarnya adalah:

1. Judul dan Nama Penulis

Sama seperti karya tulis ilmiah, judul dan identitas penulis juga harus ada dalam pembuatan paper. Judul dan nama penulis harus benar apa adanya.

2. Abstrak

Abstrak merupakan ringkasan dari keseluruhan paper yang dibuat menjadi satu paragraf panjang. Umumnya abstrak terdiri dari satu lembar halaman, namun harus memuat isi dari paper.

3. Pendahuluan

Hal-hal yang harus dimuat di dalam pendahuluan adalah:

  • Latar belakang: Anda harus menjelaskan landasan pengambilan sebuah tema atau judul paper yang telah dibuat. Latar belakang pemberian tugas dari dosen atau guru jua harus disebutkan
  • Rumusan masalah: berisi fokus masalah yang dibahas dalam paper Anda. Rumusan masalah berisikan pertanyaan-pertanyaan yang dicantumkan dalam isi paper
  • Tujuan pembahasan masalah: isinya harus berhubungan dengan tujuan akhir yang akan dicapai

4. Landasan Teori

Bagian ini membahas teori-teori yang digunakan oleh penelitian sebelumnya. Dalam menuliskan teori dari para ahli. Anda harus mencantumkan nama, tahun, buku, atau halaman buku yang sudah Anda kutip. Hal ini akan menghindarkan Anda dari kegiatan plagiarisme terhadap paper yang telah dibuat. Sehingga jangan sampai Anda menuliskan sumber atau teori yang tidak jelas. Jika teori berasal dari internet, URL teori tersebut harus dicantumkan agar tidak terjadi kesimpangsiuran informasi.

Baca juga : Metode Penelitian

5. Methodology

Methodology menjelaskan apa dan fungsi pembuatan paper tersebut. Ulasan tersebut bisa dijelaskan menggunakan bagan atau gambar untuk mempermudah pembaca memahami isi paper.

6. Percobaan dan Hasil

Salah satu bagian pentig dari paper adalah percobaan dari eksperimen yang telah kita kerjakan seperti penggunaan data, jumlah data, sumber, dan lainnya. Percobaan dan hasil ini adalah hal paling mendasar di dalam sebuah paper.

7. Pemecahan

Pemecahan adalah hal yang ingin disampaikan setelah melakukan penelitian. Dalam hal ini, ide menarik sebuah permasalahan disampaikan kepada pembaca seperti opini dan saran dari penulis.

8. Penutup

Berisikan kesimpulan dari paper yang dibuat dari pendahuluan sampai pembahasan. Sampaikan secara singkat dan jelas tanpa ada penjelasan yang berlebihan atau terlalu panjang.

Baca juga : Contoh Kerangka Makalah

9. Daftar Rujukan

Bagian ini adalah bagian akhir dari paper untuk menuliskan sumber-sumber rujukan yang dipakai dalam sebuah paper. Rujukan ini harus sesuai dengan sumber-sumber yang sudah Anda jadikan referensi di dalam pembuatan paper.

Langkah Menulis Paper

Pengertian Paper – Langkah Membuat, Susunan, & Contoh Paper

Menentukan Tema Paper

Sebelum menyusun paper, tentukan dahulu tema yang akan Anda angkat. Tema akan menentukan pokok bahasan di dalam pembuatan paper. Agar mendapatkan tema yang menarik, Anda bisa melakukan pemetaan dengan beragam buku atau ulasan di internet berkaitan hal-hal yang akan dijadikan sebagai paper. Namun, Anda tidak boleh mengambil tema persis seperti informasi yang didapatkan. Anda harus mencari pembahasan lain agar tulisan paper Anda tidak ketinggalan zaman.

Baca juga : Contoh Teks Deskripsi

Menentukan Pendahuluan Pada Paper

Pendahuluan menentukan isi paper yang akan Anda tulis. Format yang dibuat harus benar dan tidak mengulang pembahasan-pembahasan sebelumnya. Jika terjadi pengulangan pembahasan, maka akan membingungkan pembaca sehingga bahasa Anda tidak boleh bertele-tele saat menjelaskannya.

Menentukan Rumusan Masalah

Rumusan masalah adalah penentu fokus bahasan paper. Upayakan agar masalah tidak melebar ke pembahasan lain. Jumlah rumusan masalah yang Anda cantumkan akan disimpulkan di bagian penutup.

Pastikan Paper Sesuai Dengan Yang Diinginkan

Anda harus memiliki gambaran sendiri tentang paper yang dibuat. Apakah paper tersebut bertujuan sebagai penafsiran atau pengubahan sesuatu? Anda harus wajib melakukan pemilihan tersebut. Pastikan pula bahwa Anda membuat paper sesuai yang Anda inginkan.

Cari Bahan dan Lakukan Penelitian

Saat mencari bahan, Anda tidak boleh asal-asalan. Hipotesis yang dibuat harus terkait dengan paper. Kesinambungan dan keterkaitan bahan penelitian dengan pelaksanaan penelitian harus menjadi aspek penting. Bahan-bahan penelitian bisa Anda temukan dari berbagai literatur, buku, ataupun situs internet.

Susunlah Paper Sesuai SOP

Paper yang dibuat harus sesuai dengan SOP tanpa ada yang terlewat. Masing-masing unsur paper tidak boleh sampai ada yang terlewat. Dengan demikian paper yang Anda buat tersusun dengan baik.

Contoh Paper

Pengertian Paper – Langkah Membuat, Susunan, & Contoh Paper

Contoh Paper Ilmiah

PENYALAHGUNAAN INTERNET OLEH REMAJA

BAB I PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG

Internet mendukung komunikasi antar masyarakat di seluruh dunia. Kepentingan militer, bisnis, forum, berita, hingga informasi secara global dapat menyebar dengan mudah melalui internet. Saat ini, mayoritas pengguna internet adalah kaum remaja yang menyediakan berbagai kepentingan seperti pendidikan dan sosialisasi. Namun dampaknya, banyak remaja yang menyalahgunakan internet. Jejaring sosial seperti instagram, facebook, dan twitter membuat remaja kecanduan bersosialisasi dengan dunia maya. Akibatnya, prestasi belajar menjadi turun bahkan sampai melakukan kriminalisasi. Pengaruh internet yang disalahgunakan oleh remaja tersebut akhirnya menjadi tema yang saya angkat.

TUJUAN

Mengetahui dampak penyalahgunaan internet oleh remaja

RUANG LINGKUP MATERI

Kaum remaja dan akses internet

BAB II LANDASAN TEORI

Remaja adalah tahap peralihan anak-anak menjadi dewasa. Hal ini kemudian meningkatkan sifat labil mereka. Internet yang digunakan dengan baik sebenarnya membawa banyak manfaat seperti penyebaran berita positif, bisnis online, dan lainnya. Namun, ulah remaja yang tidak baik akan memberikan dampak negatif penggunaan internet. Jadi, baik tidaknya penggunaan internet tergantung dari penggunaanya.

BAB III PEMBAHASAN

Percobaan yang dibuat menunjukkan jika penggunaan internet dan dampaknya memiliki keterkaitan sendiri.

BAB IV PENUTUP
KESIMPULAN

Internet memiliki banyak manfaat jika digunakan secara bijak dan benar. Kondisi psikologis yang labil, suka mengekspresikan diri, hingga kondisi lingkungan yang tidak mendukung adalah faktor-faktor yang mempengaruhi remaja menyalahgunakan internet. Internet yang digunakan dengan baik akan menghasilkan pengaruh baik. Namun, jika disalahgunakan, maka akan memberikan dampak buruk.

Demikian ulasan lengkap paper beserta contohnya. Semoga bermanfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close