Pendidikan

Pengertian Organisasi : Tujuan, Unsur, Ciri, Bentuk, Manfaat & Jenis

Organisasi adalah wadah berkumpulnya seseorang untuk bekerja sama secara rasional, sistematis, terkendali, dan terpimpin untuk mencapai tujuan tertentu dengan pemanfaatan sumber daya yang ada. Seperti organisasi non-profit, istilah organisasi juga mempunyai struktur. Oleh sebab itu, beda organisasi maka struktur dan tujuannya juga berbeda pula. Lalu bagaimana fungsi organisasi dan apa saja jenis-jenis organisasi tersebut? Simak baik-baik ulasan lengkapnya ya!

Baca juga : Kata Pengantar

Pengertian Organisasi : Tujuan, Unsur, Ciri, Bentuk, Manfaat & Jenis

Berikut adalah pembahasan pengertian organisasi dari berbagai sub-bab pembahasan, diantaranya adalah:

Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli

Cara Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli Membuat Berita Acara Beserta Contoh
Apa itu organisasi??

Para ahli menjelaskan definisi organisasi, antara lain:

1. Stoner
Organisasi adalah pola hubungan-hubungan dari orang-orang di bawah pengarahan atasan guna mencapai tujuan bersama.

2. James D.Mooney
Organisasi merupakan bentuk perserikatan manusia dalam mewujudkan tujuan bersama.

3. Chester L. Bernard
Organisasi adalah kerja sama antara dua orang atau lebih.

4. Drs. H. Malayu S.P. Hasibuan
Organisasi merupakan proses penentuan, pengelompokan, dan penentuan berbagai aktivitas untuk mencapai tujuan bersama.

5. Max Weber
Organisasi adalah kerangka hubungan yang di dalamnya terdapat wewenang, tanggung jawab serta pembagian kerja untuk menjalankan fungsi tertentu.

Baca juga : Pengertian Abstrak

Dari pengertian para ahli tersebut bisa disimpulkan bahwa organisasi merupakan sekelompok orang-orang yang memiliki wewenang dan tanggung jawab guna mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Tujuan Organisasi

Tujuan Organisasi
Tujuan Organisasi

Secara umum, tujuan organisasi adalah sebagai berikut:

  • Tempat untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien secara bersama-sama
  • Meningkatkan kemampuan, kemandirian, dan sumber daya yang dimiliki
  • Wadah bagi individu yang ingin mempunyai jabatan, penghargaan, dan pembagian kerja
  • Tempat mencari keuntungan bersama-sama
  • Mengelola lingkungan secara bersama-sama
  • Membantu individu untuk menambah pergaulan dengan memanfaatkan waktu luang
  • Wadah untuk memiliki kekuasaan dan pengawasan

Unsur-Unsur Organisasi

Tujuan Organisasi
Tujuan Organisasi

Unsur-unsur yang terdapat di dalam sebuah organisasi, diantaranya adalah:

Anggota Organisasi terdiri dari pemimpin yang mengatur organisasi, manajer yang memimpin setiap unit tertentu sesuai dengan bidang kerjanya, dan orang-orang yang bekerja di bawah pengawasan manajer. Penyebutan setiap anggota organisasi sesuai dengan jenis organisasinya masing-masing.

Baca juga : Pengertian Artikel Ilmiah

Kerja sama dilakukan antar anggota organisasi agar tujuannya dapat tercapai bersama-sama. Tingkatan-tingkatan anggota memudahkan dalam pembagian kerja sehingga kerja sama lebih efektif.

Tujuan organisasi menjadi patokan untuk menentukan kegiatan yang akan dilakukan di dalam sebuah organisasi.

Lingkungan meliputi kondisi sosial, budaya, ekonomi, dna teknologi yang mendukung tujuan dari organisasi yang telah ditentukan.

Peralatan meliputi materi, budget, dan barang modal yang menjadi tempat bekerja atau berkumpulnya organisasi.

Komunikasi mempengaruhi bagaimana para anggota dapat bekerja sama dengan baik sehingga perkembangan organisasi berjalan lebih optimal sesuai dengan proses kerja.

Ciri-Ciri Organisasi

Tujuan Organisasi
Tujuan Organisasi

Organisasi memiliki ciri-ciri berikut ini, yaitu:

  • Memiliki anggota atau sekelompok orang yang terdiri dari 2 orang atau lebih untuk menjalankan organisasi sesuai dengan tujuan yang ditentukan
  • Memiliki tujuan organisasi yang akan dicapai
  • Saling bekerja sama sebab setiap anggota akan saling membantu untuk mencapai tujuan organisasi yang ditentukan
  • Peraturan yang dibuat agar sumber daya tetap bisa bekerja sama degan baik dalam melaksanakan pekerjaanya
  • ¬†Pembagian tugas dilakukan sesuai dengan pekerjaan yang dibutuhkan di dalam¬† sebuah organisasi sesuai dengan tujuan organisasi

Baca juga : Struktur Penulisan Essay

Bentuk-Bentuk Organisasi

Bentuk-Bentuk Organisasi
Bentuk-Bentuk Organisasi

Beberapa bentuk-bentuk organisasi adalah sebagai berikut:

Organisasi Politik adalah organisasi yang berhubungan dengan politik sebuah daerah atau negara, salah satunya adalah partai politik di Indonesia.

Organisasi Sosial adalah organisasi yang fokus mengurus kemanusiaan seperti kesehatan, bencana alam, ekonomi sosial, dan lainnya. Contohnya adalah TIM SAR.

Organisasi Olahraga adalah perserikatan cabang olahraga baik secara umum ataupun spesifik di bidang olahraga tertentu. Contoh organisasi sosial adalah PSSI.

Organisasi Agama merupakan organisasi yang mengurus hal yang berkaitan dengan agama untuk menyalurkan kebaikan, keharmonisan, dan menyeimbangkan norma sosial di masyarakat. Contohnya adalah organisasi NU (Nadhatul Ulama).

Organisasi Pemuda adalah perkumpulan pemuda untuk menciptakan pergerakan suatu daerah atau negara. Salah satu contoh pergerakan organisasi pemuda adalah Budi Utomo.

Organisasi Mahasiswa merupakan organisasi yang mirip dengan organisasi pemuda namun sifatnya lebih ilmiah. Salah satu contoh organisasi mahasiswa adalah BEM.

Baca juga : Contoh Teks Deskripsi

Manfaat Organisasi

Bentuk-Bentuk Organisasi
Bentuk-Bentuk Organisasi

Manfaat organisasi bisa dilihat dari hal-hal berikut ini, yakni:

  • Memudahkan tujuan bersama agar tercapai
  • Melatih mental seseorang
  • Memudahkan memecahkan masalah
  • Melatih kepemimpinan seseorang
  • Memperluas pergaulan
  • Menambah wawasan anggota organisasi
  • Membentuk karakter seseorang
  • Wadah pembelajaran bagi setiap anggota

Struktur Organisasi

Organisasi formal biasanya terdiri dari ketua, bendahara, sekretaris, dan anggota. Jika organisasinya lebih besar, maka ada wakil di setiap presidium seperti wakl ketua, wakil bendahara, dan lainnya. Sedangkan, struktur organisasi di perusahaan dibagi sesuai dengan tugas manajerial seperti direktur komisaris, direktur, manajer, supervisor, konsultan, anggota, dan lainnya.

Bentuk-Bentuk Organisasi

Bentuk organisasi yang biasa kita temui adalah:

  1. Organisasi garis merupakan organisasi paling sederhana karena jumlah anggotanya cenderung lebih sedikit dengan pimpinan tertinggi dan anggota lain sesuai dengan pembagian kerja yang dilakukan.
  2. Organisasi garis dan staf memilki dua kelompok orang yang melakukan tugas pokok organisasi sesuai dengan bidang keahlian guna mencapai tujuan organisasi. Sehingga pembagian tugas lebih terarah dan tidak hanya berasal dari pemimpin tertinggi.
  3. Organisasi fungsional membagi tugas kinerja yang diberikan petinggi nya sehingga anggota di bawahnya hanya menerima instruksi hingga beberapa sekaligus
  4. Organisasi komite adalah panitia yang diberikan kekuasaan untuk berunding dan memutuskan berbagai hal yang berkaitan dengan organisasi.

Jenis-Jenis Organisasi  

Jenis-jenis organisasi dibagi berdasarkan berbagai pertimbangan, yakni:

Berdasarkan hubungan personal terdiri dari organisasi formal yang memiliki badan hukum dan organisasi informal yang memiliki kesatuan minat atau kebutuhan suatu tujuan bersama.

Berdasarkan jumlah anggota terdiri dari organisasi tunggal dimana sebuah tugas berasal dari satu pimpinan dan organisasi komisi memiliki dewan untuk setiap pekerjaan.

Berdasarkan tujuan terdiri dari organisasi sosial yang bersifat profit (mencari pekerjaan) dan organisasi sosial non profit.

Berdasarkan kehidupan masyarakat terdiri dari organisasi kesehatan, pendidikan, pertanian, dan jenis lainnya sesuai dengan bidang.

Berdasarkan fungsi dan tujuan yang dilayani adalah organisasi politik, pemelihara lingkungan, integratif, dan produksi secara khusus.

Berdasarkan pihak yang menggunakan manfaat organisasi terdiri dari mutual benefit organization yang dinikmati setiap anggotanya, commonwealth organization yang dinikmati masyarakat umum, service organization yang dinikmati pelanggan khusus dan business yang dinikmati para konsumennya.

Setelah mengetahui berbagai ulasan lengkap terkait dengan organisasi maka pihak yang akan mendirikan organisasi akan lebih mudah. Organisasi juga bisa tertata dengan baik dan benar. Apabila organisasi dikembangkan secara tepat maka siapa pun yang terlibat dan menjadi anggota di dalamnya dapat mendapatkan pengalaman dan pembelajaran yang berharga. Tentunya manfaat dari organisasi tersebut bisa dirasakan oleh banyak masyarakat baik di dalam ataupun di luar organisasi. Sehingga tidak hanya tujuan organisasi yang dapat dicapai tetapi bisa menguntungkan banyak pihak di sektor organisasi tersebut. Demikian ulasan lengkap mengenai pengertian organisasi dan semoga bermanfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close