Pendidikan

Pengertian Hukum : Unsur, Sumber, Dan Bidang Hukum

Hukum tidak lepas dari kehidupan sehari-hari. Keberadaan hukum di dalam suatu negara memiliki peranan yang sangat penting. Dengan adanya aturan hukum yang berlaku di suatu negara, keadilan akan mudah untuk ditegakkan karena hukum dapat dikatakan sebagai landasan dasar suatu negara yang dapat mengatur jalannya pemerintahan. Selain dapat menegakkan keadilan, hukum dapat melindungi seseorang dari penyalahgunakan kekuasaan.

Setiap negara di dunia pasti memiliki aturan hukum yang harus dipatuhi oleh masyarakatnya termasuk juga negara Indonesia. Indonesia merupakan salah satu negara hukum yang tercantum dalam UUD 1945. Kita sebagai warga negara Indonesia harus menjunjung tinggi hukum yang berlaku. Faktanya, banyak orang-orang yang masih belum sadar akan pentingnya sebuah hukum. Orang-orang seringkali bertindak sesuka hati mereka tanpa memikirkan dampak yang dihasilkan. Untuk itu, berikut ini akan diulas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan hukum mulai dari pengertian, unsur, sumber, dan bidang hukum secara lengkap agar masyarakat terutama masyarakat di Indonesia lebih memahami hukum dan sadar akan pentingnya hukum yang berlaku. Simak baik-baik ya!

Baca juga : Contoh Pidato

Pengertian Hukum : Unsur, Sumber, Dan Bidang Hukum

Pengertian Hukum

Hukum : Pengertian, Unsur, Sumber, Dan Bidang Hukum
Apa Itu Hukum ??

Perlu diketahui, hukum memiliki arti yang sangat luas. Hukum dapat diartikan sebuah peraturan atau ketetapan yang berupa tertulis maupun tidak tertulis yang mengatur kehidupan masyarakat beserta sanksi bagi yang melanggar hukum. Hukum adalah peraturan yang di dalamnya terdapat norma dan sanksi yang bertujuan mengatur perilaku manusia, menjaga ketertiban, keadilan, dan mencegah terjadinya kericuhan.

Tugas hukum yaitu menjamin adanya kepastian hukum yang berlaku di masyarakat. Keberadaan sebuah hukum dapat membantu masyarakat agar terhindari dari penyalahgunaan sebuah kekuasaan dan juga menegakkan keadilan sehingga masing-masing masyarakat berhak untuk mendapatkan suatu pembelaan dan keadilan di depan hukum.

Baca juga : Artikel Ilmiah

Selain itu, dengan adanya pemberlakuan hukum di suatu negara dapat mengurangi tingkat kejahatan yang terjadi. Pemimpin tidak akan bisa berlaku sewenang-wenang karena telah dibatasi oleh hukum. Hukum juga dapat melindungi hak dan kewajiban setiap warga negara jika suatu negara memiliki sitem aturan hukum yang tepat dan diterima oleh masyarakatnya.

Hukum dapat dikenali dengan melihat beberapa ciri-cirinya, antara lain

Hukum dapat dikenali dengan melihat beberapa ciri-cirinya, antara lain
Hukum dapat dikenali dengan melihat beberapa ciri-cirinya, antara lain

1. Adanya Sanksi Yang Berlaku

Ketika seseorang melanggar suatu peraturan yang telah dibuat dan ditetapkan, maka akan mendapatkan sebuah sanksi yang berlaku sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

2. Adanya Perintah atau Larangan

Merupakan sesuatu yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan untuk dilakukan di lingkungan masyarakat

3. Bersifat Memaksa

Seseorang wajib untuk mematuhi semua aturan hukum yang berlaku tanpa ada pengecualian karena hukum tidak melihat seseorang tersebut berasal dari ras, suku, etnis, dan sebagainya.

Pengertian Hukum Menurut Beberapa Ahli

Pengertian Hukum Menurut Beberapa Ahli
Pengertian Hukum Menurut Beberapa Ahli
  1. Menurut Aristoteles menyatakan bahwa hukum adalah suatu kumpulan aturan yang dapat mengikat suatu masyarakat yang mana masyarakat sebagai pemegang hukum.
  2. Menurut Plato menyatakan bahwa hukum adalah suatu peraturan yang sudah diatur dan disusun dengan baik yang dapat mengikat suatu masyarakat maupun pemerintah.
  3. Menurut Utrecht menyatakan  bahwa hukum adalah sebuah petunjuk yang berupa perintah dan larangan yang mengatur tata tertib masyarakat yang harud ipatuhi oleh masyarakat.
  4. Menurut Prof. Dr. Van Kan menyatakan bahwa hukum merupakan seluruh peraturan dalam kehidupan masyarakat yang bersifat memaksa guna melindungi kepentingan masyarakat.
  5. Menurut S.M. Amin menyatakan bahwa hukum merupakan perkumpulan semua aturan yang di dalamnya terdapat norma dan sanksi yang bertujuan untuk menertibkan pergaulan dalam masyarakat agar keamanan dan ketertibab terjaga dengan baik.

Baca juga : Kata Kata Bijak

Unsur-unsur Hukum

Unsur-unsur Hukum
Unsur-unsur Hukum

Setiap aturan hukum yang diberlakukan di suatu negara pastinya memiliki unsur-unsur tersendiri sehingga hukum yang berlaku tersebut dapat diakui oleh masyarakat. Beberapa unsur-unsur hukum antara lain:

1. Dibuat oleh Lembaga Khusus

Hukum dibuat oleh orang-orang yang yang berada di suatu lembaga atau badan resmi yang memang memiliki wewenang untuk membuat suatu aturan hukum. Jadi dapat dikatakan bahwa hukum tidak bisa dibuat oleh sembarangan orang, hanya orang-orang dalam lembaga tertentu yang dapat membuat hukum.

2. Adanya aturan yang bersifat memaksa

Hukum memiliki sifat yang memaksa. Artinya, semua aturan hukum yang telah dibuat dan disetujui harus dipatuhi dengan sukarela karena jika ada yang melanggar suatu hukum yang berlaku, akan dikenakan sanksi yang telah diatur di dalam hukum.

3. Adanya sanksi yang berlaku

Setiap orang yang melanggar hukum pastinya akan mendapat sanksi sesuai dengan pelanggaran yang dibuat karena di dalam hukum sudah dijelaskan mengenai aturan dan sanksi yang akan didapatkan apabila diketahui melanggar hukum.

4. Mengatur perilaku dalam kehidupan masyarakat

Hukum dapat mengatur semua hal yang ada dalam kehidupan, salah satunya adalah perilaku manusia. Setiap perilaku manusia dalam berinteraksi dengan orang lain sudah di atur oleh hukum sehingga manusia tidak boleh untuk berlaku sembarangan di kehidupan masyarakat.

Baca juga : Perusahaan BUMN

Sumber Hukum

Sumber Hukum
Sumber Hukum

Sumber dalam hukum terbagi menjadi dua, yaitu:

1. Sumber Hukum Formil

Perlu diketahui bahwa sumber hukum formil memiliki beberapa bagian, diantaranya:

  • Undang-undang

Undang-undang adalah sumber hukum tertulis yang dibuat oleh Badan Eksekutif dan Legislatif.

  • Adat istiadat

Merupakan sumber hukum yang ada di dalam suatu masyarakat tertentu yang sudah ada sejak zaman nenek moyangnya.

  • Traktat

Merupakan suatu perjanjian kerjasama antara negara satu dengan negara lain yang dibedakan menjadi dua yaitu traktat bilateral dan multilateral.

  • Doktrin

Merupakan pendapat-pendapat dari para ahli di bidang hukum sebagai dasar yang sangat penting dalam dunia hukum

  • Yurisprudensi

Merupakan suatu keputusan dari hakim yang masih belum memiliki cara untuk menyelesaikannya yang kemudian menjadi sebuah pedoman perkara yang sejenis dengan masalah yurisprudensi.

2. Sumber Hukum Materiil

Sumber hukum materiil merujuk sebagai bentuk berbagai macam gejala dari berbagai bidang seperti politik, ekonomi, sosial, budaya, maupun ideologi dalam suatu masyarakat. Hal tersebut memerlukan adanya suatu sumber hukum yang sesuai dengan fenomena tersebut sehingga akan mengakibatkan munculnya suatu sumber hukum yang baru.

Bidang Hukum

Bidang Hukum
Bidang Hukum

Perlu diketahui, hukum terdiri beberapa bidang. Berikut ini akan dipaparkan mengenai bidang-bidang hukum, antara lain:

1. Hukum Pidana

Hukum pidana disebut juga hukum publik. Hukum pidana merupakan aturan hukum yang mengatur suatu hubungan antara seseorang dengan perbuatan-perbuatan yang dilakukan dan dilanggar oleh peraturan dalam undang-undang yang mengakibatkan adanya sanksi berupa pemidanaan ataupun denda bagi yang melanggar. Perbuatan yang dikenal di dalam hukum perdana ada dua yaitu kejahatan dan pelanggaran. Di Indonesia, hukum pidana telah diatur di dalam Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) yang sebelumnya bernama Wetboek van Straafrecht (WVS).

2. Hukum Perdata

Hukum perdata disebut juga sebagai hukum privat. Hukum perdata mengatur hubungan yang dilakukan oleh seseorang dalam suatu masyarakat dengan saluran tertentu. salah satu contoh dari hukum perdata yang diterakan di dalam lingkungan masyarakat adalah jual beli rumah atau kendaraan, hukum keluarga, hukum harta kekayaan, hukum perikatan, hukum hak waris, dan hukum benda.

3. Hukum Acara

Agar hukum materiil dapat berdiri dengan tegak maka diperlukan adanya hukum acara atau yang dikenal sebagai hukum formil. Hukum acara adalah suatu ketentuan yang di dalamnya mengatur wewenang dalam menegakkan hukum materiil apabila terjadi sebuah pelanggaran. Tanpa adanya hukum acara yang jelas, akan menyulitkan pihak berwenang dalam menegakkan hukum materiil. Sebagai contoh, dalam menegakkan ketentuan hukum materiil pidana maka diperlukan hukum acara pidana. Begitu juga untuk menegakkan ketentuan hukum materiil perdata, maka diperlukan adanya hukum acara perdata, dan sebagainya.

Demikian ulasan lengkap pengertian hukum mulai dari pengertian, unsur, sumber, dan bidang hukum. Semoga bermanfaat!

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close