Teknologi

Pengertian Hosting : Cara Kerja, Jenis, Fungsi, & Keuntungan

Jika kalian mengunjungi sebuah website, pernahkan kalian berpikir bagaimana sebuah website dapat menampilkan berbagai macam informasi dan dimana tempat penyimpanan semua informasi yang kemudian dapat ditampilkan di website? Jawabannya yaitu berada di server web hosting. Perlu diketahui bahwa hal terpenting dalam pembuatan website salah satunya adalah adanya hosting. Nah untuk itu, di dalam artikel ini akan diulas secara lengkap mengenai hal-hal yang berkaitan dengan hosting mulai dari pengertian, cara kerja, spesifikasi, keuntungan, jenis. dan fungsi hosting. Simak baik-baik ulasan di bawah ini ya!

Baca juga : Penyedia Layanan Web Hosting Gratis

Pengertian Hosting

Pengertian Hosting : Cara Kerja, Jenis, Fungsi, & Keuntungan
Pengertian Hosting

Hosting yang juga dapat disebut web hosting merupakan sebuah lokasi yang digunakan untuk menyimpan semua database yang biasanya dalam bentuk tulisan, gambar, video, kode pemograman, email, aplikasi, dan beberapa konten lainnya yang akan diakses melalui website dengan menggunakan internet. Ada juga yang menyebutkan pengertian Hosting adalah tempat untuk menyimpan berbagai macam jenis kebutuhan semua website yang nantinya dapat diakses melalui internet.

Semua script yang akan diposting di website terlebih dahulu disimpan di Hosting. Hosting dapat dikatakan sebagai sebuah server dengan teknologi yang terbaik. Hosting disediakan oleh suatu penyedia jasa layanan hosting seperti DomaiNesia., Hosting diibaratkan seperti sebuah ruko kosong di dalam mall yang disewa dengan berbagai ukuran dan spesifikasi tertentu. Pihak penyedia jasa hosting pastinya menyediakan paket hosting yang berbeda-beda yang disesuaikan dengan kebutuhan website penyewa jasa. Semakin besar data dan trafik pada sebuah website, maka semakin tinggi pula spesifikasi hosting yang dibutuhkan.

Baca juga : Pengertian VPS Hosting

Bagaimana Cara Kerja Hosting Dalam Website?

Bagaimana Cara Kerja Hosting Dalam Website?
Bagaimana Cara Kerja Hosting Dalam Website?

Cara kerja Hosting ketika menyebarkan informasi yang sebelumnya disimpan dapat terlihat ketika seseorang mengakses sebuah website yang dilakukan melalui browser yang menggunakan Network Protocol HTTP, internet akan mengirimkan permintaan akses kepada server web Hosting dan dari server akan mengirinkan informasi data yang diminta ke komputer melalui internet dan selanjutnya diterjemahkan dalam bentuk tulisan dan gambar oleh web browser.

Kemudian ketika seseorang mengakses suatu website, maka perlu mengetikkan alamat website pada browser yang digunakan. Perintah dari browser tersebut akan diteruskan internet ke server hosting yang akan dieksekusi sesuai dengan permintaan. Hasilnya adalah munculnya tampilan gambar dan informasi di dalam website dan akan diteruskan leh internet agar tampil di browser yang digunakan. Dari situlah seseorang akan mendapatkan tampilan halaman website yang dibutuhkan.

Baca juga : Dedicated Server Hosting

Spesifikasi Yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Layanan Hosting

Perlu diketahui bahwa banyak pelanggan atau penyewa jasa layanan hosting yang kurang memahami terkait spesifikasi teknis yang ditampilkan pada paket hosting. Ada beberapa spesifikasi dasar yang harus diperhatikan sebelum mengambil keputusan untuk memilih menggunakan hosting, sebagai berikut:

1. Disk Space

Disk Space merupakan besaran kapasitas hardisk penyimpanan pada server yang dapat dipergunakan. Semakin banyak data yang disimpan di dalam server, semakin besar pula penggunaan diskspace. Solusinya pilih paket hosting yang menyediakan diskspace yang berukuran besar yang dapat menampung seluruh isi dari file website.

2. Bandwidth

Bandwidth merupakan besaran hitungan transfer data antara server hosting dengan komputer pengakses. Semakin banyak pengakses yang menggunakan bandwith, maka semakin besar pula bandwith yang dikeluarkan. Biasanya ketika menggunakan Bandwidth, batas maksimal melakukan reset yaitu direset 0 kembali setiap bulannya. Ketika memilih paketan hosting, pastikan bandwith bulanan dapat mencover atau menampung jumlah pengunjung bulanan.

3. Webmail

Webmail  merupakan sebuah fitur pengelolaan email pada server hosting yang memiliki fungsi untuk mengelola email masuk dan keluar serta untuk menyimpan data email yang dimiliki.

4. Cpanel

Cpanel merupakan sebuah control panel yang ada di server hosting yang memiliki fungsi untuk mengelola dan mengatur fitur-fitur pada server hosting dengan tampilan GUI atau Grapichal User Interface) yang mana dapat menampilkan gambar, ikon, dan tulisan

5. Kualitas Data Center

Data center adalah sebuah lokasi penyimpanan server hosting yang dilengkapi dengan infrastruktur yang memiliki fungsi untuk menjaga server dari gangguan seperti ruangan berpendingin, backup cadangan kelistrikan dan keamanan dari kejahatan.

Baca juga : Cloud Hosting

Keuntungan dari Hosting

Keuntungan dari Hosting
Keuntungan dari Hosting
  • Dapat membuat website

Setelah memiliki Hosting, maka seseorang dapat membuat website sesuai dengan keinginan. Website disimpan dan diletakkan dalam server hosting.

  • Dapat membuat toko online

Biasanya setelah membahas pengertian hosting, maka banyak pertanyaan yang muncul terkait cara membuat toko online. Toko online merupakan salah satu hal yang diinginkan pebisnis. Dengan adanya toko online, bisnis yang sedang dijalankan akan semakin dikenal publik.

  • Dapat membuat email profesional

Jika memiliki domain dan juga hosting, seseorang dapat membuat email profesional

  • Dapat meningkatkan performa yang dimiliki website

Jika memiliki server hosting, maka seseorang dapat meningkatkan performa website yang dimiliki.

  • Dapat melindungi website dengan SSL

Website harus memiliki sistem keamanan untuk melindungi dari malware, virus, indikasi spam dan serangan DdoS. Untuk itu, dengan adanya hosting seseorang dapat melakukan instalasi SSL di Hosting. SSL merupaka pagar pengaman dari website.

Baca juga : Pengertian Domain

Jenis-jenis Hosting

Jenis-jenis Hosting

Hosting terdiri dari berbagai jenis dan spesifikasi sesuai dengan kebutuhan pengguna. Ada beberapa jenis jasa layanan hosting diantaranya sebagai berikut:

1. Shared Hosting

Shared Hosting merupakan jenis layanan hosting yang mana di dalam satu server terdapat beberapa website. Share Hosting dapat dipakai untuk website standar. Jenis hosting ini umumnya lebih murah dibanding jenis hosting lainnya, selain karena spesifikasi dalam RAM dan CPU lebih rendah, servernya pun dapat dipakai oleh beberapa pengguna website.

2. VPS Hosting

VPS Hosting berasal dari singkatan Virtual Private Server yang memiliki pengertian yaitu sebuah mesin virtual yang digunakan sebagai hosting untuk website. VPS Hosting mirip dengan Shared Hosting, namun VPS Hosting memiliki kelebihan yaitu adanya sumber daya yang lebih besar serta memiliki teknologi virtualisasi.

3. Dedicated Hosting

Dedicated Hosting merupakan jenis layanan hosting yang mana menyediakan server yang digunakan hanya untuk satu akun website. Dedicated Hosting menawarkan privasi dan kemananan yang sangat terjaga karena hanya dipakai satu klien saja.

4. Cloud Hosting

Cloud Hosting merupakan jenis layanan hosting dengan menggunakan teknologi terbaru yang memanfaatkan teknolog komputasi awan. Cloud Hosting banyak digunakan oleh server yang sudah tersebar di berbagai negara sehingga jenis layanan ini membuat proses loading website cepat, stabil, dan cukup aman.

Fungsi Hosting

Fungsi Hosting

Setelah menjelaskan pengertian, cara kerja, spesifikasi dan keuntungan dari hosting, maka berikut ini akan dijelaskan dungsi dari hosting, diantaranya:

  • Tempat untuk menyimpan data

Tempat penyimpanan data merupakan fungsi utama dari Hosting dimana hosting dapat menyimpan berbagai macam data seperti dokumen, informasi, gambar, video, dan masih banyak lagi yang dapat diakses melalui internet.

  • Sebagai alamat akses data yang ada di website

Selain sebagai tempat penyimpanan data, hosting memiliki fungsi sebagai redireksi akses situs dari DNS (Domain Name Server). Misalnya ada sebuah situs dnegan domain telkomsel.com terdaftar pada DNS tertentu, maka domain harus dihubungkan dengan hosting agar situs dapat diakses sebagai tempat penyimpanan semua database.

  • Menjaga website agar tapa online

Fungsi utama Hosting adalah tempat penyimpanan data. Selain itu, ada juga fungsi penting yang dimiliki hosting terutama bagi website yang banyak diakses oleh masyarakat terutama untuk keperluan umum maupun bisnis yaitu menjaga website agar tetap online.  Untuk menjada website agar tetap online, maka hosting yang akan digunakan oleh penyedia paket hosting harus memiliki garansi uptime tinggi

Nah itulah informasi terkait ulasan pengertian hosting terlengkap yang dapat Anda baca dan pahami. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda!

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close