Pendidikan

Pengertian Globalisasi : Teori, Ciri, Penyebab, & Dampak

Di era modern ini, informasi dan teknologi mengalami perkembangan yang begitu pesat sehingga menimbulkan suatu perubahan yang memberikan keuntungan bagi manusia. Fenomena tersebut berkaitan dengan istilah Globalisasi. Kata globalisasi sendiri pastinya sudah sering diperbincangkan di masyarakat. Namun, dalam  masyarakat sendiri masih banyak yang belum memahami apa itu globalisasi karena yang mereka tahu hanya sekedar pengertiannya saja. Itupun kadang belum bisa dikatakan tepat. Nah untuk itu berikut ini akan diulas terkait hal-hal yang berkaitan dengan istilah globalisasi. Simak baik-baik ya!

Baca juga : Perdagangan Internasional

Pengertian Globalisasi

Pengertian Globalisasi : Teori, Ciri, Penyebab, & Dampak
Pengertian Globalisasi

Secara etimologi, globalisasi berasal dari bahasa Inggris yaitu “Globalization. Global artinya dunia, sedangkan  lization artinya proses. Jadi, globalisasi adalah suatu proses yang mendunia yang terjadi karena adanya pertukaran gaya hidup, pandangan, pemikiran, produk, teknologi, dan berbagai aspek kebudayaan lainnya.  Globalisasi membuat manusia satu dengan manusia lain saling terbuka dan bergantung tanpa adanya batasan waktu maupun jarak. Secara umum, globalisasi berhubungan dengan perubahan yang terjadi di dunia mulai dari perubahan pada bidang ekonomi, gaya hidup, industri, dan aspek-aspek kehidupan lainnya. Dengan adanya globalisasi, segala informasi mulai dari perkembangan teknologi, ilmu pengetahuan, hingga alat transportasi dapat tersebar dengan cepat dan mudah sehingga globalisasi dapat disebut sebagai duniat tanpa batas.

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

Sebenarnya globalisasi memiliki banyak pengertian. Pengertian globalisasi tidak hanya secara umumnya saja. Dan berikut ini akan dipaparkan pengertian dari globalisasi menurut para ahli, antara lain:

  1. Menurut L. Nyeman menyatakan bahwa globalisasi merupakan suatu proses pertumbuhan yang terjadi secara cepat yang disebabkan oleh adanya ketergantungan dari berbagai negara terkait beberapa hal seperti perdagangan dan keuangan.
  2. Menurut Tom G. Palmer menyatakan bahwa globalisasi merupakan suatu penyusutan atau penghapusan batasan yang ditetapkan di beberapa negara, namun untuk batasan pertukaran lintas batas dan sistem global tetap diberlakukan.
  3. Menurut Scholte menyatakan bahwa globalisasi merupakan suatu proses pertumbuhan yang terjadi di suatu negara dengan cepat dan juga berhubungan dengan proses untuk mempertahankan identitas negara.

Teori Globalisasi

Teori Globalisasi
Teori Globalisasi

Banyak dari beberapa ahli yang mengemukakan teori tentang terjadinya globalisasi. Salah satunya adalah teori dari Cochrane dan Pain yang mengemukakan bahwa globalisasi dipengaruhi oleh 3 pelaku utama, antara lain:

1. Teori Globalisasi Dari Para Globalis

Para globalis menyatakan bahwa mereka percaya jika globalisasi mengandung suatu konsekuensi yang terjadi pada kehidupan di seluruh dunia terkait proses berjalannya orang dan lembaga di seluruh dunia. Para globalis memiliki pikiran yang positif bahwa fenomena globalisasi menjadikan manusia memiliki pemikiran yang lebih terbuka dan toleran terhadap budaya-budaya yang ada di dunia, termasuk budayanya sendiri.

2. Teori Globalisasi Dari Para Tradisionalis

Para tradisionalis tidak percaya terkait proses globalisasi yang tengah terjadi dan hanya menganggap bahwa itu semua adalah mitos belaka atau menganggap bahwa yang terjadi di dunia merupakan dampak dari perubahan yang sudah terjadi sejak dulu.

3. Teori Globalisasi Dari Para Transformalis

Teori globalisasi dari para transformalis berada di tengah-tengah antara globalis dan tradisionalis. Para transformalis menganggap bahwa saat ini proses globalisasi yang tengah terjadi, hanya saja terlalu dilebih-lebihkan oleh para globalis.

Ciri-Ciri Globalisasi

Ciri-Ciri Globalisasi
Ciri-Ciri Globalisasi

Ciri-ciri dari globalisasi sebagai berikut.

  • Meningkatnya Interkasi Kultural antara negara satu dengan yang lainnya

Hal ini dapat dilakukan melalui televisi atau media lain yang dapat menyebarkan berbagai informasi sehingga manusia mendapatkan wawasan dan pengetahuan baru terkait keanekaragaman yang ada di dunia luar.

  • Peningkatan permasalahan bersama

Di zaman globalisasi, masalah yang terjadi di suatu negara mengalami peningkatan dan dapat menjadi bahan perbincangan dalam dunia, seperti penyebaran suatu virus penyakit, permasalahan HAM, hutang luar negeri, kejahatan perang, dan lain-lain.

  • Perubahan konsep ruang, jarak dan waktu

Dengan adanya perkembangan teknologi dapat mempermudah dalam penyebaran informasi-informasi dari negara satu ke negara lain. Ciri ini menjelaskan batasan teritorial suatu negara memudar. Kemajuan dalam bidang transportasi dapat membuat perubahan waktu ketika dalam perjalanan sehingga meskipun jarak yang ditempuh jauh tetapi masih dapat ditempuh dalam beberapa jam atau hari.

  • Adanya ketergantungan dalam bidang ekonomi dan perdagangan.

Hal itu disebabkan karena pasar dan produksi ekonomi. Kegiatan perekonomian dapat mempengaruhu pertumbuhan perdagangan internasional jika dilakukan secara global dan melahirkan organisasi-organisasi dunia seperti organisasi World Trade Organization (WTO) yang bertugas sebagai pengawas pelaksanaan ekonomi perdagangan internasional.

Baca juga : Segmentasi Pasar

Faktor Penyebab Terjadinya Globalisasi

Faktor Penyebab Terjadinya Globalisasi
Faktor Penyebab Terjadinya Globalisasi
  • Perkembangan teknologi dan informasi

Teknologi dan informasi berperan penting dalam globalisasi. Jika teknologi mengalami peningkatan maka akan memudahkan kegiatan transaksi jual beli anta negara. Perkembangan teknologi dan informasi mengakibatkan mobilitas semakin berkembang di dunia.

  • Kerjasama di bidang ekonomi dari berbagai negara

Perkembangan teknologi dan informasi di berbagai negara mengalami kemajuan sehingga menyebabkan semakin mudahnya negara dalam hal bekerja sama. Jika bidang ekonomi semakin meningkat akan memudahkan suatu negara dalam kegiatan impor barang dan jasa dari mancanegara.

  • Transportasi semakin mudah

Perkembangan yang terjadi di bidang teknologi juga berdampak pada semakin berkembangnya transportasi suatu negara sehingga ketika suatu negara ingin mengirimkan suatu produk ke negara akan dipermudah karena alat transportasi mengalami perkembangan.

  • Sumber daya alam mengalami penurunan

Berbagai macam sumber daya alam yang mengalami penurunan menjadi salah satu penyebab terjadinya globalisasi, misalnya minyak bumi. Hal tersebut mengakibatkan banyak dari beberapa negara yang melakukan investasi di negara lain dengan mengeruk sumber daya alam dari suatu negara tersebut, misalnya tambang emas freeport di Papua.

  • Terbukanya ekonomi di suatu negara

Globalisasi menjadi penyebab terbukanya ekonomi suatu negara sehingga akan memudahkan perdagangan yang bersifat global. Hal tersebut mengakibatkan transaksi keuangan semakin kompleks.

  • Konflik semakin berkurang

Semakin berkurangnya konflik yang terjadi, akan berpengaruh pada hubungan internasional yang semakin erat. Dari hubungan tersebut akan terjadi sebuah proses globalisasi.

Dampak Dari Globalisasi

Dampak Dari Globalisasi
Dampak Dari Globalisasi

Proses globalisasi memiliki dampak di setiap negara, baik itu positif maupun negatif. Berikut ini akan dipaparkan beberapa dampak positif dan negatif dari globalisasi, antara lain:

A. Dampak Positif

  • Teknologi dan informasi semakin berkembang dengan pesat
  • Mudahnya dalam mendapatkan kebutuhan termasuk keperluan pribadi
  • Mudahnya dalam mengembangkan suatu ilmu pengetahuan
  • Semakin  cepat dalam penyebaran suatu informasi
  • Semakin mudahnya dalam menerima suatu informasi
  • Sikap toleransi masyarakat di dunia semakin meningkat
  • Mudahnya dalam berkomunikasi dengan orang lain meskipun berbeda negara
  • Hubungan internasional yang terjalin semakin erat
  • Mudahnya dalam bertransaksi online, baik dalam maupun luar negeri
  • Hubungan antar negara melalui sektor ekonomi semakin meningkat.

B. Dampak Negatif

  • Gaya hidup masyarakat lebih konsumtif daripada produktif dan cenderung tidak ada unsur kreatif dalam dirinya
  • Meningkatnya unsur kriminalitas
  • Masuknya paham-pahan yang tidak sesuai dengan ajaran dasar negara di dalam suatu negara sehingga menimbulkan konflik.
  • Menjadikan pribadi masyarakat yang introvert dan berpikiran sempit
  • Maraknya informasi-informasi yang tidak diketahui kebenarannya sehingga akan menimbulkan keresahan masyarakat.
  • Masyarakat semakin terpengaruh dengan budaya lain sehingga budaya lokal mulai dilupakan
  • Munculnya sifat individualitas dan  egois dalam diri seseorang
  • Terjadinya suatu kesenjangan sosial di lingkungan masyarakat karena kepedulian masyarakat semakin berkurang
  • Tingginya peminat di bidang teknologi dan informasi sehingga peminat di sektor pertanian semakin menurun.
  • Hilangnya rasa nasionalisme dalam diri seseorang  karena terlalu sering mengagung-agungkan negara lain.

Demikian ulasan mengenai globalisasi, mulai dari pengertian, teori, ciri-ciri, faktor, dan dampak dari globalisasi. Semoga bermanfaat!

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close