Teknologi

Pengertian Email Hosting : Manfaat dan Contoh [Lengkap]

Bagi seorang pebisnis, mengirimkan email adalah kegiatan yang pasti sering dilakukan setiap hari. Pebisnis pasti akan mencari layanan berkirim email terbaik bagi perusahaannya. Mulai dari reputasi, keamanan, kecepatan, hingga harga yang paling terjangkau. Oleh sebab itu, para pebisnis masa kini sadar benar akan hal itu dan sudah banyak yang mulai beralih memakai email hosting. Jadi, email hosting adalah layanan penyewaan tempat pada sebuah server. Fasilitas email hosting disediakan oleh penyedia atau provider yang khusus dibuat untuk email saja. Apa saja kelebihan dan kekurangan email hosting? Bagaimana manfaat email hosting dan jenis-jenisnya? Simak baik-baik ya.

Baca juga : Pengertian Hosting

Pengertian Email Hosting

Pengertian Email Hosting : Manfaat dan Contoh [Lengkap]
Pengertian Email Hosting

Email hosting cocok bagi perusahaan yang mempunyai email pribadi dengan domain yang dibuat sendiri. Dengan email sendiri, perusahaan secara otomatis meningkatkan citranya di mata masyarakat daripada menggunakan domain orang lain seperti yahoo, gmail atau alamat email lainnya. Layanan email hosting bisa memberikan nama alamat sendiri seperti nama@perusahaan.com. Tentunya hal ini sangat penting sebagai bentuk keseriusan perusahaan Anda. Beberapa layanan email hosting juga mendukung beberapa fitur email umum seperti webmail, pop3, SMAPT, IMAP, atau push mail untuk Blackberry. Kelebihan email hosting yakni, karena hosting dibuat hanya untuk email saja, sehingga kebutuhan email Anda akan sangat lancar. Apalagi pengiriman email tidak dibatasi selama email tersebut bukan spam. Sayangnya, email hosting tidak bisa membuat ataupun menyimpan website. Selain itu, akun email juga khusus domain utama saja dan tidak bisa menambah addon domain, sub domain atau park domain. Pada umumnya, terdapat 2 layanan email hosting seperti email hosting yang tergabung menjadi satu akun web hosting (server sama) dan email hosting mandiri (server berbeda). Perbedaan yang paling mencolok antara web hosting dan email hosting adalah dari beda server yang digunakan. Apabila Anda menggunakan email di akun yang sama dengan web hosting maka kapabilitasnya akan terbagi pada situs dan email Anda. Dari segi spesifikasi dan fitur pun berbeda, terutama bagi pengguna email hosting. Saat menggunakan email hosting, Anda akan mendapatkan kualitas, performa, dan keamanan yang lebih baik dibandingkan dengan email yang digabung menjadi satu dengan layanan web hosting. Bukan hanya perusahaan, email hosting sebenarnya bisa digunakan oleh siapa saja sebab setiap orang memiliki kebutuhan dan kapasitas berbeda. Bagi internal perusahaan, adanya email hosting bisa digunakan untuk keperluan mengelola data konsumen beserta aspek-aspek pemasarannya.

Baca juga : Pengertian VPS Hosting

Manfaat Adanya E-mail Hosting

Manfaat Adanya E-mail Hosting
Manfaat Adanya E-mail Hosting

Berikut ini adalah beberapa manfaat adanya email hosting bagi perusahaan Anda, antara lain:

1. Membuat Usaha Semakin Keren

Branding sebuah usaha tidak hanya ditentukan oleh desain logo, kemasan, atau website semata. Email hosting dengan nama domain perusahaan meningkatkan  nilai lebih pada branding usaha Anda. Apalagi, adanya domain dengan merek/brand email hosting perusahaan Anda bisa dijadikan senjata meningkatkan  brand awareness.

2. Meningkatkan Reputasi

Selain membuat usaha semakin keren, email hosting juga bisa meningkatkan reputasi perusahaan Anda. Penggunaan email hosting dengan nama domain perusahaan akan menambah profesionalitas dan kredibilitas perusahaan yang Anda bangun. Hal ini pastinya mempengaruhi kepercayaan pelanggan atau klien terhadap perusahaan Anda. penggunaan email dengan nama domain sendiri pun memudahkan pelanggan atau klien mudah dalam mengingat alamat email Anda.

3. Keamanan Terjamin

Bagi seorang pebisnis, Anda pasti menginginkan data perusahaan dapat terjaga dengan aman, tak terkecuali dengan data pengiriman email. Mulai dari email antar karyawan, antar perusahaan hingga antar pelanggan. Mengingat keamanan yang sangat penting tersebut, maka pebisnis dianjurkan untuk memiliki jalur email hosting khusus bagi perusahaannya sendiri.

4. Trafik Pengiriman Lebih Stabil

Jika perusahaan Anda memiliki jalur khusus lalu lintas email perusahaan sendiri, tentunya traffic pengiriman email terkirim lebih cepat dan lebih stabil dibandingkan dengan traffic penggunaan email publik. Hal tersebut dikarenakan jalur pengiriman email hosting tidak berbaur dengan pengiriman email user lain di seluruh dunia.

5. Resource Email Besar

Penggunaan email publik gratis pada sebuah perusahaan juga tidak disarankan sebab fasilitasnya pun sangat terbatas baik dari segi kapasitas, penyimpanan, bandwith, dan lainnya. Resource pada email publik gratis belum tentu bisa mencukupi kebutuhan email perusahaan. Karena alasan inilah, email hosting mampu mengcover kebutuhan pengiriman email perusahaan.

6. Adanya Fitur Tambahan

Email spam adalah salah satu email yang meresahkan, bukan? Oleh karena itu, email hosting dilengkapi degan spam Filtering dan Spam Assassin yang dapat mencegah inbox email perusahaan dari serangan email spam.

7. Harga Terjangkau

Dengan berbagai manfaat email hosting tersebut, Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk bisa menikmatinya. Banyak layanan-layanan yang menyediakan email hosting murah mulai dari Rp. 200.000 untuk 50 akun perbulannya atau Rp. 25.000/account perbulan. Sangat murah bukan untuk ribuat fasilitas yang bisa Anda nikmati.

Baca juga : Dedicated Server Hosting

Contoh Email Hosting

Contoh Email Hosting
Contoh Email Hosting

Berikut adalah beberapa contoh email hosting yang bisa Anda coba, diantaranya adalah:

1. Email Hosting Ardetamedia

Fasilitas:

  • Type email hosting
  • Support web mail
  • Harga terendah Rp 50.000/bulan
  • Harga tertinggi Rp 150.000/bulan
  • Pengiriman email 800 email/jam
  • Uptime rata-rata 99,91%

Email hosting Ardetamedia adalah salah satu penyedia hosting yang juga memiliki email hosting terbaik di Indonesia saat ini. Fitur yang menarik dan paling banyak diincar sangat mendukung pengiriman email mulai dari 800 hingga 1.500 per jam. Hal ini sangat cocok digunakan bagi Anda yang memiliki karyawan atau konsumen dalam jumlah besar. Selain, dilengkapi dengan disk space besar, bandwith yang dimiliki pun besar. Keuntungan lain yang ada di email hosting Ardetamedia bisa digunakan untuk mem-backup email hosting, server Indonesia, aktivasi instan, mendukung forwarding dan spam assassin serta garansi uang kembali.

2. Email Hosting Niagahoster

Fasilitas:

  • Type email hosting
  • Support web email
  • Harga terendah Rp 80.000/bulan
  • Harga tertinggi Rp 180.000/bulan
  • Uptime rata-rata 99,97%

Email hosting Niagahoster menjadi alternatif email hosting yang bisa Anda pilih. Niagahoster adalah layanan email hosting yang sangat bagus, meskipun batasan pengiriman emailnya bisa mencapai 400 email per-jam. Salah satu kelebihan email hosting Niagahoster memiliki keamanan hosting yang sangat cukup dan memadai demi menjaga privasi database email Anda. Apabila Anda menginginkan keamanan yang utama dibandingkan dengan kapasitas pengiriman email, maka email hosting Niagahoster sangat bagus untuk kebutuhan Anda. Selain memiliki disk space berkapasitas super besar, bandwith yang dimiliki juga besar. Email hosting Niagahoster dapat mem-backup email hosting, menghubungkan dengan server Indonesia, dan mengaktivasi secara instan. Selain itu, forwarding dan spam assassin juga didukung penuh oleh Niagahoster. Sama seperti Ardetamedia, email hosting juga menjamin garansi uang kembali.

Baca juga : Cloud Hosting

Demikian ulasan lengkap mengenail email hosting, manfaat email hosting, dan contoh-contoh email hosting yang bisa Anda gunakan. Semoga bermanfaat.  

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close