Pendidikan

Pengertian Diskriminasi – Jenis, Dampak, & Contoh

Di dalam kehidupan, jika kalian menemukan kejadian dimana ada seseorang yang diperlakukan secara tidak adil hanya karena berbeda dengan dirinya, baik berbeda dalam hal ras, agama, etnik, kelamin, kondisi fisik dan sebagainya, maka secara tidak langsung orang tersebut melakukan tindak diskriminasi entah itu disengaja ataupun tidak disengaja. Perlu diketahui, tindakan diskriminasi tidak boleh dilakukan karena tindakan tersebut termasuk tindakan yang buruk, baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Baca juga : Penulisan Teks Eksplanasi

Saat ini banyak sekali orang-orang yang melakukan diskriminasi hanya karena adanya perbedaan yang sebenarnya tidak dipermasalahkan. Diskriminasi dapat membuat seseorang cenderung pilih-pilih teman bermain. Diskriminasi bisa saja merujuk pada aksi bullying yang mana saat ini banyak terjadi kasus-kasung bullying hampir di seluruh dunia, khususnya Indonesia. Nah untuk itu, berikut ini akan dibahas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan diskriminasi. Simak baik-baik ya!

Pengertian Diskriminasi – Jenis, Dampak, & Contoh

Pengertian Diskriminasi

Pengertian Diskriminasi - Jenis, Dampak, & Contoh
Pengertian Diskriminasi

Istilah diskriminasi berasal dari dua bahasa yaitu bahasa Inggris dan bahasa Arab. Dalam  bahasa Inggris, Istilah diskriminasi berasal dari kata yaitu “Discriminate” yang bermakna membedakan. Sedangkan dalam bahasa Arab, diskriminasi berasal dari kata “Al-Muhabbah”  yang bermakna membedakan antara satu dengan yang lain. Dari kedua bahasa tersebut yang kemudian melahirkan istilah “diskriminasi” dalam bahasa Indonesia.

Diskriminasi merupakan suatu sikap, perilaku, ataupun tindakan yang membeda-bedakan orang lain berdasarkan perbedaan karakteristik tertentu seperti ras, etnis, agama, suku, jenis kelamin, kelas sosial, kondisi fisik, dan lain sebagainya. Tindakan diskriminasi dapat dilakukan oleh siapa saja, baik individu maupun kelompok tertentu. diskriminasi merujuk pada tindakan yang dilakukan secara tidak adil terhadap individu tertentu terkait adanya perbedaan karakteristik yang dimiliki.

Baca juga : Pengertian Administrasi

Adanya tindakan diskriminasi dapat disebabkan oleh latar belakang sejarah, perkembangan sosiokultural dan situasional, faktor kepribadian dan perbedaan keyakinan, suatu kepercayaan dan agama, mekanisme pertahanan psikologi, kekecewaan, persaingan dan eksploitasi, dan corak sosialisasi dalam masyarakat.

A. Pengertian Diskriminasi Menurut Beberapa Ahli

Supaya lebih memahami lebih dalam lagi mengenai pengertian diskriminasi. Berikut ini akan dipaparkan beberapa pengertian diskriminasi menurut beberapa ahli, antara lain:

  1. Menurut Theodorson & Theodorson (1979) menyatakan bahwa diskriminasi adalah suatu tindakan yang tidak seimbang terhadap individu maupun kelompok berdasarkan hal tertentu yang bersifat kategorikal atau ciri-ciri yang khas seperti suku bangsa, ras, agama, dan kelas sosial.
  2. Menurut Fulthoni, et.al menyatakan bahwa diskriminasi suatu tindakan tidak adil yang dilakukan dalam hal membeda-bedakan orang lain atau kelompok berdasarkan ras, suku, etni, dan sebagainya.
  3. Menurut PBB menyatakan bahwa diskriminasi merupakan suatu sikap yang dilakukan berdasarkan perbedaan dalam suatu kategorisasi yang telah dibuat dan tidak ada hubungannya dengan kemampuan suatu individu.
  4. Menurut Sears, Freedman, dan Peplau menyatakan bahwa diskriminasi merupakan suatu tindakan yang menunjukkan adanya penolokan terhadap individu maupun suatu kelompok.

Jenis-jenis Dari Diskriminasi

Jenis-jenis Dari Diskriminasi
Jenis-jenis Dari Diskriminasi

Diskriminisi terbagi ke dalam dua jenis, yaitu sebagai berikut.

1. Diskriminasi Langsung

Terjadinya suatu diskriminasi langsung ketika hukum, peraturan dengan jelas menyebutkan ciri-ciri tertentu, seperti jenis kelamin, ras, dan sebagainya serta menghambat adanya suatu peluang yang ada. selain itu Diskriminasi langsung juga berhubungan dengan adanya pembatasan suatu wilayah tertentu, seperti pemukiman, fasilitas umum, dan sebagainya.

2. Diskriminasi Tidak Langsung

Diskriminasi tidak langsung terjadi pada saat peraturan atau kebijakan yang dibuat secara netral yang mana membuat diskriminatif ketika diterapkan di lapangan. Selain itu, peraturan atau kebijakan yang dibuat tersebut membatasi suatu ras, suku, atau etnik dalam melakukan hubungan dengan individu atau kelompok lain yang mana aturan yang ada di dalam peraturan tersebut mengandung bentuk diskriminasi. Meskipun tidak tampak, akan tetapi tetap mengakibatkan kerugian yang bersifat sistematis.

Baca juga : Pengertian artikel ilmiah

Macam-Macam Diskriminasi

Macam-Macam Diskriminasi
Macam-Macam Diskriminasi

Berikut ini akan dipaparkan beberapa bentuk dari diskriminasi yang biasanya terjadi di masyarakat, antara lain:

1 . Diskriminasi Ras

Individu atau kelompok tertentu tidak diberikan pelayanan di bidang kesehatan hanya karena ras

2. Diskriminasi Agama dan kepercayaan

Individu atau suatu kelompok tertentu tidak diberikan keadilan terkait pelayanan hanya karena agama dan kepercayaan yang dianut.

3. Diskriminasi Umur

Individu atau suatu kelompok tertentu tidak diberikan keadilan terkait pelayanan karena permasalahan umur.

4. Diskriminasi Kesehatan

Individu atau suatu kelompok tertentu tidak diberikan keadilan terkait pelayanan kesahatan dikarenakan menderita suatu penyakit tertentu.

5. Diskriminasi Gender

Individu atau suatu kelompok tertentu tidak diberikan keadilan di masyarakat hanya karena gender atau jenis kelamin tertentu.

Dampak Negatif Diskriminasi

Dampak Negatif Diskriminasi
Dampak Negatif Diskriminasi

Perlu diketahui bahwa tindakan diskriminasi sangat bertentangan dengan ajaran agama Islam karena dalam diskriminasi menunjukkan martabat yang rendah bagi yang melakukan dan memicu adanya perilaku yang buruk. Berikut ini akan dipaparkan dampak negatid dari diskriminasi, antara lain:

Baca juga : Contoh Teks Deskripsi

  1. Memunculkan permasalahan sosial yang baru
  2. Memunculkan adanya sektarianisme karena dalam ajaran Islam melarang umatnya untuk mementingkan kelompoknya sendiri.
  3. Memunculkan permusuhan antar kelompok masyarakat yang disebabkan oleh adanya perasaan mengagung-agungkan kelompok sendiri dan merendahkan kelompok lain.
  4. Penindasan dan sikap otoriter dalam kehidupan semakin meningkat karena adanya sikap sentimen kepada kelompok lain.
  5. Menghalangi tegaknya suatu keadilan
  6. Menghalangi kesejahteraan hidup karena diskriminasi lebih menonjolkan sifat egoisme dalam diri individu maupun kelompok.
  7. Menghancurkan kehidupan sosial
  8. Penyelesaian permasalahan akan semaikn sulit untuk diselesaikan.

Upaya Menghindari Diskriminasi

Dampak Negatif Diskriminasi
Dampak Negatif Diskriminasi
  • Memiliki kesadaran bahwa manusia memiliki kedudukan yang sama dihadapan Tuhan Yang Maha Esa
  • Selalu yakin bahwa setiap manusia pasti memiliki keistimewaan yang berbeda-beda.
  • Meningkatkan semangat nasionalisme
  • Meningkatkan sifat religius dalam diri individu maupun kelompok tertentu
  • Meningkatkan jiwa pluralisme
  • Mengadakan dialog antar uma beragama
  • Memiliki sikap yang terbuka, dewasa, berpikir secara global.
  • Memiliki kesadaran, kebersamaan dalam hal mengurangi masalah.
  • Meningkatkan pola komunikasi yang baik dengan orang lain melalui interaksi yang berupa hubungan antar agama, antar ras, media massa, dan sebagainya.

Contoh Diskriminasi
           

1. Diskriminasi Penderita ODHA  

ODHA memiliki singkatan yaitu prang dengan HIV AIDS. Penderita ODHA seringkali mengalami diskriminasi dan orang-orang terdekatnya berbondong-bondong menjauhinya, baik dari teman, sahabat, tetangga, bahkan keluarganya sendiri kadang sering menjauhi penderita ODHA. Meskipun tidak tampak, tapi tindakan diskriminasi pada penderita ODHA dapat dikatakan parah karena banyak orang yang ketakutan jika berdekatan dengan penderita ODHA. Padahal jika hanya berdekatan dengan penderita, tidak akan tertular penyakit HIV. Beda lagi jika kita memakai barang yang sama dengan penderita ODHA seperti sendok dan piring, bisa jadi kita akan tertular virus HIV AIDS.

2. Diskriminasi Dalam Pekerjaan

Diskriminasi dalam dunia pekerjaan dapat disebabkan oleh berbagai macam kriteria, seperti cara perekrutan, struktur gaji, strategi marketing, suasana tempat kerja. Tindakan diskriminasi dalam dunia kerja seringkali dilakukan oleh para pengusahan yang cenderung lebih mengutamakan karakteristik tertentu, seperti ras dan jenis kelamin yang berhubungan dengan indikator produktivitas.

Demikian ulasan mengenai pengertian diskriminasi secara lengkap. Ingat, jangan pernah melakukan tindakan diskriminasi di lingkungan masyarakat karena hal itu akan berdampak pada lingkungan masyarakat itu sendiri yang mana akan menimbulkan masalah sosial, perpecahaan, tidak tegaknya keadilan dan sebagainya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda!

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close