Teknologi

Pengertian DANA (Dompet Digital) : Keunggulan & Perkembangan

DANA merupakan dompet digital Indonesia yang mempermudah transaksi nontunai dan nonkartu secara digital baik online maupun offline. Talenta-talenta terbaik Indonesia terus mengembangkan DANA sebagai platform terbuka yang mendukung aktivitas ekonomi dan gaya hidup digital secara cepat, praktis, dan terjamin keamanannya. Selain membantu masyarakat menjadi lebih produktif, efisien, kompeten, DANA juga mendukung pemerintah menghemat biaya produksi, distribusi uang fisik, dan membuat inklusi keuangan masyarakat Indonesia meningkat.

Pengertian DANA (Dompet Digital) : Keunggulan & Perkembangan
Pengertian DANA (Dompet Digital) : Keunggulan & Perkembangan

DANA (Dompet Digital Indonesia ) diresmikan pada tanggal 21 Maret 2018 sebagai layanan pembayaran digital berbasis open-platform yang dinahkodai oleh Vincent Henry Iswaratioso, Country Head Alipay Indonesia yang sebelumnya adalah co-founder payment digital INDOMOG. Meskipun DANA mengadopsi teknologi udari Ant Financial, tetapi investor utama DANA adalah perusahaan Indonesia yaitu grup EMTEK. Kehadiran DANA di Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah:

Baca juga : GoPay Dompet Virtual

  1. Transaksi tunai terbukti tak efisien dimana pemerintah harus mengeluarkan biaya lebih dari Rp 2 triliun per tahun untuk mengeluarkan uang tunai. Di dunia digital seperti ini, penggunaan uang tunai juga memiliki risiko lebih besar.
  2. Inovasi teknologi digital mengubah perilaku masyarakat sebab sebagian besar aktivitasnya sekarang mengandalkan teknologi termasuk dalam bertransaksi keuangan. Meskipun masih banyak masyarakat yang khawatir akan keamanan teknologi finansial.
  3. Pertumbuhan sektor baru seperti e-commerce dan perdagangan digital harus dioptimalkan agar kelancaran dan keamanan transaksi konsumen bisa terjamin. Saat ini, transaksi digital masih sangat terbatas dna belum fleksibel sehingga tidak terlalu aman.
  4. DANA berupaya mendukung komitmen pemerintah agar ekonomi digital menjadi modal utama ekonomi nasional mulai 2020 sehingga Indonesia menjadi kekuatan utama digital Asia 2030.
  5. Berusaha menjawab kebutuhan gaya hidup digital yang serba efisien khususnya untuk bertransaksi kegiatan jual beli berbasis digital sehingga transaksi non-tunai bisa berkembang lebih optimal.

Baca juga : Aplikasi Dompet Virtual

Keunggulan Layanan DANA

Keunggulan Layanan DANA

DANA tidak hanya fokus dengan satu platform saja seperti layanan lainnya. Selain bisa top-up melalui bank yang bekerja sama dengan DANA, layanan transaksi ini juga mudah digunakan untuk melakukan berbagai layanan. Berikut adalah keunggulan DANA, diantaranya:

  • Aman dan Terpercaya

Platform DANA menjamin penggunanya untuk bertransaksi secara aman dan terpercaya menggunakan teknologi dan sistem jaringan kelas dunia selama 24 jam. Bahkan pembayaran digital ini menjamin penggunanya dengan garansi uang kembali apabila ada kesalahan saat proses bertransaksi.

  • Selalu Ada Promo Menarik

DANA menyediakan banyak promo menarik yang bisa Anda ikuti dengan berbagai keuntungan seperti diskon atau cashback di setiap transaksi merchant-merchant yang bekerja sama. Cashback yang Anda dapatkan bisa mencapai 50% untuk belanja di Ramayana atau Robinson seluruh Indonesia serta bonus pulsa yang bisa di-upgrade menjadi akun premium. Promo menarik lainnya adalah voucher 50% untuk membayar tagihan listrik, air, internet, telepon, asuransi, BPJS, cicilan, kabel TV, dan telepon pascabayar.

  • Bisa bayar tagihan

Dengan DANA, Anda sudah tidak perlu repot-repot lagi untuk membayar tagihan di layanan lain. Anda bisa membayar tagihan listrik, air, internet, telepon, asuransi, BPJS, cicilan, kabel TV, dan telepon pascabayar. Pembayaran kedua senilai 25 ribu akan mendapatkan voucher 50% di DANA.

  • Membantu belanja online

Anda yang ketagihan belanja online tidak perlu khawatir, sebab DANA menyediakan aplikasi Bukalapak dna TIX ID. Saldo yang tersedia di DANA bisa Anda gunakan untuk berbelanja berbagai macam produk dan barang yang tersedia di Bukalapak serta membeli tiket nonton di TIX ID.

  • Bekerja sama dengan merchant

Semakin hari, perkembangan DANA semakin pesat. Hal ini dibuktikan bahwa DANA telah bekerja sama dengan berbagai merchant-merchant di Indonesia. Sehingga Anda tidak pernah kesulitan untuk menggunakan dompet digital saat bertransaksi keuangan apapun. DANA bekerja sama dengan BBM, Cinema XXI, Bukalapak, Sepulsa, Reservasi, Alfamart, BCA, Maybank, BNI, BPJS Kesehatan, TIX ID, dan merchant-merchant lainnya.

  • Top-up saldo

Apabila sisa tabungan Anda sedikit, tidak perlu khawatir saat mengisi saldo DANA. Sebab saldo DANA bisa Anda isi dengan minimal top-up sebesar Rp 10.000. Anda juga bisa mentransfer saldo DANA ke teman-teman Anda yang memilki aplikasi DANA melalui nomor handphone yang sudah terdaftar. Tak hanya top-up dan mentransfer uang, Anda pun bisa mentransfer balik saldo yang masih tersedia di DANA ke rekening yang terdaftar.

Baca juga : Investasi di Reksadana

Perkembangan DANA Akan Meluas

Perkembangan DANA Akan Meluas

Layanan DANA sudah mendapatkan izin dari Bank Indonesia bahwa seluruh ketentuan-ketentuan sebagai lembaga teknologi finansial di Indonesia yang disyaratkan oleh BI telah dipenuhi. Beberapa bukti perkembangan DANA yang semakin meluas, antara lain:

  • DANA bekerja sama dengan bank-bank nasional, seperti Bank Mandiri, BCA, BRI, CIMB NIAGA, BNI, Panin Bank, Bank Permata, BTN, dan Bank Sinar Mas
  • Dompet digital DANA hanya menyimpan uang yang diletakkan di rekening penampungan (escrow account) sebagai dana balance pengguna. Atau sistem DANA memang menyimpan jumlah dana terbatas sesuai dengan peraturan Bank Indonesia perihal standar keamanan
  • Sebagai layanan yang berhubungan dengan uang, selain kemudahan, tingkat keamanan juga harus dihadirkan. Solusi keamanan DANA memiliki tingkat yang setara dengan tingkat keamanan sebuah perbankan
  • DANA juga dilengkapi dengan Data Center (DC) dan Data Recovery Center (DRC) di Indonesia dan tercatat sebagai salah satu DC dan DRC tercanggih dalam menangani skalabilitas transaksi yang tinggi. Dengan adanya teknologi tersebut, DANA mampu melakukan risk management yang canggih untuk melindungi pengguna
  • Walaupun saat ini DNA masih tersedia dalam versi Beta, namun pengguna masih bisa menikmati kenyamanan layanan DANA melalui sejumlah aplikasi-aplikasi dan merchant yang tersedia. Contohnya pada aplikasi BBM yang mudah diakses melalui layanan menu “Discover”, Bukalapak, TIXI ID, dan Ramayana. DANA berkomitmen akan memperluas mitra kerja sama merchant dengan salah satu brand terkenal yakni channel guna melayani berbagai kebutuhan serta gaya hidup masyarakat yang ada di Indonesia

Walaupun integrasi DANA pada layanan lainnya terjadi karena afiliasi melalui EMTEK, namun Vincent yakin bahwa tidak menutup kemungkinan adopsi DANA akan lebih meluas lagi. Bahkan Vincent membuat target yakni paling tidak dalam beberapa waktu ke depan, DANA akan bermitra dengan lebih dari 40 kerja sama yang sudah mengintegrasikan DANA sebagai layanan payment mereka. CEO DANA, Vincent juga menambahkan “Agar menjadi solusi layanan keuangan yang efektif, perkembangan DANA ke depan akan selalu berpijak dan mengutamakan berbagai kebutuhan serta keperluan masyarakat. Pihak DANA berharap jika pengalaman transaksi yang disuguhkan oleh DANA mampu memberikan kontribusi untuk membangun sebuah kepercayaan terhadap transaksi non-tunai khususnya pada pemberdayaan dana digital seperti DANA.

Baca juga : KlikBCA

Apapun layanan keuangan yang disediakan, selalu sesuaikan kebutuhan Anda dengan layanan digital yang tersedia dan DANA bisa Anda jadikan sebagai sebuah solusi untuk mempermudah transaksi keuangan Anda. Demikian ulasan lengkap mengenai DANA dan semoga bermanfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close