Pendidikan

Pengertian Budaya : Macam, Ciri-Ciri, Faktor, & Unsur Budaya

Budaya adalah sebuah identitas unik dan khas bagi suatu daerah. Sebagai negara maritim, Indonesia tentunya memiliki ragam suku, bahasa, dan banyak sekali budaya. Kata budaya berasal dari bahasa Sansekerta yaitu Buddhaya. Bentuk jamak dari kata Buddhi yang berarti segala hal yang berhubungan dengan budi dan akal manusia. Sehingga budaya berkaitan dengan cara berkomunikasi dan kebiasaan atau adat istiadat suatu daerah. Lalu, apa saja pengertian budaya menurut para ahli? Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda!

Baca juga : Pengertian Etiket

Pengertian Budaya Menurut Para Ahli :

Pengertian Budaya Menurut Para Ahli :

Effat Al-Syarqawi

Dari sudut pandang agama Islam, budaya adalah suatu khasanah dari masyarakat yang tercermin dalam berbagai nilai kehidupan. Dimana suatu kehidupan harus memiliki makna dan nilai rohaniah sebagai yang memiliki tujuan sebagai pedoman hidup manusia.

Soelaiman Soemardi dan Selo Soemardjan

Dua tokoh ini adalah ahli bidang ilmu kemasyarakatan dan pengetahun sosial mulai dari proses serta perubahan sosial. Menurut kedua tokoh tersebut, budaya adalah hasil karya cipta dan rasa dari masyarakat. Karena budaya berasal dari ciptaan masyarakat sehingga berkaitan erat dengan masyarakat.

Soekmono

Beliau adalah ahli arkeolog Indonesia sekaligus pemimpin pembenahan Candi Borobudur selama 12 tahun dari tahun 1971 hingga 1983. Budaya adalah hasil pekerjaan atau usaha manusia yang berwujud benda atau pemikiran kala itu.

Parsuadi Suparian

Beliau adalah ahli masalah antropologi perkotaan, multikultuarisme, dan kemiskinan. Menurutnya, budaya adalah pengetahuan manusia untuk memahami pengalaman dan lingkungan yang manusia alami. Hal ini sama dengan tokoh sebelumnya yang mengaitkan budaya dengan masyarakat.

Lehman, Himstreet, dan Betty

Budaya merupakan sekumpulan pengalaman hidup berbagai masyarakat kala itu. Pengalaman yang dimaksud beliau adalah berupa perilaku, kepercayaan, atau gaya hidup dari masyarakat itu sendiri.

Ki Hajar Dewantara

Budaya adalah hasil usaha dan perjuangan masyarakat pada alam dan pembuktian zaman berupa kemakmuran dan kejayaan hidup. Perjuangan tersebut mampu menghadapi dan menyikapi kesulitan untuk mencapai kemakmuran dan kebahagiaan hidup masyarakat tersebut. Pendapat ini dianggap sesuai dengan budaya Indonesia sebab budaya dipengaruhi dari perkembangan waktu ke waktu hingga mempengaruhi kondisi alam.

Koentjaraningrat

Budaya merupakan gagasan, rasa, tindakan, serta karya manusia selama ia hidup. Bagi beliau, semua hal tersbeut adalah hasil dari usaha manusia dalam bermasyarakat atau bersosialisai sehingga mereka memiliki gagasan kebudayaan dengan cara belajar satu sama lain.

E.B Taylor

E.B Taylor adalah singkatan dari Edwart Burnett, seorang ahli antropolog dari Inggris. Menurutnya, budaya adalah keseluruhan yang terdiri dari kesusilaan, kesenian, kepercayaan, adat istiadat, kebiasaan, dan kesanggupan. Hal tersebut disebabkan dari hal-hal yang telah dipelajari masyarakat.

Kluckkhohn dan Kelly

Budaya adalah segala tatanan hidup yang ada secara historis. Konsep hidup yang tercipta secara implisit atau eksplisit, rasional maupun irrasional dijadikan sebagai acuan sebuah potensi pada tingkah laku manusia.

Linton

Linton adalah ahli kebudayaan dari negara Amerika. Menurutnya, budaya adalah bentuk sikap, tingkah laku, dan kebisaan yang diwariskan turun temurun dari para leluhur. Hal tersebut menjadi sesuatu yang dicontoh, menjadi kebiasaan, kemudian budaya tumbuh di daerah tertentu.

Jensen dan Trenholm

Budaya merupakan sekelompok norma atau aturan. Bahkan juga bisa berwujud nilai-nilai kepercayaan, adat istiadat, dan kode. Semua itu tercipta dari kegiatan sosial kelompok masyarakt yang mengikat satu sama lain dan kemudian memberikan mereka kesadaran.

Geert Hoftsede

Budaya tersusun dari program-program kelompok yang tersusun atas pemikiran anggota suatu kategori dengan kategori lainnya. Menurut Greet pula, nilai suatu budaya terletak pada inti nilai budaya itu sendiri.

Croydon

Budaya yaitu sekumpulan pola terpadu yang berada di bawah kesadaran, namun secara keseluruhan bisa mengatur perilaku manusia seperti senar yang dimanipulasi dari control bonekanya.

Levi Strauss

Budaya merupakan perwujudan komponen struktur sosial dari alam pikiran manusia yang dilakukan secara berulang hingga membentuk kebiasaan.

Melville J. Herskorvits

Budaya merupakan produk manusia yang menjadi bagian dari lingkungan. Hal ini berarti manuisa berada di suatu lingkungan dan menciptakan produk berupa kebudayaan.

Macam-Macam Wujud Budaya

Macam-Macam Wujud Budaya

Wujud budaya dapat dilihat dari hal-hal berikut, yaitu:

Ide atau gagasan

Ide atau gagasan berada dalam alam sadar dan pikiran manusia yang membentuk pola pikir atau cara berpikir. Artinya, manusia memiliki ekspektasi pada sesuatu yang mereka lihat dan jalani dalam kehidupannya sehari-hari.

Aktivitas

Aktivitas adalah kegiatan atau tindakan manusia yang dibentuk dari sistem sosial. Akibatnya terjadi interaksi antar individu dalam masyarakat yang berjalan sesuai dengan kebiasaan setiap orang.

Hasil Budaya

Hasil budaya adalah karya aktivitas manusia baik berupa fisik atau abstrak. Ide atau gagasan yang dinyatakan dalam aktivitas manusia menghasilkan sesuatu yang bisa dilihat, didokumentasikan, dan diamati secara langsung.

Ciri-Ciri Budaya

Ciri-Ciri Budaya

Budaya tentunya memiliki karakteristik atau ciri-ciri tertentu, diantaranya adalah:

  • Budaya menyimbolkan suatu suku atau daerah tertentu
  • Budaya berasal dari proses belajar dan bukan suatu bawaan
  • Budaya diwariskan dari generasi ke generasi
  • Budaya bisa disebarkan dari komunikasi ke individu, kelompok, ataupun generasi berikutnya
  • Budaya bersifat dinamis karena bisa berubah dari waktu ke waktu
  • Budaya bersifat selektif dengan menampilkan pengalaman dan pola tingkah laku manusia
  • Unsur-unsur budaya berkaitan satu sama lain
  • Budaya bisa berubah karena proses globalisasi

Faktor Pendorong dan Penghambat Terjadinya Budaya

Berikut adalah faktor pendorong yang mempengaruhi terjadinya budaya, diantaranya adalah:

  • Niat masyarakat untuk melestraikan budaya
  • Adanya generasi penerus yang ingin melestarikan budaya
  • Tumbuhnya rasa cinta terhadap budaya yang ada di dalam diri manusia
  • Keinginan masyarakat untuk senantiasa menjaga kelestarian suatu budaya agar tetap ada dan tidak hilang
  • Terjadinya perubahan lingkungan hidup yang mendukung perkembangan suatu budaya.

Sementara, faktor penghambat terjadinya suatu budaya, yaitu:

  • Masuknya budaya asing yang menggeser eksistensi budaya lokak
  • Kuranganya keinginan masyarakat untuk melestarikan suatu budaya
  • Tak ada rasa peduli dari generasi penerus terhadap keberadaan suatu budaya

Timbulnya anggapan bahwa budaya tersebut sudah kuno sehingga masyarakat tidak memiliki keingina untuk melestarikannya

Unsur-Unsur Budaya

Unsur-Unsur Budaya

Selain faktor pendorong dan faktor penghambat budaya, berikut adalah unsur-unsur suatu budaya, antara lain:

  1. Sistem Religi adalah hal yang berkaitan dengan keyakinan. Unsur sistem religi di dalam suatu kebudayaan sangatlah penting. Sebab sistem religi digunakan sebagai pengatur kehidupan diantara manusia dan sang pencipta
  2. Bahasa adalah pengucapan indah di dalam suatu elemen budaya atau kebudayaan yang menjadi perantara utama bagi manusia untuk meneruskan atau mengadaptasikan kebudayaan. Dua bentuk bahasa yang kita kenal adalah bahasa lisan dan bahasa tulisan.
  3. Sistem Pengetahuan mengacu pada ilmu pengetahuan mengenai kondisi alam di sekitar manusia dan sifat peralatan yang digunakannya. Sistem pengetahuan tersebut meliputi alam sekitar, flora, fauna, tubuh manusia, waktu, sifat dan tingkah laku sesama manusia, ruang dan bilangan, dan lain sebagainya.
  4. Peralatan Hidup dan Teknologi adalah jumlah keseluruhan teknik yang dimiliki oleh suatu masyarakat meliputi cara bertindak dan berbuat. Hal ini berkaitan dengan pengumpulan dan pemrosesan bahan mentah untuk diolah menjadi suatu alat kerja, pakaian, trasportasi, dan kebutuhan lain yang berupa benda material.
  5. Sistem Kemasyarakatan merupakan sekelompok masyarakat yang masing-masing anggoranya merasa satu dengan sesamanya. Unsur ini menjadi salah satu unsur pewarisan budayab yang amat penting di dalam struktur sosial. Sebab, unsur tersebut akan menghitung garis keturunan dari hubungan perkawinan dan hubungan darah.
  6. Sistem Mata Pencaharian adalah usaha manusia untuk mendapatkan barang dan jasa yang dibutuhkan meliputi berburu, mengumpulkan makanan, bercocok tanam, peternakan, perikanan, atau perdagangan.
  7. Kesenian adalah hasrat manusia terhadap keindahan yang timbul dari imajinasi kreatif untuk memberikan kepuasan batin bagi manusia bisa berupa seni suara, seni tari, atau seni rupa.

Demikian ulasan lengkap mengenai pengertian budaya. Semoga bermanfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close