Pendidikan

Pengertian Apresiasi : Fungsi, Tujuan, Manfaat, & Tingkatan

Kalian pasti pernah mendapatkan suatu penghargaan dalam kehidupan, baik penghargaan akademik maupun non akademik. Nah, penghargaan itulah dikenal dengan nama apresiasi. Biasanya hal yang sering berhubungan dengan apresiasi adalah karya sastra maupun hal-hal yang terkait seni. Akan tetapi masih banyak yang belum memahami apa itu apresiasi secara lebih luas lagi. Untuk itu, berikut ini akan diulas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan apresiasi. Simak baik-baik ya!

Baca juga : Perusahaan BUMN

Pengertian Apresiasi : Fungsi, Tujuan, Manfaat, & Tingkatan

Apresiasi itu apa sih?

Apresiasi itu apa sih?
Apresiasi itu apa sih?

Secara etimologi, Apresiasi berasal dari bahasa Latin yang berarti ”Apreciatio” yang memiliki arti menghargai. Dalam bahasa Inggris, apresiasi berarti “Appreciate” yang memiliki arti menyadari, memahami, menilai, dan menghargai. Sedangkan secara terminologi, apresiasi adalah suatu proses memberi penilaian atau penghargaan yang bersifat positif kepada seseorang karena suatu hal tertentu. berdasarkan pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa apresiasi adalah proses melihat, memahami, mendengar, membandingkan sesuatu hal tertentu sebagai bentuk penghargaan atas suatu pencapaian yang dilakukan. Biasanya apresiasi ditunjukkan untuk sebuah karya seni ataupun karya sastra yang bertujuan untuk melihat unsur estetika yang tersembunyi dalam karya tersebut.

Secara umum, proses dalam melakukan apresiasi terhadap suatu karya sastra maupun karya seni dimulai dari melihat atau mengamati, merasakan atau menghayati, memahami, menanggapi, menilai, dan kemudian yang terakhir yaitu mengimplementasikan atau menerapkan.  

Baca juga : Pengertian Hukum

Pengertian Apresiasi Berdasarkan Para Ahli

Pengertian Apresiasi Berdasarkan Para Ahli
Pengertian Apresiasi Berdasarkan Para Ahli

Berikut ini akan dipaparkan pengertian apresiasi berdasarkan para ahli agar Anda semakin memahami makna dari apresiasi yang sebenarnya:

1. Menurut Syoyan Zakaria menjelaskan bahwa apresiasi merupakan suatu tanggapan yang diberikan oleh seseorang terkait sesuatu yang dihasilkan dari suatu pemahaman yang bersifat kritis terhadap penilaian.

2. Menurut Verbeek menjelaskan bahwa apresiasi adalah suatu kesadaran untuk menilai suatu karya seni dengan penuh penghayatan yang melibatkan suatu perasaan, pengalaman, maupun keinginan seseorang.

3. Menurut Effendi (1973) menyatakan bahwa apresiasi merupakan sebuah kegiatan untuk mengulik suatu karya sastra yang dengan sepenuh hati menciptakan karya sastra hingga menghasilkan karya sastra yang bernilai positif.   

4. Menurut Alfred North Whitehead menjelaskan bahwa apresiasi merupakan sebuah proses penilaian yang dilakukan oleh seseorang terhadap sesuatu hal guna mendapatkan hasil dari penilaian tersebut .

5. Menurut Elliyati menjelaskan bahwa apresiasi adalah suatu kegiatan yang bersifat mengulik suatu karya sastra dan membutuhkan suatu penghayatan dalam memahami, menghayati, menghargai, menilai sehingga akan menemukan maksud dari suatu karya tersebut.

6. Menurut Prayogi menjelaskan bahwa apresiasi merupakan suatu kegiatan dalam pemberian penghargaan sebagai suatu penilaian terhadap sebuah karya sastra ataupun karya seni.

7. Menurut Hornby menjelaskan bahwa apresiasi merupakan bentuk pemahaman, pertimbangan, penilaian, serta pengenalan terhadap suatu karya sastra tertentu.

8. Menurut Aminuddin menjelaskan bahwa apresiasi adalah suatu bentuk pengenalan yang dilakukan melalui perasaan terhadap unsur estetika suatu karya sastra.

9. Menurut Jarret menjelaskan bahwa apresiasi merupakan suatu bentuk perhatian terhadap suatu hal yang berupa ketertarikan maupun kesenangan atas suatu hal tersebut.

10. Menurut Tirta Wiraya menjelaskan bahwa apresiasi merupakan suatu kemampuan yang dimiliki oleh seseorang dalam menentukan dan mengetahui tinggi rendahnya kualitas dari karya sastra.

Fungsi Dari Apresiasi

Fungsi Dari Apresiasi
Fungsi Dari Apresiasi

Secara umum, apresiasi berfungsi sebagai bentuk penghargaan terhadap suatu karya sastra maupun karya seni. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini akan dipaparkan beberapa fungsi dari apresiasi, antara lain:

Baca juga : Contoh Jurnal

  • Sebagai sarana untuk menilai maupun menghargai suatu karya sasstra maupun karya seni.
  • Sebagai sarana untuk meningkatkan rasa cinta dan bangga yang dimiliki terhadap suatu karya yang telah diciptakan oleh anak bangsa.
  • Sebagai saran untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan atau keahlian seseorang terutama dalam memberi penilaian terhadap suatu karya sastra atau karya seni.

Manfaat Dari Apresiasi

Manfaat Dari Apresiasi
Manfaat Dari Apresiasi

Pemberian apresiasi terhadap karya yang diciptakan oleh seseorang memberikan dampak yang positif bagi seseorang. Berikut ini akan dipaparkan beberapa manfaat dari pemberian apresiasi, antara lain:

1. Meningkatkan jiwa yang semangat seseorang untuk menciptakan dan mengembangkan sesuatu yang bernilai positif.

2. Memberikan motivasi terhadap pengembangan suatu karya atau[pun hasil dari karya tersebut.

3. Meningkatkan pemahaman mengenai karya sastra maupu karya seni yang dilihat dari berbagai sisi.

4. Menumbuhkan sifat menghargai terhadap sesuatu hal.

5. Meningkatkan kecintaan terhadap suatu karya sastra ataupun karya seni

6. Memberikan sarana edukasi, hiburan, empati, dan sebagainya yang baik bagi psikis seseorang.

7. Meningkatkan dan mengembangkan suatu karya agar lebih baik lagi dari yang sebelumnya.

Tujuan Dari Apresiasi

Tujuan Dari Apresiasi
Tujuan Dari Apresiasi

Secara umum, pemberian apresiasi bertujuan untuk memberikan edukasi pada masyarakat terkait karya yang diciptakan agar masyarakat lebih memahami dan  mengetahui maksud dan tujuan dari pembuatan suatu karya sehingga nantinya masyarakat mengetahui kriteria yang harus diperhatikan dalam menilai suatu karya seperti melihat dari mutu, kualitas, unsur estetika, dan sebagainya. Nah, berikut ini akan dipaparkan secara jelas terkait tujuan dari apresiasi, antara lain:

Baca juga : Motto Hidup

1. Untuk alat mengevaluasi dan mengembangkan suatu unsur estetika sebuah karya sastra maupun karya seni

2. Untuk menyempurnakan hasil karya sastra maupun karya seni terutama yang dilihat dari unsur keindahan atau estetika

3. Menumbuhkan daya kreatif dalam diri seseorang

4. Meningkatkan kemampuan berimajinasi dalam diri seseorang.

Tingkatan-Tingkatan Apresiasi

Apresiasi memiliki beberapa tingkatan yang dapat memberikan gambaran mengenai apresiasi suatu karya sastra maupun seni. Berikut ini akan dipaparkan beberapa tingkatan dari apresiasi, antara lain:

1. Tingkatan Apresiasi Empatik

Tingkatan empatik merupakan kegiatan apresiasi yang melibatkan pikiran dan perasaan dalam menilai, memahami, menghayati, dan menghargai suatu karya sastra maupun karya seni. Tingkatan ini berupa tangkapan melalui indera.

2. Tingkatan Apresiasi Estetis

Tingkatan estetis merupakan suatu kegiatan apresiasi dengan memberikan penilaian, pengamatan, dan penghayatan terhadap suatu karya sastra atau karya seni yang berdasar pada unsur keindahan.

3. Tingkatan Apresiasi Kritik

Tingkatan kritik ini menjelaskan bahwa kegiatan apresiasi yang dilakukan seperti menilai, menghayati, menghargai, dan memahami suatu karya dengan melibatkan sebuah tafsiran, klarifikasi, analisis, deskripsi, klasifikasi, serta evaluasi sehingga akan mendapatkan suatu kesimpulan mengenai hasil dari apresiasi.

Tahap-tahap Dalam Pemberian Apresiasi

Pada saat pemberian apresiasi, seseorang tidak boleh dengan sembarangan memberikan apresiasi atau penilai terhadap suatu karya. Hal itu dikarenakan, pemberian apresiasi memiliki beberapa tahap yang harus dilakukan saat akan memberikan penilaian pada suatu karya. Berikut ini beberapa tahap dari apresiasi, antara lain:

1. Pengamatan atau observasi

Proses ini dilakukan tidak hanya menggunakan indera, tetapi juga menggunakan seluruh kepribadian seseorang terutama seseorang yang memiliki kepekaan batin yang kuat.

2. Aktivitas Fisiologis

Aktivias fisiologi berupa tindakan nyata ketika melakukan sebuah pengamatan.

3. Aktivitas Psikologis

Aktivitas psikologis berupa pemikiran atau persepsi yang dimiliki sejalan dengan evaluasi sehingga akan menghasilkan suatu interpretasi yang imajinatif dan meningkatkan daya kreatif dalam diri seseorang.

4. Aktivitas Penghayatan

Aktivitas penghayatan ini berupa pengamatan yang dilakukan secara mendalam terhadap suatu karya sastra maupun karya seni

5. Aktivitas Penghargaan

Aktivitas penghargaan ini dapat berupa evaluasi dan pemberian masukan terhadap suatu karya sastra maupun karya seni

Nah, itulah ulasan secara singkat mengenai pengertian apresiasi lengkap beserta penjelasannya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda!

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close