Umum

Pengertian Administrasi – Fungsi, Tujuan, Ruang Lingkup, & Contoh

Administrasi adalah usaha dan aktivitas yang berhubungan dengan pengaturan kebijakan guna mencapai target atau tujuan organisasi. Sehingga, administrasi memiliki peran yang sangat krusial di dalam sebuah organisasi. Administrasi juga bisa disebut sebagai aktivitas catat-mencatat, surat –menyurat, pembukuan, ketik-mengetik, atau apapun yang berhubungan dengan ketatausahaan. Lalu apa saja pengertian administrasi menurut para ahli? Unsur-unsur apa saja yang ada di dalamnya serta jenis-jenisnya? Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda!

Pengertian Administrasi – Fungsi, Tujuan, Ruang Lingkup, & Contoh

Administrasi akan diulas secara lengkap dan dibagi menjadi beberapa sub-bab pembahasan, antara lain:

Baca juga : Pengertian Organisasi

Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli

Pengertian Administrasi - Fungsi, Tujuan, Ruang Lingkup, & Contoh
Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli

Definisi administrasi menurut para ahli, yaitu:

1. George R. Terry
Administrasi adalah kegiatan mulai dari perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian perkerjaan kantoran sehingga tujuan bisa dicapai

2. Arthur Grager
Administrasi merupakan fungsi tata penyelenggaraan terhadap komunikasi dan pelayanaan suatu organisasi.

3. Sondang P. Siagian
Administrasi merupakan proses kerja sama antara dua individu atau lebih dengan dasar rasionalitas guna mencapai tujuan bersama.

4. Ulbert
Adminitrasi dalam arti luas adalah aktivitas menyusun dan mencatat data baik internal ataupun eksternal untuk menyediakan sebuah keterangan. Sedangkan dalam arti sempit, administrasi disebut juga sebagai tata usaha.

5. William Leffingwell dan Edwin Robinson
Administrasi adalah bagian dari ilmu manajemen yang berkaitan dengan pekerjaan perkantoran secara efisien.

Baca juga : Pengertian Apresiasi

Unsur-Unsur Administrasi 

Unsur-Unsur Administrasi
Unsur-Unsur Administrasi

Menurut The Liang Gie, unsur-unsur administrasi adalah:

Organisasi adalah tempat dimana administrasi dilakukan. Artinya orang-orang yang bekerja di dalamnya dihimpun sebagai wadah.

Manajemen adalah utama pelaksanaan administrasi yang terdiri dari pengatur, penggerak, manajer, dan tenaga operasional.

Komunikasi digunakan antar departemen untuk saling menghubungi satu sama lain.

Kepegawaian adalah proses yang berhubungan mulai dari penerimaan, penempatan, pendayagunaan, dan pemberhentian kerja.

Keuangan adalah hal yang berkaitan dengan pembiayaan kontrak kerjasama hingga pertanggung jawabannya.

Perbekalan adalah pengadaan, penyimpanan, dan penyingkiran barang.

Tata usaha adalah kegiatan pencatatan, penyimpanan, dan pengiriman.

Public Relation adalah aktivitas yang berhubungan dengan masyarakat namun tertata sesuai dengan aturan.

Fungsi Administrasi

Fungsi Administrasi
Fungsi Administrasi

Fungsi-fungsi administrasi diantaranya adalah:

Planning adalah rencana dari kegiatan administrasi seperti mengumpulkan data, mengolah data, dan menyusun rencana.

Organizing adalahkegiatan membentuk hubungan kerja sama antar manusia sehingga menjadi satu kesatuan usaha untuk mencapai tujuan tertentu.

Staffing adalah menyusun personalia suatu organisasi dari kegiatan merekrut tenaga kerja hingga mengembangkan setiap anggota untuk memaksimalkan sebuah organisasi.

Directing adalah usaha yang berhubungan dengan memberi bimbingan, saran, perintah-perintah agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik sesuai dengan tujuan yang ditetapkan.

Coordinating adalah melakukan setiap kegiatan dengan baik agar tidak terjadi kekacauan, percekcokan, menyatukan dan menyelaraskan pekerjaan bawahan sesuai dengan tujuan organisasi.

Reporting adalah penyampaian perkembangan atau hasil kegiatan dengan memberi keterangan baik lisan ataupun tulisan sehingga di dalam laporan tergambar pelaksanaan tugas dari orang yang memberi laporan.

Budgeting adalah pengelolaan dan perencanaan mengenai keuangan atau anggaran yang berkelanjutan.

Baca juga : Metode Penelitian

Tujuan Administrasi

Tujuan Administrasi
Tujuan Administrasi

Sedangkan tujuan administrasi dibagi menjadi menjadi dua, yakni:

Tujuan administrasi jangka panjang

Tujuan jangka panjang mengarah pada organisasi itu sendiri atau dalam arti lain pola administrasi ditujukan agar target organisasi tercapai. Tujuan jangka panjang tidak dibuat oleh sembarang orang melainkan dibuat oleh pemilik organisasi yang bersifat ideal, general, dan kualifikasinya tidak terbatas.

Tujuan administrasi jangka pendek

Tujuan jangka pendek bersifat lebih kecil yang biasanya dibuat oleh sub-sub divisi dari organisasi untuk setiap kebijakan divisi nya. Tujuan jangka pendek ini spesifik, ruang lingkupnya kecil dan terbatas pada kualifikasinya.

Ruang Lingkup Administrasi

Ruang Lingkup Administrasi
Ruang Lingkup Administrasi

Ruang lingkup terdiri dari informasi atau keterangan yang diperoleh melalui pembacaan atau pengamatan. Menurut (Gie 2007:16), ruang lingkup administrasi adalah:

Menghimpun adalah kegiatan mencari dan mengumpulkan informasi atau keterangan kemudian disimpan agar jika diperlukan bisa digunakan kembali.

Mencari/menuliskan/mengetik adalah kegiatan mengumpulkan data agar dapat disimpan, dibaca maupun dikirim.

Mengelola adalah menganalisis suatu bentuk data administrasi yang telah ada atau sudah ada sebelumnya untuk mendapatkan hasil data yang dihimpun.

Menyimpan adalah kegiatan mengamankan dokumen atau mendokumentasikan data dengan berbagai metode agar bisa digunakan kembali jika diperlukan.

Mengirim adalah kegiatan berbag data atau file ke pihak lain baik dalam maupun dari luar organisasi.

Baca juga : Contoh Kerangka Makalah

Contoh-Contoh Administrasi

Contoh-contoh administrasi dibedakan menjadi beberapa jenis, diantaranya adalah:

Administrasi negara

Adalah serangkaian kegiatan yang disusun dan ditujukan bagi aparatur negara atau pemerintahan. Tujuan administrasi negara adalah agar tujuan negara dapat terwujud secara efisien, sederhana dan memenuhi kepentingan rakyat. Contoh administrasi secara teknis adalah pengaturan tentang resuffle kabinet oleh Presiden, pengaturan tentang pembentukan badan dan komisi-komisi pemerintahan, tata cara pemberian layanan kepada masyarakat dan keperluan lainnya.

Administrasi kepegawaian

Adalah segala bentuk aktivitas yang berkaitan dengan pegawai atau karyawan dimana tujuannya adalah untul mengatur pegawai-pegawai tersebut. Di dalam administrasi kepegawaian ada petugas administrator yang melakukan pencatatam semua kegiatan mulai dari pemeliharaan, pembangunan seluruh tenaga kerja yang disesuaikan dengan beban kerjanya. Fungsi-fungsi dari adiministrasi kepegawaian adalah:

Fungsi Manajerial adalah fungsi yang bertujuan untuk mengatur seorang pegawai agar peran pemikirannya mulai dari melakukan perencanaan, analisis masalah, negoisasi, dan pengarahan bisa terjalin dengan maksimal.

Fungsi Teknis adalah fungsi administrasi kepegawaian yang berhubungan dengan teknis fisik seorang pegawai seperti aturan jam masuk kerja, pensiunan, pengadaan, pemindahan dan lain sebagainya.

Baca juga : Pengertian Artikel Ilmiah

Administrasi Perkantoran

Adalah susunan kegiatan sehari-hari di sebuah instansi perkantoran baik internal maupun eksternal. Kegiatan yang terjadi di administrasi perkantoran adalah mulai dari mencatat, merencanakan keuangan, rekap masuk pegawai, menagih, bagian distribusi barang, stok barang, pertemuan (meeting) dan lain-lainnya. Sementara administrator perkantoran disesuaikan dengan jabatan atau fungsi yang diberikan kepada setiap karyawan yang tergabung dalam instansi perkantoran tersebut.

Administrasi Keuangan

Adalah tata kelola keuangan di dalam sebuah lembaga mulai dari tingkat organisasi kecil hingga pelaksanaan anggaran belanja negara. Kegiatan administrasi keuangan terbagi mulai dari mencatat keuangan, budgeting, menggunakan keuangan, melaporkan dan mempertanggung jawabkan dana yang telah dialokasikan. Administrator keuangan atau bendaharawan anggota yang paling penting di sana.

Administrasi Publik

Adalah administrasi yang menyangkut kebijakan-kebijakan publik dari suatu lembaga atau organisasi.

Administrasi Kependudukan

Adalah aktivitas pencatatan data penduduk dan segala sesuatu yang menyertainya. Pencatatan ini biasanya dilakukan oleh Dinas Penduduk dan Catatan Sipil di masing-masing wilayah.

Administrasi Lingkungan Hidup

Adalah administrasi yang mengelola, menata kembali lingkungan hidup bersama dengan anggota kelompok lain.

Administrasi Pendidikan

Adalah administrasi yang dilakukan dalam ruang lingkup pendidikan seperti sekolah dan lembaga pendidikan lainnya dengan tujuan untuk meningkatkan mutu kualitas pembelajaran.

Administrasi Perdagangan

Adalah mencatat arus masuk keluar barang dan keuangan serta laba rugi dar kegiatan perdagangan.

Demikian ulasan lengkap dari administrasi dan semoga bermanfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close