Umum

Pengertian Abstrak : Ciri-Ciri, Fungsi Dan Jenisnya

Www.tahukau.com Abstrak adalah penjelasan ringkas mengenai isi dari sebuah karya tulis yang terdapat di bagian awal tulisan. Dalam arti lain, abstrak merupakan penyajian suatu dokumen secara ringkas, akurat, dan jelas yang mewakili isi atau inti dokumen tanpa menambahkan kritikan atau tafsiran di dalamnya. Lalu apa saja ciri-ciri, fungsi, jenis, dan struktur penulisan abstrak itu sendiri? Simak baik-baik artikel berikut ini ya!

Berikut adalah ulasan lengkap mengenai abstrak yang dibagi menjadi beberapa sub-bab pembahasan, antara lain:

Pengertian Abstrak Menurut Para Ahli

Pengertian Abstrak
Pengertian Abstrak

Menurut Maizel (Smith: Singer, 1984) abstrak adalah ringkasan yang disajikan secara singkat dan jelas mengenai tujuan, cakupan, dan temuan dari suatu karya ilmiah.

Baca juga : 12 Nama Zodiak

Menurut Lancaster (1991) abstrak adalah ringkasan namun tersaji secara akurat dari suatu karya ilmiah. Walaupun memakai berbagai kalimat yang ada dalam karya ilmiah, namun abstrak tetaplah sepenggal teks yang dibuat pembuat abstrak bukan kutipan langsung dari penulisnya.

Menurut Rowley (dalam bukunya Abstracting and Indexing) abstrak adalah penyajian isi dokumen secara singkat dan akurat yang menggunakan gaya bahasa seperti dokumen asli.

Menurut Collison abstrak adalah penyajian ringkas berupa butir-butir pokok dari dokumen asli yang menggunakan bahasa si pengarang

Menurut KKBI abstrak adalah tidak berwujud, tidak berbentuk, mujarad, niskala. Sedangkan pengertian kedua, abstrak adalah ikhtisar (karangan, laporan), ringaksan atau inti.

Menurut American National Standards Institute’s (1979) abstrak adalah penyajian singkat yang akurat dari suatu dokumen tanpa menambahkan tafsiran atau kritik di dalamnya serta tanpa membedakan kepada siapa abstrak tersebut dibuat.

Menurut ISO (International Standard Organization (1976) abstrak adalah uraian singkat berupa karya ilmiah tanpa kritik serta tidak melihat siapa pembuat karya ilmiah tersebut.

Secara umum, abstrak merupakan istilah yang menggambarkan kondisi tak berwujud. Dalam dunia ekonomi, produk abstrak adalah produk yang tidak memiliki wujud seperti produk jasa. Sedangkan dalam dunia penelitian, abstrak adalah tulisan singkat yang berisi gambaran menyeluruh tentang kegiatan penelitian yang telah dilakukan.  Peletakan abstrak biasanya berada di bagian awal sebuah karya ilmiah untuk informasi awal bagi pembaca. Penulisan abstrak juga dibuat dalam dua bahasa, yaitu bahasa Inggris dan bahasa ibu tempat karya ilmiah tersebut dibuat. Penggunaan dua bahasa ini bertujuan agar karya ilmiah tersebut dapat digunakan baik oleh orang-orang dari negara pembuat karya ilmiah maupun orang-orang di luar negara pembuat karya ilmiah.

Ciri-Ciri Abstrak

Ciri-Ciri Abstrak
Ciri-Ciri Abstrak

Berikut adalah ciri-ciri dari sebuah abstrak, diantaranya:

  • Terdapat paragraf yang menjadi satu kesatuan
  • Mengikuti kronologi dari pembahasan karya ilmiah
  • Adanya transisi secara logika antara informasi yang disajikan
  • Hanya berupa ringkasan laporan penelitian tanpa menambah informasi baru
  • Mudah dimengerti dan dipahami oleh pembaca

Sifat-Sifat Abstrak

Sifat-Sifat Abstrak
Sifat-Sifat Abstrak

Berikut ini adalah sifat-sifat dari sebuah abstrak, antara lain:

  • Abstrak bersifat informatif dan deskriptif artinya abstrak ditulis berdasarkan fakta
  • Abstrak mengandung observasi atau penelitian untuk memecahkan masalah
  • Abstrak mengandung pendekatan atau metode agar masalah dapat terselesaikan
  • Abstrak mengandung hasil penelitian yang telah dilakukan
  • Abstrak mengandung kesimpulan dari penelitian

Fungsi Abstrak

Fungsi Abstrak
Fungsi Abstrak

Pada dasarnya, fungsi abstrak adalah sebagai gambaran umum tentang sebuah penelitian yang telah dilakukan. Adapun, fungsi abstrak secara rinci adalah:

Komponen Utama Laporan Hasil Penelitian artinya dengan adanya abstrak, pembaca dapat mengetahui inti dan hasil dari laporan penelitian secara singkat.

Gambaran Umum Isi Laporan Penelitian artinya dengan adanya abstrak, pembaca lebih mudah mempelajari gambaran tentang isi laporan penelitian.

Bahan Pertimbangan Bagi Pembaca artinya dengan adanya abstrak, pembaca bisa mempertimbangkan apakah pembaca akan membaca isi laporan secara menyeluruh atau tidak. Abstrak bisa menunjukkan apakah isi karya ilmiah tersebut sesuai dengan yang dicarinya atau tidak.

Jenis-Jenis Abstrak

Jenis-Jenis Abstrak
Jenis-Jenis Abstrak

1. Jenis-jenis abstrak berdasarkan isinya adalah:

Abstrak Informatif adalah uraian singkat mengenai informasi kuantitatif maupun kualitatif. Abstrak ini menyajikan metode penelitian, tujuan penelitian, hasil penelitian serta simpulan dari penelitian atau karya ilmiah. Informasi yang disajikan tanpa perubahan makna atau isi dengan jumlah kata berkisar 100-250 kata.

Baca juga : Pengertian Artikel Ilmiah

Abstrak Indikatif adalah abstrak yang menyajikan informasi seperti hasil, tujuan, serta data kuantitatif dan kualitatif secara terbatas. Abstrak Indikatif biasa digunakan pada hasil diskusi, tinjauan literatur, prosiding, dan essai.

2. Jenis-jenis abstrak berdasarkan fungsinya adalah:

Abstrak Ulasan disebut juga sebagai abstrak kritik yang menyajikan evaluasi atau kritik terhadap suatu karya ilmiah. Penulis biasanya memberikan pendapat terhadap cara penyajian dari karya ilmiah tersebut.
Abstrak Pokok adalah abstrak yang menyajikan hal-hak menarik terhadap suatu karya ilmiah secara singkat, ringan, dan sederhana. Biasanya abstrak jenis ini digunakan oleh pengarang atau redaksi.
Abstrak Terarah adalah abstrak yang digunakan oleh artikel atau sumber rujukan untuk menguraikan penjelasan singkat mengenai bidang tertentu.
Abstrak Statistik adalah uraian singkat yang menyajikan data dalam bentuk tabel (numerik). Abstrak jenis ini biasa digunakan untuk menampilkan pertumbuhan penduduk, pasar, konsumsi, data sosial, ekonomi, dan pemaparan lainnya.
Abstrak Informatif-Indikatif adalah perpaduan dari abstrak informatif dan indikatif yang menyajikan sebagian uraian singkat secara informatif dan menjelaskan hal-hal menarik secara indikatif.
Abstrak Mini adalah suatu uraian singkat yang menguatkan suatu karya ilmiah atau sebagai alat pemberitahuan suatu karya ilmiah bagi pembaca saja.

Hal-Hal Penting Yang Harus Diperhatikan dalam Abstrak

Penting Yang Harus Diperhatikan dalam Abstrak
Penting Yang Harus Diperhatikan dalam Abstrak

Beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat membuat abstrak dalam sebuah karya ilmiah adalah sebagai berikut:

  • Abstrak tidak boleh mengandung informasi baru yang tidak tercantum di artikel utama
  • Kalimat abstrak harus sederhana dan tidak boleh bertele-tele apalagi mengandung kata kiasan
  • Singkatan dan istilah sebaiknya tidak digunakan dalam penulisan abstrak. Namun, singkatan atau istilah yang sudah umum boleh digunakan dalam abstrak
  • Kalimat-kalimat dalam abstrak mempunyai arti dan informasi unik pula. Jadi, informasi tersebut cukup disampaikan sekali saja
  • Untuk artikel ilmiah, panjang abstrak hanya berkisar 150-250 kata. Sedangkan abstrak pada laporan skripsi, tesis, atau disertasi biasanya memiliki jumlah abstrak lebih dari itu. Jangan sampai membuat abstrak melebihi ketentuan yang berlaku
  • Kalimat dalam abstrak harus memberitahu pembaca bahwa kegiatan tersebut telah dilakukan seperti informasi tentang objek penelitian, latar belakan penelitian, tujuan dan metode penelitian
  • Susunan abstrak harus disajikan secara sistematis dari pendahuluan (instruction), metode penelitian (methodology), hasil penelitian (research finding), dan analisis data (discussion) atau yang disingkat menjadi IMRAD
  • Tidak boleh mengubah pengertian atau isi dari karya ilmiah asli yang telah dibuat
  • Penulis harus bijak dalam menggunakan kata atau diksi saat menyusun abstrak karya ilmiah
  • Gaya bahasa dalam penulisan abstrak harus ringan dan tidak boleh kaku

Demikian uraian lengkap mengenai abstrak mulai dari pengertian, ciri-ciri, fungsi, sifat, jenis-jenis, serta hal-hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan abstrak. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close