PendidikanUmum

Alur Dan Jadwal Pendaftaran CPNS 2019-2020

Jadwal pendaftaran CPNS atau calon pegawai negeri sipil 2019 akan dibuka selesai pelantikan Presiden Joko Widodo beserta kabinet barunya. Sebelum mendaftarkan diri ke dalam portal https://sscasn.bkn.go.id, pastikan kalian terlebih dahulu mengerti dan memahami mengani bagaimana alur pendaftaran CPNS 2019 serta mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran.

Berikut dokumen tersebut terdiri dari :

  • Kartu Keluarga
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Ijazah
  • Transkrip Nilai
  • Pas foto
  • Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar

Mengacu pada pendaftaran CPNS 2018, maka kamu bisa mempelajar mekanisme pendaftaran untuk CPNS 2019. Dimana seleksi penerimaan CPNS dilakukan dengan sangat transparan dan gratis melalui penggunaan satu portal https://sscasn.bkn.go.id dan Computer Assisted Test (CAT).

Baca juga : Contoh Surat Lamaran Kerja

Seleksi penerimaan CPNS resmi selalu diumumkan melalui website maupun media sosial BKN serta masing-masing Instansi pusat dan daerah yang membuka rekrutmen penerimaan CPNS 2019.

Jadwal Pendaftaran CPNS 2019

Jadwal Pendaftaran CPNS 2019
Jadwal Pendaftaran CPNS 2019

Saat ini pemerintah kembali membuka seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil. Ini merupakan salah satu bukti bahwa pemerintah masih membutuhkan banyak anak-anak bangsa yang berkualitas untuk mengabdi kepada negara dan menduduki beberapa bangku kosong pada instansi dan lembaga pemerintah.

Badan Kepegawaian Negara (BKN), sebagai institusi yang berwenang terhadap proses seleksi telah mengumumkan secara resmi kabar gembira tersebut. Di dalam surat rilis nomor 070/RILIS/BKN/VII/2019, dituliskan kalau seleksi aparatur sipil negara akan dibuka pada Oktober 2019.

Bakal ada dua pilihan seleksi ASN yang akan digelar bulan Oktober nanti, pertama adalah seleksi CPNS dan yang kedua adalah seleksi P3K Tahap Kedua. P3K adalah kepanjangan dari Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja, yang artinya mereka hanya dikontrak sesuai dengan kesepakatan dengan lembaga memakai jasa mereka.

Namun biasanya P3K ditujukan buat mengisi posisi-posisi jabatan tinggi atau pimpinan lembaga yang disesuaikan dengan kompetensinya dari masing-masing pesertanya.

Baca juga : Contoh Surat Keterangan

Total tenaga kerja yang dibutuhkan dalam seleksi Oktober nanti sebesar 254.173 orang, kurang lebih terdiri dari 100 ribuan CPNS dan 100 ribuan P3K. BKN menargetkan antusiasme masyarakat bakalan tinggi di seleksi ini, dengan keikutsertaan mencapai 5,5 juta pelamar.

Proyeksi ini melebihi catatan jumlah keikutsertaan pada CPNS 2018 lalu yang berhasil menarik minat 3,6 jutaan pelamar dari seluruh Indonesia.

Syarat CPNS

Syarat CPNS
Syarat CPNS

Untuk bisa mengikuti tes CPNS 2019, tentu harus ada beberapa persyaratan yang dipenuhi. Kelengkapan persyaratan itu akan menentukan kamu apakah akan lolos administrasi atau tidak. Mulai dari persyaratan dokumen, sampai persyaratan dasar yang telah ditetapkan oleh BKN.

1. Syarat dokumen

Jadi jangan anggap mudah mengenai dokumen-dokumen berharga yang dipersyaratkan. Contoh ada satu saja dokumen yang diminta sebagai syarat tidak kamu penuhi, maka sudah dipastikan kamu tidak berlanjut ke tes CPNS tahun ini.

Baca juga : Contoh Surat Pernyataan

Berikut ini dokumen wajib yang harus disertakan oleh pelamar:

  • Salinan Kartu Tanda Penduduk
  • Salinan Kartu Keluarga
  • Salinan Transkrip Nilai
  • Salinan Ijazah
  • Pas foto

Selain dokumen-dokumen tersebut, ada beberapa instansi mengharuskan kamu untuk menyertakan dokumen pelengkap lainnya, seperti misalnya SKCK.

2. Persyaratan dasar dari BKN

BKN sendiri juga memiliki persyaratan dasar yang harus dipenuhi oleh seluruh pelamar. Di antaranya yaitu,

  • Usia pelamar paling rendah 18 tahun dan maksimal 35 tahun.
  • Tidak pernah dipenjara gara-gara melakukan tindak pidana yang memiliki ancaman hukuman lebih dari dua tahun penjara.
  • Tidak boleh bekasan ASN.
  • Tidak boleh di berhentikan dengan tidak hormat apabila bekerja sebagai karyawan swasta.
  • Tidak berstatus sebagai PNS, Anggota TNI, Anggota Polri, dan calon PNS.
  • Tidak terlibat dan menjadi anggota parpol.
  • Memenuhi kualifikasi pendidikan yang disyaratkan.
  • Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan yang disyaratkan .
  • Bersedia ditugaskan di seluruh wilayah NKRI dan negara lain.

Alur pendaftaran CPNS

pendaftaran CPNS
pendaftaran CPNS

Informasi soal alur pendaftaran CPNS 2019 yang harus kamu ketahui dengan jelas, karena kalau calon peserta sudah paham, maka dijamin akan terhindar dari praktek-praktek penipuan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Dikarenakan banyak penipuan berkedok seleksi CPNS. Pihak yang tidak bertanggung jawab itu biasanya menjanjikan korban keterima PNS tanpa tes hanya dengan menyetorkan sejumlah uang dengan jumlahnya besar.

Baca juga : Surat Tanda Terima

Padahal, semua CPNS harus melalui beberapa tahapan tes, sampai alur pendaftaran yang jelas. Berikut ini alurnya bila dilihat dari laman resmi SSCN BKN.

1. Akses ke portel SSCN BKN

Untuk mengetahui segala jenis informasi yang aktual tentang CPNS tahun ini, kamu bisa melihatnya di situs https://sscn.bkn.go.id.

2. Buat akun SSCN

  • Klik pilihan ‘Registrasi’ yang ada di bagian atas laman SSCN.
  • Kemudian isi identitas diri seperti nomor KTP dan KK.
  • Isi alamat email yang masih aktif, password untuk menuju ke portal SSCN.
  • Unggah pas foto ukuran minimal 120 kb dan maksimal 200 kb dengan format .JPG atau .JPEG.
  • Cetak kartu informasi akun SSCN.

3. Log in ke portal SSCN

Setelah kamu menyelesaikan seluruh tahapan di poin kedua, artinya akun SSCN milikmu sudah bisa digunakan, lalu log in.

4. Mendaftar ke instansi yang dituju

Setelah log in, kamu diminta untuk mengunggah foto diri sambil memegang KTP dan kartu informasi akun SSCN yang sudah dicetak.

  • Lengkapi kolom-kolom biodata.
  • Pilih instansi dan posisi yang diinginkan sesuai dengan latar belakang pendidikan.
  • Unggah dokumen-dokumen persyaratan administrasi yang dibutuhkan.
  • Cetak kartu pendaftaran SSCN.

5. Menunggu proses verifikasi

Dokumen yang diunggah oleh pelamar akan ditindaklanjuti oleh tim BKN. Mereka akan melakukan proses verifikasi apakah dokumen sudah lengkap dan memenuhi persyaratan atau tidak.

Dalam tahapan inilah kamu akan mendapatkan pengumuman apakah lolos administrasi atau tidak. Jika lolos, kamu akan mendapatkan kartu ujian untuk mengikuti proses seleksi selanjutnya, seperti tes kemampuan dasar dan wawancara.

6. Pantau hasil seleksi

Kamu bisa pantau terus hasil seleksi di laman SSCN. Nantinya instansi yang kamu lamar akan memberikan pengumuman apakah kamu lolos atau tidak dalam seluruh tahapan tesnya.

Tata cara pendaftarannya

Tata cara pendaftarannya

Mungkin kamu sedikit bingung jika membaca alur pendaftaran yang telah dituliskan di atas. Untuk mempermudah, berikut tata cara pendaftaran CPNS 2019 secara umum dan per poin.

  • Pendaftaran hanya bisa dilakukan di laman resmi https://sscn.bkn.go.id.
  • Buat akun di portal SSCN dan mengisi biodata yang diperlukan.
  • Log in ke portal SSCN menggunakan akun yang telah dibuat sebelumnya.
  • Unggah foto selfie sambil memegang KTP dan Kartu Informasi Akun (didapatkan saat buat akun).
  • Isi setiap kolom biodata.
  • Pilih 1 instansi, 1 formasi, dan 1 jabatan saja.
  • Cek resume, pastikan kalau data diri dan juga instansi yang hendak dilamar sudah sesuai.
  • Kirim data, tapi pastikan dulu data yang sudah diisikan dan instansi yang dipilih tidak boleh salah. Karena kalau sudah terkirim, kamu tidak diperkenankan untuk memperbaikinya.
  • Terakhir adalah mencetak Kartu Pendaftaran SSCN yang digunakan sebagai bukti bahwa kamu telah melakukan pendaftaran.

Biaya pendaftaran CPNS

Satu hal juga yang perlu kamu perhatikan adalah tes CPNS ini adalah gratis, alias tidak dipungut biaya sama sekali untuk calon pesertanya. Jadi, kalau ada oknum yang meminta sejumlah uang dengan tujuan memberikan jaminan lulus, sudah dipastikan itu penipuan.

Tips terhindar dari penipuan CPNS 2019

Penipuan berkedok pendaftaran CPNS masih marak terjadi. Oknum yang tidak bertanggung jawab jelas memanfaatkan euforia masyarakat yang ingin menjadi abdi negara untuk meraup keuntungan sebanyak-banyaknya.

Caranya beragam, mulai dari memberi iming-iming pasti lulus dengan syarat sejumlah uang, hingga penyebaran informasi palsu. Berikut ini dua hal penting yang harus kamu perhatikan agar terhindar dari kasus penipuan

1. Cek informasi di situs resmi

Selalu cek informasi melalui situs resmi instansi pemerintahan. Cek domain pemberi informasi tersebut, kalau misalnya domainnya ‘go.id’ maka informasi tersebut bisa kamu percaya. Karena itu merupakan domain dasar bagi situs instansi pemerintahan.

Kalau kamu ingin melihat informasi dari media sosial, gunakan informasi tersebut berasal dari akun instansi pemerintahan yang telah tercentang biru atau verified. Dan jangan percaya begitu saja sama akun-akun lainnya yang mengatasnamakan pemerintah.

2. Pendaftaran resmi hanya di SSCN BKN

Sementara melakukan pendaftaran, kamu bisa dilakukan di situs SSCN BKN, bukan yang lainnya. Halamannya ada di https://sscn.bkn.go.id.

Demikianlah penjelasan mengenai alur pendaftaran CPNS 2019 ataupun aturan dan semoga bermanfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close