Umum

√ 10 Peluang Kerja Lulusan Teknik Informatika

Saat ini dimana perkembangan era Internet of Things, ide-ide kreatif tentang pemanfaatan komputer semakin menarik. Berbagai perusahaan starup baik di dalam maupun di luar negeri berlomba-lomba menciptakan sebuah perangkat yang unik. Tentunya tingkat pembuatan software dan hardwarenya pun juga sulit. Banyaknya perusahaan yang berlomba-lomba tersebut membuat prospek atau peluang kerja untuk lulusan teknik informatika sangatlah besar. Banyak jenis profesi yang dapat ditekuni jika Anda merupakan lulusan teknik informatika. Di samping itu, gaji yang didapatkan dari pekerjaan ini pun juga memuaskan. Untuk itu, di dalam artikel ini akan di bahas 10 peluang kerja yang cocok untuk lulusan teknik informatika. Simak pembahasannya di bawah ini!

Baca juga : Peluang Bisnis Jual Beli Barang Bekas

 1. Programmer

√ 10 Peluang Kerja Lulusan Teknik Informatika
Programmer

Programmer merupakan salah satu profesi yang dapat dijadikan pilihan bagi lulusan teknik informatika. Dimana profesi sebagai programmer termasuk profesi yang paling banyak diambil oleh para lulusan dari teknik informatika. Mengingat adanya perkembangan di bidang teknologi, peluang kerja untuk profesi ini sangatlah besar. Bagi yang freshgraduate, dapat memulai sebagai junior progammer terlebih dahulu. Untuk gaji yang didapatkan oleh seseorang yang berprofesi sebagai programmer terutama bagi pemula sekitar Rp. 5.000.000 hingga Rp. 10.000.000

Menjadi seorang programmer, seseorang dituntut untuk dapat menentukan akan mendalami di bidang apa karena dalam dunia programmer banyak sekali spesialisasi di bidang ini seperti yang berhubungan dengan instalasi (dekstop programming), situs (web programming), maupun aplikasi smartphone (mobile programming). Selain itu, menjadi seorang programmer, seseorang juga harus mampu untuk berinovasi dan mengasah kreatifitas yang dimiliki karena dengan kedua hal tersebut seseorang dapat mengembangkan dan menemukan penemuan baru dari produk yang diinginkan.

Baca juga : Peluang Bisnis Cucian

2. Web Developer

Web Developer
Web Developer

Web Developer  menjadi salah satu peluang kerja yang dapat dijadikan pilihan bagi lulusan teknik informatika. Saat ini pengembang website sangat dibutuhkan seiring dengan kebutuhan akan jasa pengembangan website terus meningkat. Setiap industri saat ini secara terus menerus melakukan perbaikan layanan website yang dimilikinya. Website menjadi salah satu media dalam menyampaikan informasi yang ada. Menjadi seorang web developer, seseorang dituntut untuk mengetahui terkait hosting dan domain. Selain itu, harus mengetahui bahasa pemrograman yang digunakan seperti PHP, Javascript, dan sebagainya. Untuk penghasilan dari profesi ini sekitar Rp 8.000.000 hingga Rp. 10.000.000 per bulannya.

Baca juga : Peluang Bisnis IRT

3. System Analyst

System Analyst
System Analyst

System Analyst menjadi salah satu peluang kerja yang dapat dijadikan pilihan bagi lulusan teknik informatika. System Analyst dapat dikatakan sebagai profesi yang bertanggung jawab atas perencanaan, koordinasi, dan analisa dari sistem perangkat lunak. System Analyst merupakan profesi yang memiliki tugas untuk menganalisis sistem yang akan dipakai oleh sebuah perusahaan dimana profesi System Analyst bekerja berdampingan dengan programmer. Seorang yang berprofesi sebagai System Analyst setidaknya memiliki keahlian analisis, manajerial, interpersonal, dan teknis. Berikut ini beberapa tugas lain dari seorang System Analyst, diantaranya:

  • Berinteraksi dengan klien untuk memahami kebutuhan dari perangkat lunak atau keras yang diperlukan
  • Berinteraksi dengan designer untuk membuat rancangan UI supaya tidak adanya kesalahpahaman
  • Berinteraksi dengan programmr untuk membuatkan sebuah program dari perangkat yang diminya oleh pelanggan dan rancangannya dari designer
  • Menguji perangkat
  • Melakukan dokumentasi terhadap perangkat yang telah dibuat
  • Mengatur budget yang sedang dibutuhkan perusahaan yang telah memasang atau menginstal sebuah sistem yang dibutuhkan.

Untuk masalah pendapatan, profesi ini biasanya menerima gaji sekitar antara Rp 6.500.000 hingga belasan juta bahkan bisa sampai puluhan juta rupiah.

4. IT Consultant / Konsultan IT

IT Consultant / Konsultan IT
IT Consultant / Konsultan IT

IT Consultant menjadi salah satu peluang kerja yang dapat dijadikan pilihan bagi lulusan teknik informatika. Seseorang yang berasal dari lulusan teknik informatika dapat menerapkan ilmu yang didapatkan di bangku pendidikan terutama ilmu tentang perencanaan, pelaksanaa, serta evaluasi dalam teknologi komputer dengan menjadi seorang IT Consultant. IT Consultant merupakan salah satu profesi spesialis teknis yang memiliki tugas untuk memberikan ide atau saran kepada para kliennya mengenai penggunaan teknologi informasi agar dapat memenuhi target bisnis yang sedang dijalankan dan lebih efisien dalam penggunaannya. Untuk di perusahaan, tugas dari IT Consultant adalah menjadi tempat konsultasi untuk atasannya. Lebih tepatnya lagi, tugas dari IT Consultant adalah merekomendasikan kebutuhan sistem program aplikasi seperti apa yang akan digunakan di perusahaan kepada atasannya.

Seorang IT Consultant pastinya sangat paham dengan teori-teori teknologi, pemrograman, derta teknologi yang berbasis komputer.  Selain itu, seorang IT Consultant  harus memiliki kemampuan standar tinggi dan analisis yang kuat dalam memahami setiap permasalahan yang ditemukan. Untuk profesi IT Consultant, biasanya menerima gaji yang cukup tinggi yaitu sekitar Rp 6.000.000 hingga Rp. 15.000.000

5. Database Engineer

Database Engineer
Database Engineer

Database Engineer menjadi salah satu peluang kerja yang dapat dijadikan pilihan bagi lulusan teknik informatika. Database Engineer atau yang biasanya juga disebut dengan Database Administrator hanya akan mengurusi perawatan serta pengembangan database dimana data-data yang dimiliki oleh sebuah perusahaan dapat dirancang dan dipelihara dengan sebaik mungkin serta mudah untuk di akses. Database Engineer merupakan salah satu profesi yang memiliki tugas untuk merancang dan memonitor database kompleks.

Selain itu, tugas lain dari seorang Database Engineer  adalah mengatur hak akses setiap user. Artinya, profesi ini memiliki kendali penuh untuk mengatur siapa saja user yang boleh untuk mengakses database ini secara penuh dan siapa saja yang hanya bisa melihat isi databasenya. Tanggung jawab seorang Database Engineer sangat besar karena profesi ini harus bisa menjaga kerahasiaan data-data penting dan menjaganya dari pencurian yang bisa saja dilakukan oleh pihak yang ingin menguasai data penting tersebut. Untuk profesi Database Engineer, gaji yang ditawarkan untuk fresh graduate bisa mencapai Rp. 5.000.000. sedangkan untuk yang sudah berpengalaman, gaji yang didapatkan bisa sampai puluhan juta rupiah.

6. Network Support Engineer

Network Support Engineer
Network Support Engineer

Network Support Engineer menjadi salah satu peluang kerja yang dapat dijadikan pilihan bagi lulusan teknik informatika. Network Support Engineer merupakan salah satu profesi yang memiliki tugas dalam mengurusi jaringan komputer dari sebuah organisasi atau perusahaan. Seorang Network Support Engineer yang handal menjamin jaringan akan berfungsi dengan baik, stabil, dan dengan mudah diakses untuk pengguna di perusahaan. Biasanya perusahaan yang membutuhkan profesi Network Support Engineer adalah perusahaan yang menerapkan cara berkomunikasi antar karyawan dengan menggunakan teknologi networking seperti melalui laptop, handphone, dan sebagainya. Untuk profesi Network Support Engineer, biasanya mendapatkan gaji sekitar Rp. 5.000.000 hingga Rp. 7.000.000 per bulannya dimana pembagian gaji tergantung pada skill dan kemampuan engineer serta kemampuan finansial dari perusahaan itu sendiri.

7. Software Engineer

Software Engineer
Software Engineer

Software Engineer menjadi salah satu peluang kerja yang dapat dijadikan pilihan bagi lulusan teknik informatika. Software Engineer merupakan salah satu profesi yang memiliki tugas dalam mengembangkan perangkat lunak menjadi berbagai macam keperluan yang dapat digunakan untuk mendukung pekerjaan lainnya. Untuk menjadi seorang Software Engineer, harus benar-benar memiliki skill bagus dibalik ilmu komputer yang dikuasai serta pandai dan mahir dalam bahasa pemograman. Biasanya seorang Software Engineer dapat merangkap menjadi programmer karena tugas seorang programmer hampir sama dengan Software Engineer yaitu mengembangkan sebuah program aplikasi. Ibaratnya, programmer membuat program awalnya, lalu Software Engineer mengembangkan program yang dibuat programmer. Untuk pemula, gaji yang didapatkan oleh profesi Software Engineer bisa sampai Rp 8.000.000 bahkan bisa mencapai belasan juta rupiah.

8. Intelligent System Developer

Intelligent System Developer
Intelligent System Developer

Intelligent System Developer menjadi salah satu peluang kerja yang dapat dijadikan pilihan bagi lulusan teknik informatika. Profesi Intelligent System Developer cukup menjajikan karena sistem yang dikembangkan tidaklah main-main dimana sistem yang dikembangkan adalah sistem perangkat lunak yang bersifat intelejen. Perangkat lunak yang dikembangkan cukup vital dalam penggunaannya dimana cara kerja perangkat lunak ini membutuhkan nilai akurat yang tinggi sehingga seorang yang berprofesi sebagai Intelligent System Developer harus memiliki ketelitian dan kreativitas yang tinggi. Oleh karena itu, banyak yang mengatakan jika profesi Intelligent System Developer  termasuk profesi yang cukup sulit. Biasanya gaji yang diterima untuk profesi Intelligent System Developer bisa mencapai Rp 20.000.000 untuk jabatan sebagai manager.

9. iOS Developer

iOS Developer
iOS Developer

iOS Developer menjadi salah satu peluang kerja yang dapat dijadikan pilihan bagi lulusan teknik informatika. iOS Developer merupakan profesi yang memiliki tugas untuk mengerjakan program aplikasi sistem operasi iOS dari perusahaan Apple. Seorang yang berprofesi sebagai iOS Developer dituntut untuk menguasai bahasa pemograman Sift dan objective-C. Selain itu, menjadi seorang iOS Developer harus memiliki kemampuan untuk membuat dan merancang aplikasi yang bisa digunakan maupun dijual oleh perusahaan. Kisaran gaji yang diterima oleh seorang iOS Developer sekitar Rp 6.000.000 per bulannya

10. Platform Engineer

Platform Engineer
Platform Engineer

Platform Engineer menjadi salah satu peluang kerja yang dapat dijadikan pilihan bagi lulusan teknik informatika. Platform Engineer merupakan salah satu profesi dibidang teknisi IT untuk platform tertentu. Beberapa bidang pekerjaan yang berhubungan dengan profesi Platform Engineer adalah Application Engineer dan System Integrator. Menjadi seorang Platform Engineer dituntut untuk menguasai dan mempelajari teknologi baru, mengantisipasi dan merencanakan pengembangan dari sebuah teknologi. Kisaran gaji untuk seorang Platform Engineer sekitar Rp. 10.000.000 hingga Rp. 20. 000.000 per bulannya.

Baca juga : Platform Trading Forex Terbaik

Demikian informasi mengenai 10 peluang kerja yang cocok untuk lulusan teknik informatika. Semoga apa yang dibahas di dalam artikel ini bermanfaat bagi Anda terutama bagi lulusan baru dari jurusan teknik informatika yang sedang mencari pekerjaan. Semoga cepat mendapat pekerjaan yang diinginkan dan sesuai dengan kemampuan!

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close