Bisnis

Peluang Bisnis : Jual Beli Barang Bekas

Barang bekas tidak selamanya menjadi barang tanpa nilai dan manfaat. Barang bekas bisa menguntungkan bagi pemiliknya jika dapat dimaksimalkan menjadi sebuah peluang bisnis yang baik. Beruntungnya, di Indonesia sendiri keberadaan barang bekas layak pakai masih sangat diperhitungkan. Harga beli awal barang bekas yang begitu murah akan memberikan keuntungan yang berlipat-lipat pada Anda. Barang-barang bekas yang bisa Anda jual bisa beragam mulai dari buku, busana, sampai alat elektronik. Tak hanya dibuka dengan toko, bisnis jual beli barang bekas bisa Anda jalankan secara online untuk membuka peluang menarik pasar yang lebih besar. Bagaimana tips bisnis jual beli barang bekas dan apa saja keuntungannya? Simak baik-baik ya.

Baca juga : Membuat Berita Acara

Peluang Bisnis : Jual Beli Barang Bekas

Berikut ini adalah tips-tips membuka bisnis jual beli barang bekas, antara lain:

1. Fokus Pada Kategori Barang Bekas Tertentu

Peluang Bisnis : Jual Beli Barang Bekas
Peluang Bisnis : Jual Beli Barang Bekas

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan kategori barang bekas yang akan Anda jual. Anda harus fokus terhadap satu kategori barang bekas terlebih dahulu. Kategori yang bisa Anda jual-belikan bisa buku, pakaian, onderdil kendaraan, atau barang-barang elektronik saja. Penentuan jenis barang bekas sangat penting karena akan membantu Anda untuk lebih fokus dan ahli pada satu bidang sehingga Anda terbiasa dengan segmentasi pasar serta strategi bisnis yang akan dijalankan.

Baca juga : Pengertian Abstrak

2. Berikan Harga Yang Tepat

Peluang Bisnis : Jual Beli Barang Bekas
Peluang Bisnis : Jual Beli Barang Bekas

Mengingat bahwa barang tersebut adalah barang bekas, maka Anda harus realistis dalam menentukan harga. Tidak mungkin jika produk bekas ini, Anda jual seperti produk baru. Standar harga yang berlaku harusnya adalah harga miring meskipun kondisinya hampir sama dengan barang baru. Harga miring menjadi harga yang masuk akan Anda berikan kepada konsumen nantinya.

3. Perhatikan Kondisi Barang

Peluang Bisnis : Jual Beli Barang Bekas
Peluang Bisnis : Jual Beli Barang Bekas

Menjual barang bekas tidak serta merta semua barang bekas bisa Anda jual. Barang bekas yang dijual belikan harus memiliki kondisi yang masih baik dan layak pakai. Barang bekas yang sudah buruk bukanlah teknik penjualan barang bekas yang diharapkan. Kemungkinan besar konsumen akan mengurungkan niatnya membeli barang bekas jika kondisinya sudah tidak baik dan tidak layak pakai. Apabila produk barang bekas yang Anda jual tersebut mengalami kecacatan, Anda haru jujur kepada calon pembeli. Untuk memisahkan kategori barang bekas, gunakanlah kode-kode khusus. Kode ini akan memudahkan Anda melakukan pencatatan, sehingga Anda mengetahui barang yang sudah laku atau belum.

Baca juga : Teks Deskripsi

4. Sering Berburu Barang Bekas

Peluang Bisnis : Jual Beli Barang Bekas
Peluang Bisnis : Jual Beli Barang Bekas

Untuk bisa mendapatkan barang bekas, Anda harus rajin berburu kesana kemari untuk mendapatkannya. Apabila Anda telah menemukan tempat atau personal yang menjual barang bekas dengan kualitas baik, maka Anda bisa mengajaknya untuk bermitra usaha. Semakin banyak rujukan atau referensi tempat penjualan barang bekas, maka usaha jual beli barang bekas Anda akan semakin menarik. Anda juga bisa berburu barang bekas dengan mengikuti sebuah lelang pembelian di perusahaan tertentu untuk memperbanyak koleksi barang bekas Anda, ,

5. Bekerja Sama Dengan Teman Atau keluarga

Peluang Bisnis : Jual Beli Barang Bekas
Peluang Bisnis : Jual Beli Barang Bekas

Cobalah mengajak kerja sama teman-teman atau saudara Anda yang banyak memiliki barang-barang jarang dipakai. Dengan begitu, Anda tidak akan kekurangan persediaan barang bekas.  Anda tentu tidak mungkin menjual barang-barang bekas pribadi terus-terusan, bukan? Bagilah dua keuntungan untuk setiap barang yang sudah habis terjual. Supaya tidak terjadi percekcokan di kemudian hari, bicarakan persentase keuntungan antara Anda dengan partner kerja serta negosiasikan sehingga kedua belah pihak sama-sama diuntungkan.

Baca juga : Metode Penelitian

6. Utamakan Kejujuran Dalam Berdagang

Peluang Bisnis : Jual Beli Barang Bekas
Peluang Bisnis : Jual Beli Barang Bekas

Apapun jenis usaha yang dijalankan, kejujuran adalah hal utama dalam berdagang. Konsumen yang menanyakan kondisi barang harus dijawab sejujurnya baik dari berapa umur barang sampai kekurangan apa saja yang ada dalam barang tersebut. Hal tersebut penting untuk membangun kepercayaan antara Anda sebagai penjual dan calon pembeli.

7. Pilih Lokasi Strategis

Peluang Bisnis : Jual Beli Barang Bekas
Peluang Bisnis : Jual Beli Barang Bekas

Peluang bisnis jual beli barang bekas juga membutuhkan lokasi strategis. Meskipun tergolong produk habis pakai, namun bisnis ini bisa menarik minat konsumen lebih besar melebihi produk baru itu sendiri. Untuk memudahkan konsumen menuju tempat usaha Anda, tempat yang strategis harus dipilih. Setelah lokasi strategis tersebut didapatkan, Anda bisa mengatur tempat sedemikian rupa sehingga terlihat unik dan menarik.

8. Gencarlah Berpromosi

Peluang Bisnis : Jual Beli Barang Bekas
Peluang Bisnis : Jual Beli Barang Bekas

Sama seperti bisnis yang lain, promosi harus gencar Anda lakukan dengan berbagai cara baik dari mulut ke mulut, brosur, spanduk, banner, dan memaksimalkan media sosial. Promosi dari mulut ke mulut adalah cara paling mudah untuk memberitahukan orang lain tentang jual beli bisnis barang bekas. Selain mudah, Anda tidak perlu memerlukan biaya promosi apapun. Agar penyampaiannya menjadi maksimal, buatlah poin-poin yang akan disampaikan kepada pembeli. Mintalah bantuan saudara, keluarga, atau teman kerja Anda agar promosi lebih efektif. Akun media sosial seperti Instagram atau Facebook bisa Anda manfaatkan untuk berpromosi. Tambahkan testimoni yang berisi penilaian positif dan sering-sering lah responsif membalas pertanyaan dan komentar dari calon pembeli. Selain itu, situs e-commerce pun akan meningkatkan kredibilitas bisnis jual beli barang bekas Anda.

Keuntungan Bisnis Jual Beli Barang Bekas

Keuntungan-keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat menjual barang bekas, antara lain:

  • Modal minim, bahkan saat Anda tidak hanya memiliki modal yang terbatas, bisnis ini tetap bisa berjalan. Anda hanya perlu mengumpulkan barang bekas yang kondisinya masih bagus sebagai modal awal
  • Tidak ada barang yang percuma, sebab barang yang kita simpan terlalu lama baik di dalam lemari atau hanya digantung saja bisa dijual jika masih layak. Daripada hanya dibiarkan saja, benar bukan?
  • Bisnis barang bekas dinilai sangat cocok dengan gaya hidup generasi millennial saat ini. Sebab mereka secara impulsif senang mengikuti tren sehingga berapa pun harganya tetap akan membeli barang-barang bermerek. Nah, kehadiran barang bekas ini, gaya hidup boros bisa teratasi. Konsumen bisa mendapatkan barang-barang branded dengan harga murah sehingga bisnis ini memiliki peminat tinggi di kalangan generasi millennial
  • Platform yang banyak, sebab sekarang telah banyak website-website khusus yang menjadi lapak jual beli barang bekas. Jadi, Anda sudah tidak perlu khawatir untuk memulai bisnis jual beli barang bekas seperti carousell.com, prelo.co.id, belanjabekas.com, dan masih banyak lagi. Situs-situs e-commerce yang juga bisa Anda jadikan tempat jual beli barang bekas adalah tokopedia, shopee, dan olx.com. Situs ini bisa memudahkan konsumen membeli barang bekas dengan hanya menuliskan kata “preloved”, semua barang-barang bekas akan muncul. Registrasi untuk bergabung sebagai penjualnya pun tidak sulit. Selain itu, berbagai akses media sosial yang disediakan dalam situs tersebut memudahkan Anda untuk berkomunikasi dengan calon pembeli barang bekas.

Kunci utama untuk memulai bisnis jual beli barang bekas adalah dimulai dari diri Anda sendiri. Dengan niat, kegigihan, dan pengelolaan yang menarik, bisnis barang bekas tidak kalah dengan barang baru. Demikian ulasan lengkap jual beli barang bekas. Semoga bermanfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close