Bisnis

√ 15 Peluang Bisnis Untuk Ibu Rumah Tangga Yang Menjanjikan

Ibu rumah tangga biasanya identik dengan perannya sebagai seorang istri yang bertugas merawat anak, membersihkan rumah, atau menyiapkan makanan bagi anggota keluarga. Banyak ibu yang sebelumnya memiliki pekerjaan rela berhenti dari pekerjaan demi mengurus keluarga. Namun, sekarang zaman sudah berubah. Banyak hal yang bisa Anda lakukan di rumah tanpa bekerja di kantor. Anda bisa bekerja tanpa meninggalkan tugas sebagai seorang isri dan tetap mengurus keluarga. Lalu apa saja macam-macam peluang bisnis yang cocok bagi ibu rumah tangga? Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda.

√ 15 Peluang Bisnis Untuk Ibu Rumah Tangga Yang Menjanjikan

Jenis-jenis peluang bisnis bagi ibu rumah tangga, yang bisa Anda jadikan sebagai referensi, diantaranya adalah:

1. MUA (Makeup Artis)

√ 15 Peluang Bisnis Untuk Ibu Rumah Tangga Yang Menjanjikan
MUA (Makeup Artis)

Keahlian Anda dalam estetika serta bakat dan kreativitas Anda untuk membuat orang terlihat cantik bisa dimanfaatkan sebagai peluang bisnis. Ya, menjadi makeup artis menjadi pilihannya. Karier tepat ini bisa Anda kembangkan menjadi peluang bisnis menjanjikan. Sebagai latihan awal, Anda dapat melatih menggunakan makeup untuk diri sendiri dan teman-teman Anda sehingga keahlian dan teknik menggunakan makeup bisa berkembang secara sempurna. Rajin-rajinlah untuk bereksperimen dengan beberapa merek makeup sebab kualitas tiap produk makeup berbeda-beda. Selain itu, eksperimen beberapa jenis produk seperti produk bedak cair atau bedak padat serta produk yang cocok bagi kulit tertentu misalnya kulit kering atau berminyak.

Baca juga : Peluang Bisnis jual beli barang bekas

2. Bisnis Katering

Bisnis Katering

Sebagai ibu rumah tangga yang memiliki hobi memasak dan senang bereksperimen di dapur mencoba berbagai resep pilihan, bisnis katering menjadi pilihannya. Peluang bisnis katering bisa Anda coba mengingat setiap orang sepanjang tahun akan selalu membutuhkan layanan tersebut sehingga tidak akan sepi peminat. Usaha tersebut bisa Anda kelola mulai dari skala kecil dengan menawarkannya pada orang-orang terdekat, seperti tetangga, saudara, sahabat, dan teman-teman. Dengan ketekunan, bisnis usaha katering kecil-kecilan tersebut bisa berkembang lebih besar lagi.

Baca juga : Segmentasi Pasar

3. Bisnis Kue

Bisnis Kue
Bisnis Kue

Apabila Anda senang membuat bermacam-macam kue dengan berbagai jenis dan rasa, hal ini bisa menjadi modal untuk membuka bisnis usaha kue. Selain modalnya kecil, keluarga juga tidak sepenuhnya Anda tinggal. Untuk membuat kue terlihat menarik, Anda bisa menambahkan aneka topping yang menarik. Kemudian Anda bagikan melalui media sosial agar banyak konsumen yang tertarik.

Baca juga : Perdagangan Internasional

4. Bisnis Penerjemah

Bisnis Penerjemah
Bisnis Penerjemah

Kemampuan berbahasa asing seperti bahasa Inggris, bahasa Belanda, bahasa Perancis, dan bahasa lainnya bisa Anda jadikan sebagai modal bisnis penerjemah. Dari bisnis penerjemah tersebut, Anda bisa mendapatkan pendapatan berdasarkan lembaran yang Anda kerjakan. Selain melalui marketplace, bisnis juga bisa dilakukan secara online.

5. Membuat Tas Unik

Membuat Tas Unik
Membuat Tas Unik

Perkembangan bisnis tas semakin lama menjadi lahan penghasilan tambahan ibu rumah tangga. Bukan hanya sebagai kebutuhan sekolah, tas bisa dijadikan gaya hidup bagi konsumennya. Siapkan modal awal yang dibutuhkan seperti dana dan juga keterampilan dalam memproduksi tas. Kemudian, carilah jaringan yang bisa diajak kerja sama seperti bahan baku dan jaringan pemasaran. Selain itu, buatlah desain yang menarik agar produsen lain tidak gampang meniru produk Anda.

Baca juga : Surat Jual Beli

6. Butik Online

Butik Online
Butik Online

Jika kegiatan mengurus rumah tangga Anda tak ingin diganggu, membuat butik online bisa menjadi pilihannya. Anda bisa menjual pakaian, sepatu, dan berbagai aksesoris secara online. Selain media sosial, untuk memperluas jaringan dan mengembangkan kredibilitas butik online, Anda bisa membuat website yang menarik.

7. Reseller

Reseller
Reseller

Salah satu peluang bisnis yang membutuhkan modal kecil adalah menjadi reseller. Sistem penjualannya adalah membeli barang dari suppler dengan harga grosir, lalu Anda jual kembali menggunakan harga konsumen. Pemasarannya bisa Anda lakukan melalui media sosial karena mudah dan tidak membutuhkan banyak biaya. Jenis barang yang bisa Anda jual dengan sistem reseller juga beragam baik dari baju, tas, sepatu, aksesoris, makanan, dan berbagai minuman.

8. Penulis Konten

Penulis Konten
Penulis Konten

Apabila Anda memiliki kemampuan  yang baik dalam menulis, tak ada salahnya menjadi penulis konten supaya mendapatkan uang tambahan. Beberapa website seperti Projects.co.id dan Sribulance bisa Anda manfaatkan untuk menjadi penulis konten lepas. Selain tak menyita waktu banyak, hasilnya juga sangat lumayan, loh!

Baca juga : Asuransi Jasa Indonesia

9. Bisnis Spa

Penulis Konten
Bisnis Spa

Memiliki kemampuan dalam melakukan spa sebagai bentuk perawatan tubuh, peluang bisnis spa bagi ibu rumah tangga bisa menjadi pilihan. Tidak perlu tempat yang besar dan mewah, sebuah perawatan spa bisa Anda lakukan di rumah atau yang biasa disebut sebagai spa rumahan. Konsep yang unik dengan harga yang terjangkau bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk menarik minat pelanggan.

10. Desain Grafis

Desain Grafis
Desain Grafis

Selain menjadi penulis lepas, kemampuan desain grafis sebagai proses kreatif bisa menjadi pilihan. Tangan seorang desainer grafis bisa Anda gunakan untuk berbagai situs web, aplikasi, hingga kemasan produk. Hanya bermodalkan komputer dan aplikasi standar seperti Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator bisa membantu Anda meraup penghasilan tambahan hingga jutaan rupiah.

11. Bisnis Tempat Les

Bisnis Tempat Les
Bisnis Tempat Les

Memiliki kemampuan mengajar yang baik di bidang mata pelajaran tertentu memberikan kesempatan Anda untuk membuka tempat les bagi anak-anak sekolah di sekitar rumah. Pastikan Anda memiliki kemampuan akademik serta keyakinan untuk menjalankan bisnis ini. Saat bisnis sudah berkembang, Anda dapat merekrut tenaga pengajar yang kompeten dan profesional.

12. Bisnis Day Care

Bisnis Day Care
Bisnis Day Care

Bisnis Day Care sering marak beberapa tahun terakhir. Keberadaannya menjadi solusi pengasuhan anak bagi orang tua yang sibuk bekerja. Keuntungan yang didapatkan dari konsumen juga begitu menjanjikan. Day care kelas menengah atas bisa mencapai usaha 40-45%, sedangkan kelas menengah bawah, margin usahanya adalah sebesar 20%.

13. Bisnis Menjahit

Bisnis Menjahit
Bisnis Menjahit

Anda yang memiliki keterampilan menjahit dapat membuka jasa jahit pakaian. Peluang bisnis jasa jahit masih banyak diminati banyak orang. Nilai Anda akan bertambah jika kebaya berbagai model dapat Anda buat. Meskipun agak susah, namun penghasilannya pun bertambah ekstra pula. Utamakan  kerapian, ketelitian, dan pelayanan yang baik saat menjalani bisnis ini.

14. Toko Kelontong

Toko Kelontong
Toko Kelontong

Toko kelontong atau toko serba ada berskala kecil juga menjadi salah satu peluang bisnis bagi rumah tangga. Apalagi bagi Anda yang berada di lingkungan perumahan, toko kelontong banyak dicari karena menyediakan barang-barang yang dibutuhkan warga sekitar. Jika Anda membukanya di rumah, modalnya pun tidak terlampau besar.

15. Usaha Laundry

Usaha Laundry
Usaha Laundry

Peluang usaha laundry saat ini berkembang dengan pesat apalagi di kota-kota besar. Hal ini dipengaruhi karena banyak orang yang ingin menghemat waktu, tenaga, dan tidak mau terlalu repot. Bisnis awal memulai usaha laundry tidaklah terlalu besar. Anda hanya perlu mesin cuci dna sedikit ruangan sebagai tempat pelanggan menerima dan menyerahkan pakaian yang akan dicuci. Lokasi strategis seperti daerah kampus, perkantoran, dan perumahan padat penduduk juga harus Anda perhatikan agar bisa bertahan lama.

Demikian peluang bisnis ibu rumah tangga dan semoga bermanfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close