Umum

√ 30+ Kumpulan Pantun Lucu Paling Gokil | Bikin Ngakak

Siapa yang tidak kenal dengan pantun? Pantun sudah diajarkan mulai dari bangku SD hingga SMA jadi tidak heran jika semuanya sudah mengetahui apa itu pantun. Pantun merupakan salah satu jenis puisi lama yang biasanya terdiri dari 4 baris, bersajak a-b-a-b dan memiliki sampiran serta isi. Ada banyak sekali jenis pantun berdasarkan isinya salah satunya adalah pantun lucu atau jenaka. Isi dari pantun lucu ini biasanya berisi sebuah pesat yang bersifat lucu sehingga dapat menghibur seseorang dan juga pantun lucu dapat digunakan di segala suasana.

√ 30+ Kumpulan Pantun Lucu Paling Gokil | Bikin Ngakak

Dengan bahasa yang tidak baku, lucu, dan kekinian menjadikan pantun lucu lebih menarik dan mudah dimengerti oleh masyarakat terutama para generasi muda. Selain itu, mereka lebih rileks dalam pergaulannya dengan teman sebaya. Nah untuk itu, di dalam artikel ini akan dipaparkan kumpulan pantun lucu dengan berbagai tema yang bikin ketawa ngakak. Namun sebelum itu akan diulas lagi mengenai pengertian dan ciri-ciri pantun supaya kalian akan terus mengingatnya. Maka dari itu, simak paparannya di bawah ini!

Pengertian Pantun

Pengertian Pantun

Pantun adalah salah satu jenis puisi lama masih populer dikalangan masyarakat termasuk pelawak atau komedian. Pantun memiliki beberapa aturan atau ketentuan yang mengikat dalam pembuatannya. Oleh karena itu, dalam pembuatan pantun harus memahami terlebih dahulu ciri-ciri pantun agar Anda lebih mudah dalam membuat sebuah pantun.

Ciri-ciri Pantun

Ciri-ciri Pantun

Pantun memiliki beberapa ciri yang membedakannya dengan jenis karya sastra lain, diantaranya:

1. Setiap bait terdiri dari 4 baris atau larik

Pantun memiliki ciri khas kuat dibandingkan karya lain yaitu terletak pada bait-nya yang selalu terdiri atas 4 larik atau baris.

2. Satu baris atau larik terdiri dari 8 sampai 12 suku kata

Umumnya dalam sebuah pantun terdiri dari 8 sampai dengan 12 suku kata. Hal itu dikarenakan saat pertama kali pantun muncul, pantun disampaikan secara lisan, bukan tulisan.

3. Baris pertama dan kedua disebut sampiran

Pengantar isi yang ada di dalam pantun dibuat dalam bentuk jenakan yang dinamakan sampiran. Sampiran terletak pada baris pertama dan kedua dalam pantun.

4. Baris ketiga dan keempat disebut isi

Inti dari sebuah pantun terletak pada baris ketiga dan keempat yang disebut isi.

5. Bersajak a-b-a-b atau a-a-a-a

Rima atau sajak dalam pantun yaitu kesamaan bunyi di akhir baris antara baris satu dengan baris ketiga, baris kedua dengan baris keempat sehingga dalam pembuatan pantun harus selalu diperhatikan pemilihan kata agar di akhir baris sesuai dengan ciri-ciri pantun yaitu bersajak a-b-a-b atau a-a-a-a

Kumpulan Pantun Lucu Dengan Berbagai Tema yang Bikin Ketawa Ngakak

Kumpulan Pantun Lucu Dengan Berbagai Tema yang Bikin Ketawa Ngakak

Bawa buku dikantong kresek
jatuh ke sungai masih terapung
punya nasib hidung pesek
Dijepit setahun tak bisa mancung

Source : https://pantuncinta2000.blogspot.com/

Hari hujan datang gledek
Mata terpejam jadi melek
Ada susahnya bertubuh pendek
Berdiri bersama, mencium kelek

Source : https://pantuncinta2000.blogspot.com/

Makan kelapa di hewan ketam
Siswa baru banyak berlatih
Memang susah berbadan hitam
Walau disabun tak akan bisa putih

Source : https://pantuncinta2000.blogspot.com/

Memang basa tidak kering
Bahtera besar telah berlabuh
Memang susah kurus kering
kusenggol orang badanpun rubuh

Source : https://pantuncinta2000.blogspot.com/

Nasi rames ditaruh di kotak
Batu dipahat, jadinya retak
Saya gemas, kepingin jitak
Kalau melihat kepala botak

Source : https://woazy.com/

Jalan-jalan ke tambak
Naiknya menggunakan becak
Ada apa di balik tembok
Ada nenek lagi cebok

Source : https://woazy.com/

Malam haru gelap gulita
Makan cabe campur minyak
Kamu memang cantik jelita
Sayang tawamu seperti kuntilanak

Source : https://www.kepogaul.com/

Di kutub banyak es
Di neraka banyak setan
Baju superman bertuliskan S
Kalau XL ya kebesaran

Source : https://www.kepogaul.com/

Lagi malas bikin ketupat
Mending main bola sodok
Ada nenek yang pandai melompat
Pasti itu nenek kodok

Source : https://www.kepogaul.com/

Besi besar jadi linggis
Jalan raya banyak pengemis
Nasib jomblo sungguh tragis
Malam minggu malah nangis

Source : https://pantuncinta2000.blogspot.com/

Orang lain pelan-pelan
Kaki sakit tersandung batu
Orang lain berjalan-jalan
Jomblo meratap di balik pintu

Source : https://pantuncinta2000.blogspot.com/

Ganteng-ganteng serigala
Tukang bubur naik haji
Setiap sahur dan buka puasa
Dari dulu masih sendiri

Source : https://pantuncinta2000.blogspot.com/

Bawa santan dari hulu
Pulang-pulang bawa duku
Sang mantan sudah ke penghulu
Saya masih belum laku-laku

Source : https://pantuncinta2000.blogspot.com/

Sungai jernih banyak ikannya
Ikan kembung ikan buntal
Hujan gini enaknya berpelukan
Tapi jomblo meluknya dengkul

Source : https://pantuncinta2000.blogspot.com/

Putri kemangi rambutnya kemilau
Piara burung yang selalu berkicau
Karena hati terlalu galau
Cewek gendut, ku sangka kerbau

Source : https://www.romadecade.org/

Kakak sedang memeras santan
Untuk makan di hari petang
Ngapain lo mikirin mantan
Mending tuh pikirin utang

Source : https://www.romadecade.org/

Jalan-jalan ke Maluku
Ketemu kenalan namanya gita
Kasihan amat lihat mantanku
Udah penyakitan tidak laku pula

Source : https://www.romadecade.org/

Kalau pergi ke kota Tasik
Belajar berhitung pakai teknik sempoa
Mantan gue jangan sok-sok cantik
Muka lo persis kotoran kecoa

Source : https://www.romadecade.org/

Pergi wisata ke daerah Karanglo
Singgah sebentar di Blimbing
Sungguh malang nasib si jomblo
Setiap malam hanya memeluk guling

Source : https://www.romadecade.org/

Di penjara jualan kerupuk
Kerupuk opak rasa kikil badak
Resiko asmara dunia facebook
Cinta ditolak Unfriend bertindak

Source : https://inspirilo.com/

Sayur matang punya di Bopak
Makan lalap dicampur sambal
Tidur terlentang tidak bisa nyenyak
Tidur tengkurap ada yang ngganjel

Source : https://inspirilo.com/

Ke Cikini bawa keranjang
Keranjang kotak dari Sampang
Bagaimana hati tiada bimbang
Kepala botak kok minta dikepang

Source : https://inspirilo.com/

Jalan-jalan ke kota Paris
Banyak rumah berbaris-baris
Biar mati diujung keris
Asal dapat dinda yang manis

Source: https://woazy.com/

Gagang golok, gagang cangkul
Gagang cangkul juga gagang celurit
Tidak bisa nyolok katanya tumpul
Biarpun tumpul tetap hasilnya buncit

Source: https://woazy.com/

Rintik-rintik turun hujan
Masuk kamar sama teman
Gadis cantik jadi pujaan
Mau dilamar kok hamil duluan

Source: https://woazy.com/

Jeruk purut pinggir kali
Banyak orang numpang mampir
Wajah cemberut jelek sekali
Mirip dengan nenek lampir

Source : https://pantuncinta2000.blogspot.com/

Makan ketupat di hari raya
Pergi jauh ke kota Mumbai
Ingin kudapat setangkai bunga
Tapi bukan bunga bangkai

Source : https://pantuncinta2000.blogspot.com/

Burung merpati burung pipit
Sangat lucu badannya kecil
Jadi laki-laki jangan buncit
Nanti disangka wanita hamil

Source : https://pantuncinta2000.blogspot.com/

Bunga mayang aneka rupa
Petik satu dapat dua
Aku sayang kamu, cinta
Langgeng cinta kita hingga tua

Source : https://pantuncinta2000.blogspot.com/

Kancil berlari mengejar siput
Siput lari turun ke sawah
Walau wajah sudah keriput
Cintaku padamu tak kan berubah

Source : https://pantuncinta2000.blogspot.com/

Nasib jomblo tak punya pasangan
Malam minggu biasanya pasrah diri
Eh, kamu hidup selalu sendirian
Emang dikira uji nyali

Source: https://www.kepogaul.com/

Tukang bangunan memegang paku
Pakunya terbang terkena angin
Hati siapa tak galau
Melihat gajah makan es lilin

Source : https://thegorbalsla.com/

Burung terbang memakan topi
terbang ke awan seperti mimpi
Tertawa hati karena geli
Melihat kuda asyik bernyanyi

Source : https://thegorbalsla.com/

Terlihat silau keemasan
Ternyata nenek unjuk gigi
Ingin ke pantai untuk liburan
Melihat hiu pakai bikini

Source : https://thegorbalsla.com/

Paman ke sawah menanam padi
Padi ditanam dimangsa burung
Suara letusan gunung berapi
terdengar kaget rambutpun kuncung

Source : https://thegorbalsla.com/

Baca juga : Pantun Cinta

Nah itulah kumpulan pantun lucu dengan berbagai tema yang bikin ketawa ngakak. Semoga kumpulan pantun lucu di atas dapat menjadi referensi kalian apabila sedang mencari referensi pantun lucu kemudian kreasikan dengan versimu sendiri

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close