Pantai Tersembunyi di Gunung Kidul yang Perlu Kamu Tahu

  • Whatsapp
Pantai Tersembunyi di Gunung Kidul yang Perlu Kamu Tahu
Pantai Tersembunyi di Gunung Kidul yang Perlu Kamu Tahu

Tahukau.comPantai di Gunung Kidul – Apakah anda adalah penggemar pantai? jika iya, tentu anda sangat senang karena di negara kita terdapat begitu banyak pantai yang bisa anda nikmati keindahannya. Anda tentu ingat bukan bahwa negara Indonesia adalah salah satu negara kepulauan, yang artinya anda juga akan menmukan garis pantai yang panjang.

Di Indonesia, terdapat berbagai pantai yang bisa anda temui hampir disetiap daerah bahkan kota. Anda tentu sudah sangat mengenal Bali, yang memiliki keindahan pantai yang sudah tak perlu diragukan kembali.

Salah satu wialayah yang memiliki pantai indah adalah di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Daerah yang dikenal dengan goad an juga pemandangan alamnya yang indah ini memang juga sering disebut sebagai surga bagi para pecinta pantai.

Baca juga : Wisata Pantai Terbaik

Pantai di Gunung Kidul

Pantai di Gunung Kidul

Seperti yang dibahas sebelumnya, bahwa di Gunung kidul juga merupakan surga bagi para traveler yang mencari pantai. terlebih lagi, anda akan bisa menemukan banyak pantai yang bisa dibilang sebagai pantai perawan.

Hal ini karena, begitu banyak pantai yang masih sangat asri dan belum dijamah. Untuk mencapai lokasinya pun, anda mungkin membutuhkan tenaga dan usaha yang ekstra. Gunung kidul memang dikenal memiliki potensi wisata yang cukup besar.

Jika anda mencari tantangan dan sensasi yang berbeda, anda bisa pergi ke Kabupaten Gunung Kidul. Namun, sebelum pergi ada baiknya anda menyimak artikel berikut ini. kita akan membahas beberapa pantai tersembunyi di Gunung kidul yang bisa anda kunjungi.

Baca juga : Wisata Kekinian di Jakarta

Teras Kaca Pantai Nguluran

Teras Kaca Pantai Nguluran

Pantai pertama yang wajib dikunjungi selama berada di Gunung Kidul adalah Pantai Nguluran. Bukan hanya karena pemandangan serta karangnya yang indah, namunjuga adanya hal lain yang cukup menarik dan memacu adrenalin pengunjung.

Pantai yang terletak di Dusun Bolang, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta ini memang memiliki Teras kaca. Teras kaca adalah sebuah bangunan yang terbuat dari kaca yang dibuat diatas tebing dan menjorok ke laut.

Dari atas teras kaca, anda bisa melihat langsung ke bawah yang merupakan lautan. Anda bisa merasakan keindahan gelombang laut sekaligus ketegangan berada diatas lautan. Anda bisa berpose sesuka anda di atas teras kaca ini.

Tak hanya teras kaca, anda juga bisa menikmati foto spot lain di tempat ini. anda bisa mengambil berbagai foto selfie di tempat yang telah disediakan. Untuk masuk ke pantai ini, anda hanya cukup menyiapakn uang sebesar Rp.5000 per orang dan untuk parkirnya anda hanya perlu menyiapkan uang antara Rp.5000 hingga Rp.10.000 saja.

Baca juga : Wisata Sejarah di Mojokerto

Pantai Ngrawah

Pantai Ngrawah

Selanjutnya, anda juga bisa mengunjungi pantai Ngrawah yang tentu saja juga indah dan masih sangat asli. Pantai ini termasuk tersembunyi karena letaknya berada di balik perkebunan warga, sehingga banyak yang belum mengetahui adanya pantai eksotis ini.

Meskipun begitu, pantai yang diapit dua tebing ini cukup indah dan eksotis dengan pasirnya yang begitu putih. Airnya yang jernih juga memberikan kesan tersendiri bagi pengunjung. Anda juga bisa menikmati keindahan karang yang ada dipantai dan tentu ombak yang menerpa karang serta pasir pantai.

Pantai ekstosis ini berlokasi di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Tak hanya keindahan pantainya, anda juga bisa menikmati keindahan sunset ditempat ini. anda bisa menikmati suasana sambil berkemah disekitar pantai jika memang anda menginginkannya. Untuk masik ke lokasi pantai Ngrawah, anda perlu membayar tiket sebesar Rp.10.000per orang. Sedangkan parkirnya, anda bisa memarkirkan kendaraan anda di pantai Ngrenehan.

Baca juga : Wisata di Sumatera Utara

Pantai Wedi Ombo

Pantai Wedi Ombo

Selanjutnya, pantai yang terkenal dengan laguna alaminya ini adalah Pantai Wedi Ombo yang berlokasi di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, D.I. Yogyakarta. Anda akan sangat senang berada di pantai yang memiliki karang – karang berjajar ini.

Di pantai ini, memang terdapat laguna yang terlihat begitu cantik. Jika diperhatikan bahkan laguna atau kolam alami tersebut seperti memang seengaja dibuat oleh manusia. Anda bisa berenang di dalam laguna ini, namun anda harus selalu ingat bahwa anda juga harus berhati – hati. Karena ombaknya tinggi masih mungkin menyeret anda meskipun terhalang karang.

Pantai ini juga terkenal dengan pemandangan sunsetnya. Jadi, anda bisa berendam dalam laguna sekaligus menikmati sunsetnya yang terkenal. Untuk masuk ke lokasi pantai Wedi Ombo, anda cukup membayar tiket sebesar Rp.5000 per orang.

Baca juga : Wisata Romantis di Bali

Pantai Jogan

Pantai Jogan

Berikutnya, jika anda ingin melihat keindahan dan keunikan lain di gunung kidul, anda wajib mengunjungi Pantai Jogan. Pantai ini cukup unik dengan adanya Air Terjun di tepi pantai yang airnya langsung jatuh ke laut.

Anda bisa menikmati keindahan pantai berkarang ini dari atas tebing, atau bagi anda yang memiliki keberanian anda bisa mecoba menikmati guyuran air terjun tersebut. Untuk merasakannya, anda bisa melakukan rapeling ataupun cayoing untuk mencapai tebing air terjun tersebut.

Pantai ini masih belum banyak dikunjungi wisatawan, karena tempatnya yang cukup sulit untuk dijangkau. Anda harus berjalan cukup jauh untuk bisa mencapai pantai ini. meskipun begitu, kelelahan anda pasti akan terbayar begitu melihat keindahan pantai ini.

Untuk masuk lokasi ini, anda tidak dipungut biaya, dan terlebih lagi pantai ini terletak berdekatan dengan pantai siung. Untuk menuju lokasi pantai Jogan ini pun, anda akan melewati pos retribusi pantai siung.

Baca juga : Wisata Romantis di Jogjakarta

Pantai Kukup, Tanah Lotnya Gunung Kidul

Pantai Kukup, Tanah Lotnya Gunung Kidul

Berikuntya, anda juga bisa menikmati pantai dengan suasana mirip seperti Tanah Lot yang ada di Pulai Dewata, bali. Pantai Kukup adalah pantai yang dibentengi dengan gugusan terumbu karang yang terletak sekitar 100 meter dari bibir pantai yang menghalangi ombak.

Dengan adanya tebing tersebut, maka air di pantai juga lebih tenang dan jernih dengan hamparan pasir yang luas. Anda juga akan menemukan jembatan persis seperti yang ada di tanah lot dengan adanya gardu pandang yang dibangun diatas karang yang ada di pantai ini.

Anda akan bisa menikmati keindahan ikan dan biota laut lainnya di pantai ini. namun anda juga harus berhati – hati agar tidak menginjak bulu babi. Pantai ini berlokasi di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, D.I. Yogyakarta. Untuk masuk anda hanya perlu membayar Rp.4000 per orang. Tiket tersebut sudah termasuk untuk beberapa pantai lain yaitu Pantai Baron, Sepanjang, Drini, Krakal, Sundak, Pulang Syawal dan Poktungga. Bagaimana? Menarik bukan?

Baca juga : Wisata Romantis di Lombok

Demikian adalah secuil keindahan pantai yang ada di Gunung Kidul. Kekayaan dan pesona alam gunung kidul memanglah sangat menakjubkan. Anda bisa menemukan pantai lain yang bahkan mungkin belum diketahui banyak orang, diantaranya adalah Pantai Nglambor, Pantai Timang, Pantai Pandansari, Pantai Wohkudu dan masih banyak pantai lain yang tak kalah unik dan cantik dibanding yang telah kita bahas diatas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.