Umum

Tingkatan Pangkat Polisi Indonesia dari Tertinggi Sampai Terendah

Kepolisian Negara Republik Indonesia atau yang disingkat dengan Polri bertugas memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat. Polri berfungsi mewujudkan keamanan dalam negeri, mengayomi masyarakat serta menjunjung tinggi hak asasi manusia. Lalu apa saja pangkat polisi Indonesia? Simak baik-baik ya!

Wilayah kepolisian di tingkat pusat disebut sebagai Markas Besar Polri dimana wilayah kerjanya meliputi seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dipimpin oleh Kapolri yang bertanggung jawab kepada Presiden. Kepolisian Daerah atau disebut dengan Polda dipimpin oleh Kapolda yang memimpin wilayah provinsi dan bertanggung jawab ke Kapolda. Sedangkan di tingkat kecamatan disebut sebagai Polsek dipimpin oleh Kapolsek dan bertanggung jawab kepada Kapolres. Di tingkat desa atau Kelurahan terdapat pos polisi dipimpin oleh Brigadir Polisi tau sesuai situasi daerahnya.

Fungsi Polisi Republik Indonesia antara lain:

Tingkatan Pangkat Polisi Indonesia dari Tertinggi Sampai Terendah
Fungsi Polisi Republik Indonesia antara lain:
  • Memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat
  • Menegakkan hukum
  • Memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat

Sedangkan Tugas Polisi Republik Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Melaksanakan pengaturan, penjagaan, pengawalan dan patroli pada kegiatan masyarakat dan pemerintah sesuai kebutuhan
  • Membina masyarakat untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, kesadaran hukum masyarakat serta ketaatan masyarakat terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan
  • Turut serta ketaatan warga masyarakat pada hukum dan peraturan perundang-undangan
  • Ikut serta dalam menjaga dan membina hukum nasional
  • Memelihara ketertiban dan menjamin keamanan umum
  • Melindungi keselamatan jiwa raga, harta benda, masyarakat, dan lingkungan hidup dari bencana termasuk bantuan dan pemberian yang diberikan dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia
  • Menerima laporan pengaduan
  • Membantu menyelesaikan perselisihan warga yang mengganggu ketertiban umum
  • Mencegah dan menanggulangi pengemis, pelacur, perjudian, penyalahgunaan narkoba, perdagangan manusia, dan pungutan liar
  • Mengawasi aliran yang menimbulkan perpecahan serta mengancam persatuan dan kesatuan bangsa
  • Melaksanakan pemeriksaan khusus dalam rangka pencegahan

Visi dan Misi Polisi Republik Indonesia

Visi dan Misi Polisi Republik Indonesia
Visi dan Misi Polisi Republik Indonesia

Visi

Terwujudnya pelayanan keamanan dan ketertiban masyarakat yang prima, tegaknya hukum dan keamanan dalam negeri yang mantap dan menjalin sinergi polisional yang proaktif.

Misi

  1. Melaksanakan deteksi dan peringatan dini melalui kegiatan atau operasi penyelidikan, pengamanan, dan penggalangan;
  2. Memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan secara mudah, responsif, dan tidak diskriminatif;
  3. Menjaga keamanan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas untuk menjamin keselamatan dan kelancaran arus orang dan barang
  4. Menjamin keberhasilan penanggulangan gangguan keamanan dalam negeri;
  5. Mengembangkan perpolisian masyarakat berwujud masyarakat patuh hukum;
  6. Menegakkan hukum secara profesional, objektif, proporsional, transparan dan akuntabel untuk menjamin kepastian hukum dan rasa keadilan
  7. Mengelola secara profesional, transparan, akuntabel dan modern seluruh sumber daya Polri guna mendukung operasional tugas Polri;
  8. Membangun sistem sinergi polisional interdepartemen dan lembaga internasional maupun komponen masyarakat dalam rangka membangun kemitraan dan jejaring kerja (partnesrhip, building/ networking).

Berikut adalah pangkat yang ada di Kepolisian Indoenesia:

Pangkat Perwira Tinggi Polri

Pangkat Perwira Tinggi Polri
Pangkat Perwira Tinggi Polri

Jenderal Polisi adalah pangkat tertinggi di kepangkatan Polri. Lambang pangkat Jenderal Polisi adalah 4 bintang.

Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol) memiliki lambang pangkat 3 bintang.

Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) memiliki lambang pangkat berjumlah 2 bintang.

Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol) adalah pangkat terendah di jajaran perwira tinggi Polri dengan lambang pangkat berjumlah 1 bintang.

Pangkat Perwira Menengah Polri

Pangkat Perwira Menengah Polri
Pangkat Perwira Menengah Polri

Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) adalah pangkat tertinggi dalam jajaran perwira menengah Polri. Lambang pangkat untuk Komisaris Besar Polisi adalah 3 bunga melati emas.

Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) memilki lambang pangkat di Polri sebanyak 2 bunga melati emas.

Komisaris Polisi (Kompol) adalah pangkat terendah dalam jajaran perwira menengah polri. Lambang pangkatnya sebanyak 1 bunga melati emas.

Pangkat Perwira Pertama Polri

Pangkat Perwira Pertama Polri
Pangkat Perwira Pertama Polri

Ajun Komisaris Polisi (AKP) adalah pangkat tertinggi di jajaran pangkat perwira pertama Polri. Tanda pangkatnya adlaah 3 balok emas.

Inspektur Polisi Satu (Iptu) memiliki tanda pangkat 2 balok emas.

Inspektur Polisi Dua (Ipda) adalah pangkat terendah di jajaran perwira pertama Polri dengan lambang pagkatnya adalah 1 balok emas.

Pangkat Bintara Tinggi Polri

Pangkat Bintara Tinggi Polri
Pangkat Bintara Tinggi Polri

Ajun Inspektur Polisi Satu (Aiptu) adalah pangkat tertinggi dalam jajaran pangkat bintara tinggi Polri. Tanda pangkat Ajun Inspektur Polisi Satu adalah 2 balok perak bergelombang.

Ajun Inspektur Polisi Dua (Aipda) adalah pangkat terendah dengan 1 balok perak bergelombang.

Pangkat Bintara Polri

Pangkat Bintara Polri

Brigadir Polisi Kepala (Bripka) adalah pangkat tertinggi di jajaran pangkat Bintara Polri, tanda pangkatnya adalah 4 balok perak menyerupai huruf V.

Brigadir Polisi (Brigpol) memilki tanda pangkat sebanyak 3 balok perak menyerupai huruf V.

Brigadir Polisi Satu (Briptu) memilki lambang pangkat berjumlah 2 balok perak menyerupai huruf V.

Brigadir Polisi Dua (Bripda) adalah pangkat terendah dalam jajaran pangka bintara Polri dengan memilki tanda pangkat berupa 1 balok perak menyerupai huruf V.

Pangkat Polisi Tantama

Pangkat Polisi Tantama

Tamtama POLRI adalah seorang prajurit kepolisian sebagai pelaksanaan tugas tertentu dalam kepolisian. Dalam pangkat polisi Tantama, Polisi dituntut menjadi prajurit yang siap atas perintah atasan, ulet, jujur, dan pantang menyerah. Tamtama POLRI terdiri dari Bhayangkara Dua (Bharada), Bhayangkara Satu (Bharatu), Bhayangkara Kepala (Bharaka), Ajun Brigadir Polisi Dua (Abripda), Ajun Brigadir Polisi Satu (Abriptu) dan Ajun Brigadir Polisi (Abrip).

BHARADA (Bhayangkara Dua) adalah pangkat yang hampir sama dengan pangkat Militer yaitu prajurit Dua. Bharada saat ini menjadi pembeda untuk mempertegas identitas sehingga diganti dengan Bharada atau Bhayangkara Dua. Bharada bertugas sebagai pendamai berbagai konflik agama atau konflik antar suku yang terjadi dalam masyarakat.

BHARATU (Bhayangkara Satu) sebelumnya pada tahun 2001 memiliki nama sebagai Prajurit Satu yang sama di tingkat kemiliteran Indonesia dan termasuk dalam militer terkuat Asia Tenggara.

BHARAKA (Bhayangkara Kepala) adalah pangkat yang dilambangkan dengan tanda tiga garos miring berwarna merah. Dulunya, pangkat ini bernama Prajurit Kepala atau Prak. Saat 2001, Indonesia mengalami banyak perombakan pada nama pangkat di kepolisian. Sebelumnya, Prajurit Kepala diganti dengan Bhayangkara Kepala atau Bharaka.

ABRIPDA (Ajun Brigadir Polisi Dua) adalah pangkat di atas Bhayangkara Kepala. Pangkat ini juga mengalami perombakan nama hingga dua kali. Pertama, namanya adalah Kopral Kepala yang sama seperti posisi kemiliteran Indonesia termasuk personel militer terbaik dunia. Pangkat ini berlambangkan tanda V terbaik berwarna merah.

ABRIPTU (Ajun Brigadi Kepala Satu) adalah pangkat yang lebih tinggi dari Ajun Brigadir Polisi. Nama ini mengalami perubahan yang sebelumnya bernama Kopral Satu kemudian menjadi Abriptu.

ABRIP (Ajun Brigadir Polisi) telah mengalami perubahan sampai dua kali. Pertama, pangkat ini bernama Kopral Kepala yang termasuk dalam personel militer terbaik dunia. Perubahan yang kedua adalah Bhayangkara Utama I yang menjadi pangkat tertinggi di kelas Tamtama dan berada di bawah Bintara.

Baca juga : Gaji PNS

Demikian tadi ulasan lengkap mengenai fungsi dan wewenang Polri serta kedudukan pangkat  Polri dari tertinggi ke terendah. Semoga bermanfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close