Umum

Pangkat dan Golongan PNS Indonesia Beserta Besaran Gajinya

Di Indonesia, menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil atau PNS merupakan suatu impian banyak orang karena seorang PNS akan mendapatkan berbagai macam fasilitas beserta tunjangan yang diberikan oleh negara seperti tunjangan untuk anak dan istri, jaminan pensiun, jam kerja yang lebih pendek dibandingkan pegawai swasta dan sebagainya. Oleh karena itulah, banya orang yang berlomba-lomba untuk menjadi seorang PNS.

Pangkat dan Golongan PNS Indonesia Beserta Besaran Gajinya

Baru-baru ini tepatnya pada tanggal 11 November 2019 mulai dibuka pendaftaran tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang telah mendaftar sudah mencapai ribuan orang, baik yang mendaftar sebagai tenaga guru, tenaga kesehatan, maupun tenaga teknis. Semua orang boleh mendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) asal sesuai dengan persyaratannya.

Bagi yang ingin mendaftar sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), ada baiknya untuk mengetahui urutan pangkat Pegawai Negeri Sipil (PNS) dimana pangkat tersebut berpengaruh terhadap gaji yang akan didapatkan. Untuk itu, di dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai urutan pangkat dan golongan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Indonesia beserta besaran gajinya. Sebelum itu, akan dijelaskan secara singkat mengenai apa itu Pegawai Negeri Sipil (PNS). Simak baik-baik ya!

Baca juga : Pangkat Polisi Indonesia

Apa Itu Pegawai Negeri Sipil (PNS)?

Apa Itu Pegawai Negeri Sipil (PNS)?

Berdasarkan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2014 mengenai Aparatur Sipil Negara menyebutkan bahwa  Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah warga negara Indonesia yang telah memenuhi syarat tertentu untuk diangkat menjadi pejabat ASN secara tetap untuk menduduki jabatan pada pemerintahan. Dalam Undang-undang yang sama juga dituliskan bahwa Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai pejabat negara yang memiliki sejumlah tugas tertentu dimana tugas tersebut sesuai dengan kedudukan dan juga jabatannya. Berikut  tugas dasar dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) diantaranya:

  • Melaksanakan kebijakan publik yang telah dibuat oleh Pejabat Pembina Kepegawaian sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundang-undangan
  • Memberikan pelayanan publik secara profesional dan berkualitas
  • Mempererat persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia

Menjadi seorang PNS sangat diimpikan oleh banyak orang karena sangat menjanjikan dalam hal gaji dan tunjangan yang besar dimana hal tersebut sesuai dengan jabatan atau jenis pangkat yang dimiliki. Berikut akan dijelaskan mengenai pangkat dan golongan Pegawai Negeri Sipil (PNS):

Baca juga : Gaji PNS Update

Urutan Pangkat dan Golongan PNS Indonesia

Urutan Pangkat dan Golongan PNS Indonesia

Dalam menjalankan tugasnya, Pegawai Negeri Sipil (PNS)  terbagi berdasarkan pangkat dan golongan dimana kedual hal tersebut dipengaruhi oleh tingkat pendidikan. Selain itu, pangkat dan golongan akan berpengaruh pada gaji, tunjangan, dan tugas yang diterima. Pegawai Negeri Sipil (PNS) dibagi menjadi empat golongan PNS. Golongan PNS tertinggi adalah golongan IV dengan pangkat sebagai pembina, sedangkan untuk golongan paling rendah yaitu golongan I dengan pangkat sebagai juru. Berikut tingkatan pangkat dan golongan PNS dalam bentuk tabel beserta penjelasannya mulai dari pangkat tertinggi hingga pangkat terendah:

Baca juga : Menteri Ketenagakerjaan

Jenis Pangkat Golongan Ruang
Golongan IV (Pembina)    
Pembina Utama IV e
Pembina Utama Madya IV d
Pembina Utama Muda IV c
Pembina Tingkat I IV b
Pembina IV a
Golongan III (Penata)    
Penata Tingkat I III d
Penata III c
Penata Muda Tingkat I III b
Penata Muda III a
Golongan II (Pengatur)    
Pengatur Tingkat I II d
Pengatur II c
Pengatur Muda Tingkat I II b
Pengatur Muda II a
Golongan I (Juru)    
Juru Tingkat I I d
Juru I c
Juru Muda Tingkat I I b
Juru Muda I a

Penjelasannya

A. Golongan IV (Pembina)

Golongan IV merupakan golongan tertinggi dalam Pegawai Negeri Sipil (PNS) dimana golongan ini juga mempengaruhi pada gaji dan jabatan sehingga dapat dikatakan gaji yang didapatkan PNS dari golongan IV adalah tertinggi dari golongan lainnya. Dalam golongan IV terdiri dari lebih dari empat pangkat diantaranya pembina pada ruang a, pembina tingkat I pada ruang b, pembina muda pada ruang c, pembina madya ruang d, dan pembina utama pada ruang a.

B. Golongan III (Penata)

Tidak jauh beda dengan golongan IV. Di dalam golongan III biasanya diisi oleh PNS yang telah menempuh pendidikan minimal D4 atau Setara dengan S1. Dalam golongan ini, pangkat juga dibagi menjadi 4 diantaranya penata muda pada ruang a, penata muda tingkat I pada ruang b, penata pada ruang c, dan penata tingkat I pada ruang d.

C. Golongan II (Pengatur)

Pada golongan II, biasanya diisi oleh PnS yang telah menempuh jenjang pendidikan minimal SLTA atau setarah dengan SMA. Di dalam golongan II terdiri dari beberapa pangkat diantaranya pengatur muda pada ruang a, pengatur muda tingkat I pada ruang b, pengatur ruang c, dan pengatur tingkat I pada ruang d.

D. Golongan I (Juru)

Golongan I merupakan golongan PNS terendah yang biasanya diisi oleh PNS yang telah menempuh pendidikan SD hingga SMP. Dalam golongan ini terdiri dari empat pangkat diantaranya juru muda pada ruang a, juru muda tingkat I pada ruang b, juru pada ruang c, dan juru tingkat I pada ruang d.

Baca juga : Daftar Wakil Menteri

Besaran Gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Besaran Gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Besaran gaji yang diterima oleh PNS tergantung golongan dan pangkatnya. Adapun berikut ini besaran gaji PNS berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2019, sebagai berikut:

A. Golongan IV

Golongan IV merupakan golongan tertinggi dalam pembagian pegawai PNS dengan besaran gaji yang diterima tertinggi daripada yang lainnya. Besaran gaji yang diterima sekitar Rp. 3.044.300 sampai dengan Rp. 5.901.200. Pada golongan IV terdiri dari beberapa ruang yang sesuai dengan pangkatnya. Untuk golongan IV di dalam ruang a, rentang gaji yang diterima sekitar Rp. 3.044.300 sampai Rp. 5.000.000. Untuk ruang b, rentang gaji yang diterima sekitar Rp. 3.173.100 sampai dengan Rp. 5.221.500.

Untuk ruang c, rentang gaji yang didapatkan sekitar Rp. 3.307.300 sampai dengan Rp. 5.431.900. Untuk ruang d, besaran gaji yang didapatkan sekitar Rp. 3.477.200 sampai Rp. 5.661.700. Dan yang terakhir pada ruang e, besaran gaji yang didapatkan sekitar Rp. 3.593.100 sampai dengan Rp. 5.901.200.

B. Golongan III

Di dalam golongan III memiliki empat ruang dengan besaran gaji yang diterima berbeda-beda yang sesuai dengan pangkatnya. Pada ruang a, besaran gaji berada pada rentang Rp. 2.579.400 sampai dengan Rp. 4.236.400. Pada ruang b, besaran gaji yang didapatkan berada pada rentang sekitar Rp. 2.688.500 sampai dengan Rp. 4.415.400.

Pada ruang c, bearan gaji yang didapatkan sekitar Rp. 2.802.300 sampai dengan Rp. 4.602.400. Dan yang terakhir, pada ruang d, besaran gaji yang didapatkan berada pada rentang sekitar Rp. 2.920.800 sampai dengan Rp. 4.797.000.

C. Golongan II

Pada golongan II yang berisi pegawai PNS dengan pendidikan minimal SLTA, besaran gaji yang didapatkan mulai dari Rp. 2.022.200 sampai dengan Rp. 3.820.000. Pada golongan II terdiri dari beberapa ruang yang sesuai dengan pangkatnya.  Pada ruang a, besaran gaji yang diterima sekitar Rp. 2.022.200 sampai dengan Rp. 3.373.600.

Pada ruang b, besaran gaji yang diterima sekitar Rp. 2.208.400 sampai Rp. 3.516.300. Pada ruang c, besaran gaji yang diterima sekitar Rp. 2.301.500 sampai dengan Rp. 3.665.000. Dan yang terakhir pada ruang d, rentang gaji yang didapatkan sekitar Rp. 2.339.200 sampai dengan Rp. 3.820.000.

D. Golongan I

Sudah dijelaskan di atas jika golongan paling rendah dalam kedudukan pegawai PNS adalah golongan I dengan besaran gaji yang diterima mulai dari Rp. 1.560.000 sampai dengan Rp. 2.686.500. Pada golongan I terdiri dari beberapa ruang yang sesuai dengan pangkatnya. Untuk ruang a, besaran gaji yang didapatkan dimulai dari Rp. 1.560.000 sampai Rp 2.335.800.

Untuk ruang b, besaran gaji yang didapatkan mulai dari Rp. 1.704.500 sampai Rp. 2.472.900. Untuk ruang c, besaran gaji yang diterima mulai dari Rp. 1.776. 600 sampai dengan Rp. 2.472.900. Dan yang terakhir pada ruang d, besara gaji yang diterima sekitar Rp. 1.851.800 sampai dengan Rp. 2.686.500.

Baca juga : Menteri Keuangan

Nah itulah informasi mengenai urutan pangkat dan golongan PNS Indonesia beserta besaran gajinya. Semoga apa yang disampaikan di dalam artikel ini bermanfaat khususnya bagi Anda yang ingin sekali menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) , artikel dengan pembahasan mengenai pangkat dan golongan ini sangat penting untuk diketahui.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close