Pendidikan

Panduan Penyelenggaraan Pendidikan Kemendikbud

Tahukau.com – Adanya pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia membawa banyak sekali dampak negatif, mulai dari sektor pariwisata, sektor pendidikan hingga sektor bisnis merasakan dampaknya. Semua sekolah harus tutup guna mencegah penularan virus Corona yang semakin meluas. Sampai kapan kita harus sekolah online atau daring? nah rencana pembukaan kembali sekolah di ajaran semester baru ini akhirnya muncul dan mulai ditanggapi beragam oleh masyarakat. Seperti apa panduan penyelenggaraan pendidikan kemendikbud?

Seiring dengan wacana pembukaan kembali sekolah yang harus tutup karena Pandemi Covid-19, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau kemendikbud akhirnya mengeluarkan panduan penyelenggaraan pembelajaran tahun akademik baru pada masa Covid-19 ini.

Panduan Penyelenggaraan Pendidikan Kemendikbud

Panduan ini disusun setelah bekerja sama dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kementerian Agama, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan, Kementerian Kesehatan, Badan Penanggulangan Bencana, Kementerian Dalam Negeri, dan juga Komisi X DPR RI. Panduan tersebut memiliki tujuan untuk mempersiapkan satuan pendidikan ketika menjalani masa new normal. Berikut adalah panduan penyelenggaraan pendidikan kemendikbud.

BACA JUGA: 7 Makna Tersirat Mengenai Simbol Burung Garuda

Syarat Pembukaan Sekolah

Tahun ajaran baru untuk pendidikan anak usia dini atau PAUD, sekolah dasar dan juga sekolah menengah pertama akan dimulai pada Juli 2020 nanti. Namun untuk daerah yang zona kuning, dan merah akan dilarang untuk melakukan pembelajaran tatap muka. Artinya daerah yang berada pada zona tersebut harus melakukan pembelajaran secara daring atau online. Terdapat setidaknya 94% peserta didik yang tinggal di zona terlarang tersebut, atau ada sekitar 429 kabupaten yang tidak bisa melakukan pembelajaran secara tatap muka. Sedangkan peserta didik yang berada di zona hijau boleh melakukan pembelajaran secara tatap muka.

Namun walaupun boleh melakukan pembelajaran secara tatap muka, proses belajar mengajar harus dilakukan dengan pengawasan yang sangat ketat dan juga dengan persyaratan yang berlapis. Syarat dari pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi seperti ini adalah :

  • Satuan pendidikan berada pada Zona Hijau.
  • Wajib menerima izin atas pemerintahan daerah ataupun Kantor Wilayah sekitar
  • Satuan pendidikan harus memenuhi semua daftar periksa dan juga siap untuk melakukan pembelajaran secara tatap muka
  • Orang tua harus menyetujui putra/putrinya untuk melakukan pembelajaran secara tatap muka.

Pembelajaran Di Jenjang Perguruan Tinggi

Sedangkan untuk pola pembelajaran pada jenjang perguruan tinggi di tahun ajar 2020/2021 ini masih tetap akan dimulai Agustus 2020. Semua zona harus dilaksanakan secara daring untuk mata kuliah jenis teori. Untuk mata kuliah praktik juga harus sebisa mungkin dilakukan secara daring pula. Jika terpaksa mata kuliah praktik tidak bisa dilakukan secara daring, maka mata kuliah tersebut harus diarahkan atau diganti di akhir semester.

BACA JUGA: Sejarah Lampau Lahirnya Hari Pancasila di NKRI

Pimpinan dari perguruan tinggi di kampus seluruh zona hanya bisa mengizinkan kegiatan mahasiswa maupun mahasiswi di Univ masing – masing. Apabila memenuhi protokol kesehatan serta juga kebijakan yang dikeluarkan oleh direktur jenderal terkait. Peraturan tersebut seperti halnya mencakup aktivitas yang tidak dapat digantikan dengan cara pembelajaran secara daring yaitu Penelitian bagai skripsi, tesis  serta juga disertasi tugas laboratorium, studio, praktikum, bengkel dan juga kegiatan akademik.

Nah itulah panduan penyelenggaraan pendidikan kemendikbud yang baru saja dikeluarkan. Bisa dibilang hampir semua aktivitas belajar mengajar pada semester depan nantinya harus dilakukan secara daring untuk mengurangi penyebaran dari Covid-19 yang semakin parah melanda Indonesia. Kita berdoa saja semoga wabah Pandemi Covid-19 di Indonesia ini segera hilang. 

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close