Pendidikan

Metode Penelitian : Pengertian, Ciri-ciri, Jenis, dan Contoh

Penelitian dapat diartikan sebagai sebuah proses atau kegiatan mencari kebenaran terhadap suatu fenomena maupun fakta yang terjadi dengan cara yang terstruktur serta sistematis. Penelitian biasanya hanya dilakukan oleh para ilmuan atau pakar yang ingin mencari kebenaran akan suatu hal. Tergantung sesuai topic yang akan dibahas, penelitian biasanya dilakukan oleh orang yang benar – benar memahami bidang tersebut. Salah satu contohnya adalah, penelitian yang berjudul hilangnya budaya daerah di Indonesia akan dilakukan oleh para pakar budaya.

Baca juga : Pengertian Abstrak

Metode Penelitian : Pengertian, Ciri-ciri, Jenis, dan Contoh

Metode Penelitian : Pengertian, Ciri-ciri, Jenis, dan Contoh
Metode Penelitian : Pengertian, Ciri-ciri, Jenis, dan Contoh

Pengertian Metode Penelitian

Pengertian Metode Penelitian
Pengertian Metode Penelitian

Setelah mengetahui arti dari penelitian itu sendiri, salah satu bagian yang wajib dimiliki dalam setiap penelitian adalah metode penelitian. Metode penelitian diartikan sebagai langkah atau tahapan yang dimiliki dan dilakukan oleh seorang peneliti dalam rangka mengunpulkan informasi dan data serta melakukan ivnestigasi terhadap data yang didapatkan tersebut.

Baca juga : Pengertian Artikel Ilmiah

Fungsi utama dari metode penelitian adalah memberikan gambaran mengenai rancangan penelitian yang akan dilakukan. Rancangan penelitian yang dimaksut antara lain adalah prosesudr yang digunakan untuk mendapatkan data, langkah – langkah yang bisa dilakukan oleh peneliti untuk mendapatkan data, waktu penelitian, sumber didapatkannya data, hingga langkah pembahasan dan analisis dari data – data yang telah didapatkan.

Berikut adalah beberapa penbahasan penting mengenai metode penelitian termasuk contoh metode penelitian yang wajib anda ketahui sebelum menuliskannya di setiap laporan penelitian yang ada.

Ciri Metode Penelitian

Ciri Metode Penelitian
Ciri Metode Penelitian

Beberapa orang masih belum mengerti betul tentang bagaimana metode penelitian seharusnya dibuat. Apa yang membedakan metode penelitian dengan bagian laporan penelitian lainnya dan bagaimana menuliskannya. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang harus terjawab dalam setiap metode penelitian sebagai salah satu bentuk ciri khas dari metode penelitian itu sendiri, antara lain adalah :

Baca juga : Contoh Kerangka Makalah

  • Bagaimana cara memilih data yang benar?
  • Bagaimana cara mendapatkan data yang dibutuhkan?
  • Darimana data berasal?
  • Siapa yang akan mengambil data penelitian?
  • Kapan dan dimana data akan diambil?
  • Bagaimana kriteria data yang diinginkan?
  • Bagaimana mengolah data yang telah didapatkan?
  • Apa saja langkah – langkah analisis yang dilakukan?
  • Peralatan analisis apa yang dibutuhkan?
  • Bagaimana cara terbaik dalam mengambil keputusan terhadap hasil analisis yang telah didapatkan?

Pertanyaan – pertanyaan tersebut bisa anda jawab dengan memahami terlebih dahulu beberapa factor penting dalam penelitian, beberapa diantaranya adalah tentang metode penelitian, teknik pengumpulan data yang baik dan benar serta pengolahan data atau analisis data dalam ilmu statistik.

Baca juga : Struktur Penulisan Essay

Jenis dan Macam Metode Penelitian

Jenis dan Macam Metode Penelitian
Jenis dan Macam Metode Penelitian

Berikut adalah beberapa jenis dan macam dari metode penelitian yang sering digunakan dalam setiap penelitian, antara lain adalah :

Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

Metode penelitian kualitatif dapat diartikan sebagai sebuah metode penelitian yang terfokus pada pemahaman terhadap fenomena social yang terjadi di masyarakat. Dalam pengertian yang jauh lebih sederhana, metode penelitian kualitatif lebih mengkhususkan untuk mendapatkan gambaran atau perspektif partisipan dari suatu peristiwa dibandingkan dengan nilai eksaknya.

Baca juga : Contoh Teks Deskripsi

Sedangkan metode penelitian kuantitatif bisa diartikan sebagai metode penelitian yang berkebalikan dengan metode penelitian kualitatif dan lebih mengkhususkan atau mengedepankan model – model matematis dan bersifat sistematis.

Perbedaan – Perbedaan Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

  • Metode penelitian kualitatif lebih berfisat umum dan metode penelitian kuantitaif jauh lebih jelas dan spesifik
  • Salah satu perbedaan yang paling jelas adalah bahwa metode penelitian kualitatif dilakukan dengan cara observasi, eksperimen atau denganwawancara langsung terhadap objek penelitian. Sedangkan metode penelitian kuantitaif, cara mendaoatkan data yang diinginkan adalah dengan menggunakan metode pengujian, tes dan wawancara terstruktur.
  • Data yang didapatkan melalui metode penelitian kualitatif lebih bersifat kearah deskripsi pendapat dan catatan lapangan. Sedangkan metode penelitian kuantitatif data yang didapatkan berbentuk angka, grafik, skala, dan dapat dihitung.

Baca juga : Penulisan Daftar Pustaka

Contoh Metode Penelitian

BAB III

METODOLOGI PENELITIAN

Dalam penelitian ini terdapat beberapa tahapan yang dilakukan penulis. Pada bab ini akan dibahas tahapan-tahapan yang dilakukan penulis beserta detailnya dalam melakukan penelitian ini.

3.1              Flowchart Penelitian

                   Gambar 3.1 merupakan tahapan-tahapan yang dilakukan penulis dalam penulisan laporan ini. Penjelasan secara lebih rinci bagian dari flowchart diatas adalah sebagaii berikut:

3.1.1    Observasi

Observasi merupakan langkah pertama yang dilakukan penulis. Tujuan utama dari proses ini adalah untuk menentukan ruang lingkup permasalahan yang akan diteliti. Pada tahap ini observasi difokuskan pada lingkup magnetic gear yaitu radial internal magnetic spur gear.

3.1.2    Perumusan Masalah

Setelah dilakukan observasi, langkah selanjutnya yang dilakukan adalah perumusan masalah. Dalam hal ini permasalahan yang dicoba untuk diteliti oleh penulis adalah kurangnya torque density pada magnetic gear dibandingkan dengan torque density pada roda gigi mekanik. Hal ini dikarenakan kurang kuatnya medan magnet permanen yang digunakan untuk membuat magnetic gear sehingga torque density yang bias dicapai tidak bisa sebesar roda gigi mekanik. Maka salah satu cara yang diambil penulis untuk dijadikan rumusan masalah adalah bagaimana pengaruh jumlah magnet yang digunakan terhadap torque density yang dihasilkan denagn metode FEM.

3.1.3    Studi Literatur

Dilakukan studi literature untuk mendapatkan informasi secara lebih detail serta menunjang penelitian yang akan dilakukan. Informasi berupa dasar teori magnetic gear, keuntungan menggunakan magnetic gear dibandingkan dengan roda gigi mekanik, pencarian torsi pada magnetic gear maupun penelitian terdahulu yang dirangkum penulis berasal dari berbagai sumber.

3.1.4    Penentuan Data Awal

Data awal yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari spesifikasi internal spur gears produksi dari Kohara Gear Industry Co.,Ltd. dengan kode KSI3-50 dan module ke 3. Dari spesifikasi tersebut diambil parameter dimensi dan torsi yang mampu ditransimisikan. Spesifikasi internal spur gears produksi dari Kohara Gear Industry Co., Ltd. dengan kode KSI3-50 dapat dilihat pada Gambar 3.2. Dimana menggunakan rasio putaran 1:2 dengan jumlah gigi yang digunakan 30 dengan 60.

3.1.5    Desain 3D dan Simulasi

Perencanaan desain 3D menggunakan software SolidWork 2015 sehingga mempermudah dalam hal redesain sedangkan simulasi akan dibahas pada sub bab 3.2.

3.1.6      Analisa Hasil Data dan Kesimpulan

Setelah dilakukan desain dan simulasi akan didapatkan data berupa nilai torsi pada radial internal magnetic spur gear. Analisa akan dilakukan pada hasil data tersebut serta akan didapatkan beberapa kesimpulan dari penelitian ini.

3.1.7    Penulisan Laporan

Tahap terakhir dari penelitian ini adalah penulisan laporan.Penulisan laporan ini dilakukan berdasarkan sistematika laporan yang ada.

3.2       Pemodelan dan Simulasi

3.2.1    Flowchart Simulasi

Contoh Metode Penelitian Kualitatif

Berikut adalah salah satu contoh metode penelitian dari sebuah penelitian tentang proses belajar bahasa Inggris di kalangan murid sekolah dasar.

Judul: Metode Belajar Bahasa Inggris untuk Siswa Sekolah Dasar.

Sumber data: Lingkungan Sekolah Dasar sebagai sumber data utama.

Teknik pengamatan: Berupa observasi terhadap metode pengajaran yang digunakan guna menentukan metode belajar Bahasa Inggris untuk diterapkan pada siswa Sekolah Dasar.

Contoh Metode Penelitian Kuantitatif

Berikut adalah salah satu contoh penulisan metode penelitian yang bersifat kuantitatif tentang pengaruh jam belajar terhadap hasil belajar siswa di suatu sekolah.

Judul: Pengaruh Waktu Pembelajaran dalam Menentukan Hasil Belajar Siswa.

Sumber data: Menghubungkan antara pengaruh waktu belajar yang digunakan dengan hasil belajar yang diraih. Jika hasilnya belajar tidak baik, maka ada waktu belajar yang perlu dievaluasi. Begitu juga sebaliknya, jika hasil belajar baik, maka waktu belajar perlu ditingkatkan agar hasil lebih baik.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close