Teknologi

√ Penjelasan Mengenai Mesin Tusuk Sate [Lengkap]

Pernahkah Anda kesulitan ketika membuat tusuk sate sendiri? membuat tusuk sate jika dilakukan secara manual pastinya menghabiskan waktu dan tenaga. Belum tentu jika hasilnya akan bagus. Bisa saja tusuk sate yang dibuat secara manual hasilnya masih banyak guratan-guratan dan serabut-serabut yang mungkin saja menyulitkan ketika memasukkan daging ke dalam tusuk sate.  

Dewasa ini dimana teknologi semakin berkembang, pembuatan tusuk sate dapat dilakukan dengan menggunakan mesin yang dinamakan mesin tusuk sate . Jadi, Anda tidak perlu repot untuk membuat tusuk sate sendiri karena saat ini sudah banyak tusuk sate yang sudah dikemas dan dijual di pasar tentunya kualitas rautannya cukup halus dan tidak membahayakan.

√ Penjelasan Mengenai Mesin Tusuk Sate [Lengkap]
√ Penjelasan Mengenai Mesin Tusuk Sate [Lengkap]

Dengan menggunakan mesin tusuk sate, seseorang dapat memproduksi tusuk sate dalam jumlah yang banyak. Dengan begitu, tusuk sate dapat dijadikan ladang bisnis dan juga kita dapat menjadi penyuplai tusuk sate bagi para penjual sate maupu catering rumahan yang biasanya menggunakan sate sebagai pilihan menu lauk di usaha mereka.  Nah untuk itu, berikut ini akan diulas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan tusuk sate mulai dari pengertian, kegunaan mesin tusuk sate, jenis, hingga tahapan pembuatan tusuk sate dengan menggunakan mesin tusuk sate. Simak ulasan di bawah ini!

Baca juga : Mesin Pencacah Rumput

Pengertian Mesin Tusuk Sate

Pengertian Mesin Tusuk Sate
Pengertian Mesin Tusuk Sate

Mesin tusuk sate merupakan sebuah mesin yang berfungsi untuk membuat tusuk sate. Mesin ini dirancang untuk proses pembuatan tusuk sate dimana dilakukan mulai dari pemotongan bambu lonjoran hingga memoles tusuk sate yang menjadi proses akhir pembuatan. Kebanyakan penjual sate masih menggunakan cara manual untuk membuat tusuk sate yang mana membutuhkan proses yang sangat lama, menghabiskan banyak tenaga dan waktu. Untuk hasilnya pun belum tentu berkualitas karena membuat tusuk sate secara manual hasilnya tidak efisien dan efektif.

Baca juga : Mesin Hammer Mill

Kegunaan Mesin Tusuk Sate

Kegunaan Mesin Tusuk Sate
Kegunaan Mesin Tusuk Sate

Sate merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang sangat populeer di masyarakat. Hampir di seluruh wilayah Indonesia pasti kita dapat menemukan penjual sate. Hal tersebut menjadikan usaha menjual sate menjadi salah satu usaha yang akan memberikan banyak keuntungan. Dengan menjadi penjual sate tentunya kita harus mencari supplier tusuk sate dengan kualitas yang bagus sehingga kita harus mencari tempat pembuatan tusuk sate yang dalam pembuatannya menggunakan mesin tusuk sate.

Dari pernyataan di atas, dapat dikatakan bahwa mesin tusuk sate diketahui memiliki kegunaan yang sangat penting bagi pembuat tusuk sate ataupun para penjual sate. Dengan menggunakan mesin tusuk sate akan membantu mempermudah pekerjaan dalam pembuatan tusuk sate karena semuanya dilakukan oleh mesin secara otomatis. Manusia hanya sebagai pengendali mesin tersebut. Untuk produksi tusuk sate yang didapatkan dari penggunaan mesin tusuk sate akan semakin banyak, hemat, cepat, dan tentunya hasilnya pun berkualitas serta lebih efisien dan efektif.

Baca juga : Mesin Penepung

Jenis Mesin Tusuk Sate

Jenis Mesin Tusuk Sate
Jenis Mesin Tusuk Sate

1. Mesin Pemotong Bambu

Mesin ini digunakan untuk memotong bambu sebelum dimulai pembuatan tusuk sate dimana mesin ini beroperasi dengan menggunakan motor listrik untuk memutar pisau mesin. Cara kerja mesin ini sangat mudah. Gergaji dari mesin tersebut akan berputar dan letakkan bambu di bawahnya. Kemudian tarik tuas ke bawah untuk memotong bambu. Biasanya mesin ini digunakan untuk memotong bambu lonjoran panjang menjadi bentuk pendek-pendek. Harga dari mesin pemotong bambu sekitar Rp 2.000.000 sampai Rp 3.000.000.

2. Mesin Pembelah Bambu

Mesin pembelah bambu ini berguna untuk membelah bambu menjadi beberapa bagian kecil mendatar. Mesin ini memiliki dua sumbu. Yang pertama, sumbu bagian depan terdapat sebuah pisau untuk memecah atau membelah bambu. Kedua, sumbu bagian belakan terdapat alat untuk mendorong dimana sumbu ini memakai rantai untuk menekan bambu ke arah pisau. Hasil pemecahan bambu dengan menggunakan mesin ini masih berupa potongan tebal sehingga perlu untuk menipiskan bambu serta menghaluskan ruas-ruas bambu.

3. Mesin penyerut bambu

Mesin ini digunakan untuk menyerut stik bambu yang telah dibelah dengan mesin pembelah. Cara penggunaannya pun sangat mudah yaitu hanya dengan memasukkan potongan bambu memanjang pada jalur awal. Bambu yang keluar dari mesin ini akan berbentuk bulatan memanjang mirip dengan lidi yang halus serta ruas-ruas bambu pun akan hilang.

4. Mesin peruncing tusuk sate

Mesin peruncing tusuk sate digunakan untuk meruncingkan tusuk sate agar dalam penggunaannya yaitu menusukkan daging ke tusuk sate. Mesin ini menggunakan motor listrik yang bekerja secara otomatis karena cara kerjaanya hanya tinggal meletakkan lidi pada wadahnya. Roda yang brada di tengah mesih akan membawa sendiri lidi tersebut ke pisau peruncing. Mesin peruncing tusuk sate memiliki harga yang cukup mahal dari mesin tusuk sate lainnya yaitu sekitar Rp 20.000.000 bahkan bisa lebih. Memang hasil pada tahap ini nyaris mencapai sempurna namun masih belum halus.

5. Mesin penghalus atau poles tusuk sate

Mesin penghalus atau poles tusuk sate digunakan sebagai tahap akhir dalam pembuatan tusuk sate. Mesin ni digunakan untuk menghasilkan tusuk sate dengan kualitas yang halus dengan polesan yang baik dan tidak ada serat bambu yang mencuat dari tusuk. Penggunaan mesin ini cukup mudah karena tinggal menempatkan semua tusuk sate ke dalam wadah. Secara otomatis mesin akan bergoyang-goyang seperti mengamplas.  

Baca juga : Mesin Bubut

Tahapan Pembuatan Tusuk Sate Dengan Mesin Tusuk Sate

Tahapan Pembuatan Tusuk Sate Dengan Mesin Tusuk Sate
Tahapan Pembuatan Tusuk Sate Dengan Mesin Tusuk Sate

Bahan baku tusuk sate ada dua jenis yaitu metal dan non metal. Namun tusuk sate yang beredar di pasaran adalah tusuk sate dari bahan baku non metal. Bahan-bahan non metal sendiri yaitu, kayu, bambu, lidi, dan masih banyak lagi.

Untuk mendapatkan tusuk sate dengan kualitas yang bagus dan bernilai mahal, tentunya pembuatan tusuk sate harus ada tekniknya. Berikut ini cara pembuatan tusuk sate dengan menggunakan mesin tusuk sate:

1. Pemotongan bambu

Tahap pertama yang dilakukan adalah pemotongan bambu sesuai dengan ukuran tusuk sate yang akan dibuat. Pemotongan bambu dapat dilakukan dengan menggunakan mesin pemotong bambu.

2. Membelah Bambu

Tahapan setelah memotong bambu adalah membelah bambu yang telah dipotong menjadi beberapa bagian yang lebih kecil dengan lebar sekitar 3-4 cm. Pembelahan bambu dapat dilakukan dengan mesin pembelah bambu.

3. Pengiratan

Tahapan selanjutnya adalah proses yang dinamakan pengiratan. Bambu yang telah dibelah dengan lebar 3-4 cm tadi dimasukkan ke dalam mesin irat dan menghasilkan iratan bambu tipis. Hasil iratan bambu itu biasanya memiliki panjang 15 cm atau panjang tusuk sesuai dengan ukuran yang diinginkan dengan lebar 3-4 cm dan ketebalan bambu hanya antara 3-3,5 mm

4. Penyerutan

Setelah menjadi iratan bambu yang tipis, proses selanjutnya adalah penyerutan bambu. Hal tersebut dimaksudkan untuk menjadikan hasil iratan bambu menjadi bulat seperti tusuk sate. Selain itu, penyerutan dilakukan untuk menghilangkan ruas-ruas bambu jika masih ada. penyerutan dilakukan dengan menggunakan mesin serut bambu.

5. Peruncingan

Peruncingan merupakan proses dimana bambu yang hampir berbentuk seperti tusuk sate itupun diruncingkan. Peruncingan tusuk sate dapat dilakukan dengan menggunakan mesin peruncing tusuk sate agar

6. Penghalusan

Penghalusan menjadi tahapan akhir dalam proses pembuatan tusuk sate. Setelah dilakukan peruncingan tusuk sate dimana hasil yang nyaris sempurna namun masih ada bagian-bagian yang masih kasar atau tidak rapi. Untuk itu perlu dilakukan penghalusan. Penghalusan dapat dilakukan dengan menggunakan mesin penghalus atau poles tusuk sate. Penghalusan dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan hasil yang halus dan tidak ada satupun serat bambu yang mencuat di tusuk sate.

Baca juga : Mesin Roll Forming

Demikian ulasan lengkap mengenai mesin tusuk sate mulai dari pengertian, kegunaan, jenis, hingga tahapan pembuatan tusuk sate dengan menggunakan mesin tusuk sate. Semoga apa yang diulas di dalam artikel ini bermanfaat!

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close