Teknologi

√ Macam-Macam Mesin Potong Kayu dan Spesifikasinya

Semakin berkembangnya teknologi membuat pekerjaan manusia semakin mudah dilakukan. Manusia memiliki beberapa macam kebutuhan dan pekerjaan yang ingin terselesaikan dengan cepat yang dilakukan dengan berbagai cara agar pekerjaannya tidak menumpuk. Tidak terkecuali para pengrajin olahan kayu. Kayu merupakan salah satu bahan yang penting dalam kehidupan rumah tangga. Manusia membutuhkan kayu untuk bisa digunakan sebagai bahan membuat almari, meja, kursi, dan sebagainya. Oleh karena itu, diperlukan suatu alat untuk suatu proses pembuatan barang dengan pengerjaan yang efektif, efisien, dan cepat yaitu mesin canggih untuk memotong kayu yang disebut dengan mesin potong kayu. Pada awalnya, pemotongan kayu dilakukan secara manual, namun saat ini memotong kayu dapat dilakukan dengan menggunakan mesin potong kayu.

√ Macam-Macam Mesin Potong Kayu dan Spesifikasinya
√ Macam-Macam Mesin Potong Kayu dan Spesifikasinya

Bagi para pengusaha bisnis meubel kayu, mesin potong kayu termasuk salah satu alat yang wajib dimiliki karena mesin ini dapat memudahkan dalam pemotongan kayu untuk sebuah bahan pembuatan barang-barang yang dapat dipergunakan.  Dengan menggunakan mesin potong kayu dapat mempersingkat waktu kerja seseorang sehingga pekerjaan terselesaikan dengan cepat dibandingkan memotong kayu dengan menggunakan cara manual yang mana banyak menghabiskan waktu dan tenaga. Jika dalam pemotongan kayu yang menggunakan mesin masih terdapat sisa waktu, waktu itu dapat digunakan untuk melakukan pekerjaan lainnya.

Perlu diketahui bahwa mesin potong kayu memiliki beragam macam dan jenis yang mana perbedaannya hanya terletak pada jenis, tipe, harga, serta kualitasnya. Bagi Anda yang mengingkan untuk membeli mesin potong kayu yang akan digunakan untuk berbagai keperluan, baik itu keperluan individu maupun industri, Anda wajib mengetahui jenis dan harga dari mesin potong agar Anda tidak salah dalam memilih. Untuk itu, di dalam artikel ini akan diulas mengenai Macam-Macam Mesin Potong Kayu dan Spesifikasinya. Namun sebelum itu, alangkah baiknya diulas terlebih dahulu mengenai pengertian dan komponen mesin potong kayu. Simak ulasannya di bawah ini!

Baca juga : Mesin Penggiling Kedelai

Pengertian Mesin Potong Kayu

Pengertian Mesin Potong Kayu
Pengertian Mesin Potong Kayu

Mesin potong kayu merupakan mesin yang digunakan untuk memotong kayu sesuai dengan yang diinginkan. Biasanya mesin ini dipakai untuk industri-industri pengolahan kayu, bangunan, dan sebagainya. Mesin kayu disusun oleh beberapa komponen pokok, diantaranya:

Baca juga : Mesin Penyedot Pasir

1. Rangka mesin

Rangka mesin berfungsi sebagai tempat penompang komponen utama dan pendukung lainnya seperti sistem transmisi, motor listrik, dan sebagai meja tempat memotong kayu.

2. Casing atau body mesin

Casing atau body mesin berfungsi sebagai tempat menampung serbuk hasil dari pemotongan kayu sehingga serbuk tidak akan mengganggu pada saat proses pemotongan dan lebih mengoptimalkan bahan baku.

3. Casing transmisi

Casing transmisi berfungsi sebagai pengaman dan pelindung sabuk v-belt dan pully dari kotoran atau serbuk hasil pemotongan.

4. Papan meja

Papan meja berfungsi sebagai tempat untuk landasan atau meja kerja pada proses pemotongan kayu

5. Pully

Pully  berfungsi sebagai landasan sabuk v-belt

6. Sabuk v-belt

Sabuk v-belt berfungsi sebagai penerus daya dari motor ke poros mesin pemotong kayu

7. Motor listrik

Motor listrik berfungsi sebagai pengarak utama mesin

8. Pisau pemotong

Pisau pemotong berfungsi sebagai alat untuk memotong atau membelah kayu

Baca juga : Mesin Blow Moulding

Macam-Macam Mesin Potong Kayu dan Spesifikasi

1. Maktec Power MT 583

Maktec Power MT 583
Maktec Power MT 583

Mesin potong kayu Maktec Power MT 583 merupakan salah satu jenis mesin potong kayu yang memakai daya listrik sebesar 1.200 W dengan kapasitasnya sebesar 66 mm, diameter mata potong 185 mm, dan berat total mesin pemotong kayu jenis ini sebesar 5,5 kg. Mesin potong kayu Maktec Power MT 583 memiliki kecepatan berputar tanpa beban sebesar 4900 rpm yang mana di bandrol dengan harga sekitar Rp 1.280.000.

Baca juga : Mesin Grinder Kopi

2. AEG Reciprocating Saw

AEG Reciprocating Saw
AEG Reciprocating Saw

Mesin potong kayu AEG Reciprocating Saw merupakan salah satu mesin potong kayu yang memakai daya listrik cukup kecil yaitu 400 W dengan kapasitas potongnya sebesar 65 mm untuk kayu dan 3 mm untuk besi. Mesin potong kayu jenis ini memiliki berat sebesar 2,2 kg dengan kecepatan berputar tanpa beban sekitar 3100 rpm. Mesin potong kayu AEG Reciprocating Saw dibandrol dengan harga sekitar Rp 871.000 dengan garansi 1 tahun.

3. Circular Saw 5600 NB

Circular Saw 5600 NB
Circular Saw 5600 NB

Mesin potong kayu Circular Saw 5600 NB merupakan salah satu jenis mesin potong kayu yang sangat cocok digunakan untuk pekerjaan berat, konstruksi, industri besar kecil pertukangan dan pekerjaan dalam merenovasi rumah. Mesin potong kayu Circular Saw 5600 NB memakai daya listrik yang rendah yaitu sekitar 800 W dan menghasilkan kecepatan dalam putaran tinggi 4000 rpm serta kecepatan berputar tanpa beban 4500 rpm. Mesin potong jenis ini mampu memotong kayu dengan ketebalan maksimal 55 mm yang dapat dimiringkan hingga 45 derajat dengan menggunakan mata potong berukuran maksimal 160 mm / 6 inch. Mesin potong kayu Circular Saw 5600 NB memiliki berat 3,5 kg yang mana dibandrol dengan harga RP. 2.340.000 dengan garansi resmi 2 tahun.

Baca juga : Mesin Obras

4. Kenmaster KM-8C7 Circular Saw

Kenmaster KM-8C7 Circular Saw
Kenmaster KM-8C7 Circular Saw

Mesin potong kayu Kenmaster KM-8C7 Circular Saw merupakan jenis mesin potong kayu yang memiliki dimensi 28.2 x 23 x 19.7 cm yang mana cukup handal digunakan untuk kebutuhan pertukangan dalam setiap harinya. Mesin potong kayu Kenmaster KM-8C7 Circular Saw menggunakan daya listrik sebesar 1200 W ini memiliki mata pisau dengan diameter 15,5 mm. Kecepatan putaran tertinggi maksimal sebesar 4900 rpm per menit yang mana dapat memotong balok dengan sangat mudah dan lurus. Mesin potong kayu Kenmaster KM-8C7 Circular Saw dibandrol dengan harga sekitar Rp 549.000.

5. Bitec CM 508 Circular Saw

Bitec CM 508 Circular Saw
Bitec CM 508 Circular Saw

Mesin potong kayu Bitec CM 508 Circular Saw termasuk salah satu jenis mesin potong kayu yang memakai sumber daya listrik sebesar 950 W yang mana dapat menghasilkan kecepatan putaran sampai dengan 4900 Rpm per menit. Mesin potong kayu jenis ini memiliki mata pisau circular dengan diameter 7,25 mm yang dapat dipakai untuk memotong kayu dengan tegak lurus yang memiliki kedalaman kayu 66 mm. Mesin potong kayu Bitec CM 508 Circular Saw dibandrol dengan harga sekitar Rp 459.000 dengan garansi resmi 1 tahun.

6. EELIC MEG-5800NB Circular Saw

EELIC MEG-5800NB Circular Saw
EELIC MEG-5800NB Circular Saw

Mesin potong kayu EELIC MEG-5800NB Circular Saw termasuk jenis mesin potong kayu yang membutuhkan daya pakai listrik sebesar 900 W dengan kecepatan putaran tertinggi sampai dengan 4500 rpm per menit. Mesin potong kayu jenis ini memiliki dimensi 26 x 23 x 22 cm dengan berat sekitar 3 kg serta mata pisau yang berdiameter 18 cm. Mesin potong kayu jenis ini dapat memotong dalam posisi tegak lurus dengan kedalaman sekitar 64 mm dan dapat memotong dalam posisi sudut 45 derajat dengan kedalaman 43 mm. Mesin potong kayu EELIC MEG-5800NB Circular Saw dibandrol dengan harga sekitar Rp 331.200.

7. MODERN M-2600L Circular Saw

MODERN M-2600L Circular Saw
MODERN M-2600L Circular Saw

Mesin potong kayu MODERN M-2600L Circular Saw menjadi salah satu pilihan mesin potong kayu ekonomis dalam negeri. Mesin potong kayu MODERN M-2600L Circular Saw dikenal sebagai mesin potong kayu yang kuat dan tangguh. Mesin potong kayu jenis ini membutuhkan daya pakai listrik sebesar 700 W dengan menghasilkan kecepatan putaran maksimal 4500 rpm per menitnya. Dengan kecepatan tersebut, mesin ini dapat memotong kayu dengan kedalaman 64 mm pada kemiringan 90 derajat karena mesin potong kayu ini menggunakan mata pisau dengan diameter 180 mm yang mana terbuat dari bahan berkualitas tinggi yang tidak mudah patah. Keunggulan dari mesin potong kayu MODERN M-2600L Circular Saw adalah adanya penggaris laser sehingga potongan akan lurus dan rapi tanpa adanya bagian yang miring atau belok. Mesin potong kayu MODERN M-2600L Circular Saw dibandrol dengan harga sekitar RP 449.000.

Nah itulah ulasan terkait Macam-Macam Mesin Potong Kayu dan Spesifikasinya yang wajib kalian ketahui. semoga apa yang diulas di dalam artikel ini bermanfaat bagi Anda terutama pengetahuan mengenai mesin potong kayu.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close