Teknologi

Daftar Harga dan Cara Pemakaian Mesin Popcorn

Popcorn adalah jenis makanan ringan yang dibuat melalui mesin pembuat popcorn. Mesin mampu mengubah bahan mentah yakni jagung kering menjadi olahan makanan berbentuk popcorn. Cita rasa utama makanan tetap dijaga sehingga pencinta popcorn bisa membuat jajanan jagung kering ini di rumah. Bagaimana cara pemakaian mesin popcorn? Apa saja jenis-jenis mesin popcorn? Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda!

Mesin popcorn adalah alat yang digunakan untuk membuat berondong jagung yang banyak digemari oleh para remaja Indonesia. Apalagi bagi pecinta cinema atau bioskop di kota besar, berondong jagung adalah teman setia saat menonton. Mesin popcorn juga mengurangi dampak terletup jagung yang dipanaskan dalam proses pengolahan jagung menjadi popcorn. Penggunaannya terbilang cukup seimbang dengan harga yang sebanding dengan kecanggihan model kerja.

Baca juga : Mesin Es Kristal

Cara Pemakaian Mesin Popcorn

Cara Pemakaian Mesin Popcorn

Mesin popcorn bisa dioperasikan dengan mudah, namun Anda harus memperhatikan dengan benar berbagai tombol mesin popcorn sesuai kegunaannya. Berikut adalah beberapa prosedur yang harus Anda perhatikan sebelum menggunakan mesin popcorn, yakni:

  • Pastikan mesin dalam kondisi baik

Mesin pembuat popcorn mungkin tidak asing lagi di kalangan pedagang popcorn diluar sana. Namun, penggunaan mesin popcorn dengan benar mungkin belum dipahami secara mendalam oleh penggunanya. Padahal, kesalahan pengguna bisa membuat mesin menjadi rusak dan diri Anda pun berisiko terkena bahaya. Untuk mengantisipasi kejadian ini, pastikan jika mesin popcorn Anda dalam keadaan baik. Jangan mudah mengaktifkan mesin jika Anda belum tahu mesin dalam kondisi baik atau tidak.

  • Kenali dan pahami kegunaan masing-masing tombol mesin

Setiap mesin popcorn memiliki tombol mesin dengan fungsi sendiri-sendiri. untuk menghindari kerusakan sistem mesin popcorn akibat Anda salah menggunakan, maka kenalin tombol mesin beserta kegunaannya. Tombol on/off bersimbol bulat merah digunakan sebagai tombol mematikan dan menghidupkan mesin. Mesin popcorn juga dilengkapi dengan tombol corong dan tombol keluar popcorn yang sudah jadi. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan dengan benar tombol-tombol tersebut beserta fungsinya. Anda juga bisa membaca buku pedoman yang ada di dalam mesin popcorn tersebut.

  • Gunakan mesin sesuai fungsinya

Jangan pernah mencoba menggunakan mesin popcorn untuk membuat makanan ringan lain karena akan cenderung merusak mesin popcorn sejak dini. Gunakanlah mesin pembuatv popcorn sesuai dengan ketentuan aslinya.

  • Pilih jagung berkualitas

Jagung yang Anda pilih akan mempengaruhi kualitas popcorn yang dihasilkan. Selain mempengaruhi kualitas, mesin popcorn juga akan cepat rusak jika Anda tidak mengolah bahan popcorn sesuai ketentuan yang ada, seperti ukuran jagung, kekringan jagung, tekstur jagung, serta ketentuan pembuatan popcorn lainnya. Untuk itu, pastikan bahan dan mesin popcorn dengan benar agar kualitas popcorn yang dikeluarkan bercita asa tinggi.

Baca juga : Mesin Pembuat Bakso

Daftar Harga Mesin Popcorn

Daftar Harga Mesin Popcorn

Berikut ini adalah daftar harga mesin popcorn yang harus Anda ketahui, antara lain:

1. Popcorn Machine FMC POCPOP6AR – Rp 2.275.000

2. Popcorn Machine FMC POCPOPBR – Rp 2.200.000

3. Popcorn Machine AKS TBG 80 – Rp 2.500.000

4. Popcorn Machine AKS TBG 82 – Rp 2.500.000

5. Popcorn Machine GETRA ETPOP6C – Rp 1.575.000

6. Popcorn Machine Listrik PMX PCH 11701 – Rp 2.350.000

7. Popcorn Machine Gas PMX PCH 11702 – Rp 2.650.000

8. Popcorn Machine GETRA ETPOP6AR – Rp 2.625.000

9. Popcorn Machine POC POP6AD – Rp 7.573.500

10. Popcorn Machine POC POP6AR – Rp 3.553.000

11. Popcorn Machine POC POP6BR – Rp 3.400.000

12. Gerobak Popcorn Machine POC POP6C – Rp 2.473.500

Baca juga : Mesin Pembuat Mie

Strategi Jitu Bisnis Popcorn

Strategi Jitu Bisnis Popcorn

Menjadi pengusaha popcon tidak cukup hanya memiliki mesin popcorn saja. Ada beberapa strategi yang pelajari agar bisnis Anda bisa berkembang dengan pesat. Apa saja trik-trik memulai bisnis popcorn tersebut? Berikut ulasannya.

  • Bidik target market Anda dengan tepat

Anda harus menggunakan sudut pandang pembeli sebab tidak semua orang memilih popcorn sebagai camilan sehari-hari. Lakukan riset Anda kecil-kecilan. Misalnya dengan memberikan kuesioner online untuk mengetahui profil konsumen, range harga sesuai budget, jenis kemasan, dan informasi lain menentukan langkah berikutnya. Tidak hanya perorangan, Anda juga bisa membidik komunitas untuk mempromosikan bisnis Anda seperti berkolaborasi dengan komunitas pecinta film untuk menjadi sponsor kegiatan mereka.

  • Tentukan value yang Anda berikan kepada pelanggan

Sampaikan kepada pembeli mengenai apa yang ingin Anda berikan melalui produk Anda. Pengalaman apa yang akan pembeli asakan setelah mengonsumsi popcorn. Nilai itu akan menjadi patokan untuk menjalankan usaha Anda mulai dari harga, jenis kemasan, logo, variasi produk, dan lainnya.

  • Tentukan diferensiasi popcorn

Popcorn rasa asin dan caramel adalah varian rasa yang paling umum dijual di biskop atau gerao popcorn. Tugas Anda adalah mencari ide sebanyak-banyaknya untuk membuat variasi menu yang berbeda dengan di pasaran seperti es krim popcorn atau popcorn pedas. Hal ini semata-mata untuk menarik perhatian target pasar Anda.

  • Gunakan internet marketing

Banyak sekali bisnis kuliner yang meraup keuntungan banyak melalui penjualan online. Pelajari dengan cermat strategi penjualan secara online. Jika modal Anda lebih, investasikan dana Anda untuk jasa internet marketer.

  • Terjun ke komunitas

Bergabung ke komunitas memiliki keuntungan luar biasa. Selain belajar dan memiliki jejaring luas, Anda memiliki banyak kesempatan bertemu dengan mentor bisnis yang bisa dijadikan coach bisnis Anda. Belajar langsung dari pengalaman para pebisnis sukses.

Baca juga : Mesin Giling Ikan

Resep Membuat Popcorn Gurih dan Renyah

Resep Membuat Popcorn Gurih dan Renyah

Bahan baku pembuatan popcorn sebenarnya hanya biji jagung dan mentega. Cara memproduksinya adalah dengan memanaskan jagung dalam suhu tinggi hingga biji jagung mengembang. Mentega tersebut ditambahkan agar rasa dan aroma popcorn yang ditimbulkan sangat enak, nikmat, dan gurih. Anda juga bisa menambahkan bahan pewarna dan gula supaya rasa popcorn lebih manis dan tampilannya lebih menarik. Bahan-bahan yang Anda butuhkan untuk membuat popcorn adalah:

  • Biji jagung 200 gram
  • Margarin 100 gram
  • Garam 1 sendok makan
  • Bawang putih 2 siung
  • Merica atau lada bubuk 1 sendok teh

Apabila Anda kesulitan untuk menyiapkan bahan pembuat popcorn, Anda bisa membeli bahan popcorn instant di supermarket. Prosesnya mudah dan tidak perlu meracil bahan.

Cara membuat popcorn adalah:

1. Siapkan panci di atas kompor

2. Siapkan dan takar biji jagung sesuai selera

3. Campur margarin ke panci

4. Setelah margarin meleleh, kecilkan api dan masukkan biji jagung ke dalam panci

5. Tutup panci dan sesekali goyangkan panci agar semua biji jagung terkena margarin

6. Biarkan beberapa saat sampai Anda mendengar letupan-letupan kecil di dalam panci

7. Biarkan hingga letupan berhenti dan matikan kompor

8. Buka tutup panci

9. Haluskan bahan-bahan tadi dan campur ke popcorn yang sudah jadi. Jika ingin rasa manis, Anda bisa mengganti bahan tersebut dengan menambahkan gula sesuai selera Anda. Pewarna alami pun dapat Anda tambahkan untuk membuat tampilan lebih berwarna

10. Sajikan popcorn selagi hangat

Baca juga : Mesin Roasting Kopi

Demikian ulasan lengkap mesin popcorn. Semoga bermanfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close