Teknologi

Jenis Mesin Polisher Lantai dan Cara Menggunakan [Lengkap]

Saat kita memoles lantai rumah maupun lantai di lain tempat, seringkali mendapatkan masalah yang membuat diri kita emosi. Permasalahan tersebut tidak lain adalah masih kotornya lantai meskipun dipoles berulang-ulang. Kemungkinan hal tersebut disebabkan oleh cara atau alat yang digunakan untuk memoles lantai tersebut tidak bisa memoles dengan sempurna. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu alat untuk memoles lantai agar menghasilkan lantai yang bersih, kinclong dan bebas dari kotoran-kotoran yang menempel. Alat tersebut bernama mesin polisher lantai.

Pernahkan kalian mendengar alat pemoles yang dinamakan mesin polisher lantai? Jika belum pernah, maka kalian dapat menemukan penjelasan terkait mesin polisher lantai di dalam artikel ini. Untuk itu, berikut ini adalah ulasan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan mesin polisher lantai dimulai dari pengertian, jenis hingga cara menggunakan mesin polisher lantai. Simak ulasannya di bawah ini!

Baca juga : Mesin Pencacah Rumput

Pengertian Mesin Polisher Lantai

Jenis Mesin Polisher Lantai dan Cara Menggunakan [Lengkap]
Pengertian Mesin Polisher Lantai

Mesin polisher lantai dapat juga disebut dengan mesin poles lantai. Mesin ini menjadi peralatan yang wajib dimiliki oleh pengusaha khususnya yang memiliki usaha jasa cleaning maupun digunakan secara pribadi. Mesin polisher lantai merupakan salah satu jenis mesin yang digunakan untuk membersihkan atau memoles lantai. Dengan menggunakan mesin polisher lantai, pekerjaan dapat terselesaikan 10x lebih cepat dibandingkan membersihkan lantai dengan menggunakan cara manual, proses penyikatan terjadi secara merata, dan hasil sikatan pun akan jauh lebih bersih.

Cara kerja mesin polisher lantai yaitu bertumpu pada bagian mesin yang berputar. Pada bagian yang bersentuhan langsung dengan lantai terdapat sebuah pad holder atau sikat lantai. Ketika mesin berputar, pad tersebut akan ikut berputar yang mengarah pada proses pembersihan lantai. Pad dapat berputar secara otomatis dengan kecepatan yang dapat di sesuaikan dengan keinginan. Mesin polisher ini dikendalikan oleh handle yang berbentuk tiang panjang yang berfungsi untuk memindahkan pemindahan dan pengarahan ke area yang ingin dibersihkan.

Bagi pengguna yang baru pertama kali membersihkan lantai dengan menggunakan mesin ini akan mengalami kesulitan dalam mengoperasikannya. Kendala yang sering dialami adalah mesin terasa berlarian dan sulit dikontrol. Hal tersebut sangat wajar karena merupakan seorang pemula. Dengan bimbingan dari pengguna yang sudah berpengalaman dalam pemakaian mesin polisher lantai ini secara terus menerus akan membuat pengguna pemula akan terbiasa dalam penggunaan mesin poliher lantai ini. Tidak ada hal yang sulit dalam menggunakan mesin ini, mungkin kesulitannya hanya masalah waktu dalam hal belajar menggunakan mesin ini.

Baca juga : Mesin Bubut

Jenis Mesin Polisher Lantai

Jenis Mesin Polisher Lantai
Jenis Mesin Polisher Lantai

Mesin polisher lantai menjadi salah satu jenis mesin yang banyak dicari. Hal tersebut mengakibatkan munculnya berbagai ragam dari mesin polisher lantai. Di pasar Indonesia, jenis mesin polisher lantai terbagi menjadi dua yaitu mesin polisher lantai Eropa atau Italy dan mesin polisher lantai China. Ada satu lagi jenis dari mesin polisher lantai yang kurang populer dan jarang dikenal oleh masyarakat yaitu mesin polisher lantai Amerika atau USA.

Baca juga : Mesin Crusher Plastik

1. Mesin polisher lantai Eropa atau Italy

Mesin polisher lantai Eropa atau Italy
Mesin polisher lantai Eropa atau Italy

Mesin polisher lantai Eropa atau Italy merupakan jenis mesin polisher yang berada di kelas premium. Hal tersebut dikarenakan jenis mesin ini terkenal akan kualitas mesinnya yang bagus dan awet atau tidak mudah rusak, tangguh, serta inovasinya yang terus berkembang sehingga mesin polisher jenis ini menjadi pilihan utama untuk mesin pembersih lantai. Dari sisi kenyamanan yang diberikan, mesin polisher jenis ini jelas lebih menenangkan dibandingkan dengan mesin polisher jenis lainnya sehingga pada level apapun penggunaannya, mesin polisher Eropa atau Italy ini dapat mengimbangi pemakaiannya tanpa adanya halangan dari teknis. Hal itu dikarenakan ketangguhan serta kemudahan dalam pengoperasiannya.

Sayangnya, mesin polisher lantai Eropa atau Italy ini dibandrol dengan harga yang cenderung mahal yaitu sekitar 8 hingga 30 jutaan. Di pasaran Indonesia, banyak sekali beredar beberapa merk mesin polisher lantai Eropa atau Italy ini seperti Fiorentini, Wirbel, Ghibli, Taski, Falco, Colombus, Minuteman, Viper, Nilfisk, Electrolux, Clarke, serta Apollo.

Baca juga : Mesin Rotary Dryer

2. Mesin polisher lantai China

Mesin polisher lantai China
Mesin polisher lantai China

Mesin polisher lantai China menjadi alternatif jika tidak dapat membeli mesinpolisher lantai Eropa atau Italy. Sebagai alternatif, mesin polisher jenis ini dirakit dengan menyesuaikan dengan harga jualnya. Kisaran harga mesin polisher jenis ini sekitar 5 sampai dengan 7 jutaan. Mesin polisher lantai China merupakan salah satu jenis mesin polisher yang dapat dijadikan pilihan yang tepat untuk kebutuhan umum dimana mesin polisher jenis ini tidak memiliki spesifikasi yang khusus. Di pasaran Indonesia, banyak sekali beredar beberapa merk mesin polisher lantai China seperti Rotano, Alphalux, dan Triwex.

Cara Menggunakan Mesin Polisher Lantai

Cara Menggunakan Mesin Polisher Lantai
Cara Menggunakan Mesin Polisher Lantai

Dalam penggunaan mesin polisher lantai dapat dikatakan cukup sulit terutama bagi pemula yang baru pertama kali memegang mesin polisher lantai. Dibutuhkan training atau latihan yang cukup untuk membiasakan dan memahami cara kerja agar ketika melakukan grinding, lantai tidak akan rusak. Sebelum menggunakan mesin polisher lantai, ada baiknya untuk mengetahui hal-hal yang harus diperhatikan dalam penggunaannya, diantaranya:

  • Ketika menggunakan mesin polisher lantai kurang lebih selama 1 jam, maka istirahatkan mesin polisher selama 10 menit. Setelah itu, mesin dapat digunakan kembali
  • Setelah penggunaan mesin ini, sebaiknya pad holder yang dilepas
  • Usahakan kabel mesin polisher lantai ini tidak terkena air pada saat melakukan pembersihan atau pemolesan lantai
  • Gunakan alas kaki ketika mesin berada digenangan air
  •  Setelah selesai menggunakannya, diamkan selama 10 menit sebelum menggulung kabel. Hal itu berguna untuk menstabilkan mesin polisher agar dapat digunakan kembali secara normal
  • Pastikan mesin polisher lantai tersebut tetap dalam keadaan bersih setelah digunakan
  • Setelah digunakan, bersihkan bagian bawah mesin polisher lantai dengan menggunakan kain bersih.

Berikut cara menggunakan mesin polisher lantai dengan benar:

  • Rebahkan mesin polisher lantai
  • Pasang bagian pad holder
  • Tempelkan 3 atau 4 diamond disc ke bagian pad holder
  • Berdirikan mesin polisher lantai yang akan digunakan
  • Tekan handle untuk pegangan mesin hingga gagang sejajar dengan perut atau berada di bawah pusar
  • Basahi lantai yang akan dibersihkan atau dipoles dengaan sedikit air
  • Colokkan kabel ke sumber listrik
  • Dorong alat pengaman dengan jari jempol
  • Tekan atau putar tombol untuk menyalakan mesin polisher lantai
  • Tekan sedikit gagang mesin agar bergerak ke kanan
  • Kendurkan sedikit gagang mesin agar dapat bergerak ke arah kiri
  • Apabila mesin polisher berkerja secara tidak terkendali, segera lepaskan gagangan maka secara otomatis mesin polisher lantai akan berhenti
  • Ketika mesin polisher dalam keadaan tidak terkendali, jangan coba-coba untuk memperbaiki pengendalinya karena hal itu percuma, tidak akan bisa lagi digunakan. Maka cara terbaiknya adalah langsung lepaskan.
  • Hati-hati bila bekerja dekat kaca. Jangan biarkan pekerja baru menggunakan mesin polisher lantai ini bekerja di dekat kaca
  • Biasakan untuk memberi pembatas area agar orang-orang yang lewat tidak terpeleset

Baca juga : Mesin Milling Vertikal

Nah itulah informasi mengenai ulasan singkat mesin polisher lantai dimulai dari pengertian, jenis hingga cara menggunakan mesin polisher lantai. Semoga apa yang disampaikan di dalam artikel ini bermanfaat bagi kalian terutama bagi pengguna yang pertama kali menggunakan mesin polisher lantai untuk memoles lantai rumah atau lantai tempat lain.  

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close