Teknologi

√ Penjelasan Mengenai Mesin Penyedot Pasir [Lengkap]

Aktivitas penambangan pasir secara liar saat ini semakin marak terjadi dan menjadi topik yang sering dibicarakan publik. Kita mengetahui bahwa penambangan pasir jika dilakukan secara liar akan membahayakan bahkan merusak lingkungan. Banyak oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dengan melakukan penambangan pasir secara berlebihan atau ilegal dimana mereka tidak perduli akan akibat dari yang dilakukan. Mereka menggunakan mesin yang dinamakan mesin penyedot pasir untuk melakukan penambangan pasir.

Mesin penyedot pasir memiliki daya rusak cukup tinggi bagi lingkungan karena mesin tersebut menyedot pasir hingga ke dasar sungai. Air yang ada di sekeliling sungai turut tersedot bersamaan dengan pasir. Nah itulah yang menyebabkan kerusakan lingkungan seperti banjir  dan sumur-sumur miliki warga menjadi kering. Meskipun penggunaan mesin penyedot pasir banyak menimbulkan kerugian jika digunakan secara asal-asalan, namun mesin penyedot pasir juga akan memberikan banyak keuntungan jika digunakan dengan benar.

Bagi seseorang yang tidak ada kaitannya dengan penambangan pasir pastinya bertanya-tanya apa itu mesin penyedot pasir dan bagaimana bentuk mesinnya?. Oleh karena itu, di dalam artikel ini akan diulas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan mesin penyedot pasir mulai dari pengertian, cara kerja, kerugian hingga keuntungan dari mesin penyedot pasir. Berikut ulasannya di bawah ini! simak baik-baik ya!

Baca juga : Mesin Penggiling Kedelai

Pengertian Mesin Penyedot Pasir

√ Penjelasan Mengenai Mesin Penyedot Pasir [Lengkap]
Pengertian Mesin Penyedot Pasir

Mesin penyedot pasir dapat dikatakan sebuah penemuan yang revolusioner yang memberikan kemudahan bagi para pelaku bisnis yang berkaitan dengan penambangan pasir. Mesin penyedot pasir merupakan sebuah alat yang digunakan untuk menyedot pasir di dalam air baik itu di sungai , sumur, dan sebagainya. Hasil pasir yang didapatkan dari mesin penyedot pasir diketahui memiliki nilai jual yang tinggi di pasaran karena cara kerja mesin penyedot pasir begitu maksimal.

Cara Kerja Mesin Penyedot Pasir

Cara Kerja Mesin Penyedot Pasir
Cara Kerja Mesin Penyedot Pasir

Saat ini diketahui banyak sekali orang-orang yang menyalahgunakan mesin penyedot pasir dengan melakukan penambangan pasir secara liar. Perlu diketahui bahwa jika seseorang begitu maksimal dalam penggunaan mesin penyedot pasir ini maka mesin ini dapat bekerja hingga berpuluh-puluh kali lipat. Oleh karena itu, banyak penambang yang nakal yang mengeksploitasi sungai dengan melakukan penambangan pasir secara besar-besaran dengan menggunakan mesin penyedot pasir karena diketahui jika cara kerja mesin tersebut memiliki kemampuan maksimal sebesar 50 ton dalam 7 jam. Bisa dibayangkan betapa luar biasanya mesin penyedot pasir karena kemampuan yang dimiliki melebihi kemampuan 10 pekerja tambang pasir secara tradisional.

Pertanyaannya, kenapa bisa seperti itu? hal itu dikarenakan di dalam mesin penyedot pasir memiliki sistem pompa yang berada di sisi dalam mesin penyedot pasir yang bekerja seperti kipas dengan arah terbalik dengan posisi poros menghadap ke arah depan sehingga kipas ini mampu menarik udara menuju ke arah kipas yang berputar dengan kecepatan yang sama dengan roda kendaraan yaitu 80 km/ jam.

Kipas yang bergerak dengan poros berkecepatan tinggi ini menyerupai sistem kerja dari vacuum cleaner yang digunakan untuk menyedot debu-debu. Hal itulah yang membuat mesin penyedot pasir mampu menyedot pasir dalam jumlah banyak dengan waktu yang singkat. Pasir yang telah tersedot akibat dari suatu dorongan hisap terhadap udara yang ada di dalam mesin. Hasil penyedotan tersebut akan masuk melalui ruang saring yang berfungsi untuk mendapatkan pasir dengan tingkat kehalusan yang sama.

Kerugian Menggunakan Mesin Penyedot Pasir

Kerugian Menggunakan Mesin Penyedot Pasir
Kerugian Menggunakan Mesin Penyedot Pasir

Penggunaan mesin penyedot pasir secara terus-menerus atau asal-asalan akan memberikan banyak kerugian terutama bagi lingkungan. Dengan kemampuannya yang sangat maksimal ini tentunya membuat mesin penyedot pasir yang mana menggunakan tenaga diesel ini dapat menyedot pasir hingga kedalaman sungai. Bila ini terjadi secara terus menerus, dikhawatirkan akan merusak tanggul sungai dan juga merusak pondasi dari bangunan yang berdiri di atas air seperti jembatan. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan mesin penyedot pasir asal-asalan maka akan mengundang masalah seperti kerusakan lingkungan yang akan merugikan masyarakat.

Selain itu, menyedot pasir di dalam sungai dengan menggunakan mesin penyedot pasir secara terus menerus akan merubah struktur di kedalaman sungai yang mana dapat membahayakan kehidupan ekosistem di bawah sungai. Perubahan struktur tersebut mengakibatkan biota yang hidup di dalam sungai akan dipaksa untuk melakukan adaptasi langsung karena adanya perubahan di dasar sungai secara mendadak. Itulah mengapa jika cara penambangan pasir yang dilakukan dengan modern banyak mendapatkan pertentangan dari banyak orang khususnya masyarakat di sekitar sungai yang kerap menjadi lokasi penambangan pasir. Bahkan beberapa pihak yang menjadikan pertambangan dengan menggunakan mesin penyedot pasir menjadi penambangan pasir secara ilegal. Keuntungan memang hanya didapatkan oleh pemilik tambang pasir, namun yang mendapatkan kerugian adalah masyarakat sekitar sungai bahkan juga seluruh masyarakat negara.

Solusinya adalah untuk pertambangan pasir, sebaiknya berikan perlakuan yang lebih spesifik. Hindari menggunakan mesin penyedot pasir secara optimal karena yang akan dihadapi bukan hanya satu orang saja namun semua masyarakat. Selain itu, mesin penyedot pasir ternyata tidak awet dalam penggunaannya.

Keuntungan Menggunakan Mesin Penyedot Pasir

Keuntungan Menggunakan Mesin Penyedot Pasir
Keuntungan Menggunakan Mesin Penyedot Pasir

Pemerintah khususnya pemerintah daerah tidak serta merta melarang penggunaan mesin penyedot pasir untuk melakukan penyedotan pasir karena selain menimbulkan kerugian, penggunaan mesin penyedot pasir ternyata juga memberikan keuntungan jika digunakan dengan benar. Adapun beberapa keuntungan dari penggunaan mesin penyedot pasir, sebagai berikut:

  • Menghemat waktu dan tenaga

Dengan menggunakan mesin penyedot pasir, pemilik bisnis tambang dapat menghemat waktu dan tenaga kerja hingga 7 orang dengan waktu pengerjaan yang begitu singkat.

  • Lebih efisien dan efektif

Mesin penyedot pasir menjanjikan kedua hal tersebut karena meskipun mesin ini dapat dioperasikan oleh 3 orang operator, namun kemampuan kerjanya setara dengan 10 orang yang menambang pasir secara manual

  • Hasil pasir yang didapat  tentunya dalam jumlah yang banyak

Dengan menggunakan mesin penyedot pasir, pemilik tambang bisa mendapatkan hasil pasir yang tentunya lebih banyak daripada menambang pasir secara manual. Jika menginginkan mendapatkan pasir yang lebih banyak lagi, pemilik tambang dapat menyuruh pekerjanya untuk memasang pipa penyedot hingga ke tengah sungai atau jauh ke dalam sungai karena di kedua titik tersebut, stok pasir lebih banyak dibandingkan di permukaan atau tepi sungai karena jarang terjamah oleh penambang pasir lain khususnya penambang pasir yang masih menggunakan cara manual. Apalagi jika sungai yang menjadi tempat penambangan pasir memiliki arus rendah, hasil yang didapat akan lebih maksimal lagi karena suangai dengan arus rendah biasanya akan membentuk sedimenpasir di tengah sungai dan menjadi “surga” bagi para penambang pasir yang menggunakan mesin penyedot pasir sebagai alatnya.

  • Hasil pasir yang didapatkan memiliki kualitas baik, bersih, bebas dari benda asing dan halus

Mesin penyedot pasir sangat mampu untuk menghasilkan kualitas pasir yang baik, bersih, bebas dari benda asing, dan halus karena di dalam mesin tersebut tentunya terdapat saringan yang digunakan untuk menyaring pasir dari gangguan kerikil-kerikil meskipun kerikil tersebut berukuran kecil tetap akan tersaring atau juga dari benda asing yang berbahaya sehingga pasir yang didapatkan bebas dari apapun atau bersih dan tingkat kehalusan yang didapat juga sama. Pasir yang bersih diyakini lebih baik dalam membentuk cakram sehingga hasilnya lebih kuat dan lekat untuk material bangunan

  • Mempercepat pengangkatan sedimen di waduk

Biasanya pemerintah membuka tender untuk penyedotan pasir dan sedimen di waduk karena kedua hal tersebut merupakan salah satu program pemerintah sehingga dengan menggunakan mesin penyedot pasir dapat membantu mempercepat selesainya program pemerintah dalam pengangkatan sedimen di waduk.

Baca juga : Peluang Bisnis

Demikian informasi mengenai ulasan lengkap mesin penyedot pasir mulai dari pengertian, cara kerja, kerugian hingga keuntungan dari mesin penyedot pasir. Semoga apa yang dibahas di dalam artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close