Teknologi

Cara Mengoperasikan dan Keunggulan Mesin Pencacah Kompos

Pupuk kompos termasuk salah satu jenis pupuk yang tingkat permintaannya cukup tinggi. Hal itu dikarenakan pupuk kompos menjadi andalan dan kebutuhan penting di semua hal yang berkaitan dengan pertanian, baik usaha pertanian pangan, buah, hingga hutan rakyat. Kompos adalah olahan pupuk buatan yang mengandung bahan-bahan alami dan bermanfaat untuk menyuburkan tanaman. Oleh karena itu, dengan menciptakan usaha pembuatan pupuk kompos merupakan salah satu bidang bisnis yang cukup menjanjikan. Bagaimana tidak, usaha pupuk kompos tidak membutuhkan modal kerja yang banyak karena bahan baku pembuatan kompos sendiri mudah dicari seperti sampah, daun-daunan, dan sebagainya.

Selain itu, untuk membuka usaha kompos setidaknya harus memiliki salah satu mesin yang digunakan untuk mengolah kompos yang biasanya disebut dengan mesin pencacah kompos. Penggunaan mesin pencacah kompos bertujuan untuk menghemat waktu dan tenaga karena seluruh proses pembuatan kompos diambil alih oleh mesin. Nah, di dalam artikel ini akan membahas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan mesin pencacah kompos mulai dari pengertian, kegunaan, cara mengoperasikan hingga keunggulan dari mesin pencacah kompos. Maka dari itu, simak ulasannya di bawah ini!

Baca juga : Mesin Pencacah Rumput

Pengertian Mesin Pencacah Kompos

Cara Mengoperasikan dan Keunggulan Mesin Pencacah Kompos
Pengertian Mesin Pencacah Kompos

Mesin pencacah kompos merupakan jenis mesin yang memudahkan dalam proses pencacahan, penghancuran, pengolahan berbagai macam jenis bahan baku untuk pembuatan kompos menjadi ukuran yang kecil atau ukuran semi pasir. Mesin pencacah kompos biasanya digunakan untuk mencacah bahan yang menjadi bahan dasar pembuatan pupuk kompos. Pada pertanian organik, pupuk yang digunakan  adalah pupuk kompos organik.

Banyak yang mengatakan jika ingin membuat kompos dengan menggunakan mesin pencacah kompos ini, proses pembuatannya lebih praktis dan efisien. Cara kerja mesin pencacah kompos ini dengan cara merajang, mencacah, dan menghancurkan bahan yang digunakan untuk membuat kompos menjadi bentuk dalam ukuran kecil yang bisa langsung diolah menjadi pupuk kompos. Untuk mempercepat proses pengolahan kompos, seseorang dapat menggunakan mesin-mesin pembuat atau pencacah kompos lain seperti mesin grinder, mesin konveyor sampah, mesin pengayakan, mesin mixer kompos, dan mesin granulator. Adapun penjelasannya sebagai berikut:

Baca juga : Mesin Bubut

1. Mesin Grinder

Mesin grinder digunakan setelah penggunaan mesin pencacah kompos. Mesin ini berfungsi untuk menghaluskan hasil cacahan yang sebelumnya diambil dari mesin pencacah menjadi ukuran yang lebih kecil dan lembut, menyerupai seperti pasir. Ukuran yang dihasilkan dengan menggunakan mesin grinder lebih kecil dan bobotnya lebih ringan dari biasanya. Dengan menggunakan mesin grinder, seseorang dapat menghasilkan pupuk kompos yang halus dan sesuai dengan standar pasar. Harga mesin grinder di pasaran bisanya dibandrol sekitar Rp 20.000.000 bahkan lebih dengan kapasotas 300 kg/jam.

2. Mesin Konvenyor

Biasanya jika pengusaha pupuk kompos memiliki ruangan produksi yang cukup besar, proses pengolahan sampah organik menjadi kompos menggunakan mesin konvenyor. Mesin konvenyor berfungsi sebagai alat untuk mengangkat sampah organik hasil dari mesin grinder menuju ruang pengayakan dimana di dalam ruangan tersebut akan terjadi proses peragian sampah organik yang telah dihancurkan dan dihaluskan menjadi kompos.

3. Mesin Pengayakan

Pada tahap pengayakan, bahan kompos yang berupa bubuk halus sampah organik harus dilakukan pengayakan hingga terpisah antara butiran halus dengan butiran kasarnya. Kedua bagian ini diproses dengan cara terpisah.

4. Mesin Mixer Kompos

Mesin mixer kompos merupakan mesin yang berisikan sebuah tabung yang berfungsi sebagai ruang reaksi dan pencampuran antara bahan baku kompos yang berupa butiran sampah dengan ragi kompos dan bahan pelengkap lainnya.proses pencampuran ini dapat meredam bau tidak sedap dari sampah yang dipakai. Jika melakukan proses pencampuran secara manual akan memakan waktu yang sangat lama, maka dari itu jika ingin lebih efektif dan cepat, seseorang dapat menggunakan mesin mixer kompos. Setelah semua bahan tercampur dengan rata, simpan hasil percampuran tersebut ke dalam wadah khusu yang tertutup untuk mempercepat proses fermentasi.

Baca juga : Mesin Hammer Mill

5. Mesin Granulator

Mesin granulator berfungsi sebagai mesin untuk mencetak butiran kompos. Setelah kompos terbentuk dengan sempurna di dalam penyimpanan, langkah selanjutnya yaitu seseorang harus memproses butiran halus dari pupuk organik agar membentuk bulatan kecil. Bentuk kompos menjadi bulatan kecil biasanya dapat menekan biaya dan memaksimalkan hasil. Pada umumnya, di pasaran lebih menyukai bentuk bulatan kompos dengan permukaan yang kasar.

Biasanya mesin pencacah sampah ini banyak digunakan dibidang pengolahan sampah seperti TPST, KSM Pengolahan Sampah, Bank Sampah, Petani, Dinas Kebersihan dan Peratamanan, Dinas Pasar, Sekolahm Universitas, dan berbagai macam unit pengolahan sampah menjadi pupuk kompos lainnya.

Kegunaan Mesin Pencacah Kompos

Kegunaan Mesin Pencacah Kompos
Kegunaan Mesin Pencacah Kompos

Sebagai  salah satu mesin yang seringkali digunakan oleh pengusaha pupuk kompos dalam pengolahannya, cara yang digunakan untuk mempercepat proses pengomposan adalah dengan mencacah bahan baku untuk kompos menjadi ukuran kecil atau ukuran semi pasir. Jika mencacah bahan baku dalam kapasitas yang sedikit dapat dilakukan secara manual. Sebaliknya, jika mencacah bahan baku pembuatan kompos dalam kapasitas yang banyak, maka gunakan alat bantuan speerti mesin pencacah kompos. Mesin pencacah kompos dapat mencacah berbagai bahan organik yang menjadi bahan baku dari kompos seperti aneka dedaunan, batang pisang, pohon, jerami, ranting, kotoran ternak, batang, dan jenis bahan organik lainnya.

Baca juga : Mesin Crusher Plastik

Cara Mengoperasikan Mesin Pencacah Kompos

Cara Mengoperasikan Mesin Pencacah Kompos
Cara Mengoperasikan Mesin Pencacah Kompos

Ada beberapa langkah-langkah dalam mengoperasikan mesin pencacah kompos. Berikut langkah-langkah mengoperasikan mesin tersebut:

  • Jika menggunakan diesel, periksalah terlebih dahulu apakah kondisi mesin sudah aman dan lengkap seperti penuhnya air radiator dan oli
  • Menghidupkan penggerak atau diesel mesin pencacah kompos dan atur pengaturan gas mesin sesuai dengan kecepatan mesin pencacah kompos yang diinginkan
  • Sortir sampah-sampah organik dari benda-benda keras seperti batu, besi, dan benda-benda keras lainnya
  • Setelah disortir, masukkan bahan baku kompos ke dalam hopper atau corong input mesin
  • Pencacahan bahan organik yang telah dimasukkan dengan menggunakan pisau yang ada di dalam tabung mesin
  • Setelah proses pencacahan di dalam mesin, hasil cacahan organik di arahkan ke corong pengeluaran atau output mesin
  • Menyediakan tempat yang digunakan untuk menampung hasil cacahan sampah organik yang ditempatkan pada corong pengeluaran agar memudahkan dalam proses pengambilan

Keunggulan Mesin Pencacah Kompos

Keunggulan Mesin Pencacah Kompos
Keunggulan Mesin Pencacah Kompos

Dalam penggunannya, mesin pencacah kompos memiliki beberapa keunggulan yang menjadikannya sebagai salah satu mesin yang paling sering digunakan oleh pengusaha pupuk kompos. Adapun keunggulan dari mesin pencacah kompos sebagai berikut:

  • Bentuk dari mesin pencacah kompos ringkas dan sederhana
  • Mesin pencacah kompos ini tidak memerlukan bantuan dari operator dengan kualifikasi tertentu karena mesin ini sangat mudah untuk pengoperasiannya
  • Hasil cacahan sampah organik dengan menggunakan mesin memiliki ukuran yang kecil sehingga memudahkan dalam pembuatan atau pengolahan menjadi pupuk kompos
  • Mampu mencacah berbagai macam jenis sampah organis dengan berbagai ukuran dan ketebalan
  • Pisau yang ada di dalam mesin memiliki ketajaman dan kekerasan tinggi sehingga lebih awet

Baca juga : Mesin Milling Vertikal

Demikian ulasan singkat mengenai mesin pencacah kompos mulai dari pengertian, kegunaan, cara mengoperasikan hingga keunggulan dari mesin pencacah kompos. Semoga apa yang dibahas di dalam artikel ini bermanfaat bagi Anda terutama bagi seseorang yang berniat membuka usaha pembuatan pupuk kompos.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close