Teknologi

√ Penjelasan Mengenai Mesin Pembuat Tahu [Lengkap]

Tahu adalah sumber protein nabati yang sangat familiar di telinga orang Indonesia. Pembuatan tahu secara tradisional memangada sejak dulu, namun tidak bisa memenuhi permintaan pasar yang terus-menerus meningkat. Oleh karena itu, dibutuhkan beberapa inovasi berupa mesin pembuat tahu agar meningkatkan produksi tahu sehingga kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi. Lalu apa saja mesin pembuat tahu modern untuk memenuhi permintaan pasar tersebut? Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda.

Penjelasan Mengenai Mesin Pembuat Tahu [Lengkap]

Tidak bisa dipungkiri, tempe dan tahu mendapatkan peringkat pertama sebagai menu utama lauk pauk sebagian masyarakat Indonesia. Hasil olahan kedelai ini menjadi makanan favorit dengan rasa gurih, bergizi tinggi, dan harga sangat murah. Jenis-jenis tahu bermacam-macam. Ada tahu kuning, tahu putih, tahu susu, tahu Sumedang, dan lainnya. Anda juga bisa mengolah tahu menjadi beraneka jenis makanan. Sebagai teman makan nasi ataupun diolah menjadi aneka camilan. Mulai dari tahu krispi, tahu jeletot, tahu bumbu, tahu gejrot, bakso tahu, dan aneka jajanan lainnya. Maraknya bisnis kuliner berbahan dasar tahu ini menarik minat tersendiri bagi pengusaha makanan. Nah, inevstasi utama yang diperlukan untuk membuat bisnis tahu adalah mesin pembuat tahu. Mesin ini mampu menghasilkan tahu dengan kualitas yang terjaga. Proses pembuatan tahu memang sangat panjang, mulai dari perendaman, pencucian, hingga penggilingan kedelai. Kemudian, bubur kedelai direbus, disaring, diendapkan, dan masuk proses pencetakan. Semua langkah-langkah ini bisa dilakukan cepat menggunakan mesin pembuat tahu. Berikut ini adalah sekilas pembuatan tahu menggunakan mesin pembuat tahu:

Baca juga : Mesin Penggiling Kedelai

Cara Pembuatan Tahu

Cara Pembuatan Tahu
  • Pertama, kedelai direndam selama 24 jam
  • Kemudian dimasukkan ke dalam mesin pemisah kulit ari kedelai
  • Kedelai yang bersih dari kulit ari masuk ke mesin penggiling kedelai dengan tambahan air hingga menjadi bubur
  • Selanjutnya, bubur kedelai yang masih berupa campuran susu kedelai dan ampas direbus. Saat proses perebusan, air harus ditambahkan setiap muncul busa di permukaan. Penambahan air dilakukan hingga busa benar-benar hilang sama sekali
  • Setelah itu, bubur kedelai didiamkan hingga dingin
  • Lalu disaring untuk memisahkan cairan dan ampasnya yang masih menempel. Setelah bersih, cairan direbus namun tidak sampai mendidih
  • Cuka makan ditambahkan ke dalam cairan lalu didiamkan sekitar 30 menit hingga terbentuk calon tahu
  • Calon tahu disaring dengan saringan tahu dan didiamkan kembali sampai menjadi tahu
  • Terakhir, tahu dimasukkan ke dalam mesin pencetak tahu, dipotong-potong, dan siap untuk dipasarkan

Baca juga : Mesin Tusuk Sate

Keunggulan Mesin Pembuat Tahu

Keunggulan Mesin Pembuat Tahu

Bagi pengusaha tahu, kecepatan produksi dan kualitas produk adalah hal utama. Mesin manual sudah tidak bisa diandalkan untuk menghasilkan tahu dalam jumlah banyak secara cepat dengan bentuk dan ukuran yang sama. Dilihat dari sisi alatnya, berikut adalah beberapa keunggulan mesin pembuat tahu, antara lain:

  • Menghemat biaya, waktu, dan tenaga produksi
  • Mudah dioperasikan tanpa keahlian khusus
  • Mudah dibersihkan dan dirawat
  • Terbuat dari bahan baja antikarat (stainless steel) sehingga aman, tahan lama, dan higienis

Baca juga : Mesin Pembuat Mie

Jenis-Jenis Mesin Pembuat Tahu

Jenis-Jenis Mesin Pembuat Tahu

Berikut ini adalah beberapa jenis mesin pembuat tahu:

1. Jenis mesin pemotong tahu manual

Pertama adalah mesin produksi berukuran kecil memiliki ukuran 60 x 45 x 120 cm dengan kapasitas produksi tahu 12 kg/jam. Sedangkan, ukuran besarnya adalah 53,5 x 53,5 x 109 cm dengan kapasitas produksi 12 kg per/jam. Caranya, letakkan tahu ke dalam wadah. Pasang wadah ke bawah pisau pemotong dengan benar. Kencangkan kuncinya hingga wadah tidak bergeser. Putar tuas hingga mesin turun dan siap memotong tahu. Seusai dipotong, putar kembali tuas ke arah berlawanan guna mengangkat pisau ke posisi semula. Lepaskan kunci wadah dan pindahkan ke wadah lain.

2. Mesin giling kedelai ukuran besar MSF-120

3. Mesin giling kedelai ukuran kecil MSF 100

4. Mesin pembuat susu kedelai otomatis ET-YL9

5. Mesin press tahu manual ET-DF01

6. Mesin tasudo (Mesin Pembuat Susu Kedelai Otomatis Tipe A)

Fasilitas yang Anda dapat adalah mesin giling stainless berkapasitas 36 kg jam dengan 750 watt. Dengan harga Rp 7.700.000, Anda mendapat galon kran, alat press, cetakan, tutup kayu, gelas ukur, serok, pengaduk kayu, irus, kain penyaring, sari bahari 5 liter, dan saringan mesin.

7. Mesin tasudo (Mesin Pembuat Tahu Tipe B)

Sama seperti sebelumnya, mesin ini juga berkapasitas 35 kg/jam dengan 750 watt. Dengan harga Rp 11.300.000, Anda mendapatkan panci 2 buah, galon kran, alat press, cetakan dan tutup kayu, gelas ukur, serok, pengaduk kayu, irus, kain penyaring, kompor, mesin sealerm sari bahari 5 liter, serta saringan mesin.

8. Mesin tasudo (Mesin Pembuat Tahu Tipe C)

Mesin penggiling Tahu stainless ini berkapasitas 35 kg/jam dengan 750 watt. Dengan membayar Rp 19.300.000, Anda mendapatkan panci 2 buah, ketel uap, pipa, alat press, cetakan 2 buah, tutup kayu, gelas ukur, serok, pengaduk kayu, irus, akin penyaring, kompor ketel, mesin cup sealer, sari bahari 5 liter, serta saringan mesin.

Baca juga : Mesin Pembuat Bakso

Macam-Macam Olahan Tahu

Macam-Macam Olahan Tahu

Tahu bisa diolah menjadi berbagai bahan makanan, antara lain:

1. Pepes tahu

Untuk membuat pepes tahu, Anda memerlukan 1 buah tahu besar, 2 lembar daun salam, 2 batang serai, 3 lembar daun jeruk, 16 cabai rawit hijau, 50 ml santan kental, dan 1 butir telur. Bumbu yang harus Anda haluskan adalah 5 buah cabai merah besar, 5 bawang merah, 3 siung bawang putih, 2 sendok the garam, ½ sendok teh merica serta 1 sendok teh gula pasir. Untuk membungkus, Anda memerlukan daun pisang dan lidi untuk menyemat.

2. Sup tahu miso

Bahan yang Anda perlukan adalah 200 gram tahu, 3 sendok makan, 1 liter kaldu dashi, 150 gram miso atau tauco, dan 200 gram bayam. Sangat mudah, bukan?

3. Sapo tahu ayam

Untuk membuat sapo tahu ayam, Anda harus menyiapkan 2 potong dadu ayam, ½ bagian tahu cina, 1 buah wortel, 1 ikat kecil kembang kol, 1 batang daun bawang, 2 buah jamur hitam, dam 10 buah jamur kancing. Bumbu yang harus Anda haluskan adalah 1 siung bawang putih, 2 sendok teh kecap ikan. 2 sendok makan kecap manis, garam, dan lada. Sebagai pelengkapnya, Anda memerlukan 1 sendok the mkinyak wijen dan larutan tepung sagu.

4. Pizza tahu

Untuk membuat pizza tahu, bahan-bahan yang dibutuhkan adalah 100 gram tahu, 30 gram bawang bombay, 20 gram paprika merah, 20 gram paprika hijau, 10 gram tapioca, 200 gram telur, 50 ml susu cair, 150 gram keju, 1 bungkus kaldu ayam, dan 30 gram mentega.

5. Rolade sosis tahu

Rolade sosis tahu membutuhkan bahan-bahan yang mudah seperti 3 buah tahu, 3 telur, 2 buah sosis, 2 sendok makan tepung terigu, garam, penyedap, 1 siung bawang merah. 1 siung bawang putih, dan daun bawang.

Baca juga : Mesin Popcorn

Demikian mesin-mesin pembuat tahu. Semoga bermanfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close