Teknologi

√ Cara Memilih Mesin Pembuat Mie yang Tepat

Siapa diantara kalian yang tidak pernah mengkonsumsi mie? Hampir semua orang pasti pernah mengkonsumsi mie meskipun tidak setiap hari. Mie termasuk salah satu makanan pengganti nasi yang sangat digemari oleh masyarakat. Hal tersebut terbukti banyaknya usaha-usaha dengan menu utama mie yang dibuat dengan berbagai variasi seperti mie setan, mie jongging, mie nyonyor dan lainnya. Berdasarkan pernyataan tersebut, mie dapat menjadi peluang besar untuk berbisnis apalagi olahan mie yang dijual adalah hasil racikan sendiri yang tentunya sehat. Hal itu dikarenakan bahwa saat ini kebanyakan mie yang dijual di pasaran termasuk mie yang tidak sehat karena mie tersebut dalam pengolahannya menggunakan zat pengawet yang berlebihan.

Untuk membuat mie dengan racikan sendiri tentunya dibutuhkan sebuah alat yang dapat memudahkan dalam proses pembuatan mie. Alat tersebut dinamakan mesin pembuat mie. Dengan menggunakan mesin pembuat mie, pengusaha akan sangat terbantu, proses lebih cepat, efektif, dan efisien serta mie yang diproduksi tentunya lebih terjamin kebersihannya dan pengusaha dapat berkreasi dengan rasa dan bentuk dari mie sesuai dengan yang diinginkan. Maka dari itu, di dalam artikel ini akan diulas secara lengkap mengenai mesin pembuat mie mulai dari pengertian, jenis-jenis, cara memilih mesin yang tepat hingga kelebihan dari mesin pembuat mie. Untuk itu, simak baik-baik ulasannya di bawah ini!

Baca juga : Mesin Penepung

Pengertian Mesin Pembuat Mie

Pengertian Mesin Pembuat Mie

Noodle maker atau yang biasa dikenal dengan mesin pembuat mie merupakan sekumpulan alat yang digunakan dalam proses produksi mie yang mana dimulai dari membuat adonan, menipiskan hingga mencetak mie. Mesin pembuat mie berfungsi untuk membantu seseorang dalam memproduksi mie terutama dalam jumlah yang banyak. Mesin pembuat mie terdiri dari berbagai macam jenis diantaranya mesin mixer untuk mencampur adonan, mesin pemipih untuk memipihkan adonan mie dan mesin pemotong mie yang digunakan untuk memotong mie yang telah dipipihkan. Berikut penjelasannya:

Baca juga : Mesin Penggiling Kedelai

Jenis-jenis Mesin Pembuat Mie

Berikut ini adalah jenis-jenis mesin pembuat mie yang setidaknya harus dimiliki para pengusaha mie:

1. Mesin Mixer Mie

Jenis-jenis Mesin Pembuat Mie

Mesin mixer mie disebut juga dengan dough mixer atau mesin pembuat adonan. Mesin mixer mie berfungsi untuk membuat atau mencampur adonan dengan cara mencampurkan semua bahan baku untuk pembuatan mie. Dengan menggunakan mesin mixer mie, seseorang tidak perlu lagi membuat adonan mie dengan cara manual.

Mesin mixer mie memiliki tabung yang berguna sebagai alat untuk mengaduk bahan baku. Mesin mixer ini menggunakan daya listrik sehingga dapat bekerja secara otomatis. Penggunaannya yang sangat mudah dan kapasitasnya yang cukup besar membuat mesin mixer mie menjadi alat yang wajib dimiliki bagi pengusaha mie. Mesin mixer dibedakan menjadi beberapa jenis tergantung model dan kapasitasnya. Adapun jenis mesin mixer mie sebagai berikut:

Baca juga : Mesin Grinder Kopi

  • Mixer spiral
    Mesin mixer ini menggunakan pengaduk yang berbentuk spiral dengan posisi vertikal. Saat mesin bekerja, wadah akan ikut berputar sehingga bahan akan tercampur dengan rata. Selain digunakan untuk membuat adonan mie, mesin mixer ini dapat juga digunakan untuk membuat adonan roti atau kue.
  • Mixer horizontal
    Mesin mixer ini berbentuk kotak dengan menggunakan pengaduk yang diposisikan secara horizontal. Wadah yang dimiliki mesin mixer ini berukuran besar sehingga dapat menampung bahan baku dengan jumlah yang banyak. Hal tersebut membuat proses produksi mie semakin cepat.

2. Mesin pencetak mie

Jenis-jenis Mesin Pembuat Mie

Setelah membuat adonan mie, maka selanjutnya adalah pencetakkan mie. Proses pencetakkan dapat dilakukan dengan menggunakan mesin pencetak mie. Bila mesin mxer menghasilkan adonan yang bertekstur lembek, maka dengan menggunakan mesin pencetak mie akan mengubak adonan tersebut menjadi helai-helai mie yang padat dan siap untuk dimasak atau diperjualbelikan.

Mesin pembuat mie ada yang dioperasikan secara otomatis namun adapula yang dioperasikan secara manual. Perbedaanya hanya terletak pada cara kerja dan waktu penggunaan. Mesin pembuat mie otomatis hanya perlu menekan tombol dan adonan langsung memproses dengan sendirinya sesuai dengan settingan yang telah dilakukan sehingga dapat mengefisienkan waktu, sedangkan mesin pembuat mie manual dioperasikan dengan tenaga dari tuas saat proses pembuatan sehingga terlalu banyak menghabiskan waktu dan juga tenaga.

Mie yang berkualitas tidak hanya ditentukan oleh rasa, akan tetapi juga ditentukan oleh tekstur. Untuk mendapatkan mie dengan tekstur yang baik, yang harus dilakukan adalah pemilihan bahan yang digunakan untuk membuat mie. Berikut akan dipaparkan tips dalam pemilihan bahan baku yang berkualitas:

  • Pilihlah tepung yang bermerk dan sering digunakan oleh banyak orang
  • Pastikan tepung yang akan digunakan dalam keadaan yang baik atau tidak kadaluwarsa, tidak menggumpal, dan bebas dari kutu.
  • Untuk pembuatan mie, pilih tepung yang memiliki protein tinggi agar mendapatkan tingkat kekenyalan yang pas dan sesuai dengan keinginan.

Selain tepung, untuk pembuatan mie terdapat bahan-bahan lain yang digunakan seperti telur, minyak, air yang mana juga sangat perlu diperhatikan kualitasnya. Pastikan semua bahan yang digunakan dalam kondisi baik agar mendapatkan kualitas mie yang bermutu tinggi.

Baca juga : Mesin Roasting Kopi

Cara Memilih Mesin Pembuat Mie Yang Tepat

Cara Memilih Mesin Pembuat Mie Yang Tepat

Mesin pembuat mie termasuk peralatan penting dalam pembuatan mie. Dengan menggunakan mesin mie yang baik dan berkualitas maka akan menghasilkan produk mie yang berkualitas pula. Apabila dalam memproduksi mie menggunakan mesin pembuat mie dengan kondisi yang buruk maka akan menghasilkan mie dengan kualitas buruk pula. Oleh karena itu, pemilihan mesin pembuat mie yang akan digunakan termasuk permasalahan yang penting dimana akan berpengaruh terhadap bisnis yang dikelola. Sebelum membeli mesin pembuat mie, pastikan mesin yang akan dibeli memiliki kriteria sebagai berikut:

  • Mesin pembuat mie terbuat dari bahan yang berkualitas, awet, tidak mudah rusak, dan mudah dibersihkan
  • Mesin pembuat mie memiliki kapasitas yang besar yang mana sesuai dengan jumlah produksi yang dihasilkan
  • Mesin pembuat mie harus praktis dan mudah digunakan
  • Dapat menghasilkan mie dengan berbagai ukuran maupun ketebalan yang diinginkan
  • Mesin pembuat mie yang akan dibeli setidaknya harus hemat listrik
  • Mesin pembuat mie yang akan dibeli setidaknya memiliki garansi

Kelebihan Mesin Pembuat Mie

Kelebihan Mesin Pembuat Mie

Mesin pembuat mie memiliki beberapa kelebihan yang wajib diketahui. adapaun beberapa kelebihan yang dimiliki sebagai berikut:

  • Mesin pembuat mie dapat menyesuaikan jumlah mie yang akan dicetak sesuai dengan kebutuhan sehingga dapat memudahkan pada saat proses produksi agar sesuai dengan target yang telah ditentukan
  • Dengan menggunakan mesin pembuat mie, seseorang dapat menentukan komposisi adonan yang akan dibuat sesuai dengan kebutuhan dan dengan menggunakan resep masing-masing. Mesin hanya tingga mengolahnya menjadi bentuk mie sebagaimana pada umumnya.
  • Dengan menggunakan mesin pembuat mie, kualitas mie yang diolah lebih higienis dan juga segar. Apalagi jika dengan menggunakan mesin, ukuran mi dapat ditentukan sesuai keinginan.
  • Dengan menggunakan mesin pembuat mie, seseorang bisa mendapatkan berbagai bentuk mie mulai dari mie basah, bulat, ataupun lurus dimana sesuai dengan mesin yang digunakan.
  • Mengunakan mesin pembuat mie, proses pembuatan mie akan semakin cepat, mudah, rapi, praktis dan tentunya sangat menguntungkan untuk berbagai jenis usaha yang menjadikan mie sebagai menu utamanya.

Baca juga : Mesin Giling Ikan

Nah itulah informasi terkait ulasan lengkap mesin pembuat mie mulai dari pengertian, jenis-jenis, cara memilih mesin yang tepat hingga kelebihan dari mesin pembuat mie. Semoga apa yang diulas di dalam artikel ini bermanfaat terutama bagi kalian yang ingin membuka usaha dengan menu yang berasal dari mie.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close