Teknologi

√ Penjelasan Mengenai Mesin Pembuat Bakso [Lengkap]

Bakso menjadi salah satu kuliner yang disukai oleh masyarakat. Semakin tingginya minat terhadap bakso menjadikan faktor pendorong semakin berkembangnya pengusaha bakso di masyarakat. Saat ini, hampir di setiap daerah terutama di Indonesia banyak dijumpai warung bakso. Mereka berlomba-lomba menciptakan bakso yang enak, halus, dan memiliki cita rasa yang unik agar menarik banyak pembeli. Untuk mempercepat produksi bakso, gunakan sebuah alat untuk mempermudah dalam pembuatannya. Dengan menggunakan alat ini, kalian dapat memproduksi bakso dalam jumlah yang banyak dengan waktu yang singkat. Alat tersebut dikenal dengan nama mesin pembuat bakso.

Baca juga : Mesin Penggiling Kedelai

√ Penjelasan Mengenai Mesin Pembuat Bakso [Lengkap]

Agar dapat membuat usaha bakso, setidaknya Anda harus memiliki beberapa mesin pembuat bakso seperti mesin cetak bakso, mesin mixer daging, dan mixer giling daging. Ketiga mesin tersebut adalah mesin-mesin yang digunakan untuk pengolahan bakso dari bahan yang berupa daging hingga menjadi bakso dengan rasa yang istimewa. Nah untuk lebih jelasnya lagi, di dalam artikel ini akan diulas mengenai mesin pembuat bakso dimulai dari pengertian dan jenis mesin pembuat bakso. Oleh karena itu, simak ulasannya di bawah ini!

Baca juga : Mesin Penepung

Pengertian Mesin Pembuat Bakso

Pengertian Mesin Pembuat Bakso

Mesin pembuat bakso merupakan alat-alat yang digunakan untuk proses pembuatan bakso, dimulai dari penggilingan hingga proses pencetakkan bakso. Mesin pembuat bakso terdiri dari beberapa mesin diantaranya mesin penggilingan daging, mesin mixer bakso dan mesin pencetak bakso. Biasanya daging yang digunakan untuk pembuatan bakso terdiri dari daging sapi pilihan, daging koyor berserat untuk digunakan untuk bakso urat atau juga daging halus untuk bahan pembuatan bakso halus. Namun jika ingin membuat variasi atau menciptakan bakso yang unik dapat menggunakan daging lain selain daging sapi, diantaranya:

Baca juga : Mesin Tusuk Sate

  • Daging ayam

Daging ayam menjadi salah satu alternatif umum untuk membuat bakso selain menggunakan daging sapi. Daging ayam yang dipakai biasanya adalah bagian dada fillet. Daging ayam dicincang dan di campur dengan bahan-bahan lain. Warna bakso yang memakai daging ayam cenderung lebih pucat dari bakso daging sapi. Hal itu dikarenakan daging ayam sendiri sudah berwarna putih. Tekstur daging ayam lebih lembut karena serat pada dagingnya halus.

  • Daging ikan

Bakso dengan daging ikan juga memiliki banyak penggemar karena daging ikan dipercaya menyehatkan, rendah kolesterol, tinggi protein. Warna bakso dengan bahan daging ikan tergantung pada jenis ikan yang dipakai. Biasanya warna bakso dengan bahan daging ikan cenderung putih. Jenis ikan yang biasanya dipakai untuk membuat bakso ikan seperti ikan tenggiri, kakap, kerapu, bahkan ada yang memakan jenis ikan tuna.

  • Daging udang

Udang ternyata dapat juga digunakan sebagai bahan pembuatan bakso. Biasanya udang yang digunakan adalah udang peci. Udang memberikan rasa gurih yang menjadi penambah kelezatan dari kuah bakso. Biasanya warna bakso yang terbuat dari daging udang cenderung berwarna putih agak kemerahan atau seperti ada bercak-bercak warna pink. Tekstur bakso dengan daging udang lembut dan mudah untuk dikunyah.

  • Daging cumi

Kesulitan dalam pembuatan bakso dengan bahan daging cumi yaitu pada saat menghilangkan tinta hitamnya. Jika tinta tersebut tercampur, bakso akan berwarna hitam dan memiliki rasa pahit.

  • Sayuran

Bakso dari bahan sayuran mungkin terdengar asing di telinga kita. biasanya jenis sayuran yang dipakai seperti wortel, bayam, jagung, maupun jamur.

Mesin penggilingan daging memiliki gilingan atau rajangan daging dan penghalus rajangan daging. Biasanya penggilingan akan menggunakan piringan dari cetakan besi cor untuk kapasitas yang lebih besar, sedangkan akan menggunakan chopper atau mixer bakso kapasitas kecil berupa. Mesin mixer bakso sangat cocok untuk usaha bakso dengan usaha skala kecil seperti bisnis bakso rumahan.

Baca juga : Mesin Pembuat Mie

Pengertian Mesin Pembuat Bakso

Untuk membuat bakso, ada beberapa hal yang harus perhatikan ketika proses pengolahannya, diantaranya sebagai berikut:

1. Memilih daging dengan kualitas terbaik

Dengan menggunakan daging dengan kualitas yang baik tentunya akan menjamin rasa bakso yang lezat. Lalu, daging bagian mana yang paling cocok untuk dijadikan bahan bakso. Berikut cara memilih daging yang paling tepat sebagai bahan pembuatan bakso.

a. Pilih bagian daging sapi yang digunakan

Dalam memilih daging sapi untuk bakso, sebaiknya gunakan daging yang ada pada bagian dekat dengan tulang dan bersih dari gaji. Berikut bagian-bagian daging pada sapi yang enak untuk diolah menjadi bakso:

  • Shank : daging yang membalut tulang kering dari kaki bawah depan dimana bagian ini banyak terdapat sumsum yang bisa dijadikan kaldu untuk kuah bakso
  • Chuck : bagian paha depan pada sapi yang memiliki tekstur yang tebal. Bila dijadikan bahan untuk bakso, maka akan menghasilkan banyak adonan. Biasanya bagian ini dagingnya menempel dari tulang bahu hingga ke paha bagian luar.
  • Sengkel : bagian ini adalah kaki depan bagian atas pada sapi. Bagian ini memiliki otot yang cukup banyak karena sering digunakan untuk bergerak.
  • Tetelan : bagian daging sapi yang letaknya melekat pada tulang-tulang. Serat otot yang kenyal membuat tekstur bakso menjadi kenyal. Tetelan ini sangat cocok untuk pembuatan bakso urat.
  • Topside : bagian atas dari kaki sapi belakang. Bentuk bagian ini ramping dan lembut yang tidak membutuhkan waktu lama dalam pengolahannya.

b. Perhatikan kualitas daging

Untuk melihat kualitas daging dapat dilihat dari penampilan luarnya. Daging sapi yang segar akan berwarna merah merona. Untuk aroma, hindari daging yang beraroma busuk dan warnanya sudah kehijauan. Selain itu, perhatikan juga tekstur daging. Jika tekstur daging yang padat dan agak kenyal menandakan kualitas daging yang masih baik. Pastikan juga daging juga tidak berair.

Baca juga : Mesin Giling Ikan

Jenis Mesin Pembuat Bakso

Jenis Mesin Pembuat Bakso

Mesin pembuat bakso memiliki beberapa ragam jenis yang tidak dapat dikaitkan satu sama lain. masing-masing mesin pembuat bakso memiliki spesifikasi tersendiri. Adapun jenis-jenis mesin pembuat bakso sebagai berikut:

1. Mesin pembuat bakso dengan kecepatan 230 butiran

Mesin pembuat bakso jenis ini merupakan salah satu alat pembuat bakso yang dirancang khusus yang menghasilkan kecepatan prima dalam menghasilkan butiran bakso. Umumnya, mesin pembuat bakso jenis ini banyak digunakan pengusaha bakso yang sukses dengan jumlah konsumen serta cabang bakso yang sudah tersebar dimana-mana. Untuk masalah kecepatan, kecepatan mesin pembuat bakso jenis ini tidak diragukan lagi karena sangat cepat.

2. Mesin pembuat bakso dengan kapasitas 120 kg

Mesin pembuat bakso dengan kapasitas 120 kg merupakan salah satu mesin pembuat bakso yang dibuat dari negara China yang mana memiliki kapasitas penggilingan daging yang cukup luas dan besar. Kualitas dari mesin jenis ini cukup bersaing dengan kualitas dari mesin pembuat bakso dengan kecepatan 230 butiran meskipun tetap berada pada level di bawahnya.

Jika membeli mesin pembuat bakso jenis ini akan mendapatkan bonus alat-alat pembuat bakso lainnya seperti 2 buah pisau, 3 buah saringan, dan 1 cetakan pembuat bakso. Mesin pembuat bakso dengan kapasitas 120 kg dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau dan kualitasnya pun cukup awet jika digunakan untuk bidang usaha bakso.

Nah itulah ulasan singkat mengenai mesin pembuat bakso yang dimulai dari pengertian dan jenis mesin pembuat bakso yang dapat disampaikan. Semoga apa yang diulas di dalam artikel ini bermanfaat bagi Anda terutama bagi yang akan memulai bisnis usaha bakso.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close