Teknologi

√ Penjelasan Mengenai Mesin Milling Vertikal [Lengkap]

Pengerjaan sebuah logam dalam dunia manufaktur ada beberapa macam mulai dari pengerjaan panas, pengerjaan dingin hingga pengerjaan loga secara mekanis. Biasanya dalam pengerjaan mekanis logam biasanya digunakan untuk mengerjakan tahap finishing sehingga dalam pengerjaan mekanis dikenal beberapa prinsip pengerjaan salah satunya yaitu pengerjaan peralatan permukaan dengan menggunakan mesin frais atau juga dapat disebut dengan mesin milling.

Mesin milling termasuk salah satu mesin yang umum digunakan di dalam dunia perindustrian. Mesin ini dapat digunakan untuk membentuk benda kerja menjadi berbagai macam bentuk. Bagi seseorang yang ingin membuka sebuah usaha bengkel, memiliki mesin milling termasuk salah satu peralatan yang harus dimiliki dimana mesin ini dapat digunakan untuk memproduksi dan juga merepair sehingga sangat menguntungkan bagi pengusaha bengkel. Ada beberapa jenis mesin milling dalam dunia manufakturing salah satunya adalah mesin milling vertikal. Nah untuk itu, di dalam artikel ini akan diulas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan mesin milling vertikal mulai dari pengertian, jenis hingga manfaat mesin milling vertikal. Namun sebelum itu, alangkah baiknya akan diulas terlebih dahulu secara singkat mengenai pengertian dari mesin milling. Maka simak ulasannya di bawah ini!

Baca juga : Mesin Roll Forming

Pengertian Mesin Milling

√ Penjelasan Mengenai Mesin Milling Vertikal [Lengkap]
Pengertian Mesin Milling

Mesin milling adalah mesin yang paling mampu menghasilkan bentuk permukaan bidang rata yang cukup halus dimana proses ini membutuhkan pelumas (oli) yang berguna sebagai pendingin mata milling agar tidak cepat mengalami aus. Selain itu, mesin milling dapat menghasilkan bentuk permukaan berlekuk dengan penyelesaian dan ketelitian yang istimewa serta dapat menghaluskan atau meratakan benda kerja sesuai dengan dimensi yang diinginkan. Mesin milling memiliki 3 sumbu utama yaitu sumbu Z searah dengan spindel, Y untuk gerakan lebar, dan X untuk gerakan memanjang. Benda-benda hasil milling umumnya berbentuk tiga dimensi seperti kubus, segibanyak, profil, dan bentuk-bentuk lainnya.

Proses dalam mesin milling dapat dikatakan suatu proses permesinan yang menghasilkan sebuah chips (beram). Milling menghasilkan permukaan datar pada ukuran dan kehalusan yang telah ditentukan yang terbentuk karena pergerakan dari meja mesin. Pada saat pengurangan material dari benda kerja terjadi karena adanya kontak antara alat pemotong yang berputar pada spindle dengan benda kerja yang tercekam pada mesin. Mesin milling jika dikolaborasikan dengan suatu alat bantu atau alat pemotong khusus akan dapat menghasilkan beberapa bentukan seperti uliran, spiral, roda gigi, cam, drum scale, poros bintang, poros cacing, dan sebagainya.

Prinsip kerja yang dimiliki mesin milling adalah adanya tenaga untuk pemotongan yang berasal dari energi listrik yang akan diubah menjadi gerak utama oleh sebuah motor listrik. Gerakan utama tersebut akan diteruskan melalui suatu transmisi yang akan menghasilkan gerakan putar pada spindel yang ada dalam mesin milling. Proses kerja pada mesin milling dimulai dengan gerakan mencekam benda kerja dan kemudian dilanjutkan dengan pemotongan dengan menggunakan pisau milling yang disebut dengan cutter yang digunakan sebagai alat pemahat yang berputar pada sumbu mesin.

Baca juga : Mesin Obras

Pengertian Mesin Milling
Pengertian Mesin Milling

Mesin milling vertikal termasuk jenis mesin milling yang berdasarkan penggolongan menurut jenis penamaannya yang disesuaikan dengan posisi spindel utama dan fungsi pembuatan produk. Mesin milling vertikal merupakan mesin yang digunakan untuk memproses sebuah logam yang mampu menghasilkan berbagai macam bentuk logam pada permukaan datar. Dengan menggunakan mesin milling vertikal, seseorang dapat membuat dan memahat dalam bentuk lubang, ceruk, potongan, hingga penghalusan pada permukaan datar sebuah logam.

Mesin milling vertikal memiliki poros utama atau spindel sebagai pemutar dengan pemegang alat potong dengan posisi tegak. Mesin milling vertikal menjadi sebuah mesin ruang perkakas utama yang dikonstruksi untuk pekerjaan yang memerlukan ketelitian tinggi.  Poros utama atau poros spindel yang ada di dalam mesin milling vertikal di pasang pada kepala tegak (vertical head spindle) atau posisi tegak dimana posisi ini dapat dimiringkan ke arah kiri atau kanan dengan sudut maksimal 60o bahkan juga dapat digerakkan dalam posisi naik.

Baca juga : Mesin Grinder Kopi

Mesin milling vertikal memiliki alat pemotong berbentuk batang yang disebut dengan pisau milling jari dan pisau berbentuk keong atau pisau milling muka. Pisau tersebut terletak pada sebuah arbor yang bergantung pada sebuah spindel yang digunakan untuk melakukan pengirisan, pemotongan, serta pemahatan pada permukaan logam. Benda logam yang akan dibentuk diletakkan di sebuah meja kerja yang terkait dengan spindel melalui sebuah ragum (vise) atau catok. Hal tersebut dapat dikatakan menjadi poros utama dalam pergerakan spindel dalam memahat sebuah permukaan logam

Semua bagian yang terdapat di dalam mesin milling vertikal sama seperti pada bagian mesin milling horizontal hanya saja posisi spindelnya tegak.  Mesin millng vertikal sangan cocok untuk membuat bentuk alur ekor burung (dovetail), alur tanpa ujung serta alur T. Mesin milling vertikal memiliki 2 tipe yaitu tipe knee dan tipe bed. Kombinasi dari dua tipe ini memungkinkan untuk mendapatkan bermacam-macam sudut dengan sekali penyetelan dalam pengerjaan benda kerja. Mesin milling jenis vertikal dapat diubah-ubah sesuai dengan keperluan. Biasanya sering digunakan untuk membuat dies atau alat-alat press atau tekan. Hal tersebut sama dengan sistem kerja dari mesin milling universal.

Jenis Mesin Milling Vertikal

Jenis Mesin Milling Vertikal
Jenis Mesin Milling Vertikal

Mesin milling vertikal memiliki tiga jenis mesin impor berdasarkan jenis kepalanya. Yang dimaksud kepala disini adalah cekaman untuk spindel yang akan bergerak untuk mendekatkan mata pisau ke logam. Adapun 3 jenis mesin milling vertikal sebagai berikut:

Baca juga : Mesin Blow Moulding

1. Mesin milling vertikal fixed head

Mesin milling vertikal jenis ini menggunakan kepala pencekam spindel dengan posisi tetap. Kepala hanya bisa bergerak maju mundur, sedikit bergeser kiri dan kanan. Akan tetapi gerakannya begitu kaku dan monoton. Biasanya mesin milling vertikal jenis ini lebih murah dan hanya cocok digunakan untuk mengerjakan bisang logam yang tidak terlalu rumit ataupun detail.

2. Mesin milling vertikal slant head

Mesin milling vertikal jenis ini memiliki kepala pencekam spindel yang lebih dinamis dibandingkan mesin milling vertikal fixed head dimana kepala pencekamnya cukup luwes untuk bergerak miring beberapa derajat sehingga mampu untuk mengerjakan benda logam melengkung atau membuat suatu pahatan yang memiliki kemiringan tertentu pada sebuah logam.

3. Mesin milling vertikal rotary head

Mesin milling vertikal jenis ini memiliki kepala pencekam spindel yang terkenal akan keluwesannya dimana kepala pencekamnya dapat bergerak dengan leluasa ke segala sudut dan arah. Mesin milling vertikal jenis ini sangat cocok untuk mengerjakan sebuah logam yang rumit dan pengerjaannya dalam bidang miring. Selain itu, seseorang dapat membuat pahatan khusus dengan kemiringan sesuai dengan kebutuhan.

Manfaat Mesin Milling Vertikal

Manfaat Mesin Milling Vertikal
Manfaat Mesin Milling Vertikal

Mesin milling vertikal menjadi mesin milling yang digunakan dengan perosotan sebagai pemutar dengan pemegang alat potong dengan positegen. Mesin milling vertikel memiliki beberapa kegunaan diantaranya:

  • Untuk memilling permukaan rata atau datar
  • Untuk memilling ulur
  • Untuk memilling bentuk
  • Untuk membelah maupun memotong
  • Untuk mengebor
  • Untuk memilling permukaan bersudut
  • Untuk memilling permukaan beralur
  • Untuk memilling permukaan berlubang
  • Untuk memilling permukaan melingkat atau bulat

Baca juga : Mesin Penyedot Pasir

Nah itulan informasi terkait ulasan lengkap mengenai mesin milling vertikal mulai dari pengertian, jenis hingga manfaat mesin milling vertikal. Semoga apa yang dibahas di dalam artikel ini menjadi sumber pengetahuan bagi kalian yang tidak mengetahui apa itu mesin milling vertikal.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close