Teknologi

√ Prinsip Dasar, Fungsi, dan Cara Kerja Mesin Hammer Mill

Pernahkah kalian mendengar alat yang bernama “mesin hammer mill”? jika kalian bekerja di bidang industri, pertanian, perumahan, penelitian, maupun aplikasi, kalian akan berhubungan dengan mesin tersebut. Hal itu dikarenakan mesin hammer mill banyak digunakan untuk keperluan-keperluan tersebut. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini akan diulas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan mesin hammer mill mulai dari pengertian, prinsip dasar, fungsi, cara kerja, kelebihan dan kekurangan hingga tips merawat mesin hammer mill. Untuk itu, simak ulasannya di bawah ini!

Pengertian Mesin Hammer Mill

√ Prinsip Dasar, Fungsi, dan Cara Kerja Mesin Hammer Mill
Pengertian Mesin Hammer Mill

Namanya saja hammer mill, jelas saja jika yang menjadi andalan dari mesin ini adalah keberadaan “hammer” alias martil dalam ruang penghancur. Mesin hammer mill merupakan mesin yang digunakan untuk memecahkan, menggiling, atau menghancurkan material-material dengan ukuran besar menjadi potongan-potongan yang berukuran kecil. Mesin hammer mill dikelilingi oleh sebuah drum yang berisi bahan-bahan material yang akan dihancurkan. Dengan dukungan dari martil dimana permukaan dilengkapi dengan banyak gerigi tajam membuat mesin ini mampu menghancurkan berbagai jenis bahan termasuk benda keras sekalipun dapat digiling menjadi bubuk yang sangat halus. Berbagai macam bahan yang biasanya diproses dengan menggunakan mesin ini seperti cangkang kerang,kayu, kopi, tulang ikan, dan berbagai macam jenis bahan lain untuk keperluan industri.

Baca juga : Mesin Penepung

Dalam pengaplikasiannya, mesin ini banyak digunakan dibidang industri, seperti:

  • Etanol tanaman (jagung)
  • Mesin pertanian yang mengolah pabrik gandum menjadi tepung kasar untuk pakan ternak
  • Fluff produksi bubur kertas
  • Produksi jus buah
  • Grinding palet pengiriman yang digunakan untuk mulsa
  • Penggilingan gabah
  • Penggergajian
  • Pencabikan kertas

Prinsip Dasar Mesin Hammer Mill

Prinsip Dasar Mesin Hammer Mill
Prinsip Dasar Mesin Hammer Mill

Prinsip kerja yang dimiliki mesin hammer mill hampir sama dengan stone crusher sekunder dan tertier. Mesin dapat memisahkan partikel-partikel kecil dan besar dengan menggunakan aliran udara. Prinsip dasar yang dimiliki mesin hammer mill adalah mudah. Mesin ini berbahan dasar baja yang memiliki desain dengan melibatkan porosnya yang berputar secara vertikal atau horizontal dan dipasangi palu sehingga dapat berayun dengan bebas di ujung salib atau tetap berada di rotor tengah. Rotor diputar dengan kecepatan tinggi yang berada di dalam drum sementara itu bahan dimasukkan ke dalam hopper feed. Secara bertahap, palu akan memecah material sampai menjadi potongan yang berukuran kecil sehingga dapat melewati ayakan dengan lubang-lubang yang dibuat sesuai dengan ukuran partikel yang diinginkan.

Baca juga : Mesin Bubut

Mesin hammers mill kebanyakan dilengkapi dengan udara yang dapat membantu sistem dalam menarik udara ke dalam mesin hammer mill. Sistem ini dirancang untuk memberikan tekanan di sisi keluar dari layar untuk mengganggu fluidized bed material di muka layar dimana layar dirancang berada pada dua potong sehingga sangat memungkinkan partikel untuk keluar melalui lubang layar. Ukuran lubang yang lebih bsar pada busur ke atas dari palu berfungsi untuk mengurangi jumlah bahan yang ada di muka layar.

Ukuran mesin hammer mill bermacam-macam, ada yang dibuat dengan ukuran kecil sehingga dapat diletakkan di meja dan bisa dioperasikan di rumah. Ada juga yang berukuran besar yang bisa menghancurkan seluruh badan mobil. Untuk ukuran mesin hammer mill yang besar biasanya menggunakan mesin diesel dengan 2.000 tenaga kuda (1,5 MW) atau lebih.

Fungsi Mesin Hammer Mill

Fungsi Mesin Hammer Mill
Fungsi Mesin Hammer Mill

Mesin hammer mill berfungsi untuk memperkecil ukuran bahan material untuk produksi hingga menjadi partikel-partikel bubuk yang lebih halus. Biasanya mesin hammer mill digunakan untuk industri penggilingan gandung, pembuatan pakan ternak, penghancur kompos organik, penghancur kertas, dan sebagainya.

Baca juga : Mesin Crusher Plastik

Mesin hammer mill banyak digunakan untuk menghancurkan berbagai macam bahan baku yang keras hingga menjadi halus. Mesin ini didukung dengan teknologi tepat guna yang memudahkan dalam proses penghancuran benda padat dan keras dengan cepat sehingga seseorang lebih berhemat baik waktu, tenaga, dan biaya untuk produksi.

Cara Kerja Mesin Hammer Mill

Cara Kerja Mesin Hammer Mill
Cara Kerja Mesin Hammer Mill

Mesin hammer mill bekerja pasa suatu prinsip bahwa bahan akan mudah dihancur leburkan jika menggunakan operasi empat langkah sederhana, sebagai berikut:

Baca juga : Mesin Rotary Dryer

  1. Bahan dimasukkan ke dalam mesin hammer mill ke ruang palu melalui gaya gravitasi akibat getara rotor
  2. Palu yang umumnya berbentuk potongan persegi panjang yang terbuat dari baja melekat pada suatu poros yang ada dalam mesin. Palu tersebut berputar dengan kecepatan tinggi di dalam ruangan dan akan menghancurkan material yang masuk melalui delivery device dan menumbuk material sampah halus secara berulang-ulang
  3.  Screen logam yang berlubang atau bar pengayak meliputi pembukaan debit mill yang dapat mempertahankan tingkat kekasaran bahan agar lebih memaksimalkan hasil yang keluar. Sementara itu memungkinkan juga bahan dengan ukuran besar akan ditumbuk lagi sampai menjadi halus dan menghasilkan sebuah produk
  4. Untuk material yang tidak bisa dihaluskan oleh palu seperti halnya kaca, batu, logam akan keluar melalui mill dengan bantuan gravitasi.
  5. Pneumatik hisap yang digunakan oleh mesin hammer mill dalam proses pembuangan material yang lebih ringan dan belum halus harus dipisahkan dengan material yang telah halus.

Keuntungan dan Kerugian Mesin Hammer Mill

Keuntungan dan Kerugian Mesin Hammer Mill
Keuntungan dan Kerugian Mesin Hammer Mill

Mesin hummer mill dapat menghasilkan bubuk dengan tingkat kehalusan yang tinggi sehingga membuat mesin ini menjadi mesin andalan bagi industri-industri seperti penggilingan kopi, pembuatan pelet pakan ternak, pembuatan semen hingga press board. Selain fantor kemampuannya sebagai pembuat bubuk yang sangat halus, mesin hammer mill ini memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan dalam penggunaannya. Adapun beberapa kelebihan dan kekurangan mesin hammer mill, sebagai berikut:

Baca juga : Mesin Blow Moulding

Keuntungan :

  • Konstruksi mesin yang sangat sederhana
  • Ukuran dari hasil gilingan fleksibel atau dapat diatu sesuai kebutuhan terutama mengatur tingkat kehalusan bubuk
  • Dapat menjadi pengaduk
  • Tidak mudah rusak
  • Harga mesin hammer mill lebih murah di pasaran
  • Mudah dalam penggunaannya
  • Biaya untuk produksi lebih sedikit
  • Bekerja dengan bahan gembur dan juga serat
  • Partikel yang diproduksi dengan menggunakan mesin hammer mill umumnya berbentuk bulat dengan permukaan yang dipoles

Kekurangan:

  • Hasil gilingan mesin hammer mill tidak merata
  • Biaya pemasangan cukup tinggi
  • Pada awal penggilingan membutuhkan enegri atau daya yang cukup besar
  • Dapat menghasilkan panas sehingga energi akan berkurang
  • Kurang efisien bila dibandingkan dengan mesin roller mill
  • Suara yang dikeluarkan mesin hammer mill cukup berisik
  • Menimbulkan polusi debu

Tips Merawat Mesin Hammer Mill

Tips Merawat Mesin Hammer Mill
Tips Merawat Mesin Hammer Mill

Jika ingin mesin hammer mill beroperasi secara maksimal, maka komponen-komponen yang ada di dalam mesin harus dalam kondisi yang baik. Melakukan perawatan mesin hammer mill secara berkala merupakan salah satu tindakan yang sangat diperlukan untuk menjaga mesin dari kerusakan sehingga mesin akan awet dan tahan lama.

Biasanya kerusakan pada mesin disebabkan oleh kesalahan dalam pengoperasiannya. Selain itu, kerusakan mesin juga dapat disebabkan oleh kondisi dari mesin yang tidak terawat sehingga mesin akan macet bahkan bisa saja tidak dapat digunakan. Ada beberapa tindakan praktis yang diperlukan dalam perawatan mesin hammer mill seperti menggunakan mesin sesuai dengan prosedur yang tepat dan selalu membersihkannya setiap kali selesai digunakan.

Demikian informasi yang dapat disampaikan terkait ulasan lengkap mengenai mesin hammer mill mulai dari pengertian, prinsip dasar, fungsi, cara kerja, kelebihan dan kekurangan hingga tips merawat mesin hammer mill agar tidak mudah rusak. Semoga apa yang disampaikan di dalam artikel ini dapat menambah wawasan Anda mengenai mesin hammer mill.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close