Teknologi

√ Kelebihan dan Jenis-Jenis Mesin Giling Ikan [Lengkap]

Mesin giling ikan berfungsi untuk menggiling ikan, daging, maupun ayam beserta tulangnya. Industri pengolahan pakan ternak cocok dengan mesin ini karena membutuhkan gilingan ikan atau daging sebagai tambahan pakan ternak. Bagi ibu-ibu yang malas pergi ke pasar untuk menggiling ikan di pasar, mesin giling ikan juga bisa menjadi alternatif. Mesin yang dilengkapi dengan grinder akan menghasilkan olahan ikan yang benar-benar halus sempurna. Tempat aplikasinya bisa dipakai di pengolahan limbah ikan, pengolahan makanan, pengolahan pakan ternak, pengolahan tepung ikan, dan sejenisnya. Lalu apa saja jenis-jenis mesin giling ikan tersebut? Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda.

Baca juga : Mesin Penggiling Kedelai

√ Kelebihan dan Jenis-Jenis Mesin Giling Ikan [Lengkap]

Mesin giling ikan memiliki beberapa fasilitas, antara lain:

  • Memiliki body dan loyang stainless steel yang terbuat dari baja sehingga rapi dan mudah dibersihkan
  • Memiliki alat pemutar yang stabil dengan output besar
  • Memiliki fasilitas tambahan untuk mencetak sosis
  • Memiliki listrik berdaya rendah sebesar 200 watt
  • Memiliki body ringan sehingga mudah dipindah-pindahkan
  • Dilengkapi dengan pulley sehingga aman digunakan
  • Mampu menggiling ikan dan ayam beserta tulangnya

Selain digunakan untuk menggiling ikan (badan dan kepala ikan), mesin giling ikan juga dapat menggiling udang, daging beserta tulangnya maupun bumbu pecel. Sayangnya, mesin giling ikan tidak bisa digunakan untuk menggiling dalam jumlah banyak karena kapasitnas sedikit dan lebih cocok untuk produksi rumah tangga. Apabila ingin menggiling bahan berjumlah banyak, gunakan mesin penggiling berkapasitas besar pula. Karena apabila dipaksakan, mesin akan mengalami kerusakan seperti tidak bisa menggiling dengan sempurna hingga trafo yang terbakar.

Baca juga : Mesin Grinder Kopi

Jenis-Jenis Mesin Giling Ikan

Jenis-Jenis Mesin Giling Ikan

1. Mesin Giling Ikan AGR-GD32

Mesin ini memiliki daya listrik 2.2 KW bevoltase 220 volt. Kecepatan sebesar 1400r per menitnya mampu menghasilkan olahan ikan seberat 150 kg. Mesin giling ikan memiliki berat 42 kg dengan dimensi 350x370x700 mm. Mesin giling berbahan stainless steel dijual dengan harga Rp 5.695.000.

2. Mesin Giling Ikan AGR GD-42

Daya listrik mesin giling ikan adalah 3 KW dengan voltase 220 v. Dengan diesel 8 PK, mesin giling ikan ini memiliki kecepatan 1400, sehingga mampu menghasilkan output sebesar 300-500 kg/jam. Mesin seberat 70 kg dnegan dimensi 450x400x850 mm tersebut dijual dengan harga Rp 9.265.000.

3. Mesin Giling Ikan AGR-52

Mesin giling ikan tipe AGR-52 dengan kekuatan diesel 10 PK mampu menghasilkan olahan ikan seberat 750-800 kg/jam.

4. Mesin Giling Ikan AGR-82

Mesin giling ikan tipe AGR-82 dengan kekuatan diesel 20 PK mampu menghasilkan olahan ikan seberat 1000-1500 kg/jam.

5. Mesin Giling Daging/Ikan TJ-8

Selain bisa digunakan untuk menggiling daging, mesin ini juga dapat dipakai menggiling ikan. Dimensi mesin cukup besar, yakni 36x23x45 cm dengan berat mesin sebesar 22 kg sehingga bisa menampung hingga 80 kg/jam. Daya mesin 300 watt dengan voltase 220/50Hz/1P

6. Mesin Giling Daging/Ikan TC-12C

Sama seperti mesin giling sebelumnya, dimensi besar yakni 40x19x41 cm tersebut mampu menampung produksi hingga 120 kg/jam. Berat mesin giling daging/ikan sebesar 22 kg membutuhkan bdaya 550 watt dengan voltase 220/50Hz/1P.

Baca juga : Mesin Penepung

Usaha-Usaha Olahan Giling Ikan

Usaha-Usaha Olahan Giling Ikan

Beberapa usaha-usaha giling ikan yang bisa Anda coba, antara lain:

1. Usaha makanan cepat saji

Daging ikan yang sudah digiling halus dengan mesin penggiling bisa diolah menjadi makan fozen siap saji, seperti nugget ikan, sosis ikan, otak-otak ikan, dan sebagainya. Anda juga bisa mengolahnya menjadi makanan awetan seperti abon atau dendeng ikan. Permintaan jenis makanan ini sangat tinggi di pasaran, apalagi jika Anda mengolahnya tanpa bahan pengawet dan MSG.

2. Usaha kerupuk

Selain menjadikan olahan ikan menjadi beberapa makanan cepat saji, ide bisnis menjanjikan yang bisa Anda kreasikan dari olahan mesin giling ikan adalah kerupuk dan terasi. Hasil gilingan ikan dari mesin giling ikan sangat halus sehingga dianggap layak menjadi bahan baku pembuatan kerupuk. Daging yang tidak berserat mampu menghasilkan adonan kerupuk yang kalis.

3. Usaha tepung ikan

Beberapa industry makanan skala besar biasanya membutuhkan suplai tepung ikan, namun enggan memproduksinya sendiri. Peluang bisnis tepung ikan ini bisa menjadi kesempatan meraup keuntungan besar. Dengan mesin giling ikan, Anda bisa menghaluskan ikan sebagai bahan baku tepung untuk memenuhi kebutuhan industry besar dari 50 kg hingga 500 kg/jam.

4. Usaha pakan ternak

Selalu ada limbah dari industri pengolahan ikan. Limbah biasanya berbau busuk dan menyengat hidung seta mencemari lingkungan sekitar. Biasanya limbah ikan tidak bermanfaat dan terbuang sia-sia begitu saja.  Seandainya Anda mau menggiling kembali bahan limbah dengan alat giling ikan, hal tersebut bisa menjadi peluang usaha. Olahan limbah ikan bisa digunakan menjadi tepung dan pupuk sebagai bahan tambahan campuran pakan ternak bagi ayam ataupun ikan air tawar. Selain itu, limbah dari ikan bisa diolah menjadi tepung ikan yang dipakai sebagai olahan pakan ikan. Usaha ini sangat menarik sebab Anda tidak memerlukan modal dan pembelian bahan baku yang banyak.

5. Usaha terasi ikan

Jika biasanya terasi terbuat dari udang, Anda juga bisa berkreasi membuat terasi dari ikan. Sama seperti kerupuk, adonan ikan yang sudah dihaluskam tersebut akan membuat tekstur terasi lebih halus dan rasanya juga tidak kalah enak. Selain pembuatannya mudah, mesin giling ikan akan menjadikan proses lebih cepat sehingga Anda tidak usah khawatir jika akan memproduksi terasi dalam jumlah besar.

Baca juga : Mesin Tusuk Sate

Kelebihan Mesin Giling Ikan

Kelebihan Mesin Giling Ikan

Kelebihan menggunakan mesin giling ikan, antara lain:

  • Lebih hemat

Apabila Anda memiliki mesin penggiling ikan, biaya operasional bisa Anda hemat semaksimal mungkin. Anda hanya perlu memikirkan biaya membeli ikan saja, tanpa biaya penggilingan daging ikan di pasar.

  • Lebih efektif dan efisien

Karena mesin giling mampu menampung ikan dalam jumlah besar dibandingkan menggunakan blender, maka proses penggilingan lebih efektif dan efisien. Blender yang digunakan untuk menghaluskan ikan kaya serat dalam jumlah banyak justru menyebabkan blender menjadi cepat panas. Bandingkan dengan penggunaan mesin giling ikan yang prosesnya lebih cepat dan hasilnya lebih merata.

  • Lebih sehat dan higienis

Dengan memakai mesin giling ikan, Anda bisa memperhatikan tingkat kebersihan dari alat itu sendiri. Hal ini berbeda bila Anda menggunakan mesin giling ikan di pasaran, Anda tidak pernah tahu bagaimana operator membersihkan mesin giling ikannya. Anda bisa membersihkan dan merawat mesin giling ikan. Sehingga kualitas dan kepentingan pelanggan tetap terjaga dan terhindar dari risiko yang kurang higienis.

  • Lebih hemat tenaga

Seperti yang Anda ketahui, menghaluskan daging atau ikan bukan hal yang mudah. Ikan harus benar dihaluskan agar membuat proses usaha olahan ikan menjadi lebih cepat. Baik tenaga manusia maupun tenaga listrik, mesin blender memiliki daya atau teganagan yang lebih besar.

Baca juga : Mesin Giling Cabe

Demikian ulasan jenis-jenis mesin giling ikan. Semoga bermanfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close