Teknologi

√ Tips Dalam Memilih Mesin Giling Cabe yang Berkualitas

Mesin giling cabe adalah alat yang digunakan untuk menggiling atau menghancurkan cabe untuk dijadikan saus cabe dengan mudah. Saus lebih tahan lama dibadingkan dengan cabe sehingga pebisnis cabe akan memilih mengolahnya menjadi saus sebelum cabe membusuk. Saus cabe biasa digunakan untuk pelengkap makanan bakso, siomay, tahu gejrot, atau ayam goreng. Jika Anda berminat ingin berbisnis soal saus cabe, ada baiknya untuk menentukan seperti apa mesin cabe yang Anda butuhkan tersebut. Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda!

Tips Dalam Memilih Mesin Penggiling Cabe

Tips Dalam Memilih Mesin Penggiling Cabe

Sebelum membeli mesin giling cabe, Anda harus mengetahui beberapa tips agar mendapatkan mesin cabe yang berkualitas, yakni:

Baca juga : Mesin Penepung

  • Pilih kapasitas mesin yang sesuai

Kapasitas mesin giling cabe beraneka ragam, mulai dari 20-30 kg hingga 100 kg. Pilihlah mesin sesuai kebutuhan Anda. Saat baru memulai bisnis sauc cabe, Anda bisa menggunakan mesin giling cabe tipe GLB-20 untuk kecepatan 20-30 kg/jam. Apabila sudah lama bergelut di dunia bisnis cabe, Anda bisa menggunakan tipe GLB-100 berkecepatan 75-100 kg/jam. Percayalah, rasa saus cabe yang dihasilkan tak berbeda dengan sambal ulekan.

  • Pilih bahan stainless steel

Mesin giling cabe yang terbuat dari bahan stainless steel akan lebih awet dan tahan terhadap karat. Selain itu, mesin ini juga tidak menyebabkan warna berubah. Lain halnya dengan mesin kuningan yang dapat menyebabkan warna kuning pada sambal karena warna luntur.

  • Menggunakan batu grinda

Selain berbahan stainless steel, mesin giling pun memakai batu grinda sehingga bisa menggilas bumbu secara berulang. Grinda berperan penting karena menentukan tekstur bumbu yang Anda inginkan. Anda bisa mengatur jarak grinda untuk menentukan tingkat kehalusan hasil gilingan cabe mulai dari yang sangat halus hingga biji cabe pun ikut hancur.

  • Berdaya listrik dan portable

Mesin giling cabe yang berdaya listrik akan lebih cepat dalam proses penggilangan. Apalagi jika mesinnya berjenis portable, Anda akan mudah membawanya kemana-mana.

  • Memiliki garansi

Pilihlah mesin yang memiliki garansi yang diberikan oleh toko atau pabrik. Garansi toko biasanya berjarak seminggu saja, namun garansi pabrik bisa satu atau dua tahun. Garansi ini bisa dipakai jika sewaktu-waktu mesin mengalami kerusakan.

Baca juga : Mesin Penggiling Kedelai

Keunggulan Mesin Penggiling Cabe

Keunggulan Mesin Penggiling Cabe

Mesin giling cabe memiliki banyak keuntungan, diantaranya adalah:

  • Kapasitasnya besar

Blender atau ulekan biasanya hanya bisa menampung bahan terbatas hingga 3 kg saja dengan waktu cukup lama. Apabila Anda memilik bisnis kuliner, tentunya Anda memerlukan penggilingan hingga beberapa kali. Dengan mesin penggilingan cabe, Anda bisa menghaluskan bumbu dengan mudah dan cepat.

  • Benar-benar menghaluskan

Saat menghaluskan dengan blender atau ulekan, maka biji-biji cabe tidak halus secara sempurna. Bila dikonsumsi dalam jangka panjang, maka akan menimbulkan usus buntu. Dengan mesin giling cabe, cabe bisa halus merata. Tekstur bumbu menjadi halus karena pengaturan yang dilakukan oleh batu grinda. Hasil yang diperoleh setelah proses penggilingan cabe sangat memuaskan dibandingkan dengan blender biasa.

Baca juga : Mesin Blow Moulding

  • Tak perlu tambah air

Saat menggunakan blender untuk menghaluskan cabe, Anda perlu air yang cukup banyak. Hal ini akan mengurangi cita rasa saus cabe itu sendiri. Namun, mesin giling cabe tidak memerlukan air saat menghaluskannya.  

  • Spare part mesin

Spare part yang dimiliki mesin penggiling cabe banyak dijual di pasaran. Saat ada bagian mesin yang rusak, Anda tidak perlu susah mencari spare partnya.  Sehingga tidak menggangu waktu Anda dan tidak butuh biaya besar. Garansi dan servis mesin giling cabe biasanya juga disediakan baik dari toko maupun langsung dari pabriknya. Bahkan, uji kualitas mesin giling cabe sudah banyak dibuktikan oleh para pengusaha kuliner seluruh Indonesia.

Baca juga : Mesin Grinder Kopi

Jenis-Jenis Mesin Giling Cabe

Mesin giling cabe terdiri dari berbagai jenis, antara lain:

1. Mesin Giling Cabe Tipe GLB-30

Mesin Giling Cabe Tipe GLB-30

Kapasitas mesin dengan dimensi 830x340x940 mm ini mampu menampung bahan seberat 30 hingga 50 kg/jam. Daya mesin giling cabe bisa berupa listrik ataupun bensin. Untuk mesin giling cabe berdaya listrik, Anda membutuhkan listrik sebesar 750 watt dengan voltase 220 volt. Sedangkan, mesin giling cabe dengan bahan bakar bensin membutuhkan bensin sebesar 5,5 Hp.

2. Mesin Giling Cabe Tipe GLB -100

Mesin Giling Cabe Tipe GLB -100

Sama seperti mesin giling cabe tipe GLB-30, mesin GLB-100 juga ada yang berbahan listrik maupun bensin. Dimensi mesin berukuran 75x40x93 mm mampu menampung bahan cabe dari 75 hingga 100 kg/jam. Untuk mesin berdaya listrik, Anda perlu listrik 1500 watt dengan 220 volt. Sedangkan, mesin giling cabe berbahan bensin, perlu ketersediaan bensin sebesar 6,5 Hp.

Dengan adanya mesin giling cabe, proses penggilingan yang tadinya hanya mengandalkan cara manual melalui cobekan saja sekarang beralih ke penggunaan mesinnya. Giling cabe dengan mesin menjadikan proses lebih efektif dan efisien. Waktu Anda menjadi lebih hemat dan tidak butuh tenaga banyak untuk menggiling cabe tersebut. Semua proses penggilingan  cabe bisa Anda lakukan denga mudah. Desain penggiling cabe yang berbahan dasar stainless steel pun membuat mesin tampak berkualitas. Dan mampu menghasilkan gilingan cabe halus yang aman dikonsumsi.

Baca juga : Mesin Hammer Mill

Olahan Makanan dari Cabe

Olahan Makanan dari Cabe

Olahan makanan yang bisa Anda hasilkan dari halusan cabe antara lain:

1. Abon cabe

Cara membuat abon cabe, Anda membutuhkan 100 gram cabe merah besar, 50 gram cabe rawit kering, 50 gram gula, 8 gram kaldu ayam bubuk, 2 gram vetsin, dan 25 gram bawang putih goring yang sudah diblender.

2. Saus sambal

Bahan membuat saus sambal sangat mudah. Anda membutuhkan ½ kg buah tomat segar, ¾ kg cabe merah besar, 1 sendok teh garam halus, ½ sendok teh merica bubuk, 1 sendok gula pasir, dan 100 ml kaldu ayam. Dalam pembuatan saus sambal, hindari menggunakan pengawet buatan karena sangat berbahaya bagi konsumen. Agar saus sambal awet, Anda harus menggunakan bahan baku segar, lakukan sanitasi pada wadah kemasan, perhatikan pula sanitasi dan kebersihan karyawan, hindari kontaminasi silang, serta aturlah suhu penyimpananan bahan.

3. Manisan cabe

Cabe tidak hanya bisa Anda nikmati dalam keadaan pedas saja, namun juga manis. Salah satu produk cabe yang manis adalah manisan cabe. Bahan-bahan yang Anda butuhkan pun cukup mudah. Yakni cabe merah ¼ kg, ½ kg cabe hijau, gula pasirr, 300 ml ai garam, 3 cm kayu manis, dan ½ liter air.

4. Sambal bajak tahan lama

Untuk membuat sambal bajak, Anda memerlukan 3 sendok makan minyak sayur, 2 lembar daun salam, 2 sendok makan air asam, 2 siung bawang merah. 1 batang serai yang dimemarkan, air secukupnya serta 2 cm lengkuas memar.

Demikian ulasan lengkap mengenai keunggulan mesin giling cabe, jenis-jenis mesin giling cabe, dan olahan makanan dari cabe yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close