Teknologi

√ Inilah Mesin Gergaji dengan Kualitas Terbaik

Mesin gergaji adalah salah satu perkakas di rumah apalagi bagi Anda yang memiliki hobi dengan wood working atau aktivitas berkreasi dengan kayu. Entah Anda yang akan membuat lemari, meja, bangku, atau perabot dari kayu lainnya. Lalu, apa saja tipe-tipe mesin gergaji dan contoh produknya? Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda.

√ Inilah Mesin Gergaji dengan Kualitas Terbaik

Mesin gergaji memiliki berbagai tipe, yaitu tipe reciprocating saw atau saber saw, jigsaw, dan tipe circular. Tipe reciprocating saw atau saber saw biasa digunakan untuk memotong dengan gerakan mata pisau seperti gergaji biasa. Tipe jigsaw memotong dengan gerakan mata pisau secara naik turun. Sedangkan, tipe circular memanfaatkan gerakan mata pisau berputar untuk memotong. Masing-masing tipe memiliki kelebihannya sendiri sesuai kebutuhan yang Anda butuhkan. Umumnya, mesin gergaji memiliki 2 tipe sumber tenaga, yakni baterai dan listrik. Mesin gergaji dengan baterai adalah pilihan terbaik jika Anda ingin bekerja dengan nyaman dan tidak ingin terganggu oleh banyaknya kabel. Mesin gergaji dengan baterai maupun mesin gergaji bersumber tenaga listrik sama-sama berbobot besar. Apalagi gergaji mesin memiliki spesifikasi lengkap dan biasanya digunakan oleh professional. Gergaji mesin bisa digunakan dalam waktu lama tanpa terinterupsi oleh pengisian daya. Hal ini berlawanan dengan gergaji baterai dimana batas waktu pengoperasioan dan daya pemotongnya akan melemah seiring berkurangnya daya baterai. Namun, setidaknya gergaji baterai bisa digunakan jika di luar ruangan tidak disediakan socket listrik. Pada kemasan gergaji biasanya dicantumkan ketebalan dan jenis benda yang bisa dipotong oleh mesin. Selain itu, frekuensi gerakan mata pisau atau SPM (strokes per minute) dan panjang tarikan (length of stroke) yang berupa angka juga dituliskan dalam kemasan produk. Tetapi, frekuensi gerakan mata pisau saat digunakan akan brubah tergantung pada jenis benda yang Anda potong. Semakin lebar hasil potongannya, semakin besar pula ukuran mesin gergaji tersebut. Daya pemotong mesin gergaji pun ditentukan oleh mata pisaunya. Saat daya pemotong mesin menurun, berarti mata pisaunya bisa jadi sudah tumpul atau berkarat. Anda bisa mengganti mata pisaunya dengan produk yang lebih baik.

Baca juga : Mesin Potong Kayu

Rekomendasi Mesin Gergaji Terbaik

Berikut adalah mesin gergaji paling baik kualitasnya, antara lain:

1. Makita JR 3050T

Makita JR 3050T

Mesin gergaji Makita memiliki bahan kuat dan tahan banting untuk pemakaian yang cukup lama dan dijual dengan harga Rp 2.380.000. Seperti kita ketahui, menggergaji adalah pekerjaan yang kasar dan mesin bisa saja bermasalah. Oleh karena itu, Anda butuh mesin gergaji yang kokoh dan bisa menahan guncangan dan salah satunya Makita. Produk ini tak perlu diragukan kemampuannya sebab memiliki motor berkekuatan 11 ampere dengan berat 3 kg, frekuensi 2.800 spm dan length of stroke sebesar 25 mm. Makita mengandalkan tenaga listrik serta teknologi dust blower system agar sekam atau serbuk gergaji tidak masuk ke mesin.

Baca juga : Mesin Potong Besi

2. DCA AJF 30

DCA AJF 30

Apakah dana yang Anda miliki untuk membeli mesin gergaji terbatas? Jika benar, Anda bisa memilih produk DCA. Dengan harga sekitar Rp 937.000, Anda sudah bisa mendapatkan mesin gergaji berfrekuensi 2300 spm serta length of stroke 30 mm. Meskipun harganya murah, namun dengan daya listrik 590 watt saja, mesin gergaji DCA mampu memotong kayu dan besi setebal 90 mm. Produk murah dengan performa luar biasa tersebut sangat cocok bagi Anda yang hanya menggunakan mesin gergaji sesekali saja.

Baca juga : Mesin Blow Moulding

3. AEG US400XE

AEG US400XE

Mesin gergaji AEG memiliki desain dan bobot minimalis sebesar 17 kg yang dijual dengan harga Rp 1.700.000 sehingga pengoeperasiannya bisa dilakukan dengan satu tangan saja. Mesin gergaji memiliki frekuensi 3.500 spm dan length of stroke 13 mm untuk memotong di tempat yang sulit dijangkau seperti ranting di pohon yang tinggi. Teknologi Fixtec juga memudahkan penggantian mata pisau sehingga Anda tidak memerlukan waktu khusus untuk mengganti mata pisau. Selain, Anda bisa mengganti mata pisau dari merek lain, mesin gergaji AEG juga dilengkapi dengan kabel listrik sepanjang 4 meter sehingga pergerakan Anda lebih optimal.

Baca juga: Mesin Hammer Mill

4. Hitachi CR18DL

Hitachi CR18DL

Apabila Anda sering merasa kesal dengan baterai mesin gergaji yang cepat habis, produk Hitachi seharga Rp 4.463.000 ini bisa menjadi solusinya. Mesin gergaji sudah terpasang dengan High power HXP Li-ion battery yang memiliki kapasitas baterai 3 kali lebih banyak dibanding produk sejenis lain sehingga pekerjaan Anda lebih lancar. Produk ini juga direkomendasikan karena mesin gergaji bisa menjangkau tempat yang tidak terjangkau sumber listrik atau di luar ruangan. Keunggulan lainnya adalah frekuensi 2100 spm dan length of stroke 28 mm yang mampu menampung kapasitas memotong kayu sebesar 90 mm.

Baca juga : Mesin Roll Forming

5. Dewalt DW304PK

Dewalt DW304PK

Jika Anda ingin memotong benda dengan pola tertentu tetapi posisi benda berada dalam tempat yang sulit dijangkau, mesin gergaji Dewalt seharga Rp 2.160.000 adalah solusinya. Mata pisau mesin gergaji bisa dipasang dalam 4 arah berbeda sehingga fleksibel dengan berbagai kondisi di lapangan. Untuk mengganti mata pisaunya, Anda hanya tinggal memasukkan pisau dengan mata pisau yang menghadap arah sesuai keinginan. Kecepatan memotong kayu sebesar 280 mm dan 100 mm untuk besi. Frekuensinya mencapai 2800 spm dan length of stroke 29 mm.

6. Bosch GSA 12 V-Li

Bosch GSA 12 V-Li

Mesin gergaji seharga Rp 2.100.000 memiliki desain mini dan sederhana karena panjangnya tak sampai 30 cm. Meskipun beratnya 1,2 kg dengan gagang kecil, namun frekuensinya mencapai 3.000 spm dengan length of stroke sebesar 14,5 mm. Selain itu juga dilengkapi dengan baterai dn indikator baterai sehingga Anda bisa memperkirakan waktu baterai akan habis. Menyimpannya sebagai piranti pertukangan untuk kebutuhan rumah tangga sangat memudahkan Anda sebab mesin gergaji mampu memotong kayu, logam, dan plastik.

7. Bosch GSA 1100 E professional

Bosch GSA 1100 E professional

Mesin gergaji Bosch seharga Rp 1.790.000 ini memiliki bobot 3,6 kg dengan daya listrik 1100 watt. Frekuensinya 2700 spm dan length of stroke sebesar 28 mm. Anda bisa mengganti mata pisau gergaji dengan cepat karena dilengkapi dengan teknologi SDS (slotted driver system). Keunggulan lainnya adalah kecepatan memotong yang lebih cepat di atas rata-rata sehingga Anda bisa memotong benda-benda besar dan tebal.

8. Hitachi CR13V2

Hitachi CR13V2

Mesin gergaji seharga Rp 2.679.000 ini memiliki teknologi UVP (user vibration protector) untuk bekerja dengan getaran lebih tenang , lebih aman, dan suara tak bising. Frekuensinya 2.800 spm dengan length of stroke 29 mm. 3 lapisan pelindungnya juga membuat sekam atau serbuk gergaji tidak masuk ke dalam mesin sehingga mesin gergaji lebih awet.

9. Stanley Steel 365

Stanley Steel 365

mesin gegaji Stanley sehaga Rp 1.950.000 ini berbobot 3,2 kg dengan daya listrik 900 watt. Pekerjaan Anda juga bisa lebih cepat karena frekuensinya 3.200 som dengan length of stroke 14,8 mm. Selain ada variable speed, mata pisaunya juga mudah diganti dengan merk mata pisau lain seperti Bosch dan Makita. Supaya Anda bisa memotong lebih cepat, mesin gergaji juga dilengkapi dengan desain ergonomis dan SPM tinggi.

10. Bosch GSA 18 V-Li professional

Bosch GSA 18 V-Li professional

Mesin gergaji seharga Rp 4.500.000 ini mampu memotong besi dan kayu tebal. Teknologi EMP (electronic motor protection) melindungi baterai dari overload sehingga mesin lebih bertenaga dan memiliki kekuatan 4 kali bisa bertahan lama. Selain itu, desain ergonomis dan teknologi SDS memudahkan Anda megganti mata pisau gergaji. Kualitas mesin gergaji Bosch berfrekuensi 2.700 spm dan length of stroke 28 mm dengan emisi getaran rendah 20 m/s2.

Demikian ulasan lengkap mesin gergaji dan semoga bermanfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close