Teknologi

Mengenal Jenis – Jenis Mesin Es Kristal [Lengkap]

Es kristal atau es batu kristal sudah banyak beredar di beberapa daerah perkotaan sebagai konsumsi es batu terbaik. Selain itu, es kristal dinilai lebih higienis dibandingkan es balok karena airnya murni dari air pegunungan atau air sumur dengan syarat uji laborat tanpa bahan campuran apapun. Esnya bisa diproses dengan cara dibekukan kemudian dibuatkan cetakan sesuai selera pembuatnya. Meskipun harganya mahal, namun es kristal lebih sehat karena tidak mengandung senyawa dan baterai yang berbahaya. Warung makan, cafe, diskotik, hotel, dan beberapa restoran masakan pun telah banyak menggemari penggunaan es kristal. Lalu, apa saja jenis-jenis mesin es kristal? Dan bagaimana cara kerjanya? Simak baik-baik ya!

Mengenal Jenis – Jenis Mesin Es Kristal [Lengkap]

Selain lebih putih dan mudah dibawa kemana-mana, es kristal tidak akan mempengaruhi rasa jus sehingga menguntungkan pedagang ice juice. Pedagang ayam juga memanfaatkan es kristal untuk menjaga standarisasi mutu daging ayam. Selain rumah makan dan pedagang ayam, usaha perikanan juga pasti membutuhkan keberadaan es kristal. Seperti yang kita ketahui, ikan harus tetap segar hingga terjual kepada konsumen agar kualitas daging ikan tetap terjaga. Jika tidak dijaga dengan suhu yang benar, maka kesegaran ikan bisa berkurang bahkan hilang karena suhunya berubah.  Oleh karena itu, ikan harus dipelihara agar tetap dingin, segar, dan lembab selama proses pengiriman. Bahkan es kristal sudah memiliki SNI yang telah ditetapkan oleh lembaga standarisasi nasional Indonesia. Berkembangnya penggunaan es kristal mendorong banyak orang tertarik menggeluti bisnis es kristal.  

Baca juga : Mesin Kopi Espresso

Jenis-Jenis Mesin Es Kristal

Jenis-Jenis Mesin Es Kristal

Mesin es kristal adalah mesin yang digunakan untuk membuat es kristal secara otomatis. Alat tersebut cocok digunakan dalam bisnis seperti cafe, restoran, atau rumah makan. Es kristal yang dihasilkan lebih jernih dan lebih higienis. Cara kerja mesin es kristal sangat mudah. Anda cukup mengaliri air pada saluran khusus di dalam mesin. Lalu hidupkan mesin dan tunggu hingga mesin bekerja. Selang beberapa saat, Anda akan memperoleh es kristal sesuai dengan keinginan. Proses pembuatannya hanya memerlukan air bersih dan listrik saja. Sangat mudah, bukan? Berikut adalah beberapa jenis mesin es kristal yang bisa Anda jadikan sebagai referensi, diantaranya adalah:

Baca juga : Mesin Pembuat Bakso

1. Ice Tube Machine

Ice tube machine adalah mesin yang bisa digunakan untuk membuat es batu berbentuk tabung menyerupai kristal. Es kristal bisa Anda campur langsung ke dalam minuman, juice dispenser, dan lainnya.

2. Ice Cube Machine

Ice cub machine adalah mesin untuk membuat es kristal berbentuk kubus kecil berskala besar dalam waktu yang cepat dan singkat. Banyak supermarket, restoran, bar, dan hotel yang memanfaatkan mesin ini. Sebab dalam proses pengerjaannya, Anda tidak memerlukan banyak tenaga kerja. Harga mesin mulai dari 13 jutaan hingga 30 jutaan sesuai dengan kapasitas yang berbeda-beda.

3. Mesin Es Batu Kristal Mini Portable

Mesin es kristal mini portable menggunakan tenaga listrik saat mengoperasikannya. Selain tampilannya bagus untuk memperindah interior dapur Anda, mesin juga dilengkapi dengan button display. Untuk menghasilkan es kristal, Anda bisa menggunakan fasilitas cylinder dalam mesin es kristal mini portable. Meskipun bentuk mesin kecil sebesar 5 kg, mesin mampu mencetak es cube dalam waktu 10 menit saja. Jadi, mesin mana yang akan Anda pilih?

Baca juga : Mesin Pembuat Mie

Peluang Bisnis Es Kristal

Peluang Bisnis Es Kristal

Para pengusaha tempat makanan di berbagai daerah pastinya juga menjual berbagai menu minuman seperti es campur, es jeruk, aneka juice, dan sebagainya. Sayangnya distribusi es kristal masih tersedia di kota dan jarang menjangkau hingga ke pelosok daerah. Hal ini bisa menjadi peluang Anda untuk memasok es kristal ke tempat yang tidak terjangkau tersebut. Dengan pangsa besar, bisnis es kristal sangat membuka peluang. Berikut adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan untuk mengelola bisnis es kristal, antara lain:

Baa juga : Mesin Giling Ikan

  • Tempat

Modal pertama yang harus Anda punya adalah tempat. Memang es kristal tidak seberapa, tetapi kalau sudah berada di level “ton-ton” an pasti Anda membutuhkan tempat yang besar dan memadai. Selain tempatnya yang mencukupi, Anda juga perlu tempat yang terjaga suhunya dan bersih. Sebab, tempat yang kotor akan menjadikan es batu tidak higienis, sedangkan tempat tidak tahan panas akan membuat es batu tidak awet. Semua proses pembuatan es kristal dengan bantuan mesin bahkan penyimpanan sementara sebelum es kristal dikirimkan ke konsumen akan dilakukan di tempat tersebut.

  • Alat Pembuat Es Kristal

Es kristal yang dibuat dengan skala besar, pastinya memerlukan alat pembuat es kristal dengan mesin es kristal otomatis. Mesin akan membantu Anda menghasilkan es kristal dalam waktu yang cepat.

  • Pengiriman

Setelah menyiapkan tempat dan alat pembuat es kristal, pengiriman seperti packing dan kendaraan harus Anda siapkan. Packaging harus memiliki kemampuan memelihara suhu dingin dan kehigienisnya. Sedangkan, kendaraannya harus bisa membawa dan menampung es kristal sampai berton-ton. Usahakan untuk selalu menjaga suhu es kristal dalam box atau wadah yang bersuhu dingin.

Melihat hal-hal tersebut, bisnis es kristal tidak bisa dianggap kecil dan remeh. Pesaing yang belum banyak bisa Anda jadikan sebagai peluang bisnis dan menjadi lading penghasilan yang menjanjikan.

Manfaat Lain dari Es Kristal

Manfaat Lain dari Es Kristal

Es kristal atau es batu jenis lain selain bisa digunakan untuk membuat minuman, juga berdampak besar bagi kecantikan dan kesehatan Anda. Apa sajakah itu?

  • Membuat kulit muka berjerawat jadi rileks

Manfaat lain yang bisa Anda peroleh dari es kristal adalah membuat kulit menjadi lebih rileks apalagi bagi yang memiliki kulit berjerawat. Jika memiliki jerawat, usahakan jangan dipencet meskipun sedang meradang, terasa sedikit sakit, dan gatal. Untuk menetralkan kulit jerawat tersebut, Anda bisa membalurkan es kristal di titik jerawat untuk menghilangkan merah sekaligus mengempiskan jerawat.

  • Mengecilkan pori-pori kulit

Selain meredam kulit berjerawat, es kristal juga dapat meminimalisir pori-pori wajah yang besar, Caranya dengan membungkus es batu ke dalam kapas lalu gosokkan ke seluruh wajah. Selain membuat pori-pori menjadi kecil, es kristal bisa menjaga produksi sebum sehingga tidak muncul berlebihan.

  • Bikin wajah kenyal sebelum make-up

Sebelum make-up, Anda bisa mengusapkan es kristal ke seluruh permukaan wajah. Berkat es kristal, kulit Anda akan tampak segar dan lebih kenyal. Kulit kenyal tersebut membuat make-up bisa teraplikasi secara sempurna.

  • Menghaluskan dan mengencangkan payudara

Anda bisa membuat air susu hingga menjadi es batu atau es kristal susu. Setelah itu lakukan pemijatan secara perlahan di area payudara. Dengan pemakaian teratur, penggunaan es kristal susu ini bisa menghaluskan sekaligus mengencangkan payudara Anda.

Baca juga : Mesin Giling Cabe

Demikian ulasan lengkap mengenai jenis-jenis mesin es kristal, peluang bisnis es kristal yang menjanjikan hingga manfaat lain dari es kristal. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close