Teknologi

Inilah Jenis Mesin Cutting Sticker Dari Berbagai Negara

Mesin cutting sticker adalah mesin yang digunakan untuk memotong kertas sticker atau jenis kertas lain berkontur serupa. Nama lain mesin ini adalah cutting plotter, alat potong sticker, vinyl cutter, atau lainnya. Umumnya, mesin yang digunakan di Indonesia dipakai untuk cutting sticker motor, cutting sticker mobil, graskin, dan lainnya. Percetakan besar ataupun kecil, bisnis cutting mobil atau motor, serta bisnis garmen adalah perusahaan yang biasa menggunakan mesin tersebut. Lalu, bagaimana ulasan selengkapnya mengenai mesin cutting sticker tesebut? Simak baik-baik ya.

Mesin Cutting Sticker Dari Berbagai Negara

Beberapa bahan yang bisa dipotong oleh bahan ini adalah polyflex, cutting sticker, sticker biasa, vinyl, stensil, polyflock, dan lainnya. Dengan satu mesin, Anda bisa memanfaatkannya untukĀ  berbagai keperluan, bukan? Misalnya usaha cutting sticker mobil bisa Anda gabung dengan usaha sablon kaos. Salah satu mesin cutting sticker yang beredar di masyarakat adalah mesin buatan Jepang, Amerika, Cina, dan Taiwan.

Baca juga : Mesin Offset Printing

Mesin Cutting Sticker Buatan Jepang

1. Mesin Cutting Sticker Roland

Mesin Cutting Sticker Roland

Adalah mesin cutting sticker Jepang pertama yang ada di Indonesia. Pengusaha yang biasa menggunakan mesin ini biasanya loyal dan tidak mau pindah ke merk lain. membeli Roland sama seperti  berinvestasi jangka panjang. Sparepartnya banyak dan mudah didapat. Bahkan beberapa brand Cinda seperti Redsail dan Jinka biasa menggunakan mata pisau asli Roland untuk memotong. Kelebihan dari mesin cutting sticker Roland, yaitu:

  • Dapat langsung memotong dari software Corel Draw dan countur-cut
  • Selain mendukung servo motor, hasil cuttingnya sangat berkualitas dan presisi
  • Mata pisaunya mudah didapat
  • Memiliki sensor sehingga bisa langsung memotong hasil print

Tipe yang dimiliki mesin tersebut adalah Roland Camm-1 Gx-24 dan Roland Camm-1 Pro Gx 500. Mesin cutting sticker Roland Camm-1 Gx-24 memiliki area potong 58.4 cm dengan harga 21 juta. Sedangkan, mesin cutting sticker Roland Camm-1 Pro Gx 500 memiliki area potong 137.2 cm dengan harga 46 juta.

Baca juga : Mesin Bordir Komputer

2. Mesin Cutting Sticker Mimaki

Mesin Cutting Sticker Mimaki

Adalah  mesin cutting sticker buatan Jepang yang memiliki kualitas baik bahkan lebih baik daripada Roland. Dengan harga yang lebih murah tampilan mesin ini sangat elegan dan kokoh. Selain hadir dengan varian cukup banyak, Mimaki juga sudah dilengkapi dengan mesin digital printing. Kelebihan dari Mimaki, antara lain:

  • Dapat langsung memotong dari software Corel Draw dan countur-cut
  • Selain didukung sevo moto, kedalaman mata pisaunya mencapai 500 gf sehingga cocok digunakan memotong jenis bahan agak tebal
  • Harga relatif murah
  • Bisa memotong hasil print dengan kecepatan tinggi

Tipe mesin Mimaki ada dua, yakni Mimaki Cg-60sriii dengan area potong 60,6 cm serta Mimaki Cg-130 sriii dengan yang memiliki area potong sebesar 137 cm.

Baca juga : Mesin Fotocopy

3. Mesin Cutting Sticker Graphtec

Mesin Cutting Sticker Graphtec

Adalah mesin pabrikan Amerika yang dibeli Jepang. Kualitasnya tidak bisa diragukan lagi, bahkan ada yang menyebut jika kualitasnya lebih bagus dari Roland dan Mimaki meskipun harganya lebih murah. Kelebihan dari mesin tersebut, adalah:

  • Automatic paneling yakni mampu memisahkan gambar besar menjadi beberapa bagian
  • Harga relatif murah
  • Dapat memotong hingga ukuran 3 mm
  • Bisa digunakan di Corel Draw dan Adobe Illustrator
  • Memiliki fitur print and cut serta sensor AMRS 5.0

Graphtec memiliki dua tipe yakni Graptec ce6000-60 dengan area potong 60 cm dan dijual dengan harga Rp 18 juta. Sedangkan, tipe kedua adalah Graphtec ce6000-120 yang memiliki area potong 120 cm dengan harga Rp 42 juta.

Baca juga : Mesin Roll Forming

Mesin Cutting Sticker Buatan Amerika

1. Mesin Cutting Sticker Silhouette Cameo

Mesin Cutting Sticker Silhouette Cameo

Silhouette Cameo memiliki website khusus bahwa mesin ini terbuat dari Amerika. Beberapa kelebihan mesin Silhouette Cameo, yaitu:

  • Hasil potong presisi dengan dukungan countur cut
  • Kualitas lebih baik dari Cina karena didukung dengan software cukup baik

Sedangkan, kekurangan Silhouette Cameo adalah:

  • Mata pisau berharga mahal
  • Ukuran yang kecil sekitar 30 cm
  • Tidak mendukung aplikasi Corel Draw dan Adobe Illustrator

Beberapa waktu terakhir, Silhouette Cameo mengeluarkan produk terbarunya yakni New Silhouette Cameo. Banyak perubahan yang ditonjolkan seperti displat touch screen, hasil cutting bagus, dan suara mesin yang halus.

Baca juga : Mesin Milling Vertikal

Mesin Cutting Sticker Buatan Cina

1. Mesin Cutting Sticker Jinka

Mesin Cutting Sticker Jinka

Mesin cutting sticker satu ini sangat berkelas dan sudah banyak pengusaha di Indonesia yang menggunakannya. Kelebihan mesin Jinka, antara lain:

  • Mesin tahan lama
  • Harga murah dibandingkan produk Jepang
  • Mata pisau menggunakan merk Roland
  • Banyak area potong seperti 30 cm, 40 cm, 60 cm, dan 120 cm
  • Sering digunakan oleh para pengusaha
  • Tampilannya kokoh dan elegan khususnya tipe Jinka XL

Sedangkan kekurangan Jinka adalah harus menggunakan software bernama Artcut dan tidak bisa memotong langsung dari Corel atau Adobe Illustrator. Jinka memiliki tiga variasi yaitu Jinka 361 dengan area potong 30 cm seharga 4,5 juta, Jinka 721 dengan area potong 60 cm seharga 5,5 juta. Serta Jinka 1351 dengan area potong 120 cm seharga 6,5 juta. Koleksi terbarunya adalah Jinka XL dengan banyak keunggulan. Pilihan Jinka tipe XL terdiri dari Jinka XL 451 E dnegan area potong 4,8 juta. Jinka XL 721 E dengan area potong 60 cm yang dijual dengan harga 5,8 juta. Terakhir adalah Jinka XL 1351 E dengan area potong 120 cm dengan harga 6,8 juta.

2. Mesin Cutting Sticker Redsail

Mesin Cutting Sticker Redsail

Mesin cutting sticker sudah dikenal di kalangan pebisnis cutting sticker. Redsail adalah produk buatan Cina yan pertama masuk ke Indonesia. Beberapa pelanggan mengatakan jika kualitas Redsail lebih baik dari Jinka. Beberapa kelebihan dari mesin cutting sticker buatan Redsail, adalah:

  • Mesin bandel dan tahan lama
  • Harga relatif murah dibandingkan buatan Jepang
  • Mata pisau dari merk Roland
  • Memiliki area potong seperti 40 cm, 60 cm, dan 120 cm
  • Mesin pendahulu di kalangan mesin cutting sticker buatan Cina

Redsail memiliki tiga varian yakni Redsail RS500c dengan area potong 40 cm seharga 4,5 juta. Redsail RS720c dengan area potong 60 cm memiliki harga 5,5 juta. Serta Redsail RS720c dengan area potong 120 cm yang dibanderol dengan harga 7,5 juta.

Mesin Cutting Sticker Buatan Taiwan

1. Mesin Cutting Sticker GCC I Craft

Mesin Cutting Sticker GCC I Craft

I Craft adalah produk mesin cutting sticker/vinyl cutter/scrapbook cutter buatan GCC. Area potongnya sebesar 30 cm dan dijual dengan harga Rp 5,5 juta. Kekurangan mesin ini adalah tampilan yang tidak menarik seperti Silhoutte Cameo, namun hasilnya sangat memuaskan.

2. Mesin Cutting Sticker GCC Expert

Mesin Cutting Sticker GCC Expert

Adalah mesin pilihan terbaik bagi pengusaha cutting sticker yang mengutamakan kecepatan, kualitas bagus, dan mesin tahan banting. Kelebihan dari mesin GCC Expert adalah:

  • Bisa memotong langsung dari Corel Draw
  • Hasil sama dengan hasil mesin cutting sticker buatan Jepang
  • Harga murah dibandingkan mesin Jepang

Sayangnya, mesin ini masih belum memiliki reputasi baik di pasaran sebab pemain lama masih ragu menggunakan mesin GCC Expert. Di area potong 60 cm, sudah tersedia mesin cutting sticker Expert 24 seharga Rp 8 juta dan Expert 24 LX seharga Rp 13 juta yang sudah dilengkapi dengan sensor. Sementara di area potong 120 cm, ada GCC Expert 52 dengan harga Rp 17 juta serta GCC Expert 52 LX seharga Rp 20 juta. Dimana masing-masing mesin juga dilengkapi dengan sensor.

Demikian jenis-jenis mesin cutting sticker. Semoga bermanfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close