Teknologi

√ Penjelasan Mengenai Mesin Crusher Plastik [Lengkap]

Penumpukan sampah terutama sampah plastik seringkali menjadi permasalahan yang masih belum bisa teratasi dengan baik dimana setiap harinya terus bertambah hingga terjadinya gunung sampah. Banyak sekali sampah plastik yang menumpuk dalam jumlah yang banyak sehingga hal tersebut merugikan masyarakat. Plastik tergolong sebagai sampah anorganik yang tidak dapat diurai oleh organisme pengurai. Dibutuhkan waktu hampir ratusan tahun untuk plastik agar bisa terurai. Sampah plastik yang menumpuk berpotensi memicu terjadinya kerusakan lingkungan dan tersebarnya wabah penyakit yang dapat menyerang masyarakat terutama masyarakat yang tinggal di wilayah sekitar tempat pembuangan sampah. Untuk mencegah terjadinya penumpukan sampah plastik, solusi terbaik yang harus dilakukan adalah mendaur ulang sampah plastik tersebut dan menjadikannya benda-benda yang bermanfaat dan berkualitas serta bernilai jual tinggi di pasaran.

Di samping banyak menimbulkan permasalahan, ternyata sampah plastik dapat dijadikan ladang bisnis yang menjanjikan bagi para pengepul sampah plastik karena harganya yang cukup tinggi per kilonya. Biasanya para pengepul akan menyetorkan sampah-sampah plastik kepada pabrik pengolahan sampah dimana pabrik tersebut membutuhkan banyak suplai sampah plastik untuk di daur ulang menjadi benda-benda yang bermanfaat dan bernilai jual tinggi. Namun sebelum menyerahkannya ke pabrik untuk di daur ulang, biasanya para pengepul memilah-milah terlebih dahulu sampah plastik yang dikumpulkan kemudian digiling halus. Proses penggilingan sampah plastik hingga menjadi halus itu menggunakan mesin pencacah plastik atau mesin crusher plastik dimana setiap pengepul sampah pastinya memiliki mesin ini yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan suplai sampah plastik dalam jumlah yang banyak ke pabrik untuk di daur ulang.

Nah untuk itu, di dalam artikel ini akan diulas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan mesin pencacah plastik atau yang dikenal dengan mesin crusher plastik mulai dari pengertian, cara kerja, fungsi dan kegunaan, keunggulan  hingga cara pemakaian mesin crusher plastik untuk proses mendaur ulang plastik. Oleh karena itu, simak ulasannya di bawah ini!

Baca juga : Mesin Rotary Dryer

Pengertian Mesin Crusher Plastik

√ Penjelasan Mengenai Mesin Crusher Plastik [Lengkap]
Pengertian Mesin Crusher Plastik

Mesin crusher plastik dapat dikatakan sebagai alat yang sangat dibutuhkan untuk proses mendaur ulang. Mesin crusher plastik merupakan mesin yang digunakan untuk menghancurkan, merajang, atau menggiling limbah plastik menjadi bubuk plastik sebagai bahan untuk proses mendaur ulang. Setelah plastik digiling dan dicacah dimana akan menghasilkan potongan-potongan kecil, nantinya akan dikumpulkan dan dikirim ke pabrik untuk proses daur ulang dan dijadikan barang-barang baru yang pastinya bermanfaat dan bernilai jual tinggi. Dalam penggunaannya, mesin crusher plastik ini memiliki peranan yang sangat penting karena menjadi solusi terbaik yang mampu meningkatkan nilai ekonomis maupun daya guna dari sampah plastik.

Baca juga : Mesin Milling Vertikal

Cara Kerja Mesin Crusher Plastik

Cara Kerja Mesin Crusher Plastik

Mesin crusher plastik bekerja dengan dukungan dari motor listrik atau mesin diesel sehingga sangat praktis untuk digunakan. Mesin crusher plastik ini bekerja dengan mendaur ulang plastik sampai menjadi bubuk plastik dimana bubuk plastik yang dihasilkan oleh mesin crusher plastik ini memiliki fungsi yang sama dengan bijih plastik namun yang membedakan hanya kualitasnya yang rendah. Mesin ini akan menghancurkan plastik hingga menjadi partikel kecil kemudian melelehkannya hingga menyatu menjadi satu dan menjadi gumpalan yang kemudian hasil akhirnya menjadi butiran halus. Di dalam mesin ini memiliki perangkat alat penggiling beralur dan mata pisau berputar layaknya mesin stone crusher. Namun di dalam mesin crusher plastik ini memiliki pemanas yang berfungsi untuk melelehkan plastik.

Mesin crusher plastik termasuk salah satu mesin penghancur yang memiliki putaran AS dengan kecepatan yang maksimal karena putaran mesin penggerak langsung berhubungan dengan AS. Sistem kerja dari mesin crusher plastik ini adalah memotong. As dari mesin penggiling akan disambungkan langsung dengan as miliki mesin penggerak sehingga putaran RPM sangat cepat. Kebanyakan mesin crusher plastik ini digunakan untuk menghancurkan jenis plastik yang tipis hingga ketebalan mencapai 2 mm.

Baca juga : Mesin Roll Forming

Fungsi dan Kegunaan dari Mesin Crusher Plastik

Fungsi dan Kegunaan dari Mesin Crusher Plastik
Fungsi dan Kegunaan dari Mesin Crusher Plastik

Sudah dijelaskan di pengertian dan cara kerja dari mesin crusher plastik bahwa mesin ini digunakan untuk memotong, mencacah, menghancurkan maupun merajang sampah-sampah plastik hingga menjadi potongan-potongan plastik pada ukuran tertentu sesuai dengan kebutuhan.  Mesin crusher plastik memiliki mata pisau yang mempu untuk memotong atau menghancurkan berbagai macam jenis plastik yang telah dimasukkan ke dalam lubang mesin dengan ukuran tertentu. Kemampuan mesin crusher plastik dalam mengolah sampah sampai ratusan kg per harinya (kurang lebih 500 kg).

Dengan tenaga yang dimiliki, mesin crusher plastik ini dapat digunakan untuk menghancurkan berbagai macam plastik baik yang tipis, tebal, lunak, maupun keras seperti botol air mineral, gelas plastik, ember plastik, botol oli, bekas kaleng cat, karung plastik, impraboard, dan benda-benda lain yang terbuat dari bahan plastik. Dengan adanya mesin crusher plastik ini sangat bermanfaat untuk para pengepul khususnya untuk pengelolaan sampah plastik sebelum disetorkan ke pabrik-pabrik yang memang menghasilkan produk daur ulang dari sampah plastik.

Baca juga : Mesin Obras

Keunggulan Mesin Crushter Plastik

Keunggulan Mesin Crushter Plastik
Keunggulan Mesin Crushter Plastik

Mesin crusher plastik memiliki keunggulan yaitu dapat menghemat waktu dan tenaga para pengepul sampah plastik. Tidak mungkin jika menghancurkan ratusan kilogram sampah plastik dengan menggunakan alat penghancur manual. Jika menggunakan alat penghancur manual mungki per harinya hanya dapat menghancurkan sekian kilogram saja. Belum lagi ada beberapa jenis sampah plastik yang masuk dalam golongan sampah yang sulit dihancurkan, contohnya sampah plastik botol air mineral bekas, ember plastik, wadah cat berbahan plastik, dan masih banyak lainnya.

Sebaliknya, jika menggunakan mesin crusher plastik meskipun hanya satu buah mesin, seseorang dapat menghancurkan ratusan kilogram sampah plastik setiap harinya dalam hitungan beberapa jam saja. Selain itu, jika menggunakan mesin crusher plastik, tenaga pekerja yang dibutuhkan tidak banyak karena satu buah mesin crusher plastik dapat dioperasikan 3-4 orang saja. Sudah hemat waktu, hemat tenaga pula. Sampah plastik yang telah dihancurkan selanjutnya akan dijemur. Setelah kering, bisa disetorkan ke pabrik-pabrik pengolah bubuk plastik untuk di daur ulang.

Baca juga : Mesin Blow Moulding

Cara Pemakaian Mesin Crusher Plastik Untuk Proses Daur Ulang

Cara Pemakaian Mesin Crusher Plastik Untuk Proses Daur Ulang

Mendaur ulang dengan menggunakan mesin crusher plastik tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Ada tahap-tahap dalam penggunaan mesin crusher plastik untuk melakukan proses mendaur ulang. Berikut tahap-tahap pemakaian mesin crusher plastik:

  • Tahap pertama

Mempersiapkan bahan berupa sampah plastik yang akan dihancurkan atau dicacah dengan memisahkan bahan sesuai dengan jenis plastiknya

  • Tahap kedua

Membersihkan sampah plastik yang kotor dengan cara pencucian dan penjemuran untuk proses pengeringan.

  • Tahap ketiga

Menyiapkan wadah yang digunakan untuk tempat menampung hasil cacahan plstik yang telah diolah di dalam mesin crusher plastik

  • Tahap keempat

Nyalakan mesin crusher plastik dengan menekan tombol “on”

  • Tahap kelima

Masukkan semua bahan plastik yang akan dihancurkan. Masukkan secara bertahap atau pelan-pelan

  • Tahap keenam

Proses penghancuran, pencacahan maupun penggilingan sedang terjadi di dalam mesin crusher plastik

  • Tahap ketujuh atau terakhir

Matikan mesin crusher plastik jika semua proses telah selesai

Nah itulah informasi mengenai ulasan lengkap mesin crusher plastik mulai dari pengertian, cara kerja, fungsi dan kegunaan, keunggulan  hingga cara pemakaian mesin crusher plastik untuk proses mendaur ulang plastik menjadi barang baru. Semoga ulasan yang ada di dalam artikel ini dapat menambah pengetahuan kalian terkait mesin crusher plastik sebagai mesin penghancur sampah plastik.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close