Teknologi

√ Penjelasan Mengenai Mesin Bubut [Lengkap]

Bagi kalian yang merupakan anak teknik permesinan pastinya kalian mengetahui salah satu jenis mesin berikut. Ya jenis mesin yang dimaksud adalah mesin bubut. Mesin bubut menjadi salah satu mesin perkakas yang populasinya terbesar di dunia dan salah satu mesin tertua yang sampai saat ini masih di pakai di dunia perindustrian. Untuk lebih jelasnya lagi, di dalam artikel ini akan diulas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan mesin bubut mulai dari pengertian, komponen, jenis dari mesin bubut hingga jenis proses pembubutan. Berikut ulasannya!

Pengertian Mesin Bubut

√ Penjelasan Mengenai Mesin Bubut [Lengkap]
Penjelasan Mengenai Mesin Bubut

Mesin bubut dikenal dengan istilah dalam bahasa Inggris yaitu turning machine atau lathe machine. Mesin bubut adalah mesin perkakas yang digunakan untuk memotong benda kerja. Pemotongan tersebut dilakukan dengan cara membuat sayatan pada benda kerja secara memutar dimana pahatan digerakkan secara translasi dan sejajar dengan sumbu dari benda kerja. Gerakan putar dari benda kerja tersebut disebut dengan gerak potong relatif dan gerakan translasi dari benda kerja tersebut dinamakan gerak umpan. Seluruh proses yang terjadi di dalam mesin bubut dinamakan dengan proses bubut atau pembubutan.

Baca juga : Mesin Crusher Plastik

Secara spesifik, penerapan dari mesin bubut ini adalah membubut diameter luar, diameter dalam, tirus, dan kontur pada permukaan (membuat ulir luar dan dalam, knurling, mengebor, membubut muka. Pada saat memutar benda kerja dengan menggunakan mesin bubut harus dapat mengatur perbandingan antara kecepatan rotasi benda kerja dan kecepatan translasi pahat sehingga nantinya akan diperoleh berbagai macam ulir dengan ukuran yang berbeda-beda. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menukar roda gigi translasi yang menghubungkan antara poros spindel dengan poros ulir.

Komponen Mesin Bubut

Komponen Mesin Bubut

Di dalam mesin bubut terdiri dari beberapa komponen yang menjadi komponen utama, sebagai berikut:

Baca juga : Mesin Rotary Dryer

1. Meja mesin

Meja mesin berfungsi sebagai tempat kepala lepas diantaranya eretan, penyangga diam, dan komponen yang menjadi tumpuan gaya pemakanan pada saat proses pembubutan berlangsung.

2. Headstock

Headstock merupakan posisi dari transmisi gerak pada mesin bubut yang berfungsi untuk mengatur putaran yang dibutuhkan pada proses pembubutan.

3. Lead crew

Lead crew berbentuk poros panjang yang berulir dan terletak agak di bawah, sejajar dnegan bangku, memanjang dari kepala tetap sampai dengan ekor tetap. Lead crew dihubungkan dnegan roda gigi pada kepala tetap dan putarannya dapat dibalik. Lead crew berfungsi sebagai ulir pengarah yang digunakan untuk membuat ulir saja dan dapat dilepaskan jika tidak terpakai.

4. Tailstock

Tailstock digunakan untuk memegang benda kerja yang terletak di bagian ujung, berseberangan dengan chuck (pencekam) pada proses yang terjadi di dalam mesin bubut.

5. Feedrod

Feedrod terletak di bagian bawah ulir pengarah yang berfungsi untuk menyalurkan daya yang dihasilkan dari kotak pengubah cepat dimana kotak tersebut digunakan untuk menggerakkan mekanisme apron dalam arah melintang atau memanjang.

6. Carriage

Carriage terdiri dari beberapa bagian yaitu tempat eretan, dudukan pahat, dan juga apron. Konstruksi dari carriage sangat kuat karena digunakan sebagai penyangga dan mengarahkan pahat pemotong. Carriage dilengkapi dengan dua cross slide yang berfungsi untuk mengarahkan pahat dengan arah yang melintang.

7. Toolpost

Toolpost digunakan sebagai tempat dudukan pahat dari mesin bubut yang menggunakan pemegang pahat.

Baca juga : Mesin Milling Vertikal

Jenis-jenis Mesin Bubut

Jenis-jenis Mesin Bubut
Jenis-jenis Mesin Bubut

Mesin bubut memiliki beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan dimensi serta prinsip kerjanya. Adapun jenis-jenis mesin bubut, sebagai berikut:

1. Mesin bubut berdasarkan dimensi yang dimiliki

  • Mesin bubut ringan

Mesin bubut ringan diperuntukkan untuk pekerjaan membubut benda kerja yang berukuran kecil dan ringan. Bentuk mesin jenis ini relatif kecil dan sederhana dengan panjang mesin tidak lebih dari 1.200 mm sehingga dapat dibawa ataupun diangkat oleh satu orang. mesin bubut ringan sangat cocok untuk digunakan latihan dan pembelajaran di sekolah  atau juga digunakan di  industri rumah tangga.

  • Mesin bubut sedang

Mesin bubut sedang memiliki konstruksi yang lebih detail daripada mesin bubut ringan. Mesin bubut sedang dilengkapi dengan peralatan khusus yang biasanya digunakan untuk jenis pekerjaan yang membutuhkan ketelitian. Mesin bubut sedang dapat membubut material dengan diameter sampai dengan 200 mm dan panjang sekitar 100 mm. Selain menghasilkan perkakas, mesin bubut sedang juga dapat digunakan untuk memperbaiki perkakas dan sangat cocok sebagai alat untuk latihan i sekolah.

  • Mesin bubut standar

Ukuran mesin bubut standar lebih besar dan berat dari pada mesin bubut ringan dan mesin bubut sedang. Mesin bubut standar merupakan standar dari pembuatan mesin bubut pada umunya dan banyak digunakan di perindustrian rumah tangga. Dengan komponen yang hampir sama dengan mesin bubut ringan dan sedang, mesin bubut ini dilengkapi dnegan keran pendingin, lampu kerja, bak penampun beram, dan juga rem.

  • Mesin bubut meja panjang

Mesin bubut meja panjang merupakan jenis mesin bubut yang digunakan untuk mengerjakan benda yang besar dan panjang. Mesin bubut meja panjang banyak digunakan di pabrik-pabrik besar.

2. Jenis mesin bubut berdasarkan prinsip kerja yang digunakan

  • Mesin bubut centre lathe

Mesin bubut centre lathe termasuk mesin bubut yang paling banyak digunakan di berbagai industri baik industri besar maupun kecil karena mesin jenis ini dirancang dengan berbagai bentuk.  Mesin bubut jenis ini menggunakan poros spindel yang memiliki chuck berahang pada bagian satu sisinya sebagai alat untuk mencengkram material. Rahang pada mesin bubut centre lathe adalah pusat sumbu dan sisi lain menjadi pemutar.

  • Mesin bubuk sabuk

Mesin bubuk sabuk menggunakan sabuk sebagai alat untuk memutar roda gigi. Sabuk tersebut melingkari roda gigi yang berputar dengan putaran poros dari spindel yang terkait dengan sabuk. Roda gigi tersebut menjadi kunci dalam pembuatan ulir dan pemotongan material karena di bagian ujung terdapat eretan pahat yang bergerak memutar secara konstan dan membentuk ulir.

  • Mesin bubut vertikal turning dan boring milling

Mesin bubut vertikal turning dan boring milling dapat bekerja secara otomatis yang banyak dijumpai di beberapa industri dan manufaktur yang membutuhkannya. Sebelum bekerja, mesin jenis ini hanya perlu menentukan bentuk akhir setiap potongan yang diberikan oleh operator dan selanjutnya mesin ini akan melakukan pembubutan sesuai dengan settingan yang telah diatur. Dengan cara kerja yang otomatis, membuat seseorang dapat mengawasi jenis mesin lain selain mesin bubut vertikal turning dan boring milling.

  • Mesin bubut facing lathe

Mesin bubut facing lathe sangat cocok digunakan untuk membubut material berbentu piringan karena mesin jenis ini memiliki cakram di atas piringan yang berupa sebuah plat besar yang berada pada sisi dasar. Kemudian, proses pembubutan bekerja pada bagian kedua sisi piringan.

  • Mesin bubut turret

Mesin bubut turret memiliki kemampuan untuk mengerjakan material secara identik dimana mesin bubut jenis ini bekerja sesuai dengan urutan kerja yang telah diatur sebelumnya oleh operator mesin.

  • Mesin bubut turret sadel

Mesin bubut turret sadel memiliki spesifikasi yang hampir mirip dengan mesin bubut turret biasa. Mesin bubut jenis ini menggunakan sadel dalam melakukan pengaturan dan pengoperasian untuk menghasilkan material dengan kualitas yang baik

  • Mesin bubut turret vertikal

Mesin bubut turret vertikal menghasilkan material yang sama dengan mesin bubut turret biasa yaitu material secara identik. Mesin bubut turret vertikal memiliki meja putar bercengkram dan turret yang terpasang di atas rel yang menilang pada mesin putar. Pada bagian turret terdapat kepala samping yang menjadi pengontrol pahat dengan sistem yang sudah di setting sebelumnya sehingga akan terjadi pengulangan proses secara identik pada saat pengoperasian.

Baca juga : Mesin Roll Forming

Jenis Proses Pembubutan

Jenis Proses Pembubutan

Ada beberapa jenis pembubutan yang dilakukan dengan menggunakan mesin bubut, diantaranya:

1. Membubut lurus

Membubut lurus dapat dilakukan dengan dua cara yaitu pembubutan memanjang yang sejajar dengan benda kerja dan pembubutan permukaan rata yang digunakan untuk menghasilkan permukaan datar pada benda kerja.

2. Membubut alur

Untuk membuat pembubutan secara alur, maka digunakan pahat bubut pengalur. Pahat ini berbentu lurs, bengkok, berjenjang ke kanan maupun ke kiri. Bentuk-bentu dari pahat pengalur seperti mengebor.

3. Membubut dalam

Proses pembubutan ini digunakan untuk memperbesar lubang yang ada pada benda kerja.

4. Membubut ulir

Untuk membuat pembubutan ulir, maka menggunakan pahat khusus seperti pahat ulir segitiga, segi empat, trapesium, bulat, dan bentuk-bantuk lainnya. Proses ini dapat membuat ulir dalam maupun ulir luar pada benda kerja.

Baca juga : Mesin Obras

Nah itulah informasi yang dapat disampaikan mengenai ulasan mesin bubut terlengkap mulai dari pengertian, komponen, jenis dari mesin bubut hingga jenis proses pembubutan. Semoga apa yang disampaikan di dalam artikel ini bermanfaat!

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close