Teknologi

√ Tips Menggunakan Mesin Bordir Komputer yang Baik

Mesin border komputer sekarang menjadi sumber rejeki tersendiri bagi banyak orang yang memulai jasa border baik satuan ataupun borongan. Mesin bordir mengandalkan komputer agar pekerjaan cepat selesai serta meminimalisi berbagai kesalahan saat pengerjaan. Banyak sekali bahan pakaian yang bisa dibuat dengan mesin border komputer mulai dari kaos, topi, tas, dan barang lainnya. Prinsip kerjanya adalah menerjemahkan desain dari manual hingga bisa tercetak pada kain. Bordir komputer bertujuan menghasilkan border berkualitas dan mendapatkan hasil sama pada setiap pakaiannnya. Lalu, bagaimana tahap-tahap membordir dengan mesin border komputer? Simak baik-baik ya.

√ Tips Menggunakan Mesin Bordir Komputer yang Baik

Mesin border mampu menghasilkan hasil yang sama pada setiap pakaian dalam jumlah banyak dan pengerjaannya pun relatif singkat. Lain halnya dengan border manual yang terbatas jumlahnya karena tidak bisa membuat borderan sama persis satu dengan yang lainnya. Bahan yang harus Anda persiapkan untuk membordir tentu saja mesin border komputer dan desain. Desain harus digambar terlebih dahulu pada media digital lalu dimasukkan dalam aplikasi mesin border. Aplikasi ini nantinya membaca desain tersebut. Lalu, buatlah detail desain dan gambaran benang yang harus dibuat beserta tekanan dan seperti apa jahitan yang ingin digunakan. Perintah akan disampaikan melalui aplikasi ke mesin border. Mesin bordir akan bekerja sesuai perintah aplikasi. Warna juga bisa berganti secara otomatis jika sewaktu-waktu diperlukan. Taraaaa….dalam waktu singkat bordir yang Anda inginkan tercetak sempurna ke pakaian.

Baca juga : Mesin Obras

Tips Menggunakan Mesin Bordir Komputer

Tips Menggunakan Mesin Bordir Komputer

Sebelum menggunakan mesin bordir komputer, ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan, yakni:

Menggunakan benang dan jarum yang cocok

Kebanyakan mesin bordir komputer tidak memiliki jarum pada mesinnya. Oleh karena itu, pastikan jarum yang dipakai adalah jarum tepat. Maksudnya adalah jarum khusus mesin bordir bukan untuk mesin jahit pada umumnya. Benang yang harus dipakai adalah benang bordir dan bukan benang pada umumnya.

Baca juga : Mesin Blow Moulding

Memakain jarum yang tepat

Jarum yang Anda gunakan harus besar supaya bisa membawa benang melewati kain adanya kerusakan apapun. Jarum yang berukuran 70 atau 80 adalah pilihan jarum yang tepat digunakan pada mesin bordir komputer. Gunakan jarum tajam untuk membordir kain umum, namun gunakan jarum tumpul saat membordir kain rajutan.

Atur mesin bordirnya

Sebelum digunakan, pastikan untuk mempersiapkan mesin bordir komputer dengan baik. Pasanglah jarum, benang, dan kumparam benangnya dengan tepat. Ada beberapa jenis mesin bordir yang bekerja juga sebagai mesin jahit biasa. Untuk itu, pastikan jika Anda melepaskan bagian untuk menjahit biasa dan diganti dengan lengan bordir.

Sambungkan dengan komputer

Umumnya mesin bordir akan memindah desain melalui komputer terpisah. Jika seperti itu, maka gunakan USB untuk memindahkannya. Bila mesin bordir lain sudah tehubung dengan komputer, tentunya cara tersebut lebih memudahkan Anda.

Mengunci hoop

Apabila hoop telah terhubung dengan mesin, gunakan cara memasang hoop dengan tepat. Namun, bila mesin bordir tidak datang dengan hoopnya, Anda membutuhkan penahan lain agar hoop tidak mudah bergerak saat proses pengerjaan bordir berlangsung.

Baca juga : Mesin Roll Forming

Cara Membordir Dengan Mesin Bordir Komputer

Cara Membordir Dengan Mesin Bordir Komputer

Perlu Anda ketahui jika file gambar yang bisa dibaca oleh mesin bordir komputer adalah file yang memiliki alur urutan gerakan benangnya. File gambar dibuat dari software khusus untuk mesin bordir komputer. Software yang paling umum digunakan adalah software Wilcom. Berikut adalah tahapan membordir dengan mesin bordir komputer melalui software Wilcom, yaitu:

Baca juga : Mesin Milling Vertikal

1. Aktifkan software Wilcom

Sebelum membordir, langkah pertama adalah mengaktifkan software Wilcom yang telah diinstal di komputer. Pililah file gambar yang akan digunakan misalnya file LOGO TOKO.JPG. Lalu, tentukan batas area yang akan dibordir dengan cara klik toolbar COMPLEX FILL, kemudian tentukan batas area yang dibordir. Apabila area bordir mengikuti logo toko tersebut, maka hasilnya juga gambar logo toko yang Anda maksudkan. Jika area bordir tidak mengikuti gambar logo toko, misalnya Anda membuat lingkaran dengan klik mouse, maka hasil bordiran nanti juga berupa lingkaran seperti yang Anda buat tadi. Mesin bordir komputer tidak melihat file gambar yang diaktifkan, melainkan batasan area bordir yang telah ditentukan.

2. Duplikasi area bordir

Langkah kedua yang harus Anda lakukan adalah menduplikasi area bordir yang telah dibuat di langkah awal. Duplikasi area bordir bisa dilakukan dengan mengatur putaran dan kemiringan yang disesuaikan dengan gambar logo toko.

3. Menentukan batasan area bordir

Sama seperti awal, langkah selanjutnya adalah menentukan batasan area bordir tetapi di lokasi dan bentuk yang berbeda. Jika sudah memiliki bentuk sama di lokasi lain, maka Anda tinggal menduplikasi setelah menentukan batasan-batasan area bordir.

4. Duplikasi area bordir

Kemudian, duplikasi area bordir yang telah dibuat pada langkah sebelumnya pada lokasi tertentu dengan bentuk sama. Untuk melakukan duplikasi, Anda bisa melakukan pemutaran dan pemiringan gambar yang sudah disesuaikan dengan logo tersebut. Pada langkah ini, pastikan jika Anda sudah menyelesaikan semua batasan area bordir untuk membentuk gambar logo toko yang sudah dibuat.

5. Perhatikan alur perjalanan benang

Langkah kelima adalah memperhatikan alur perjalanan benang yang dilakukan secara otomatis oleh mesin bordir komputer. Lihat dengan benar dan pastikan tidak terjadi loncatan benar saat proses pembordiran terjadi. Jika terjadi loncatan benang karena beberapa duplikasi, hal tersebut akan beresiko. Apabila benang meloncat aka nada resiko putus benang. Kejadian ini akan meembuat mesin dihentikan sejenak guna menyambung benang yang putus. Kemungkinan kedua adalah bila hasilnya selamat maka hasil bordiran pada loncatan benang harus dirapikan (dipotong manual). Kedua kondisi tersebut akan banyak membuang waktu dan menambah pekerjaan Anda.

6. Mengatur alur perjalanan benang

Selanjutnya, Anda harus mengatur alur perjalanan benang pada proses bordir otomatis oleh mesin bordir komputer. Sehingga akan meminimalisir terjadinya langkah loncatan benang jarak jauh yang snagat beresiko.

7. Tes uji coba

Untuk memastikan tidak ada loncata benang, Anda harus melakukan tes uji coba kembali. Perhatikan baik-baik bagaimana alur perjalanan benang pada mesin bordir komputer secara otomatis. Hasil bordiran yang terlalu tebal biasanya diakibatkan dari jarak benang yang terlalu dekat sehingga benang bertumpuk. Kondisi ini tentunya tidak bagus karena menggunakan banyak benang dan membutuhkan waktu yang lama. Pengerjaan lama akan semakin menambah penggunaan daya listriknya. Sebaliknya, jika jarak beang terlalu jarang, hasil bordiran juga kurang bagus. Oleh kareana itu, atur ketebalan dan ketipisan hasil bordiran dengan menggunakan mesin bordir komputer. Bila hasilnya sudah sesuai, simpanlah file sebagai file master yang siap dioperasikan di mesin bordir komputer.

Baca juga : Mesin Crusher Plastik

Penggunaan mesin bordir memang memiliki banyak keuntungan. Sebab mesin tersebut mampu membuat hasil bordiran lebih kuat, lebih rapi, lebih halus, dan lebih cepat dari hasil pekerjaan bordir manual. Bahkan, mesin bordir komputer tidak hanya mampu membordir diatas lembaran kain saja, namun juga membordir baju kaos dan atas topi yang sudah jadi. Demikian ulasan lengkap mesin bordir. Semoga bermanfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close