Teknologi

√ Penjelasan Mengenai Mesin Blow Moulding [Lengkap]

Semakin berkembangnya teknologi, memudahkan seseorang dalam memproduksi barang. Dulu ketika akan memproduksi sebuah barang masih menggunakan cara yang manual dimana cara tersebut tentunya menghabiskan waktu dan tenaga. Belum lagi jika kualitas yang dihasilkan tidak sesuai dengan yang diinginkan. Beda halnya saat ini. Saat ini, semuanya serba menggunakan mesin. banyak pabrik-pabrik yang memproduksi barang semuanya menggunakan mesin mulai dari pembuatan hingga pengemasan. Manusia hanya tinggal mengoperasikan dan mengawasi, sedangkan yang bekerja adalah mesin.

√ Penjelasan Mengenai Mesin Blow Moulding [Lengkap]
√ Penjelasan Mengenai Mesin Blow Moulding [Lengkap]

Begitu pula dengan memproduksi botol plastik. Perlu diketahui bahwa bisnis usaha botol plastik termasuk bisnis yang prospek kerjanya cerah karena botol plastik sendiri memiliki banyak kegunaan. Proses dalam pembuatan botol plastik dinamakan blow molding dimana proses tersebut menggunakan alat yang dikenal dengan mesin blow moulding. Nah pernahkah kalian melihat mesin blow moulding? Sebagian orang terutama seorang pengusaha botol plastik pastinya mengetahui mesin tersebut. Namun yang lainnya mungkin masih asing dengan mesin itu. Nah untuk itu, berikut ini akan diulas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan mesin blow moulding mulai dari pengertian hingga cara kerja mesin blow moulding. Namun alangkah baiknya akan dijelaskan terlebih dahulu pengertian dari blow moulding agar nantinya tidak terjadi kesalahpahaman. Maka dari itu, simak ulasan di bawah ini!

Baca juga : Mesin Penyedot Pasir

Pengertian Mesin Blow Moulding

Pengertian Mesin Blow Moulding
Pengertian Mesin Blow Moulding

Blow Moulding merupakan suatu proses bidang manufaktur plastik untuk membuat dan membentuk produk-produk berongga (botol) dimana parison yang dihasilkan dari suatu proses yang dinamakan proses ektrusi dikembangkan ke dalam bentuk cetakan oleh tekanan gas atau angin. Parison sendiri merupakan hasil cetakan dari bahan baku berupa plastik panas yang akan dicetak membentuk menyerupai silinder sebagai bentuk dasar dari botol.Proses blow moulding berlangsung dengan menggunakan suatu alat yaitu mesin blow molding. Jika Anda merupakan pengusaha yang bergerak dibidang industri pembuatan botol plastik, Anda wajib memiliki mesin ini.

Mesin blow moulding merupakan sebuah mesin yang digunakan untuk membentuk sebuah botol plastik. Biasanya mesin blow moulding hanya dapat membuat atau memproduksi botol dari jenis plastik PET ( polyethylene). Hal itu dikarenakan jenis plastik ini rentan untuk rusak karena panas. Biasanya panas untuk polyethylene itu rendah dan hal tersebut justru tidak bisa digunakan untuk mencetak botol dari jenis plastik lainnya  Pada dasarnya, mesin ini bekerja dengan memproses plastik menjadi wadah berongga atau botol dengan proses panas dan gas. Tiupan yang dihasilkan oleh gas dan keberadaan cetakan pada tepian mesin pembentuk akan menghasilkan sebuah bentuk silinder sebagai bentuk dasar dari botol. Proses kerja mesin blow moulding ini merupakan pengembangan dari cara kerja dari ekstruksi pipa dimana cara kerja mesin ini hanya ditambahkan mekanisme cetakan dan tiupan.

Mesin blow moulding ini banyak digunakan untuk pembuatan berbagai macam bentuk botol seperti botol air minum, botol sampo, botol obat-obatan, botol oli, dan sebagainya yang harus dilakukan dengan proses yang cepat. Dalam proses kerjanya, mesin ini menggunakan panas untuk melunakkan plastik. Proses membentuk dengan menggunakan panas ini pertama kali digunakan oleh negara Syria dimana saat itu digunakan untuk pembuatan kaca pada bohlam lampu pada abad pertama sebelum Masehi.

Baca juga : Mesin Penggiling Kedelai

Cara Kerja Mesin Blow Moulding

Cara Kerja Mesin Blow Moulding
Cara Kerja Mesin Blow Moulding

 Cara kerja Mesin blow molding terdiri dari tiga proses, yaitu:

1. Injection Blow Mould

Injection Blow Mould merupakan suatu proses pembentukan produk yang berbahan baku plastik dengan cara diinjeksikan terlebih dahulu sebelum plastik diblow (tiup). Banyak yang mengatakan jika proses injection blow mould mirip dengan injection, namun pada proses ini terdapat penambahan untuk mengembangkan parison dengan udara. Proses injection blow mould menggunakan mesin injection blow mould dimana mesin ini terdiri dari komponen injeksi dan blow yang digunakan untuk kontainer dengan ukuran kecil dan tidak memiliki tuas.

Mesin dengan komponen injeksi biasanya digunakan untuk memproduksi botol plastik dengan bentukan ulir pada bagian leher. Mesin injection blow mould resmi digunakan pertama kali pada tahun 1872 di USA. Kemudian dikembangkan di Jerman namun cara kerjanya masih dengan cara manual dimana masih menggunakan tuas untuk pencetakkan produk. Kemudian pada tahun 1930, dikembangkan sebuah mesin yang bernama mesin injection moulding yang dioperasikan secara hidrolik dan mesin tersebut terus berkembang hingga saat ini. Adapun tahap proses injection blow mould, sebagai berikut:

  • Plastik dalam keadaan panas tinggi diinjeksikan ke dalam bakalan
  • Plastik kemudian dipindahkan ke dalam cetakan blowing
  • Udara ditiupkan sehingga plastik mengembang dan menempel sesuai dengan bentuk mold
  • Cetakan akan terbuka secara otomatis untuk mengeluarkan produk yang telah jadi.
  • Proses berlangsung terus menerus hingga diberhentikan oleh operator mesin

2. Extrusion Blow Mould

Extrusion Blow Moulding merupakan suatu proses pembentukan material plastik dengan cara diteteskan dari extruder. Proses extrusion blow mould dikatakan sebagai proses yang paling sederhana dalam proses blow mold dimana proses ini digunakan untuk memproduksi botol dengan berbagai macam variasi mulai dari ukuran, bentuk, bukaan leher pada botol, dan bentukan handle dari jenis plastik yang digunakan seperti HDPE, PVC, PP, PC, dan PETG.

Dalam proses extrusion blow mould, pembuatan dan peniupan dilakukan di dalam satu mesin. Oleh karena itu, proses extrusion blow mould hanya dapat dilakukan jika semua produk yang dihasilkan langsung dipindahkan dan dipergunakan karena produk dengan menggunakan proses ini membutuhkan tempat yang lebih besar sebagai penyimpanan hasil akhir. Biasanya jenis produksi dengan menggunakan proses extrusion blow mould dilakukan proses pengisian dalam satu lini pada perusahaan yang memiliki kapasitas produksi secara rutin dan besar. Adapun tahapan proses extrusion blow mould sebagai berikut:

  • Tahap pertama, plastik dikeluarkan dari extruder
  • Plastik tersebut kemudian dimasukkan ke dalam cetakkan blow dengan pengarah lubang
  • Kemudian lubang tertutup yang artinya cetakan blow telah tertutup
  • Pengarah lubang mengalirkan fluida (udara) ke dalam plastik dalam keadaan panas tinggi (melting) sehingga akan menekan cetakan
  • Setelah selesai, cetakan terbuka dan hasil akan dikeluarkan kembali
  • Proses ini akan berlangsung terus menerus hingga diberhentikan oleh operator mesin.

3. Stretch Blow Moulding

Proses stretch blow moulding  dikategorikan sebagai proses tersendiri dari pada digolongkan sebagai blow mould. Stretch Blow Moulding merupakan proses pembentukan plastik dengan cara direntangkan hingga mencapai ukuran yang diinginkan oleh perusahaan yang mana sangat mempertimbangkan ketebalan bakalan plastik. Proses stretch blow moulding sangat baik digunakan untuk jenis plastik PET. Proses stretch blow moulding merupakan gabungan dari proses injeksi, stretcher, dan blow. Adapun tahapan proses stretch blow moulding sebagai berikut:

  • Tahap pertama, plastik dalam keadaan panas tinggi (melting)
  • Kemudian plastik diinjeksikan ke dalam kaviti dalam bentuk bakalan
  • Plastik di stretching sesuai dengan dimensi yang dipergunakan
  • Udara ditiupkan (blow) sehingga plastik akan mengembang dan menempel sesuai dengan bentuk mold (cetakan)
  • Cetakan membuka dan hasil akan dikeluarkan kembali
  • Proses ini akan berlangsung terus menerus hingga diberhentikan oleh operator mesin.

Baca juga : Peluang Bisnis

Demikian informasi yang dapat disampaikan mengenai ulasan mesin blow moulding mulai dari pengertian hingga cara kerja dari mesin blow moulding. Semoga pembahasan dalam artikel ini membuat Anda mengetahui apa itu mesin blow moulding.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close